Home » » KEKUATAN IKHLAS

KEKUATAN IKHLAS

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Januari 29, 2010 | 1/29/2010


Seorang pemuda tergeletak dipinggir jalan, tubuhnya kurus lemah dan sangat menggenaskan. Sudah banyak orang yang melewati tempat itu hanya mencibir dan segera berlalu. Beberapa saat kemudian Pak Darman yang dikenal sebagai saudagar kaya di kota itu lewat, sejenak dia terpaku dan timbul belas kasihannya. Dibawanya, pemuda itu kerumahnya dan dirawat hingga benar-benar pulih.

Namun pada suatu malam, pemuda tersebut menghilang dengan membawa sejumlah harta Pak Darman. Orang yang telah menolongnya hingga kesehatannya pulih. Sungguh sebuah perbuatan yang tidak terpuji….

Kebaikan Pak Darman telah dibalas dengan kejahatan. Akan tetapi Pak Darman yang mengetahui hal itu hanya tersenyum hingga membuat heran para pembantunya.

Lalu, Pak Darman berkata, ”Tidak ada peristiwa yang terjadi tanpa izin Allah. Tugas saya menolong pemuda itu sudah selesai, semoga bisa menjadi penghancur dosa saya. Mengenai harta yang dilarikan pemuda itu, tidaklah menjadi masalah. Karena pada dasarnya harta hanyalah kenikmatan dunia.... dan mungkin bila pemuda itu tidak mengambilnya, bisa saja harta itu saya pergunakan untuk hal yang maksiat. Semoga Allah SWT mengganti harta tersebut dengan kenikmatan surga dan semoga Allah mengampuni dosa pemuda itu”

Subhanallah...... adakah diantara kita yang bisa bersikap seperti Pak Darman?

Demikianlah kekuatan orang ikhlas, tidak akan pernah goyah dengan kejadian apapun, dia senantiasa ridho pada ketentuan Allah, karena yakin bahwa Allah tidak akan pernah menzalimi hamba-Nya.

Semoga kisah singkat ini dapat jadi bahan perenungan untuk kita semuanya terutama untuk saya tentunya. Dengan senantiasa yakin bahwa Allah Mahatahu dan tidak pernah melupakan perbuatan baik hamba-Nya, walaupun hanya perbuatan menyingkirkan sebuah paku kecil di tengah jalan.

Kita jangan pernah berharap balasan dari orang yang telah kita tolong, karena sesungguhnya balasan Allah itu jauh lebih baik, asalkan kita melakukannya dengan ikhlas.

Ketika Allah menciptakan gunung, para malaikat kagum. Akan tetapi, Allah berfirman ada yang lebih kuat dari gunung yaitu besi. Namun ada yang lebih kuat dari besi , yaitu api. Pun ternyata masih ada yang lebih kuat dari api, yaitu air. Lagi-lagi masih ada ciptaan Allah yang lebih kuar dari air, yaitu angin. Dan terakhir masih ada yang lebih hebat dari angin, yaitu hamba Allah yang ikhlas dalam setiap perbuatannya.


Share this article :

38 comments:

  1. ikhlas memang luar biasa, dengan ikhlas kita tidak stress, tidak iri dengki, juga bisa bersyukur

    BalasHapus
  2. (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Terus terang saya masih harus belajar dari keikhlasan yang dipunyai Pak Darman.

    BalasHapus
  3. semoga kita selalu ikhlas karena sesuatu itu datangnya dari Allah

    BalasHapus
  4. Bukunya Erbe Sentanu yg Quantum Ikhlas itu bagus skali. Saya baru bener2 paham makna dan kekuatan Ikhlas setelah membaca buku itu. it's a must have book..

    BalasHapus
  5. ikhlas tidak bisa dinilai dengan kata karena adanya dari dalam hati artikel yang sangat mencerahkan di pagi hari kanda

    BalasHapus
  6. subhanallah...keikhlasan mampu menghancurkan gunung, menahan tsunami, memadamkan api, dan mematahkan besi...

    Luar biasa....

    BalasHapus
  7. btw link mas Seti@wan dah nampang di "Catatan Iseng Thariq" mas....salam blogger...

    BalasHapus
  8. Kekuatan ikhlas memang sangat dahsyat jika benar-benar berasal dari hati.. tidak sekedar ucapan saja.. :D

    BalasHapus
  9. Ikhlas adalah ilmu tingkatan tertinggi, dengan ikhlas hati menjadi suci.dari segala nafsu yang merugi.

    Tausiah mantap dipagi hari, apa kabar bang Iwan ?

    BalasHapus
  10. Menolong sesamanya tanpa mengharapkan pamrih, suatu keikhlasan yang lahi dari hati.
    Salam sahabatku

    BalasHapus
  11. pagi ini bersyukur bisa membaca tulisan ini mas,...disaat hati ingin berteriak meski gak bisa karena merasa sesak.
    hanya menggerutu didalam hati :(

    terima kasih membaginya disini mas,...tepat saat aku membutuhkannya.
    tarik nafasss,,,astagfirullahaladzimmm, mencoba ikhlas dan ternyata melegakan mas ^^

    terima kasih

    BalasHapus
  12. orang biasanya ikhlas dalam memberi
    tetapi tak banyak orang yang ikhlas dalam menerima
    pak darman ikhlas menerima hal di atas

    BalasHapus
  13. untuk ikhlas memang susah

    hehee hatapi dimohon keikhlasanya kang iwan unttuk mampir ke blog saya
    hehe dukung slam dengan komen saja

    http://aaslamdunk.blogspot.com/2010/01/semarang-banjir-kuliner.html

    BalasHapus
  14. saya ingin seperti Pak Darman, tidak sakit hati meski kebaikannya dibalas kejahatan. Juga selalu ikhlas dalam beramal.

    BalasHapus
  15. sungguh suatu teladan yang patut ditiru
    terima kasih bang, sudah mengingatkan

    BalasHapus
  16. Apapun yang terjadi, selalulah berbuat baik. Meski tak ada orang yang menghargai, meski niat baik kita dicurigai, atau bahkan meski kita harus mati, apapun yang terjadi... selalulah berbuat baik. Karena hanya Tuhan yang akan melihatnya, dan pasti memberikan yang terbaik buat kita.

    Makasih sharing cerita dan permenungannya...

    BalasHapus
  17. kalau soal ikhlas aq masih butuh peningkatan....

    BalasHapus
  18. Salam hangat boz dari medan,maaf baru mampir makum lah...

    BalasHapus
  19. Mantep ini rnungn pas hari jumat

    BalasHapus
  20. Semoga bng Iwan seau sehat dan ceria sealu

    BalasHapus
  21. very great posting, mas...
    bener2 mencerahkan hati...

    BalasHapus
  22. luar biasa,
    kalo harta udah nggak masalah, baru bisa ikhlas deh...

    BalasHapus
  23. ikhlas, adalah memberi, melakukan sesuatu tanpa pernah mengharap imbalan, tidak mengungkit ataupun menjadi sakit hati manakala pengorbanan kita tak dianggap.
    Ikhlas,mudah diucapkan namun sulit dilaksanakan, kecuali mereka yang berorientasi pada keridhoan Allah semata.

    BalasHapus
  24. ikhlas dan sabar adalah ilmu yg paling sulit, tak mudah namun harus :)

    BalasHapus
  25. orang sebaik pak daman jarang ditemukan

    BalasHapus
  26. salam sahabat terimakaish atas sepiritnya Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan: “Sungguh jika hati telah berasakan manisnya ibadah kepada Allah dan ikhlas kepada-Nya, niscaya ia tidak akan menjumpai hal lain yang lebih manis, indah, nikmat dan baik daripada Allah."

    BalasHapus
  27. salam sejahtera
    pelajaran yang berharga dan hikmah yang mendalam
    luar biasa

    BalasHapus
  28. Ikhlas... sungguh artikel yang dalam

    BalasHapus
  29. luar biasa kisahnya bang..
    malah jadi terharu neh.. hehe.. benar2 mencerahkan.. makasih bang.. :)

    BalasHapus
  30. Aku harus ikhlas menunggu untuk komen disini pak..karen saking lamanya,,hehehehe..salaam

    BalasHapus
  31. artikel pencerahan mantab! Betapa sulitnya berbuat secara ikhlas, tapi kita harus selalu berusaha! mungkin memberi secara refleks, baru dikatakan ikhlas!

    BalasHapus
  32. ikhlas... pelajaran paling sulit bagi manusia... ilmu paling tinggi dari semua ajaran agama di dunia ini

    BalasHapus
  33. Sesuatunya memang kalau dijalani atau dilepaskan dengan ikhlas memang membuat hidup kita lebih lenggang untuk dijalani.

    Saya mampir nih ya Bang; jangan lupa masukin dalam daftar absen, hihihi

    BalasHapus
  34. Orang seperti Pak Darman ini yang bikin iri. Beliau punya ilmu dan harta dan menafkahkannya dengan ikhlas ... Boleh merasa iri terhadap orang seperti Pak Darman ini. Tapi bukan karena menginginkan hartanya saja ...

    BalasHapus
  35. ilmu ikhlas, gampang di sebutin berat di jalankan..

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger