Home » , » MAKNA CINTA HAKIKI

MAKNA CINTA HAKIKI

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Januari 03, 2010 | 1/03/2010

makna cinta
Dalam postingan sebelumnya yang bertajuk 'CINTA MENURUT PARA PAKAR'. Meskipun postingan tersebut berlabel jokes, tapi saya bisa belajar banyak dari tanggapan para sahabat semua. Olehnya itu terima kasih yang tak terhingga saya ucapkan.

Berikut adalah makna cinta dari hasil perenungan saya dan juga untuk memenuhi beberapa tangggapan sahabat tentang makna cinta menurut versi saya yang sebenarnya.

Cinta, sebuah kata bermakna. Darinya kebahagiaan dan darinya pula penderitaan. Allah SWT Yang Maha Pengasih mengaruniakan perasaan cinta kepada seluruh makhluk-Nya, tanpa terkecuali untuk menjadi bekal menjalani dinamika kehidupan.

Cinta dapat berubah karena Allah dapat memindahkan cinta itu sesuai dengan kemaslahatannya. Dan cinta bukanlah segalanya namun ia dapat mewarnai segala hal dari hidup dan laku kita. Maka janganlah membebani cinta atau terbebani cinta.

Adalah kita yang mempunyai kebebasan untuk mengarahkannya, menjadikannya sumber inspirasi menjalani kehidupan atau menjadikannya belenggu diri.

Adalah kita yang harus selalu ingat akan asalnya, cinta itu adalah pinjaman dari Allah Sang Pemilik Cinta. Jadi kia semua jangan salah, bukan kita pemiliknya, ia hanya pinjaman-Nya. Maka jangan menyalahgunakannya.

Adalah kita pula yang harus selalu ingat bahwa cinta hakiki hanya ada dalam cinta-Nya, Allah SWT Sang Pencipta dan Pemilik Cinta. Maka tiadalah jalan keselamatan selain mendahulukan cinta kepada-Nya dari yang lainnya.

Ketika cinta kepada Allah menjadi arahan diri, maka segala kesulitan yang mungkin ditimbulkan dari sang cinta akan dapat diatasi dengan mudah dan benar karena pijakannya yang kukuh.

Jadi cinta adalah bukti cinta Allah pada seluruh ciptaan-Nya yang diciptakan-Nya dengan penuh rasa cinta. Apakah artinya? Bahwa Allah mencintai seluruh ciptaan-Nya, mencintai seluruh umat manusia dan tentu saja seluruh ajaran-ajaran-Nya. Allah menginginkan seluruh makhluk-Nya hidup dalam cinta kasih, saling mencintai untuk memakmurkan bumi-Nya yang telah diciptakan-Nya dengan penuh cinta. Sebagaimana Dia telah menitahkan manusia untuk menjadi khalifah di bumi-Nya.

Cinta diciptakan Allah untuk membahagiakan umat-Nya, hidup saling mencintai, berbahagia di bumi-Nya yang dimakmurkan dengan penuh cinta sebagai surga bagi seluruh umat manusia.

Lalu bagaimana dengan semangat mencintai Allah, mencintai ajaran-Nya sambil menghancurkan bumi-Nya dan menghancurkan umat yang lain yang berbeda keyakinan, seperti yang sedang terjadi pada saat ini?.

Berapa kehancuran bumi dan berapa umat-Nya yang menderita, dan berapa rumah-Nya yang hancur karenanya. Itulah cinta yang membabi buta, cinta yang disulut oleh hawa nafsu keegoan atas kebenaran sendiri, cinta yang dilandasi oleh nafsu angkara murka untuk menguasai. Atau apabila tidak, karena banyak orang yang melakukannya dengan mengorbankan diri sendiri melalui bom bunuh diri misalnya, itu adalah cinta yang sangat naif, cinta yang sangat picik karena tidak mau melihat jalinan kehidupan secara menyeluruh.

Apabila mengakui Tuhan itu satu, dan bahwa seluruh alam semesta dan seisinya adalah ciptaan-Nya, maka mungkinkan Tuhan yang satu itu bukan milik seluruh umat?. Dan mungkinkah Tuhan menghendaki kehancuran bumi-Nya dan umat-Nya?

Alangkah naif dan piciknya kita apabila menganggap kebenaran itu hanya apa yang ada pada diri kita saja, apalagi apabila sampai menjadi angkara murka.

Siapakah kita yang boleh menghakimi umat yang lain atau menzalimi orang lain? Tidak, hanya Allah SWT yang boleh menghakimi umat-Nya sebaik hanya Dialah Yang Maha Tahu akan kesalahan dan dosa setiap diri.

Jadi jangan katakan sedang memperjuangkan cinta kepada Tuhan atau kepada ajaran-Nya apabila yang kita lakukan sesungguhnya adalah kerusakan dan angkara murka.

Wahai sahabat semua, kembalilah kepada spirit cinta yang dianugerahkan Tuhan kepada kita. Cintailah orang lain sebagaimana kamu mencintai dirimu sendiri. Menjadilah rahmat bagi seluruh alam, yang hanya menebar kasih dan damai di bumi-Nya ini.

Cintailah semua termasuk mereka yang memeluk keyakinan yang lain, karena tidaklah sebuah ajaran dapat eksis dan dipanuti oleh banyak orang sampai berbilang waktu, apabila itu bukan karena penjagaan-Nya atas ajaran tersebut yang disebabkan oleh kebenaran dari ajaran itu. Tuhan mengajarkan untuk mencintai semua walaupun berbeda, dan bahwa perbedaan itu memang dikehendaki-Nya.

Okey….selamat menikmati cinta Allah SWT dan cinta-cinta yang dihadirkan-Nya pada anda.

Bagaimana dengan Cinta menurut versi Anda??


Share this article :

41 comments:

  1. Ciunta Hakiki berarti cinta yang sesungguhnya,Cinta Terhadap suami,istri ,orangtua,anak dan keluarga semua hanya karena Allah SWT.

    BalasHapus
  2. lha kalo ini baru setuju
    hanya DIA lah cinta sejati sip bos... toossss

    BalasHapus
  3. cinta hakiki itu berarti cinta sebenarnya kan mas...

    BalasHapus
  4. cinta menurut versi ku cinta yang bisa menerti persaan yg dicinta nya...

    BalasHapus
  5. cinta menurut pakar itu tadi lucu-lucu dan "pas" banget dengan masing-masing kriteria

    BalasHapus
  6. Terimakasih, bang. Postingan kali ini semakin menebalkan pemahaman saya akan pengertian eksistensi cinta kepada-Nya.

    BalasHapus
  7. Berarti hanya cinta kepada Allah merupakan cinta yang hakiki ya.

    BalasHapus
  8. sip tenan sampai specles diriku

    BalasHapus
  9. Sangat terkesan dengan kata-kata ini: Jadi cinta adalah bukti cinta Allah pada seluruh ciptaan-Nya yang diciptakan-Nya dengan penuh rasa cinta.

    BalasHapus
  10. semoga saya mendapatkanya bos

    BalasHapus
  11. wah, kalau saya sih gak belum berani bikin pengartian sendiri untuk kata-kata yang susah model 'sayang' atau 'cinta'... :0

    BalasHapus
  12. artikel menarik mas, silahkan merenung kembali dan ceritakan inspirasinya di blog ini saya akan berkunjung balik.
    terimaksih.

    BalasHapus
  13. salam kenal mas blog walking.

    BalasHapus
  14. Blum berani buat mengartikan cinta soalnya kalau salah bisa gawat. Cinta ga bisa di hubungkan dgn Logic Manusia.. :)

    BalasHapus
  15. Cinta adalah perasaan yg membuat kita berani berkorban dan mengatakan "walaupun", bukan "karena"

    BalasHapus
  16. pemaknaan atas cinta...
    nice post. salam kenal

    BalasHapus
  17. Nice post. Cinta Hakiki, he, nama blog Ateh75, sahabat kita. Cinta Hakiki yang sesungguhnya, ya untuk yng haq, Dia Sang Maha Segalanya.

    BalasHapus
  18. Benar banget, cinta hakiki hanyalah milik Allah kerana cinta sejati Nya sellau ada dan tak menunut pamrih

    BalasHapus
  19. Cinta itu Anugerah Tuhan ya ^^
    tanpa cinta dunia hampa
    cuma ada perang

    BalasHapus
  20. Cinta hakiki adalah semua yang kita lihat disitu kita bisa melihat keberadaan Allah!

    BalasHapus
  21. Banyak yang tak bisa kuungkapkan mengenai cinta...

    cinta itu abstrak, hanyalah orang tertentu yang dapat mengertinya...

    BalasHapus
  22. Pencerahan cinta yang sangat sempurna....
    Bener2 ungkapan yang bagus...

    Thanks mas atas berbagi tentang masalah cinta

    BalasHapus
  23. Seneng banget membaca ulasan cinta disini. Mantap bang...

    BalasHapus
  24. hmmmm.... hanya mampu merenungi, bingung mau komen apa, uda 2x ku baca ulang dan semua yg Bang Iwan katakan itu adalah benar. Hanya kepada Allah lah Cinta kita yg sesungguhnya.

    BalasHapus
  25. setuju om... setuju 1000persen...

    tapi yah... cinta kepadaNya bagi tiap orang memang memiliki reaksi dan persepsi sendiri-sendiri.

    kalau saya sih lebih suka hanya merasakan saja. cinta susah kalo terdefinisi.. :)

    BalasHapus
  26. ya...biarlah cinta Allah yg bertahta disinggasana hati anaa, yg lain dicintai karenaNya.

    BalasHapus
  27. Salam Takzim
    Lapor kang Widget sahabat sudah bertambah
    maap sudah lama membina persahabatan baru inget ada kang Awan di komentar
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  28. Salam Takzim
    Bicara Cinta yang Hakiki, adalah buah cinta yang hadir atas tuntunan Allah SWT, beruntunglah Bagi sahabat yang mendapatkan cinta yang hakiki
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  29. Ayo kita mulai membuka lembar baru di tahun 2010 dengan menebarkan cinta dan perdamaian ke seluruh dunia, karena Tuhan sudah mencintai kita dengan teramat besar.

    BalasHapus
  30. wah setuju banget.. saya malah jadi nagis nih...
    BTW tanda jatuh cinta bisa dibaca dari bahasa tubuhnya
    terimaksih

    BalasHapus
  31. Cinta kepada Tuhan adalah cinta yang semurni murninya,, dah seindah-indahnya.

    Mari kita menebar cinta dengan rasa kasih terhadap sesama dan jang melebihi kasih cinta kita terhadap Tuhan

    BalasHapus
  32. Happy New year bang, edd cinta mi seng. malas ku deeh...mending blogwalking,hahahah

    BalasHapus
  33. thaxs for comming my firnes

    BalasHapus
  34. cinta menurutku sih simple saja yang penting iklas

    BalasHapus
  35. Cinta...cinta oh cinta...xixixi
    http://riyanti.web.id/category/memahami-makna-cinta/
    btw, lam kenal ea mg te2p smngat buat ngeblogingna ^^


    salam sayank

    BalasHapus
  36. artikel yg sip.. baik untuk direnungkan..

    BalasHapus
  37. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger