Home » » Valentine's Day Di Berbagai Negara

Valentine's Day Di Berbagai Negara

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Februari 14, 2010 | 2/14/2010

Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine's Day), pada tanggal 14 Februari , tepat jam 00.00 saat postingan ini terbit . Hari ini adalah sebuah hari yang sudah tak asing lagi di telinga para generasi muda. Hari di mana para jiwa-jiwa pemberontak yang umumnya masih mencari identitas diri menunjukkan rasa kasih sayangnya pada pasangan masing-masing.

Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines". Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap.

Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu milyar kartu valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan.

Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.

Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.

Di Roma kuno, 14 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai bagian dari ritual penyucian, para pendeta Lupercus meyembahkan korban kambing kepada sang dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan lari-lari di jejalanan kota Roma sembari membawa potongan-potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai. Terutama wanita-wanita muda akan maju secara sukarela karena percaya bahwa dengan itu mereka akan dikarunia kesuburan dan bisa melahirkan dengan mudah.

Di Jepang, Hari Valentine sudah muncul berkat marketing besar-besaran, sebagai hari di mana para wanita memberi para pria yang mereka senangi permen cokelat. Namun hal ini tidaklah dilakukan secara sukarela melainkan menjadi sebuah kewajiban, terutama bagi mereka yang bekerja di kantor-kantor. Mereka memberi cokelat kepada para teman kerja pria mereka, kadangkala dengan biaya besar. Cokelat ini disebut sebagai Giri-choko, dari kata giri (kewajiban) dan choco (cokelat). Lalu berkat usaha marketing lebih lanjut, sebuah hari balasan, disebut “Hari Putih”(White Day) muncul. Pada hari ini (14 Maret), pria yang sudah mendapat cokelat pada hari Valentine diharapkan memberi sesuatu kembali.

Di Taiwan, sebagai tambahan dari Hari Valentine dan Hari Putih, masih ada satu hari raya lainnya yang mirip dengan kedua hari raya ini ditilik dari fungsinya. Namanya adalah "Hari Raya Anak Perempuan" (Qi Xi). Hari ini diadakan pada hari ke-7, bulan ke-7 menurut tarikh kalender kamariyah Tionghoa.

Bagaimana dengan Indonesia?

Valentine’s Day ini identik dengan tukar-menukar kado. Bisa berupa cokelat, bunga, perhiasan, kaset/CD dan hadiah spesial lainnya. Disadari atau tidak, perayaan dari budaya Barat ini pun telah diserap oleh orang-orang Indonesia. Sudah banyak orang Indonesia yang merayakannya dengan kebiasaan masing-masing.

Perwujudan yang bukan hanya untuk sepasang muda-mudi yang sedang jatuh cinta. Namun, ini memiliki makna yang lebih luas lagi. Di antaranya kasih antara sesama, pasangan suami-istri, orang tua-anak, kakak-adik dan lainnya.

Namun perlu diketahui bahwa Orang-orang merayakan hari tersebut untuk mengenang St Valentine yang dianggap sebagai simbol keberanian, ketabahan,dan kepasrahan dalam menghadapi cobaan hidup, dimana pada tanggal 14 Februari, hari saat ia dipenggal kepalanya St Valentine masih menyempatkan diri menuliskan sebuah pesan untuk seorang gadis pujaan hatinya. Ia menuliskan "Dengan Cinta dari Valentinemu".

Pesan inilah yang kemudian menjadikan orang-orang di berbagai belahan dunia merayakan hari kasih sayang disetiap tanggal 14 Februari.

Sangat banyak versi sejarah tentang Valentine's Day. Sejarah di atas jelas-jelas memberikan pengetahuan pada kita bahwa Valentine's Day itu hanyalah buatan manusia.

Kalau menurut pandangan pribadi saya Valentine's Day yang begitu dielu-elukan para generasi muda bukanlah hal yang patut dirayakan karena dalam pandangan agama manapun, hari kasih sayang itu bukan hanya pada tanggal 14 Febuari, akan tetapi setiap waktu dalam setiap desahan nafas kita.

Kasih sayang itu juga bukan hanya ditujukan untuk pasangan-pasangan atau kekasih tapi juga ditujukan untuk semua makhluk ciptaan Allah SWT.



Share this article :

61 comments:

  1. Petromax kayaknya nih, hehe...
    Dalam rangka hari valentine ini. Ada bingkisan di SC buat abang. Ambil ya...

    BalasHapus
  2. itu adalah tradisi barat, ngapain juga kita ikut melestarikan??? tapi semua juga kembali kepada diri masing2 sih...

    BalasHapus
  3. Pak, saya menyesalkan postingan ini. kenapa bukan diposting sebelum 14 Februari? Kalau gini, seolah2 bapak dalam pihak "merayakan" Maaf Pak... Saya tahu, bapak meentangnya pun dengan saya. Tapi, kenapa harus diposting tanggal 14? *mohon maaf*

    BalasHapus
  4. Wah, mantap nih. Saya jadi tahu banyak tentang latar belakang valentine's day.

    BalasHapus
  5. kuberkunjung dihari penuh kasih sayang ini sobat, have a nice day n happy valentine's

    BalasHapus
  6. ternyata kebiasaan ngasih cokelat muncul dari jepang ya

    BalasHapus
  7. biarlah cukup diketahui tetapi untuk turut berperan serta apalagi untuk melaksanakan no way

    BalasHapus
  8. info yang mantap pak tentang hari valentine

    BalasHapus
  9. apa kabar kanda baru pulang nih dari gunung lagi jadi lambat datangnya dan ketinggalan beberapa posting tapi udah dirapel kok, beuuu kok jadi nyepam sih

    BalasHapus
  10. Valentine Never think about that

    BalasHapus
  11. aku c gk ngrayain aah...
    gk mw sok2 latah2an.

    BalasHapus
  12. Nice posting, alangkah indah bila kasih sayang itu terrefleksi dalam kehidupan sehari-hari. Salam

    BalasHapus
  13. Membaca sejarah Valentine disini ah...
    Ternyata dalam rumah ini semua serba ada... informasi-2 menarik lengkap... kap..!
    Salut Bang...

    BalasHapus
  14. Tradisi yang kurang berkenan baik enaknya ditinggalkan saja

    BalasHapus
  15. aku gak ikut merayakan,...tp menghargai yg sedang merayakan kemeriahan valentines day....

    monggo....

    mas,aku tertinggal banyak bgt postingan disini :(
    mas setiawan ternyata hampir tiap hari posting y ???

    BalasHapus
  16. Dulu aku pernah merayakan valentine juga, waktu masih sekolah. Biasa Bang.., ikut-2an teman biar tetap dikatain gaul hahaha
    Sekarang sih dah gak pernah merayakan lagi.

    BalasHapus
  17. Valentine banyakan mudharatnya nih daripada manfaatnya... malah valentine bisa jadi jurang dosa nih. banyak remaja yang melakukan pesta seks dan beli kondom sembarangan karena moment Valentine ini...

    Say no to Valentine.. Valentine bukan budaya bangsa...

    BalasHapus
  18. di indonesia sekarang sudah banyak yg ikut2an memeriahkan vanetine's day ini, padahal cinta dan kasih sayang tdk harus ditunjukkan hanya pada tgl 14 februri saja.
    Kita bisa mengekpresikan cinta dan kasih sayang setiap hari pada orang2 tersayang dilingkungan kita.
    salam.

    BalasHapus
  19. heboh memang acara ini. Terima kasih beberapa hal saya baru tahu tentang acara di beberapa negara.
    Trims.
    Salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  20. hEboh vAlentine bUkan hanya di negara - negara barat saja di negara kita juga.,
    dan kebetulan bertepatan juga sama hari valentine.,

    BalasHapus
  21. Berkunjung lagi Bang Iwan ... maaf kemaren selama seminggu keluar kota....

    Ada atau tidak ada Valentine sudah menjadi keharusan bagi setiap manusia untuk menebarkan kasih sayang,tidak hanya kepada manusia tapi juga kepada alam semesta ini dan lingkungan ...

    BalasHapus
  22. Yang agak menghawatirkan dari perayaan Valentine ini adalah jika bentuk ungkapan kasih sayang yg dilakukan pasangan muda-mudi sampai seolah-olah menghalalkan/ menjustifikasi/pembenaran untuk melakukan perbuatan2 sebenarnya belum boleh dilakukan (dilarang oleh norma2 agama)

    BalasHapus
  23. OOTP :
    Review di Alexa kok pada ilang ya Kang ... punya saya kemaren dah ada 7 review sekarang cuma 3, punya Bang Iwan dulu saya lihat dah banyak ada 16 apa 32 agak lupa sekarang tinggal 8.
    Apa pihak Alexa merubah kebijakannya yaaa... saya blm cek ini baru datang dari Jogja ...
    Makasih Bang Iwan walau saya tinggal seminggu masih tetap berkunjung ke blog saya ... semoga kebaikan Bang Iwan akan dibalas Allah SWT. Amin.

    BalasHapus
  24. Gus Ikhwan ga mau ngrayain valentine days
    karena itu hukumnya haram bagi orang muslim?/
    tapi kenapa bang iwan memposting tepat tanggal 14 februari ya, apa bang iwan merayakan juga

    BalasHapus
  25. Kasih Sayang bukan hanya tgl 14 Februari. Tetapi kasih sayang ada di setiap Hari.

    BalasHapus
  26. BAnyak pro dan kontra tentang valentine...oiya MAs Banner link saudara sudah ada di blog saya di http://novantachistory.blogspot.com/ harap umpan balik,maklum saya masih baru di dunia blog,hehehehe..terima kasih

    BalasHapus
  27. yuni gag ngerti apa itu valentin.
    yang yuni tau yuni dikasih coklat ma cowok yang suka ma yuni. jadi coklatnya yuni maem,.
    artinya valentin itu maem coklat.
    hehehhehhehe

    BalasHapus
  28. hari valentine yach .....boleh g kita sebagai umat islam ngerayain hari gituan ??

    BalasHapus
  29. Saya sependapat dengan bapak.
    Disamping merusak moral dan menghabiskan uang, banyak gadis yang pecah keperawanannya hanya karena valentine.

    Ngeri kan?

    BalasHapus
  30. Selamat Hari Valentine Mas Amri...
    Makasih sudah berkunjung ke blog saya

    BalasHapus
  31. wah,, macam-macam yah merayakan valentine itu...

    lam knal y :)

    BalasHapus
  32. Selamat valentine bang 
Moga makin cerah nih

    BalasHapus
  33. ooo critanya begitu ya?
    sebelum dipenggal terus nulis surat cinta gitu bos?

    BalasHapus
  34. Semoga keceriaan dan semangat selalu terus ada dihati amiin

    BalasHapus
  35. aku generasi muda, tapi aku nggak mengelu-elu, ngelu iya, weheheh

    BalasHapus
  36. Mas, kok beberapa hari ini posting mas Iwan ga muncul di blogrollku ya? Kukira ga update loh...(jd maaf klo lama ga mampir). Aneh ya??

    Tentang Valentine, memang kasih sayang harusnya diberikan sepanjang masa bukan hanya pas Valentine saja. Tapi sama juga dgn bulan Ramadhan bagi orang muslim dan masa Prapaskah bagi org Kristiani, pada masa itu kita fokus utk pertobatan. Pdhal mestinya pertobatan kan sepanjang hidup, bukan hanya waktu2 itu saja.

    Menurutku, masa itu kita diingatkan dan digiring utk serius bertobat, begitu jg hr Valentine kita fokus utk menyatakan rasa sayang kita pd org lain. Jd menurutku tak perlu kita memandang negatif. Bagaimanapun masih lbh baik menunjukkan kasih 1 hari saja daripada tidak sama sekali...

    BalasHapus
  37. begitu ya bang Iwan...sejarahnya panjang juga.
    setuju kalau kasih sayang diberikan bukan hanya pada tgl ini saja.

    BalasHapus
  38. mungkin ada banyak pro dan kontra soal hari valentine ini.
    damai saja yuk...itu akan lebih indah.

    BalasHapus
  39. Dalam desahan nafas ada kasih sayang, alangkah indahnya desahan itu diiringi dengan Zikir! Sehingga aura kasih sayangnya menyebar kesekeliling kita! Tersenyumlah!

    BalasHapus
  40. jamannya mamang lom rame palentin-palentinan. Masalahnya sekarang palentin banyak dibahas dan dipermasalah dalam berbagai kacamata (termasuk Ray Ban) jadi untuk ikut masuk ke dunia palentin dengan posisi sudah merit mungkin kurang tepat saat ini mah yach ? soalnya menurut mamang mah, hari kasih sayang itu tidak perlu dijadikan moment saja, karena kasih sayang itu diperlukan setiap harinya..... *sambil mandang photo anak)

    BalasHapus
  41. Zaman saya SMA sudah mulai marak, sebatas acara tukar kado dengan harga yang dipatok gak boleh lebih dari 5 ribu. Sekarang, biasa-biasa aja ya bang. Gak ada perayaan, tiap hari berkasih sayg kok. Cuma kalau ada yang mau kirim coklat, kue, monggo saya terima, hihi. Iya link blog bang Iwan di bloglist saya kok masih judul yang lama. Ini saya klik dari shoutcamp.

    BalasHapus
  42. yang namanya kasih sayang itu bisa diberikan kapanpun dan dimanapun ga perlu nunggu hari v-day....
    Lifestyle Inspiration

    BalasHapus
  43. selalu komplit neh abangnya... Siiip ah...

    BalasHapus
  44. Halo bang setyawan.......apa kabar bang..lama saya ndak update bang.........oh ya hari ini saya ndak merayakan valent day kok...

    BalasHapus
  45. hi, mas... salam kenal yah, maap baru bisa berkunjung balik ke rumah mas ;)

    wah artikelnya bagus2 ya...

    aku pribadi, setelah mengetahui maka sekarang ga mengucapkan happy valentine lagi... kalo dulu pas esema kan taunya itu cuman buat have fun aja, tapi ternyata sebaiknya aku sebagai muslimah tidak mengikutinya.

    betul kata mas, cinta kasih kita harus ditunjukkan kapanpun, terutama kasih kita kepada Allah Sang Pencipta.
    lalu kasih kepada orang tua, pasangan hidup, anak dan keluarga lainnya...

    BalasHapus
  46. saya ga ikutan palenten deh mas, yang ngrayain met ngrayain aja :))

    BalasHapus
  47. Alexa Bang Iwan dah saya review .... thank reviewnya untuk ALWI'S BLOG

    BalasHapus
  48. Setuju sekali Bang Iwan
    kalau hari kasih sayang itu bukan hanya pada tanggal 14 Febuari, akan tetapi setiap waktu dalam setiap desahan nafas kita.. mantabss..

    BalasHapus
  49. Kita sama2 setuju komen Kangboed yg selalu menyebar Kasih Sayang setiap hari dimana mana..

    BalasHapus
  50. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    *copy Kangboed.. hee..heee..

    Salam Sukses buat Bang Iwan dan sobat semua.

    BalasHapus
  51. Saya sudah tua berarti nggak pakai baju warna pink kan bang.
    Insya Allajh buku dikirim hari ini via Kilat Khusus, silahkan ditunggu.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  52. tul, setiap hari adalah hari kasih sayang

    BalasHapus
  53. Tak pernah merayakan Bro...
    PRof Dah terlanjur tua...wkwkwkwk...

    BalasHapus
  54. saya ndak merayakannya mas..

    BalasHapus
  55. Apapun harinya. Yang penting IKHLASnya !!

    Salam
    RentCo

    BalasHapus
  56. udah lewat ya valentine day

    tapi walau tanpa hari valentine day persahabatan dan kasih sayang akan terus mengalir

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  57. wah saya telat,,, lama tak blog walking dikarenakan bnyak tugas` maklum anak SMA,,,
    hehe,,, bagus `postingannya ``menambah ilmu bagi saya,,, thanks

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger