Home » , » MAKANAN CEPAT SAJI

MAKANAN CEPAT SAJI

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Januari 22, 2010 | 1/22/2010


Selera masyarakat terhadap makanan cepat saji (fast food), seperti pizza atau roti burger semakin meningkat. Ada kepuasan tersendiri bagi mereka ketika menikmati makanan tersebut. Karena itu, semahal apapun, banyak orang memburunya.

Sebenarnya buku bisa disejajarkan dengan makanan cepat saji, bahkan lebih seru. Karena, Buku tidak habis pakai, Ia selalu bisa dinikmati kapan kita mau, dan Ia merupakan pengantar paling setia kita menuju masa depan yang lebih gemilang. Karena itu, buku merupakan investasi jitu.

Buku adalah lautan ilmu, lautan tanpa batas yang akan membuat kita selalu ingat dan ingin kembali berlayar di atas ombaknya.

Buku ibarat sebuah kompas, menolong kita keluar dari kebodohan, menuju padang pengetahuan yang indah, harum dan berwarna-warni.

Buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya. Sedangkan membaca adalah berkaca, langkah memahami diri tanpa perlu merasa cacat dan malu.

Sejak SMP, yang namanya buku sudah menjadi sahabat saya, namun seiring dengan usia yang semakin renta, ditambah lagi rutinitas kerja yang semakin mendera sahabat-sahabat saya lebih banyak mangkal tersusun rapih di lemari dari pada menemani keseharian saya.

Saya sangat berterima kasih kepada Sahabat saya jawara bookaholic dalam dunia blogosphere Mbak Fanda yang telah mentag saya, yang telah menyadarkan saya untuk kembali mengakrabi sahabat yang telah lama saya tinggalkan itu dengan memberikan Tagbook ini.

Aturannya adalah buatlah daftar 15 buku yang akan selalu kau ingat (berarti buku-buku yang paling berkesan dong!). Tak perlu susah-susah berpikir. Cukup tuliskan 15 buku yang pertama dapat kau ingat dalam 15 menit. Kalau suka baca buku, mestinya malah tak perlu sampai 15 menit… itu ucapan si bookaholic Mbak Fanda. Namun saya baru bisa mengingat semuanya setelah 2 hari, itupun terpaksa harus ngubek-ubek rak buku saya dulu, maka jawabannya adalah :

  1. Pendidik Karakter di Zaman Kblinger ( oleh :Doni Koesoema A.). *memberikan saya pembelajaran tentang ilmu mendidik.
  2. Bengkel Kreativitas ( oleh :Jordan E. Ayan).* Bimbingan untuk mencari hal-hal baru dalam menemukan ide-ide pamungkas.
  3. Pusaran Energi Ka’bah ( Oleh : Agus Musthofa) Berisi pencerahan untuk lebih memantapkan ke- Islaman
  4. Wanita-wanita Tonggak Sejarah Peradaban ( oleh : Ibnu Mustafa). * Membahas tentang wanita-wanita yang pantas menjadi teladan
  5. Menabur Benih Menuai Kasih (Oleh : Katharina E. Sukamto), Merangkum obsesi dan kisah indah untuk dipersembahkan buat Ibu Pertiwi .
  6. Wajah terlarang ( Oleh : Latifa). Suka duka kehidupan di bawah cengkeraman rezim fundamentalis.
  7. Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat efektif ( Oleh : Stephen R.Corey). *Bimbingan untuk membentuk kepribadian menjadi seorang pembelajar sejati.
  8. Harus Bisa ! ( Catatan Harian Dino Patti Djalal). * Belajar dalam mengambil kebijakan disaat-saat kritis*
  9. Pupus Haru di Sajadah Biru ( oleh :Dedy Suardi).* Upa untuk mencapai khusnul khotimah.
  10. Big Bang Spirit ( Oleh : Sutan Surya , M.Hariwijaya).*.Kiat-kiat membangkitkan motivasi.
  11. Lentera Ilahi ( Oleh : Dr. Miftah Faridl), Menelusuri Jalan Keimanan Menuju Pencerahan Kehidupan.
  12. Hikmah di Balik Fenomena Kehidupan ( Oleh : H.M.Komaruddin Chalil ) Kumpulan Cerita Hikmah yang dapat berguna bagi kehidupan.
  13. 30 Tips Hidup Bahagia , ( Oleh : A'idh bin Abdullah al-Qarni), Petunjuk berbuat baik kepada orang lain, mengisi waktu senggang dengan kerja, jangan jadi bunglon, percaya akan qadha' dan qadar, berdoa, berdzikir, menghindari dengki.
  14. Tarbiyah Ruhiyah, ( Oleh : DR. Abdullah Nashih Ulwan) Petunjuk Praktis Mencapai Derajat Taqwa.
  15. Taujihat Ri‘ayah Ma‘nawiyah, ( Oleh : Ust. Dr. Ahmad Satori ) Bimbingan untuk Menjaga Rohani

Selanjutnya saya ingin menularkan virus membaca dengan men-Tag beberapa sahabat untuk mengerjakan Tagbook ini, antara lain :

Munir Ardi , Ratu Sya, Inul “Maybe” (tdk) jelek, vie_three , Pelangi Anak , Putri Malu, Ducky

dan siapa pun yang mau bermurah hati untuk berbagi info buku, silakan ikut games ini.

Moga dengan Tagbook ini, dapat lebih merangsang ingatan anda kembali dan sekaligus menularkan virus membaca dikalangan sahabat semua.


Share this article :

72 comments:

  1. Izin mengamankan yang pertama ayah...

    BalasHapus
  2. Tag book ini, tak seperti tag-tag lainnya yg terasa membebani, memang membawa banyak manfaat, mas. Lewat daftar yg diberikan teman2, aku sekaligus dapat wawasan buku2 bagus yg mungkin aku tahu tp selama ini terlewat dari memori. Jd teringat lagi dari listnya mas Iwan kalo aku dari dulu belum pernah menamatkan Seven Habits-nya Steven Covey. Bukan krn bukunya terlalu tebal, tp dulu rencananya aku pengen membaca sambil praktek. Jd aku baca habit #1, trs praktek. Lanjut #2, praktek lg. Kenyataannya baru sampai habit #3 sdh stuck. Ternyata mengubah habit itu luar biasa sulit ya!

    Anyway, membaca judul itu saja sdh membuatku pengen melanjutkan pembelajaranku akan habit2 yg baik. Tidak ada kata terlambat buat berubah kan?

    Thanks udah dikerjain PR-nya yah...

    BalasHapus
  3. iya bang...
    skarang semua orang maunya serba instant...
    cepat saji jg... hihihi...

    nah klo buku sih rumahnya ilmu...
    Na dulu suka baca buku...
    eh skarang suka baca info di blog
    hihihihi...

    BalasHapus
  4. betapa pentingnya membaca buku...
    kalau semuanya menilai buku seperti uraian di atas, akan sangat bagus hasilnya bagi si pembaca.

    BalasHapus
  5. seiring bertambahnya usia dan kegiatan, aku jadi jarang membaca buku (apakah ini hanya alasan semata)...hehe...
    jadi harus dirubah nih...

    BalasHapus
  6. Jadi ketauan jarang baca buku nih....saya dah lupa buku2 yg dulu rajin saya baca

    BalasHapus
  7. Ternyata "Harus Bisa !" masuk nominasi to..? Aku kemarin hampir saja memasukkannya ke dalam daftar 15-ku Bang, tapi tersingkirkan oleh bukunya Emha Ainun Nadjib. :D

    BalasHapus
  8. makanan cepat saji sprt burger cuma 7000-an, tp buku kan ga dpat 7000-an bang iwan. hehehe

    BalasHapus
  9. Tidak ada buku Setengah Isi Setengah Kosong karya Parlindungan Marpaung yah senior???

    BalasHapus
  10. oo..dapat tag ini juga toh. jawabannya keren2 mas

    BalasHapus
  11. salam sahabat terimakasih infonya artikel yang menarik

    BalasHapus
  12. salam sejahtera
    masyarakat khususnya remaja di kota-kota besar memang lebih menyukai fast food
    padahal banyak kandungan berbahaya di dalam makanan tersebut
    saya mendapatkan ilmu baru setelah membaca tulisan di atas
    tulisan yang bermanfaat

    BalasHapus
  13. Jadi malu ne..soalnya saya jarang banget baca buku kecuali buku novel..jadi termotivasi kembali untuk membaca buku lagi..thanks mas..

    BalasHapus
  14. halo..
    ada award nie, diambil ya..

    http://dhie-yan.blogspot.com/2010/01/award-lagi.html

    BalasHapus
  15. Salam Takzim
    Buku adalah jendela informasi, dengan buku kita dapat berkarya jauh lebih baik dari sebelumnya. Pantas beberapa senior selalu memberi tali asihnya berupa buku, berarti yang mendapatkannya harus banyak membaca ya kang. hehehe jadi malu nih sering dapat tali asih buku dari para senior.
    Kalau sudah selesai boleh dong dikirim bukunya lewat acara seperti di guskar kang
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  16. buset.. ngeri amat PRnya.. kwwkwkkwk.. bisa gawat kalo kena.. ehueheueh..

    BalasHapus
  17. aKu sich rajin baca kLo udah mo ujian....
    siSa'y ???

    BalasHapus
  18. Wah, buwel padahal suka baca...tapi kok nggak paham dengan buku2nya Bang Iwan Ya...hhehehe...
    Bener2 dahsyat ya Buku, banyak jenis dan ilmu pengetahuannya... :-)
    Selamat Bang sudah sukses ngerjaiin tagnya...

    BalasHapus
  19. Duh jadi penasaran ama Taujihat Ri‘ayah Ma‘nawiyah nya Bang....
    selamat ya...

    BalasHapus
  20. wah buku-bukunya keren2... pantesan ...

    BalasHapus
  21. aduh bacaannya mas setiawan berat2 nih,,,,buku dgn judul wajah terlarang itu,novel ya mas ??

    BalasHapus
  22. Nomor 8 : Harus Bisa ! ( Catatan Harian Dino Patti Djalal). * Belajar dalam mengambil kebijakan disaat-saat kritis*

    saya pernah membacanya,,, yang lainnya belum penah... jadi penasaran...

    BalasHapus
  23. Aduh saya kena tag lagi nih kag terpaksa deh bongkar lagi nih buku-buku tua saya yang udah berdebu

    BalasHapus
  24. aduh untuk buka kompi aja akhir-akhir ini nggak bisa apalagi kalau harus baca lagi tapi makasih yah udah di Taq

    BalasHapus
  25. ada yah yang begitu di TAq kenapa saya nggak ditaq bang

    BalasHapus
  26. Rasanya aku mau pingsan aja baca tag ini
    wah aku bener2 ketinggalan dalam hal pengetahuan
    kasihan banget deh gw..

    tapi bang, aku mau burgernya dong

    BalasHapus
  27. Waaa..., daftar bacaan Bang Iwan keren-2 ternyata. Pantas aja Bang Iwan bisa menulis artikel yg keren-2 karena referensinya oke sih.

    BalasHapus
  28. duh, peer ini blm dikerjakan. btw, saya juga suka burger tapi gak boleh sering2 gak baik ya. o ya, makasih puisinya pak. Indah banget.

    BalasHapus
  29. salam sobat
    wah selamat atas selesainya Tag book ini..
    ada 15 nich bang Setiawan,,
    capai ngga ngubek-ngubek rak bukunya?

    BalasHapus
  30. Satu-satunya bacaan Bang Iwan yg pernah kubaca adalah "Harus Bisa !". Awalnya buku itu juga mau aku masukkan ke dalam nominasi 15 buku-ku, tapi terpaksa terkalahkan oleh "Seribu Masjid Satu Jumlahnya" punya Emha.

    BalasHapus
  31. Wadoooh...sepertinya cuma saya nih yang kurang bersahabat dengan buku, btw selamat ya pak telah menyelesaikan tagnya mba Fanda...

    BalasHapus
  32. semuanya buku-buku serius, kalau ditanya selera saya sih senangnya buku buku yang menghibur sekaligus tidak menggurui.

    BalasHapus
  33. buku menurut gw gak ada buku yg tak bagus...semua buku bagus...hanya ada yang bermanfaat atau tidak bagi kita itu tergantung dengan kebutuhan kita...kalo mau liat kepribadian orang...liatlah apa yg dia baca...

    BalasHapus
  34. wah wah keren juga tagnya.. namun kalo saya pasti puyeng; soalnya dah jarang pegang buku.. sebelum dapet tag.. mendiing.. kabuuur :)

    BalasHapus
  35. Tidak hanya makanan yang membuat kita lapar, tapi juga buku, buku membuat kita lapar dan haus untuk menelaahnya dan mengamalkannya! Baca Buku ditemani dengan makanan kecil dan secangkir minuman terasa mengelilingi dunia!
    Ayo baca..baca...baca..!

    BalasHapus
  36. sepakat Pak. buku tidak hanya memperkaya otak kita, tetapi juga hati kita.

    BalasHapus
  37. dah jadi 15 di tempatku bang
    huaaaaaa... pegel neh jari ngetiknya
    jiahahahaha....

    BalasHapus
  38. Wah, Agus Mustofa ya Pak. Membacanya membuat pikiran terbuka.. Mantap Pak

    BalasHapus
  39. He, 15 buku yang mantap bang. Selamat sudah selesai mengerjakan tagnya, sama.

    BalasHapus
  40. bacaanya bukan cepat saji nih...

    BalasHapus
  41. waduh Om, aku ditag, amponnnnnnnnn..... aku ngga pernah baca buku Om, hihihi, amponnnnn ... gmn klo ngga lima belas :D

    BalasHapus
  42. manteb artikelnya,,,
    kalau saya mulai gemar membaca kalau besuk pagi ada ujian,,,^_^

    BalasHapus
  43. manteb artikelnya,,,
    kalau saya mulai gemar membaca kalau besuk pagi ada ujian,,,^_^

    BalasHapus
  44. bener tuh, buku kan jendela dunia ya kata orang XD

    BalasHapus
  45. tipsnya menarik sekali..hehe

    BalasHapus
  46. bacaan bang iwan berat euy ....

    BalasHapus
  47. wah sip nih aq juga pernah dapat, inilah kekuatan sebuah tag yang sangat berbeda dari award, aq lama ngerjain tag book ini sekitar 2 bulan baru aq bisa kerjakan

    http://rizky2009.blogspot.com/2009/11/tag-bokk-guru-yang-tercampakkan.html

    BalasHapus
  48. ya ampyunnn sayah kena tag juga ya? duh dimana ya buku2 sayah? *bongkar2 laci*

    btw, maab banget pak, baru semept kemari. koneksinya dodol, jadi pas udah sampe kemari, kotak komen dikau gag muncull...

    padahal sayah udah mo komen yang di hari untuk amanda ntu lohh, kan sayah nonton pilmnya..
    sekali lagi maab banget ya pak.

    BalasHapus
  49. buku adalah sumber inspirasi, banyak mamfaatnya

    BalasHapus
  50. sumber segalanya, pengetahuan yang luas, tinggal kita saja bagaimana untuk mengingat dan meengamalkannya..thanx info mas sukses ya

    BalasHapus
  51. setuju Bang.... buat saya, buku adalah lautan segala pengetahuan. dari buku itulah kita bisa mengenal dunia dan segala isi yg ada di dalamnya.

    BalasHapus
  52. Nice tip...sangat bermanfaat info nya...

    BalasHapus
  53. Link sudah di pasang di Blog Sahabat BABESAJABU...Thanks...

    BalasHapus
  54. junk food, keknya banyak yg bilang kurang sehat, tapi kalo sesekali sih nggak papa

    BalasHapus
  55. roti bukunya enaaak, kalau ngga ada buku susah

    BalasHapus
  56. Balik lagi kesini pagi2...
    baru au kalau ternyata, aku juga kena Tag...

    BalasHapus
  57. Aku cuman taunya buku pelajaran doang...
    boleh nggak yah?

    BalasHapus
  58. kayaknya butuh 1 jam untuk mengingat 15 judul buku. :-)

    BalasHapus
  59. wahhh, kutu ikutan boleh gak mas??

    BalasHapus
  60. fastfood emang gag baik buat kita tapi kalau terpaksa gpp. hehehe.

    BalasHapus
  61. wah kalah ni bacaan2 saya. hehe. semangat sobat, semoga semakin hari pengetahuan kita semakin bertambah

    BalasHapus
  62. nama ane g ada ya sob. hiks hiks hiks. ane memang males baca. jadi g pinter2. hiks hiks hiks

    BalasHapus
  63. waow.. buku bacannya mantabh2 bang..
    kalo buat aku sepertinya berat tuh.. hehehe..
    congratz buat tagbooknya ya bang.. :)

    BalasHapus
  64. kata orang buku adalah bahan bakar untuk mencharge kita supaya selalu semangat, ada juga yang mengatakan : kita 5 tahun kedepan adalah buku apa yang kita baca saat ini..

    BalasHapus
  65. Gubraaakkk...hampir jatohh niihh hp...wkwkwk...saya mbaca dari judulnya kirain isinya makanan atau apalah ttg burger (pas liat picnya) ealahhh kena taq buku....wuiiii, 15 ya..hikss gag ada yg lebih dikit bang qeqeqe....*okelah kalo beg beg begitoo*

    BalasHapus
  66. Saya tidak mengerti orang bisa suka makanan sampah yang begini, padehal masakan indonesia dan masakan spanyol paling enak dari seluruh dunia.
    Salam kenal

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger