Home » , , , » 20 Tahun Adobe Photoshop

20 Tahun Adobe Photoshop

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Februari 21, 2010 | 2/21/2010


Pengembangan manipulasi gambar digital banyak mempengaruhi industri fotografi. Pengembangan tersebut menciptakan seni pengolah gambar (photo retouching) dan mengubah cara kerja: produk yang biasanya hanya dapat diciptakan oleh fotografer profesional selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, kini dapat diproduksi oleh seniman amatir sekalipun.

Manipulasi gambar digital telah menyumbang begitu banyak hal kepada dunia fotografi dengan memungkinkan manipulasi yang awalnya sulit atau bahkan tak mungkin. Photoshop berperan besar dalam perkembangan dunia digital saat ini.

Pada masa revolusi fotografi digital di tahun 90-an, Photoshop menjadi standar di dunia industri. Banyak fotografer yang menggunakan program ini untuk mengoptimalkan hasil akhir foto yang mereka ciptakan.

Dengan kehadiran tablet grafik, terutama dari Wacom, program seperti Adobe Photoshop dan Corel Painter semakin dibutuhkan untuk menciptakan gambar orisinal. Dengan menggunakan pressure sensitive tablet dapat meningkatkan efek paint brush, eraser, atau tool lainnya. Tablet digunakan secara global oleh para ilustrator komik profesional, arsitek, seniman studio, dan lainnya.

Bahkan ILM, perusahaan spesial efek yang berperan dalam produksi film Star Wars, menggunakan tablet yang dikombinasikan dengan Photoshop untuk mengoptimalkan hasil-produksinya.

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe System.

Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , dan versi yang terakhir (kesebelas) adalah Adobe Photoshop CS4.

Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Untuk merayakan ulang tahun Photoshop yang ke 20, silakan bergabung ‘Photoshop di Facebook ‘dan menampilkan '20 'Twitter Penanya Photoshop. Anda juga dapat mengirim kartu ucapan untuk Photoshop dan berpeluang memenangkan hadiah menarik.

Sumber dari Wikipedia.

Share this article :

57 comments:

  1. Selamat ulang tahun yang ke 20 photoshop..
    semoga di kau makin mantap di seri seri berikutnya dan tidak susah di crack, haha^^

    salam blogger :D

    BalasHapus
  2. Hapi Bet Dei Sotosop !! Eh Photo Shop

    BalasHapus
  3. udah 20 tahun photoshop aku belum tahu cara menggunakannya hikss XD

    BalasHapus
  4. photosop memang proglam pengolah gambar nomor satu

    BalasHapus
  5. Photoshop selalu hadir di laptop saya, salam kenal mas..

    BalasHapus
  6. Hmmm.... Sayangnya nda freeware... heheee..

    jadi musti cari yg crack2nya..

    keren bgt udah berdiri dari 90an....

    BalasHapus
  7. wah2.. software favoritku nih...

    BalasHapus
  8. selamat ya Bang, ikut meramaikan acaranya photoshop, semoga bisa mendapatkan hadiah dari acara ini.

    salam hangat utk keluarga.
    salam.

    BalasHapus
  9. Apa hadiah_y pak??
    Kalo ikut ki!

    BalasHapus
  10. atang di pagi hari menikmati hidangan sotoshop eee maaf photoshop wah ueeenak .... segerrrr..... apalagi pas lagi ultah ...

    Photoshop software andalan saya untuk oleh gambar baik untuk tampil di desktop maupun untuk keperluan ngeblog .... pokoknya software nomor wahid ...

    BalasHapus
  11. Software defaultnya aja dah ok banget Apalagi ditambahani beberapa plugin tambahan wuihhhh gak ada duanya dech .....

    OOTP: wuih Alexanya tambah mantab aja nih .... di browserku dah 95.635

    BalasHapus
  12. Selamat ulang tahun yang ke 20 photoshop..
    photosop memang proglam pengolah gambar nomor satu
    bisa photosop mesti bisa correl
    tapi mahir correl belum tentu mahir di adobe photosop

    oia bang iwan, link anda udah gus masukna di menu prajurit
    oia mampir balik ya da postingan bareu

    BalasHapus
  13. selamat ultah photoshop, btw hadiahnya apa? hehehe...

    BalasHapus
  14. photoshop memang banyak sekali membantu bagi kita semua dalam teknologi yang ada sekarang ini. yang tidak ada jadi ada, yang tidak nyata jadi benar2 nyata sangat memutar balikkan mata kita yang melihatnya.... (tertipu ni yeee)

    Selamat ber ulang tahun smg sukses selalu n tetap semangat.

    BalasHapus
  15. ini nih andelannya Roy Suryo...hehehehe

    BalasHapus
  16. Salam kenal Bang Iwan...
    sudah banyak denger kehebatan photoshop, tapi belum banyak ngerti penggunaannya

    BalasHapus
  17. wow trnyata Photoshop umur'y jauh beda ma aku yang masih brumur 15 tahun...

    BalasHapus
  18. selamat ulang tahun ya adobe photoshop!!

    BalasHapus
  19. Halah.. saya awam sekali sob.. soal photoshop ini hehe

    BalasHapus
  20. sotosop emang keren, happy b'day ya he..he..

    BalasHapus
  21. wah ternyata sudah cukup berumur juga adobe photoshop ini... saya lumayan sering pake software ini

    BalasHapus
  22. Photoshop OK banget sy msh belajar terus , cuma konon harga Software orig nya mahal bgt.. waw...! kebanyakan msh pd pake yg bodong.. hee.hee.. *malu

    BalasHapus
  23. wah ada hadiahnya yah...... kalo hadiah mauuuuu

    BalasHapus
  24. selamat sore .... semoga tambah sip lagi...

    BalasHapus
  25. photoshop memang top. apalagi kalo soto shop eh, soto ayam maksudnya. hehehe. met hari minggu, pak.

    BalasHapus
  26. "0 tahun tak terasa yah,,selamat deh buat adobe photosop yg makin canggih

    BalasHapus
  27. waaaaa.... aku penggemar soto sop ko gag tau ya hehehehe thx infonya omm.. xixixixix
    moga sehat selalu ya maaf jarang berkunjung...

    BalasHapus
  28. selamat untuk photoshop
    saya termasuk pengguna adobe photoshop, arrived my blog please, http://empatmimpi.blogspot.com
    :)
    thanks, join now !!!! :)

    BalasHapus
  29. wah... sudah "tua" juga ya si photoshop ini???? aku aja belum genap 19 tahun???? hehehe^^.
    wish u allthe best aja deh buat photoshop... makin kreatif aja... biar mudah makainya.. :P

    BalasHapus
  30. Photoshop masih tetap jadi idaman bagi setiap designer grapis, termasuk tukang cat online..
    btw mas iwan tahu hari ulang tahunnya juga ya.. mantaf... great post !

    BalasHapus
  31. wah keren nih langsung aja dech aq sambangi markaznya, siapa tahu beruntung aq

    BalasHapus
  32. Slmat Ultah PhotoShop.. Walaupun blum terlalu mahir menggunakannya,,.. :)

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum, Selamat Ultah untuk Adobe photoshop, dan makasih untuk info photoshop di facebook, tp sy jarang update fesbuk (Dewi Yana)

    BalasHapus
  34. Selamat ulang tahun untuk Photo Shop manteb...
    Dan maksih informasinya, Pak...

    BalasHapus
  35. Review mantap soal Adobe Photoshop. Ternyata sudah 20 tahun. ya. Selamat deh buat Adobe

    BalasHapus
  36. Photoshop emang keren... Selamat ulang tahun photoshop...

    BalasHapus
  37. Oiya, sekalian ijin follow pak, biar dapat update terbaru... btw bisa tukeran link ga?

    BalasHapus
  38. wah udah tua juga ya !!!
    Trims sekali atas infonya :)
    Salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  39. Met ultah Photoshop! Meski saya masih jadi maniak Corel :)

    BalasHapus
  40. wah, thanks neh infonya Bang... nyoba liat2 kesanh ya...

    BalasHapus
  41. hidup photo shop ah... sukses!

    BalasHapus
  42. HUT ke 20 photoshop baru tahu nih ane..
    ketinggalan sekali ane masih pakai cs2 itu juga belum paham benar cara penggunaannya..kerja keras memang di perlukan bila tidak ingin ketinggalann..

    BalasHapus
  43. wah seumur aku ternyata T__T

    BalasHapus
  44. wah udah dua puluh tahun rupanya, ketinggalan bgt krn sy baru aja beberapa waktu nginstal dan br aja mau belajar ngotak-ngatik, lagi2 karena pingin lbh kreatif desain template.

    BalasHapus
  45. salam sahabat
    wah baru tahu thnxs ya

    BalasHapus
  46. photoshop dah sampai cs4 padahal sy blm terlalu menguasai cs. :)

    BalasHapus
  47. happy birthday buat adobe sotoshop.. eh..photoshop..hehehe..
    iya nih, baru sempat juga kesini lagi..
    jangan lupa mampir lagi yaa.. :)

    BalasHapus
  48. Datang ke dua kali nih bang iwan mau kasih award buat Bang Iwan

    BalasHapus
  49. Wah.. mao ucapin ahh ke photosho

    BalasHapus
  50. selamat ulang tahun deh buat photoshop...
    aq juga seneng banget belajar n utak-atik program photoshop. sangat menarik

    BalasHapus
  51. Aku masih kagok kalo pake Photoshop, jd sekrg pakenya hanya kalo mau scan aja. Btw, ada yg punya software adobe ilustrator gak ya? Aku nyari di Indowebster kok ga ketemu!...

    BalasHapus
  52. mantabh bang infonya..
    memang hrs diakui adobe dgn photoshop-nya telah berperan sangat besar dalam industri photography..

    BalasHapus
  53. yang nyiptain nih sofware emang yahud ya bos

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger