Home » , , , , , » KORSEL RUNNER UP GROUP B | Profil Lengkap Kesebelasan Korea Selatan

KORSEL RUNNER UP GROUP B | Profil Lengkap Kesebelasan Korea Selatan

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Juni 23, 2010 | 6/23/2010


Kapten Korea Selatan Park-Ji Sung sangat bahagia timnya bisa lolos ke babak perdelapan final Piala Dunia 2010. Menurutnya, keberhasilan pertama masuk babak perdelapan final di luar mereka jadi tuan rumah pada Piala Dunia 2002.

Keberhasilan "Taeguk Warriors" itu diraih setelah menahan imbang Nigeria 2-2, Selasa (22/6/2010). Tambahan satu poin membuat Park Ji-sung dkk menemani juara grup Argentina ke perdelapan final.

"Saat ini, kami membuat sejarah untuk sepak bola Korea karena ini untuk pertama kalinya kami bisa ke putaran kedua Piala Dunia di luar negara kami. Aku sangat senang dengan keberhasilan ini dan semua pemain juga," jelas gelandang Manchestet United itu.

Korsel bisa saja tersingkir dari ajang ini jika Nigeria tak mengalami nasib sial pada laga tersebut. Sedikitnya tiga kali "Elang Super" melewatkan kesempatan terbaik menjebol gawang Jung Sung-ryong. Selain tendangan keras Kalu Uche yang membentur tiang kanan, sepakan meleset dari Yakubu Ayegbeni dan Obafemi Martins menyelamatkan Korsel dari kekalahan.

Ketika "Taeguk Warriors" pun tertinggal oleh gol Uche pada menit ke-12, bayang-bayang kegagalan Korsel sudah mulai tampak. Namun, Korsel bisa menyamakan skor dan berbalik unggul 2-1 di babak kedua. Meski akhirnya imbang 2-2, Korsel berhak lolos menemani Argentina.

Berikut Hasil Akhir Babak Penyisihan Group B


Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of Argentina.svg Argentina 3 3 0 0 7 1 +6 9
Flag of South Korea.svg Korea Selatan 3 1 1 1 5 6 –1 4
Flag of Greece.svg Yunani 3 1 0 2 2 5 –3 3
Flag of Nigeria.svg Nigeria 3 0 1 2 3 5 –2 1


"Ketika kami kebobolan gol pertama, kami pikir laga akan sulit, tetapi pemain tetap tenang dan menyamakan skor," komentar Pelatih Huh Jung-moo seusai pertandingan.

Setelah keberhasilan ini, Huh mengincar target berikutnya, yakni mencapai semifinal. Ini pernah mereka lakukan ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002."Kami mencapai tujuan pertama dengan masuk babak 16 besar. Setelah itu, setiap orang bisa menebak apa target kami berikutnya, tetapi saya tahu para pemain akan segera menentukan target lebih tinggi. Mereka kini tidak akan puas dengan hasil yang dicapai. Mereka ingin ke semifinal," terang Huh.

Berikut Profil Lengkap Tim Korea Selatan





Republic of Korea

Korea Football Association
1928



Konfederasi: AFC
Rangking FIFA (Des'09): 52
Rekor Penampilan: 7
(1954, 1986, 1990, 1994, 1998, 2002, 2006)




LATAR BELAKANG

Piala Dunia 1954 di Swiss menjadi penampilan pertama dalam sejarah sepakbola Republik Korea. Namun beda kualitas yang sangat kentara membuat mereka hanya menjadi lumbung gol dari setiap lawan-lawannya di putaran pertama. Lalu butuh 32 tahun untuk kembali lagi tampil di pesta Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 1986 di Meksiko, Korea satu grup dengan Argentina, Italia dan Bulgaria. Di sanalah untuk kali pertama negeri ginseng ini mendapatkan poin pertamanya setelah berhasil menahan imbang Bulgaria.

Berbekal capaian sukses itu Korea pun tak pernah absen dalam tujuh kali edisi Piala Dunia secara beruntun, mulai dari 1986-2010. Dari penampilan semua itu, Piala Dunia 2002 menjadi titik penting buat Korea Selatan [Korsel]. Sebagai tuan rumah bersama dengan Jepang, Korsel mampu mencapai babak semi-final. Capaian itu tercatat membuat Korsel sebagai tim Asia pertama yang prnah melakukannya.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Korea Selatan memastikan dirinya tampil ke Afrika Selatan sebagai salah satu tim Asia paling awal dari laga kualifikasi. Pada putaran final kualifikasi, mereka harus bersaing ketat dengan Saudi Arabia, Iran, Korea Utara, dan kuda hitam Uni Emirate Arab. Meski sempat terseok di awal kualifikasi, namun Korsel memperlihatkan kelasnya sebagai tim unggulan di Asia.

KEKUATAN
Modal paling berharganya adalah kekompakan yang telah menjadi tradisi orang-orang Korea. Kekuatan lainnya lagi, kerja keras para pemain Korsel. Sebut saja di antaranya Park Ji-sung yang telah memperlihatkan karakter gigihnya bersama klub Manchstr United.

KELEMAHAN
Persoalan postur tubuh dan juga gap yang menganga antara pemain utama dan lapisnya. Jika saja kiper Park Chu young cedera maka akan sungguh sulit mencari penggantinya yang pantas. Hal yang sama juga terjadi pada Park Ji-Sung dan Le Chung-Yong yang berada di posisi sayap. Untuk peran kedua pemain itu belum ada pengganti yang sepadan. Begitu juga, tanpa kehadiran Ki Sung-Yong rasanya akan sangat sulit mengatur bola dari lini tengah ke depan.

PELATIH


Sejak kesuksesan Guus Hiddink membawa Korea Selatan menembus semi final Piala Dunia 2002, KFA selalu menunjuk pelatih asing untuk menangani tim nasional. Dari mulai Humberto Coelho, Jo Bonfrere, Dick Advocaat, hingga Pim Verbeek. Namun ternyata mereka semua gagal memberikan kesuksesan.

KFA akhirnya kembali menggunakan pelatih lokal. Huh Jung-Mo, sosok yang sudah tidak asing lagi dengan sepak bola Korea Selatan. Sebelum ditunjuk pada tahun 2007, Huh telah dua kali menangani tim Negeri Ginseng. Huh Jung-Moo adalah sosok pemain legendaris dari Korea. Ia pernah bermain di Eropa bersama PSV Eindhoven di awal dekade 1980-an. Ia dikenal juga dengan sapaan Anjing Jindo. Anjing dalam tradisi Korea dikenal dengan keberaniannya, dan itu ditunjukkannya dengan spirit bersaingnya yang sangat menggebu-gebu. Selama ditanganinya, Korsel lebih fokus memperkuat sektor pertahanannya ketimbang berusaha untuk menampilkan permainan agresif menyerang.

SKUAD TIM KOREA SELATAN

KIPER

  • Woon-Jae LEE Woon-Jae LEE (1)
  • Sung-Ryong  JUNG Sung-Ryong JUNG (18)
  • Young-Kwang KIM Young-Kwang KIM (21)

BEK

  • Beom-Suk OH Beom-Suk OH (2)
  • Hyung-Il  KIM Hyung-Il KIM (3)
  • Yong-Hyung Cho Yong-Hyung Cho (4)
  • Young Pyo LEE Young Pyo LEE (12)
  • Jung-Soo LEE Jung-Soo LEE (14)
  • Dong-Jin KIM Dong-Jin KIM (15)
  • Du-Ri Cha Du-Ri Cha (22)
  • Min-Soo Kang Min-Soo Kang (23)

GELANDANG

  • Nam-Il KIM Nam-Il KIM (5)
  • Bo-Kyung  Kim Bo-Kyung Kim (6)
  • Ji-Sung PARK Ji-Sung PARK (7)
  • Jung-Woo KIM Jung-Woo KIM (8)
  • Jae-Sung Kim Jae-Sung Kim (13)
  • Sung-Yueng KI Sung-Yueng KI (16)
  • Chung-Yong LEE Chung-Yong LEE (17)

STRIKER

  • Jung-Hwan Ahn Jung-Hwan Ahn (9)
  • Chu-Young PARK Chu-Young PARK (10)
  • Seung-Yeoul  LEE Seung-Yeoul LEE (11)
  • Ki-Hun YEOM Ki-Hun YEOM (19)
  • Dong-Gook Lee Dong-Gook Lee (20)

PEMAIN BINTANG

Park Ji-Sung (Manchester United)


Popularitasnya begitu menjulang berkat kerja kerasnya. Tak heran kalau dia dijuluki sebagai Park Dengan Tiga Paru-paru karena tak pernah kenal lelah dalam setiap bermain..


Park Chu-Young (AS Monaco)


Chu-young juga memperlihatkan performa yang tak kalah berbeda dengan Park Ji-Sung. Dia juga telah menjelma sebagai salah satu pemain bintang di AS Monaco bersama dengan Nene.


Lee Chung-Yong (Bolton Wanderers)


Di usianya yang kini baru 21 tahun, Lee menjadi salah satu bintang muda bersinar di Korea. Dia memiliki kemampuan dalam menyerang dan memberikan umpan-umpan silang yang bagus..
MOMEN TERBAIK

Tak ada lagi yang paling sulit dilupakan ketika Korea Selatan bisa masuk ke semi-final Piala Dunia 2002. Momentum golden goal yang dibuat Ahn Jung-Hwan di babak 16 besar ke gawang Italia akan selalu menjadi kenangan terindah buat publik Korea Selatan.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Nasionalisme. Setiap olahraga apapun, tak terkecuali sepakbola, fans Korea memperlihatkan nasionalismenya yang begitu kuat dalam memberikan dukungan setiap pertandingan-pertandingan internasional.

TARGET DI PIALA DUNIA
Harapan masih tetap besar setidaknya bisa mencapai babak 16 besar untuk kali pertama dalam penyelenggaraan Piala Dunia di luar negerinya sendiri. Di Jerman, mereka nyaris saja mengulang sukses yang pernah dibuat empat tahun sebelumnya.


Sumber :
http://www.goal.com/


Share this article :

32 comments:

  1. sukses deh buat korea selatan..

    BalasHapus
  2. Mantap Ronaldonya tapi waktu maen ama Pantai Gading ,Ronaldo selalu di cekek jadi pengap dia mau gerak,,he..he...

    BalasHapus
  3. Sok atuh,,kita lihat selanjutnya bisa maju gak Portugal teh...

    BalasHapus
  4. Sori Bang mau tanya,,cara buat widget update sahabat pake widget apa yah..?

    BalasHapus
  5. Sori Bang merepotin..
    Sekali lagi makasih atas info Portugalnya...
    Mantap semoga Abang selalu sehat dan ceria

    BalasHapus
  6. Permios heula Bang bade ka tatangga sebelah

    BalasHapus
  7. Salut buat Korsel dan sukses!

    BalasHapus
  8. Pantang menyerah sampai bubar, berbuah manis!

    BalasHapus
  9. Buat kejutan lagi di putaran perdelapan final! Tidak ada yang tidak mungkin!

    BalasHapus
  10. Sebuah prestasi yang mengagetkan dunia sepak menyepak!

    BalasHapus
  11. Nah...inilah yang membanggakan untuk Asia, tinggal kita tunggu kiprah dari Jepang...mudah2an bisa mengikuti jejak Korsel...

    Salam hangat & sukses selalu...

    BalasHapus
  12. Aku gak paham nih ttg bola Bang... :(

    BalasHapus
  13. Prediksi Bang Iwan, siapa yg menang di PD 2010 ?

    BalasHapus
  14. Lengkap bgt infonya Om... ^^
    sepakbola korea emang brkembang pesat ya Om...

    BalasHapus
  15. moga bisa menjadi wakil asia yang jawara...kang...

    BalasHapus
  16. teman2 memandang lucu terhadap saya,
    dimana, waktu putaran final belum dimulai saya sudah menjagokan KORSEL dan Spanyol.

    dan memang untuk memenangi kejuaraan ini sudah tidak memandang dari benua mana anda berasal. ini terbukti dengan tanda-tanda KORSEL lolos kebabak barikutnya.

    btw, sy menunggu untuk SPANYOL ..

    BalasHapus
  17. selamat atas wakil asia,,,,,,,,,,tp saya masih tetap di team tango..............

    BalasHapus
  18. wah , salut buat macan asia !!!

    kpan lagi indonesia menyusulll !!?????

    BalasHapus
  19. ikut menyoraki korsel supaya tetap semangat
    "tae ha min guk! jrengjrengjreng"

    BalasHapus
  20. top banget deh buat korsel. Indonesia kapan, ya?

    BalasHapus
  21. korsel hebat, salut deh...

    BalasHapus
  22. akhirnya korsel bisa lolos ke babak kedua hore

    BalasHapus
  23. yang penting ada yang mewakili Asia lah di babak kedua

    BalasHapus
  24. pokoknya hore seneng banget

    BalasHapus
  25. Satu-satunya bangsa Asia yang maju ke gelanggang bergengsi. Kalahpun tetap akan bisa membusungkan dada manakala Korea bisa menampilkan permainan yang berkualitas dan apik.
    Salam hangat dari surabaya

    BalasHapus
  26. hy, salam kenal..
    my blog : place to modify blog
    url : http://modifblogmu.blogspot.com

    blogger, maju terusss....

    BalasHapus
  27. hmmm
    klo om amriawan sndiri jagoin siapa nuy
    hahhahaha
    utk jadi pemenang world cup

    BalasHapus
  28. aku dukung argentina ajah
    :D

    BalasHapus
  29. aku dukung argentina ajah
    :D

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger