Home » , , , » FILM RUMAH DARA

FILM RUMAH DARA

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Januari 21, 2010 | 1/21/2010

rumah dara
Di Negara kita, film dengan genre slasher memang jarang dibuat. Persoalannya karena film semacam ini ini memiliki tingkat kesulitan dan detail serta effect tingkat tinggi.

Disamping peñata artistiknya membutuhkan keterampilan yang luar biasa. Efek darah muncrat, kepala menggelinding, anggota tubuh yang patah merupakan efek film yang sangat sulit dilakukan. Hanya pembuat film Hollywood dan Hongkong saja yang memiliki keterampilan yang baik membuat film jenis ini.


Untuk penggemar film yang bergenre seperti itu, besok tanggal 22 Januari 2010 secara serentak di beberapa bioskop tanah air akan diputar sebuah Film yang berjudul Rumah Dara.

Film garapan ciamik dari sineas Timo Cahyanto dan Kimo Stambul yang lebih dikenal dengan nama Mo Brother , mengaku dirinya lagi bokek berat saat menggarap film ini.
Meski tak punya biaya, Timo dan Kimo tidak patah arang.

Hingga akhirnya, mereka pun bertemu seorang produser dari Singapura yang mau memberikan modal untuk menggarap 'Rumah Dara'.
Dengan menggaet Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai bintang utamanya, Timo dan Kimo pun memulai penggarapan 'Rumah Dara' pada November 2009, dengan harapan bisa rilis Agustus 2009. Namun, saat waktunya tiba, mereka terpaksa mengubah rencana tersebut. Karena apa? "Gue nggak mau ngeluarin 'Rumah Dara' Agustus karena ada 'Merantau' dan 'Merah Putih'," ucap Timo.

Sambil menunggu tanggal yang tepat, Timo dan Kimo pun mendaftarkan 'Rumah Dara' ke beberapa festival film di luar negeri. Alhasil, film tersebut mendapat penghargaan di Puchon International Fantastic Film Festival, Korea. Tak hanya itu, sang bintang utama, Shareefa Daanish yang berperan sebagai Dara dinobatkan sebagai Aktris terbaik di ajang tersebut.

Film ini tidak akan memperlihatkan ketakutan akan hantu tetapi membangkitkan rasa takut terhadap keluarga pembunuh. Film yang awalnya diberi judul Macabre dan berubah menjadi Rumah Dara ini merupakan versi panjang film “DARA” di seri kompilasi TAKUT. Sebelumnya, The Mo Brother menyajikan film ‘Dara’ dalam sebuah film kompilasi horor “Takut” yang membuat Dannish meraih best Actress di Puchon film festival.

Film Rumah Dara sendiri menceritakan pengalaman paling mencekam 6 orang teman lama.

Adjie dan Astrid, pasangan yang baru saja dikarunia anak bernama Nico pergi ke Bandung bersama tiga orang temannya Jimmy, Eko dan Alam. Mereka pergi ke Bandung untuk berpamitan dengan Ladya, adiknya karena Adjie dan Astrid akan pergi ke Australia dan memulai hidup disana.

Hubungan Adjie dan Ladya sebenarnya kurang harmonis semenjak kematian orang tua mereka. Dengan usaha keras, Adjie pun berhasil membujuk Ladya. Meski semula enggan, Lidya akhirnya luluh ketika mendengar sang kakak bakal tinggal di negara lain. Maka ketika Adjie meminta Lidya menemaninya ke bandara, Lidya pun tak keberatan.


Dalam perjalanan menuju bandara, secara tidak sengaja rombongan Adjie menemukan Maya (Imelda Therinne), seorang korban perampokan. Tak tega meninggalkan Maya, mereka pun sepakat mengantarkan Maya ke rumahnya. Dan di sinilah awal mula tragedi terjadi, namun keenam orang ini tidak menyadari bahaya yang mengancam nyawa mereka.

Disana, mereka disambut baik oleh penghuni rumah. Seorang gadis anggun bernama Dara dan menawan mempersilahkan menikmati makan malam yang telah disediakan. Disinilah pengalaman buruk 6 orang teman lama dimulai. Kebaikan hati penghuni rumah menjadi awal bencana di hari kelam itu. Mereka pingsan setelah menyantap makanan tersebut dan mendapati diri mereka terkurung ketika tersadar.

Kebaikan hati, kemurahan hati dan senyum manis berubah drastis di keluarga tersebut. Mereka menjadi pembunuh yang keji. Keenam orang tersebut terjebak dalam situasi mencekam dimana satu persatu mereka dibantai secara sistematis. Mereka harus berjuang melarikan diri dari rumah berdarah tersebut. Akankah mereka berhasil? Siapakah Dara dan keluarga tersebut? pertanyaan ini akan terjawab jika kita menonton film ini besok.

Film ini dibintangi oleh artis/aktor Julie Estelle, Shareefa Daanish, Ario Bayu, Sigi Wimala, Mike Muliardo, Imelda Theriine, Arifin Putra, Dendy Subangil dan Daniel Mananta.



Pengamat Film Indonesia Yan Widjaya mengatakan perkembangan film dengan genre Slasher memang minim. Pada periode 2009 hanya ada tiga film dari puluhan film yang beredar di Indonesia. Tiga film itu antara lain Pintu Terlarang, Darah Perawan Bulan Madu dan Air Terjun Pengantin. Setelah Pintu Terlarang, Film Rumah Dara merupakan film yang patut dibanggakan karena secara kualitas film ini jauh lebih baik dibanding film-film lainnya.


Bagi penggemar film ini silahkan langsung ke situsnya disini atau bergabung dengan twitternya disini



Share this article :

47 comments:

  1. duh.. kirain postingan apa.. taunya menyeramkan begitu sampe muncrat2.. kwkkwkwk saya paling takut nonton beginian...

    oh iya kok komentarnya pak iwan masuk spam terus sihh???

    BalasHapus
  2. eheheheh terima kasih sudah mendaftar pak iwan.. langsung dapet peringkat 3........ soalnya masih belum banyak saingan.. ntar kalo dah bnyk bisa2 mendem lohhh semangattttt!!

    BalasHapus
  3. jiaaaaaaaaaah apprillin 3 kali komen

    BalasHapus
  4. film horor pembunuhan ini ya bang
    ndak banyak yang buat begini di Indonesia ya.
    Ntar jadi trend buat pelem kek gini, ngikut maunya pasar.

    BalasHapus
  5. yeeee om atta suka sukaaa doonkk aahhhh euehueheuheueh..

    BalasHapus
  6. oh,,ini kayak film semi-horor ya?
    selama ini sineas indonesia kurang apik dalam genre ini *menurut saya loo* mungkin film kali ini lebih baik lagi

    BalasHapus
  7. jadi kangen nonton film kyk gini
    udah lama banget nggak

    thanks to infonya

    :p

    BalasHapus
  8. Salam Takzim
    Sejak nikah saya sudah ga lagi kebioskop bang, karena kondisi yang tak memungkinkan, saya biasanya nonton dari vcd_nya aja bang. Tunggu VCDnya keluar dulu ya, baru bisa tau alur cerita

    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  9. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  10. Saya biasanya menghindari film seperti ini bang, agak seram buat saya. tapi film yang diresensikan bang Iwan ini sepertinya menarik, nanti liat VCD nya ah.

    BalasHapus
  11. hehehehe.. mangstab resensinya bang Iwan..
    salam sayang

    BalasHapus
  12. ne film horor dunk brarti..
    tp kapan dhe bs nonton lg yah ??

    BalasHapus
  13. kayaknya film yang menarik mas..
    semoga lebih menarik dibandingkan trailernya
    btw udah saya approve komennya
    masuk akismet ternyata

    BalasHapus
  14. orang yang tidak tahu iri, sudah ditolong malah balas dengan kejahatan

    BalasHapus
  15. belon nonton. bingung mo komentar apaan... sorry ya bang...

    BalasHapus
  16. Wah...sepertinya jadi penasaran nih, nonton filmnya....
    Makasih infonya pak, salam hangat selalu...

    BalasHapus
  17. Kayaknya film film sadis yaa..?
    kok dibilang bagus sih....
    kalau dari unsur edukasinya gimana?

    BalasHapus
  18. Kaya Film setting jadul banget ya bang
    tapi pemainnya baru tuh..

    BalasHapus
  19. Rada trauma liat film-film model begini, gara-gara liat pintu terlarang ampe mual-mual dan nafsu makan turun drastis ( kebayang adegan Gading ( Fachri Albar ) membantai musuh-musuhnya ). Oh ya, mo sedikit koreksi Pak, kalau film digarap mulai November 2009 ya emang ga mungkin rilis Agustus 2009.mungkin yang dimaksud mulai digarap November 2008 kali ya Pak. Hehehehe....

    BalasHapus
  20. Sering posting tentang film...suka nonton ya Mas ???

    BalasHapus
  21. Ada temanku yg dapat kesempatan nonton ini pertama kali *kalo nda salah kaskuser* dan katanya buanyak sekali darah berceceran, sadis skali katanya.
    Blom tau mw nonton apa tidak, ngeri euy..

    BalasHapus
  22. wah lengkap banget nih sinopsi dan trailer filmnya ada juga disini,filmnya gak horor tapi lebih banyak adegan kekerasan..sadis mennnn
    thanks bang iwan infonya

    BalasHapus
  23. wah sayang saya belum nonton karena slasher... takut lihat darah.. tapi jadi penasaran habis baca postingan ini... jadi pingin nonton..
    terima kasih atas infonya pak...

    BalasHapus
  24. Perlu segera ngantri beli tiket, nih...

    BalasHapus
  25. wahh kayak film horor² gitu ya mas ..:D
    asyiknya nonton rame rame nie..
    harus kabarin yang lain nie :)

    BalasHapus
  26. sepertinya filmnya menarik nich,makasih atas referensinya....

    BalasHapus
  27. sepertinya filmnya sangat menegangkan ya mas ^^
    hemm,...aku agak sedikit penakut nonton film begini mas *_*

    kayanya cukup membaca review ttg film ini di blog mas setiawan aja ah he,....

    BalasHapus
  28. film nya bagus pak!
    saya suka!

    BalasHapus
  29. hmm ....ulasannya selalu menggoda untuk menonton!

    BalasHapus
  30. wah... terkesan brutal ya bang... :(

    BalasHapus
  31. Xixixi..gak berani deh kalo nonton film ginian...
    Ntar banyakan merem, wkwkwkw...
    Penakut banget saya mas, hahahh...
    Tapi anehnya, sok2 berani, ckckckc...

    BalasHapus
  32. woh, ni film bergenre slasher ya bang.. hmm, kayaknya menarik neh..
    selain hollywood ma hongkong, kalo tertarik ma genre slasher banyak juga ditemukan di japanese movie, bang.. spt misalnya 'ichi the killer', 'tokyo gore police' & 'the machine girl.. tapi disitu terkadang malah terkesan berlebihan.. hehe..

    BalasHapus
  33. lihat trailernya dulu mas
    dan mantap emang keknya
    pengen nonton di bioskop

    BalasHapus
  34. Kalau rumah perkutut ada nggak kang Iwan? Selamat Pagi di Jum'at yang cerah agak mendung...

    BalasHapus
  35. Saya dibanned ama shoutmix makanya tak hilangkan saja eh iya kanda maaf baru bisa mampir 3 hari belakangan ini betul-betul nggak bw

    BalasHapus
  36. Selalu menyenangkan membaca resensi film terbaru disini yang ulasannya mirip deh ama juri FFI nice posting

    BalasHapus
  37. Resensi Film yang Mantap Makasih udah Memasukkan Artikelnya Bang

    BalasHapus
  38. I like Indonesian Film Their Culture, Place and Their Heritage very Exotic

    BalasHapus
  39. Aku mau nonton Sang Pemimpi aja deh bareng Shasa sabtu besok.. :)

    BalasHapus
  40. Hemm.., pasti shasa tak akan suka kalau diajak nonton film ini :D

    BalasHapus
  41. gamau liat trailernya ah takut.. padahal daanish cute loh, tapi jadi beda bgt disini

    BalasHapus
  42. aduuuuuuuh penasaran pengen lihat vidionya, koneksi putus2

    BalasHapus
  43. bagus nih keknya,esteler coy yang main.. jadi pingin nonton.. thx infonya gan.. d^^b

    BalasHapus
  44. terakhirnya dulu....hahaha

    BalasHapus
  45. Ini filem indon kan? Aku kurang doyan bang xixi...apalagi misteri hantu2an, pembunuhan, perkosaan..tetep ga ngedidik hm...

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger