Home » , , , » Memperingati 100 tahun kelahiran Jacques Cousteau

Memperingati 100 tahun kelahiran Jacques Cousteau

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Juni 11, 2010 | 6/11/2010


Seperti biasanya, dalam memperingati event penting atau kelahiran seorang tokoh. Hari ini Google kembali tampil dengan Google Dodle "Memperingati 100 tahun kelahiran Jacques Cousteau"

Jacques-Yves Cousteau (11 Juni 1910, Saint-André-de-Cubzac, Perancis - 25 Juni 1997, Paris) adalah perwira di AL Perancis, oseanografer, dan peneliti serta anggota Académie française.

Bersama Emile Gagnan ia bertanggung jawab membuka mata manusia pada dunia bawah air. Mereka mencipta alat pernapasan bawah air berdasarkan muatan udara yang dimampatkan dan disimpan dalam tangki yang dikenal sebagai paru-paru air Aqua-lung (SCUBA).

Sebelum ini, penyelam terpaksa mengenakan pakaian yang mempunyai saluran udara yang bersambung dengan permukaan air. Ini membatasi gerak mereka. Aqua-Lung memungkinkan mereka bergerak bebas.

Aqua-Lung telah digunakan oleh pihak Sekutu untuk membersihkan perairan internasional dari periuk api musuh semasa Perang Dunia II. Jacques Costeau juga mereka teknik penggambaran bawah air yang digunakan olehnya untuk menghasilkan film dokumenter mengenai kehidupan di sana. Film-filmnya membuka mata orang banyak mengenai adanya keragaman kehidupan di bawah air.

Disepanjang hidupnya Cousteau telah menghasilkan 115 film dokumenter, serta menulis 50 buku yang semuanya berkaitan dengan dunia bawah laut.

Sebagai ilmuwan yang sangat mencintai alam; kelautan pada khususnya ia pun mendirikan Cousteau Society lalu disusul dengan Cousteau Foundation yang semuanya berkonsentrasi pada masalah pelestarian laut. Pada tahun 1990 organisasinya tersebut berhasil meng-golkan kampanye penyelamatan Antartika dari eksploitasi mineral, sehinga benua tak bertuan ini pun dilindungi oleh PBB dari segala bentuk eksploitasi pihak manapun setidaknya hingga 50 tahun mendatang.

Cousteau meninggal pada 25 Juni 1997, pada usianya yang ke-87. Disemayamkan di Katedral Notre Dame, Paris. Belakangan ini -khususnya di negeri kita nama Cousteau kembali mencuat, setelah dikaitkan dengan berita penemuan Sungai Bawah Laut di perairan Cenote Angelita, Mexico.

Banyak blog lokal yang kemudian menurunkan informasi yang salah mengenai Cousteau. Hal pertama yang perlu diluruskan bahwa penemuan sungai bawah laut di Cenote Angelita baru-baru ini bukanlah oleh kelompok Cousteau Foundation.

Foto-foto sungai mistery yang banyak beredar di blogger lokal sesungguhnya dibuat oleh fotografer bawah air asal Rusia; Anatoly Beloschin yang tak ada kaitannya dengan Jacques Cousteau atau organisasinya. Bahkan apabila kita merunut pada dokumentasi penjelajahan yang pernah dilakukan Cousteau Foundation pada situs resminya http://www.cousteau.org mereka belum pernah mengeksplorasi Cenote Angelita.


Dirangkum dari berbagai sumber.

Share this article :

20 comments:

  1. Jasa-Jasa bliau akan selalu dikenang..
    Buat Mbah google.. Mantappppp...............

    BalasHapus
  2. postingan yg mantabbbbbb.....!!! bertambah lg ilmu pengetahuan utk Q..

    thx ^^

    BalasHapus
  3. selamat pagi bang iwan, wah bang aku dapet ilmu lg disini

    BalasHapus
  4. Ternyata Cousteau itu mencintai laut to.., pantas aja Google Dodle gambarnya bawah laut. Makasih banget ya infonya Bang...

    BalasHapus
  5. Selamat pagi Bang..., apa kabar ?

    BalasHapus
  6. selamat pagi mas iwan,...^^

    semoga keindahan lau sellau terjaga ya...

    BalasHapus
  7. hihihi,....maksudnya laut mas :p

    BalasHapus
  8. makasih bang Iwan atas informasinya. Salam

    BalasHapus
  9. Pantesan kemarin saya mau browsing di google koq tiba2 tampilannya dari yg warna latar putih, sudah menjadi warna hitam...ternyata lagi ada ivennya toh...>><

    BalasHapus
  10. Belajar hal baru nie..
    Thx 4 share Om..

    BalasHapus
  11. info yg bagus

    http://sandyc06.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  12. Orang-orang spt mereka tak akan pernah mati. Jasa-jasanyalah yang selalu membuat mereka seolah hidup.

    Oya bang, ada ewot di Sastra Culun, ambil ya....

    BalasHapus
  13. Google memang perhatian untuk hal-hal seperti ini. kalau kemarin sepertinya tampilan google backgroundnya bergambar, itu apa artinya ya Pak? ( maaf, untuk informasi yang seperti ini saya harus mengaku ketinggalan berita )

    BalasHapus
  14. google emang selalu memperhatikan moment2 yang istimewa di dunia ini. contohnya seperti sekarang ini memperingati seorang tokoh.

    BalasHapus
  15. Kirain hari ini Google bakal penuh bola, hee ... jangan sampai lupa event penting lain ya walau ada Piala Dunia ^^

    BalasHapus
  16. semangat jelajah Cousteau patut ditiru para pemburu pengetahuan.sosok ilmuwan yg patut diteladani

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, lagi lagi aku selalu mendapat informasi yg lengkap ttg event2 yg menjadi temanya si oom google disini.
    terimakasih Bang krn telah menambah pengetahuanku.
    salam

    BalasHapus
  18. negara kita kapan ya masuk google doodle..:)

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger