3 IDIOT

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, April 11, 2010 | 4/11/2010

Kali ini saya akan membahas sebuah Film Bollywood, seperti halnya kebanyakan film-film Bolliwood lainnya tentunya mempunyai durasi yang panjang, maka otomatis resensinya juga panjang. Oleh karena itu saya sarankan sebelum membaca artikel ini siapkan dulu makanan kecil dan minuman.

Sebenarnya film Bollywood ini sudah tayang di beberapa bioskop sejak Desember silam. Tapi waktu itu layar bioskop masih dipenuhi histeria film Avatar. Sementara 3 Idiots tayang di Indonesia tanpa promosi heboh, waktu tayangnya pun relatif singkat. Awal Januari, 3 Idiots hanya diputar beberapa hari saja.

Saat itu demam 3 Idiots justru tengah heboh-hebohnya. Promosinya justru dari mulut ke mulut, juga lewat situs jejaring sosial Twitter.

Kisah inspiratif berdurasi 164 menit ini memang membuat mata dunia terbelalak. 3 Idiots diganjar predikat film bollywood terlaris sepanjang masa! Prestasi tersebut diraih setelah menyingkirkan Ghajini, film yang juga dibintangi Aamir Khan Desember 2008 lalu.

Yang menakjubkan, 3 Idiots juga mencetak rekor fantastis di minggu pertamanya. dalam waktu empat hari usai resmi dirilis ke pasaran sejak 25 Desember, film yang disebar ke 40 negara ini berhasil mengantongi 1 miliar rupee (lebih dari 200 miliar rupiah)

Tak hanya di India, 3 Idiots pun berjaya di mancanegara. “di Australia banyak bioskop yang mengurangi jumlah studio penayang Avatar dan menambah 3 Idiots,” terang Vidhu Vinod Chopra, sang produser.

Bahkan di Amerika Serikat, sampai awal Februari, dari hasil pemutaran di sekitar 120 bioskop, 3 Idiots mengumpulkan 6,5 juta dollar Amerika. Prestasi itu sangat mencengangkan.

Sebelumnya bahkan tak ada film India yang sanggup meraih angka pemasukan 4 juta di Negeri Paman Sam itu. Dengan meraih posisi puncak box office, jutaan mata makin lupa keberadaan Avatar dan jatuh hati dengan 3 Idiots.

“Tak pernah ada yang menyangka ada film India selaris ini di sini. Kalaupun sukses, masyarakat hanya menduga kisaran 3-4 juta dollar,” tutur Shariq Hamid, pemilik empat gedung bioskop di Texas.

Angka-angka yang kami sebutkan di atas masih sangat mungkin terus melesat (angka terakhir berkisar di 3,15 miliar rupee (hampir 700 miliar rupiah) -- sudah jauh melampaui Ghajini yang “hanya” 2,5 miliar rupee). Pasalnya, di beberapa negara 3 Idiots termasuk film yang lambat panas, termasuk di Indonesia. Maklum sebagian masyarakatnya masih menggemari film-film seperti Suster Keramas dan sebagainya.



Meski tidak menikmati film ini di bioskop, melainkan di layar laptop seorang kawan. Tapi film ini mampu memberikan motivasi tersendiri bagi saya.

3 idiots sendiri bercerita tentang kehidupan 3 orang pelajar yang diketemukan di sebuah sekolah bagi calon insinyur terbaik di India. Cerita 3 orang pelajar inilah yang akan membawa kita berusaha mengingat tentang apa yang pernah kita lakukan selama ini untuk kehidupan kita sendiri.

Kita bisa melihat bagaimana sebuah depresi menjadi akhir cita-cita atau melihat ketekunan yang menjadi pilihan seorang pembantu sekolah untuk bisa belajar dan banyak cerita tentang kebesaran jiwa yang bisa kita temui di film ini. Banyak kebesaran jiwa terekam dalam beberapa adegan dalam film 3 idiots ini.

"Hidup adalah perlombaan. Kalau Anda tidak berlari maka Anda akan diinjak-injak!" ujar sang rektor, Viru Sahastrabudhhe, ketika menyambut mahasiswa baru dengan wajah sangar.

Kita akan diajak berada di dalam ruang dengan pesan-pesan yang sangat aktual, misalnya bagaimana membantu orang lain mewujudkan impian mereka, selalu mengikuti kata hati, jangan takut menghadapi kehidupan ini, serta bila ingin sukses bertemanlah dengan orang yang inspiratif jangan dengan orang yang tidak mempunyai tujuan apa-apa. Juga, jangan memberi janji yang berlebihan.

Seperti kebanyakan film India, setting rumah sakit juga menjadi bagian penting. Tapi pelayanan rumah sakit di film itu tergambar maksimal. Pasien ditangani dengan cepat tanpa dihadang biaya panjar sebelum ditangani.

Jangan salahkan film ini jika anda tiba2 menangis, lalu tertawa kembali dan tegang melihat semua kekonyolan dan tragedi yang ada dalam film ini.

Selain cerita yang sangat memberi pesan film ini juga menghadirkan gambar-gambar yang menarik, selain itu juga si pembuat film tidak lupa menghadirkan beberapa adegan yang menurut saya sebuah komedi satir tentang kondisi di India.

Dialog-dialog yang sangat ringan namun memiliki pesan yang cukup banyak dituturkan sangat baik oleh para pemain dalam film ini. Yang jelas permainan struktur cerita yang saling sambung memberikan emosi yang semakin baik dalam film ini.

Sebuah tontonan yang mampu memberikan ketegangan, kesedihan dan kebahagiaan. Sebuah film yang mampu memberikan tuntunan edukasi tanpa perlu menggurui. Sepertinya salah satu pesan pendek dari teman saya akan selalu benar “You must to see it!”




Share this article :

48 comments:

  1. Saya sudah dari dulu penasaran dengan film ini melalui kawan di FB n twitter. Kapan ya bisa nonton full versionnya

    BalasHapus
  2. weih sama kayak postingannya Neng Yolizz yak, ehm jadi tertarik neh ama film ini, kok banyak yang mbahas ya... hehehehe

    BalasHapus
  3. Selalu dan selalu mantab reviewnya, hanya itu yang bisa saya komentkan bang... :-)))

    BalasHapus
  4. pengen nonton juga bg..tp g ada uang utk kebioskop..pengen download aja deh..mudah2an ada.

    BalasHapus
  5. hahaha.. kemaren aku juga posting tentang pilem ini, emang kereeennn banget dah pilemnya :D

    BalasHapus
  6. bagi dunk filmnya lama sekali nggak nonton bollywood

    BalasHapus
  7. sudah lama sekali saya tidak menonton film bollywood. Dulu ketika di Bandung sering banget mengingat bibi saya yang rajin melihatnya.
    Trims atas infonya ni Bang .. sekali-sekali saya perlu nonton juga.

    BalasHapus
  8. waduh... Baca x jadi puyeng...Kopi na abis bro, pa lagi makanan kecil...
    Film India memang sudah lumayan maju ketimbang film dalam negri...

    BalasHapus
  9. review yang lengkap om..

    BalasHapus
  10. Kapan yaaaa .... FIlm2 kita bisa mempunyai kualitas seperti mereka dan begitu diapresiasi karena substansi dalam Film tersebut dan kehebatan para pemainnya dalam memerankan tokoh2 yang ada .... plus penggarapannya sinematographinya dll

    Kalau di Indonesia yang laris manis justru Film2 yg klenik2 yg berbau sex kalaupun ada Film bagus rame penonton kadang hanya temporer tidak konstan tidak kontinue .......

    BalasHapus
  11. Film yang menarik untuk ditonton!

    BalasHapus
  12. Alur cerita yang memberiketegangan sangat aku sukai apalagi mengandung pesan moral!

    BalasHapus
  13. Jadi malu dengan kondisi perfilman Indonesia yang mengumbar aurat!

    BalasHapus
  14. bagaimana dengan lagu-lagu dan tariannya
    bagus-bagus ga yaa
    :)

    BalasHapus
  15. aktrisnya karena kapoor ya???

    BalasHapus
  16. wah pengen nonton bang filmnya tapi rumah dueso banget jauh dari kota. yutub putus nyambng ya.

    BalasHapus
  17. wah idiot tapi dapat cewek cantiq
    wah kalah gwe ckckkcc
    :D

    BalasHapus
  18. mau tuch jadi pemeranya
    hehe dpat cewek cantiq
    :D

    BalasHapus
  19. participate in knowledge, and thank you for the information. This helped me in finding a phone for myself thank you very appropriate

    BalasHapus
  20. Wah ketinggalan nih bang. Saya malah gak tahu ada 3 idiot. Maklum bukan penggemar film, hehehe...

    BalasHapus
  21. awalnya saya mengira ini film dari indonesia lho, eh taunya film india, dan gara2 nonton my name is khan bagus, sepertinya ini juga bagus neh...

    BalasHapus
  22. Pak, saya ajdi pengen nonton film itu. Kok banyak yang cerita sih? :((

    BalasHapus
  23. wow... sippp tenan.... gak sabar nih utk buru2 pinjem nih film.... THX byk atas infonya bang....

    kalo sempat, silakan mampir ke blog saya dan tlg berikan saran dan komentar anda agar saya dan blog saya bisa brkmbang seperti anda dan blog anda...

    http://primasatya.blogspot.com/

    lam kenal dari saya -PuM2-

    kalo abang berminat, kita bisa tukeran lik jg... trims

    BalasHapus
  24. waduh belum sempat untuk nonton nih...
    jadi ingin nonton :)

    btw, nice share

    main-main yah ke blog sederhana saya
    http://www.alfinku.co.cc/

    BalasHapus
  25. jadi penasaran dengan film yang satu ini

    BalasHapus
  26. met malem sobat, kami datang untuk mengundang sobat sekalian ke blog baru kami sekaligus minta izin saling follow mengingat kami belum mempunyai space untuk blogroll, terimakasih atas perhatianya, saya tunggu kunjungan dan follow baliknya

    BalasHapus
  27. Huwaaa, memang banyak yg bilang bagus Bang Iwan, tapi aku belum nonton... Jadi makin penasaraaan...! Makasih reviewnya yaa ^_^

    BalasHapus
  28. namun film bolywood sekarang saya rasa ada kemunduran. semakin berkurangnya budaya india yang dikenakan di dalam film itu, daya tariknya makin kurang. karena ketertarikan orang lebih ke budayanya itu. kalo yang sekarang terlalu modern dan global, tampak biasa-biasa aja..

    BalasHapus
  29. Jadi penasaran membaca kalimat ini: Jangan salahkan film ini jika anda tiba2 menangis, lalu tertawa kembali dan tegang melihat semua kekonyolan dan tragedi yang ada dalam film ini. Sepertinya bagus apalagi kalau membaca larisnya film ini

    BalasHapus
  30. -_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
    *******Salam ‘Blog’!!*******
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Kayaknya nih film2 INDIA sekarang lagi trend ya...
    Kayaknya BOLLYwood makin bergaya nih sekarang..
    Hollywood bakal kalah...
    Film My NAme is Khan juga jadi TOP, 3 idiot juga...
    -_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

    BalasHapus
  31. biasanya dulu pilm india, pasti ttg ketaatan terhadap orang tua dan pelayanan dinas pemerintahan yg ga beres spt kepolisian dan lainnya. tp skrg dah keren gt yah.

    mau liat ahh pilmnya. tp apa dvd nya dah kluar?

    BalasHapus
  32. sudah punya DVD-nya, tapi subtitle nya nda lengkap, jadi banyak bahasa india yg tidak ketauan artinya. Jadinya sy berenti dulu nonton, daripada nda ngerti juga sama jalan ceritanya, hehe..
    Mudah2an secepatnya dapat DVD yg agak bagus, soalnya nda diputar juga di 21 Surabaya :(

    BalasHapus
  33. Saya dulu juga senang film India karena asyik bang soalnya saya juga pernah sekolah di India 11 bulan he he he.
    Thanks resensinya
    salam hangat dari Anoraga

    BalasHapus
  34. Bagusnya film India terletak pada ke-masalannya- lihat kalau membuat tarian selalu masal dan ber kostuum sehingga enak dipandang.
    salam hangat dari J'BLOG

    BalasHapus
  35. jadi sangat ingin nonton nih bang ...

    BalasHapus
  36. saya cari2 di rental belum ada :(
    sepertinya ini memang layak tonton!

    BalasHapus
  37. Saya ditawari film ini oleh teman saya. Ketika tahu judulnya 3 IDIOTS, saya langsung minta copy karena saya sebelumnya sudah penasaran membaca blog ini. Ternyata, filmnya memang bagus. Aamir Khan selalu main film bagus yang sebagian besar tentang pendidikan. ^_^
    Sebelumnya saya pernah liat dia main film tentang anak yang memiliki kelainan untuk membaca dan menulis, dia melihat tulisan seperti menari-nari dan tidak mampu mengenali huruf, namun dia pintar melukis. Saya lupa judulnya, ada yang tau?

    BalasHapus
  38. aku jugag udah liat film ini..
    tak kira film bollywood biasa..
    terxta..
    keren banget..
    gg kcewa nonton d blitz 75ribu buat nonton film ne..
    you must see it...

    BalasHapus
  39. keren and inspiratif bgt........

    unforgetable

    BalasHapus
  40. Film ini memang bagus .....
    Dan tentunya mendidik, bila dibandingkan dengan film - film yang beredar saat ini.

    BalasHapus
  41. q dah nntn fimny&bgus bget,.,.,.
    bru kali ini ad film yg membri motivasi&berani dgn jujur menerangkan kesalahan sistem sekolah yg ad skrng ini,.,.
    kpn film indonesia bsa bermanfaat seprti film ini???

    BalasHapus
  42. wah,,,,
    baru kali ini lagi nonton film india semenjak SD dulu,,,
    ternyata film ini keren, asyik dan mengharukan,,,
    saya nonton berulang2 tetap aja air matanya netes,,,,

    buat yg belum nonton,,,siapin diri aja,,(jangan jaim tuk nangis),,,
    sekali2 bolehkan>>>>

    BalasHapus
  43. mantap sekali nih film sampai nonton berkali. bravo buat si Punsuk Wangdu!

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger