Home » , , , » PROFIL KESEBELASAN ITALIA

PROFIL KESEBELASAN ITALIA

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Juni 24, 2010 | 6/24/2010




Jelang laga penentuan melawan Slowakia, pelatih timnas Italia Marcello Lippi berupaya meredakan ketegangan dengan melakukan trik dengan bola.

Di depan anggota tim, Lippi menimang bola dan menghentikannya dengan leher selama beberapa detik. Beberapa pemain ikut meniru trik yang dilakukan sang pelatih.

Sesi latihan diliput dengan bebas oleh media. Tampaknya Lippi masih menyiapkan formasi 4-3-3 untuk pertandingan Kamis (24/6) esok dengan trio gelandang Daniele de Rossi, Riccardo Montolivo, dan Gennaro Gattuso.

Di lini depan, Lippi masih memilih dua pemain depan lagi. Pasangan Giampaolo Pazzini dan Alberto Gilardino dicoba saat latihan, begitu pula halnya dengan Vincenzo Iaquinta dan Fabio Quagliarella.

Italia membutuhkan kemenangan atas Slowakia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2010.

Berikut Profil Kesebelasan Italia




Repubblica Italiana


FIGC (Federazione Italiana Giuoco Calcio) 1898


Konfederasi: UEFA
Ranking FIFA (Des 09): 4
Rekor Penampilan: 16 (Juara 1934, Juara 1938, 1950, 1954, 1962, 1966, final 1970, 1974, 1978, Juara 1982, 1986, tempat ketiga 1990, final 1994, 1998, 2002, juara 2006)



LATAR BELAKANG

Hampir semua orang mengenal Italia dan tak ada pengenalan khusus untuk tim ini. Setelah Brasil, Italia adalah tim yang paling banyak mereka gelar juara dunia, yakni empat kali. Jerman 2006 menjadi sukses terakhir mereka, meski pada saat itu Italia tak pernah menempati unggulan utama.

Setelah Euro 2008 dan Piala Konfederasi 2009 yang mengecewakan, fans Italia tak yakin pasukan Marcello Lippi bisa kembali mempertahankan gelar juara mereka. Sikap skeptis ini bisa menjadi senjata bagi Italia, atau bahkan menjadi bumerang.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Dua laga sebelum pertandingan terakhir, Italia sudah memastikan melenggang ke Afrika Selatan setelah bermain imbang melawan Irlandia. Tak ada yang menarik dan semuanya dijalani dengan enteng.

Timnas Italia juga tidak memainkan sepakbola yang mengagumkan di fase kualifikasi. Tak jarang juga keberuntungan memayungi Azzurri, termasuk saat melawan Siprus dan Georgia..

KEKUATAN
Marcello Lippi mengandalkan kesolidan di timnya, kekuatan kolektif skuadnya, tim. Dia tidak suka pemain individual. Karena itulah kohesi antarlini menjadi hal yang sangat penting di timnas Italia.

Italia juga memiliki pertahanan yang terkenal kuat. Saat ini posisi poros halang dihuni oleh trio Juventus, Fabio Cannavaro, Giorgio Chiellini dan Gigi Buffon sebagai tembok terakhir. Ketiganya sejauh ini masih bisa diandalkan.
KELEMAHAN

Lini serang Italia dinilai sejumlah pihak kualitasnya cukup buruk. Mereka tak punya pemain seperti Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic atau fernando Torres. Alberto Gilardino, Vincenzo Iaquinta dan Giuseppe Rossi memang bagus, tapi penampilan mereka kerap angin-anginan. Mungkin kembalinya Francesco Totti atau Antonio Cassano bisa membawa perubahan untuk tim.
PELATIH


Marcello Lippi adalah jaminan mutu. Pengalaman yang dimilikinya di berbagai level kompetisi sudah menjadi bukti tersendiri. Dia juga terkenal memiliki prinsip yang tegas dan rencana yang jelas untuk timnya. Meski kebijakan dan keputusannya tidak populis, hampir semua tugas dituntaskannya dengan memuaskan.

SKUAD TIM ITALIA

Kiper : Gianluigi Buffon (Juventus), Morgan De Sanctis (Napoli), Federico Marchetti (Cagliari)

Bek : Salvatore Bocchetti (Genoa), Leonardo Bonucci (Bari), Fabio Cannavaro (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Domenico Criscito (Genoa), Christian Maggio (Napoli), Gianluca Zambrotta (AC Milan)

Gelandang : Mauro Camoranesi (Juventus), Daniele De Rossi (AS Roma), Gennaro Gattuso (AC Milan), Claudio Marchisio (Juventus), Riccardo Montolivo (Fiorentina), Angelo Palombo (Sampdoria), Simone Pepe (Udinese), Andrea Pirlo (AC Milan)

Strikers : Antonio Di Natale (Udinese), Alberto Gilardino (Fiorentina), Vincenzo Iaquinta (Juventus), Giampaolo Pazzini (Sampdoria), Fabio Quagliarella (Napoli)


PEMAIN BINTANG

Gigi Buffon (Juventus)

Setelah beristirahat lama karena cedera, Buffon kembali menunjukkan performa terbaiknya dan menjadi kiper nomor satu di dunia lagi. Jika dia berada dalam kondisi 100 persen, dijamin gawangnya tidak akan kecolongan.

Giorgio Chiellini (Juventus)

Berdiri di bawah bayang-bayang Cannavaro tidak membuat talenta Chiellini tertutupi. Dia tetap tampil lugas dan menjadi salah satu pemain belakang terbaik Italia saat ini.

Andrea Pirlo (Milan)


Jika Pirlo bermain bagus, maka tim yang dibelanya juga akan bermain apik juga, dan aturan ini berlaku di Milan dan timnas Italia. Lippi juga memberinya tempat dan peran khusus di timnya untuk membebaskan Pirlo mengeluarkan kemampuan terbaiknya


MOMEN TERBAIK

Tahun 1982 dan 2006, kala Italia menjadi juara dunia adalah momen yang tidak terlupakan. Bahkan di tahun 1982, Italia tampil begitu meyakinkan sebelum menyegel titel dengan mengalahkan tim kuat seperti Argentina, Brasil dan Jerman. Di Jerman 2006, Italia menunjukkan performa yang kurang lebih sama.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Mulai dari otomotif, fesyen, makanan hingga bangunan bersejarah dunia. Italia juga menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di dunia.

Jika Anda mendengar suara 'Popopoppopopopo' dengan melody 'Seven Nation Army', tak usah takut. Itu adalah momen di mana fans Italia akan melintas.

TARGET DI PIALA DUNIA

Juara dunia harus bisa kembali menjadi juara dunia, tak ada target lain dan memang target itu dijunjung tinggi skuad Italia. Tersingkir sebelum semi-final sudah pasti akan membuat banyak fans mereka kecewa berat.

Ada prediksi tentang pertandingan antara Italia melawan Slowakia ?
Untuk sekedar hiburan,.... boleh berkunjung ke VIRTUAL TAROT INDONESIA


Sumber :
http://www.goal.com


Share this article :

14 comments:

  1. mengamankan dulu yang pertama

    BalasHapus
  2. ayo italia...knp g dipanggil cassano ya?ckckck...

    BalasHapus
  3. menurut hemat saya Italia akan lolos lagi dan di babak kedua nanti baru mereka menanmpilkan permainan terbaik

    BalasHapus
  4. jagoin italy yaa gan..seep deh

    BalasHapus
  5. go italia maju terus supaya babak 16 besar tambah asyik

    BalasHapus
  6. haduuuuuuh...
    pokoknya italy harus lolos (loh?)

    BalasHapus
  7. kenapa ya Italia mesti terseok2 dulu pas babak penyisihan? Kemarin di Jerman juga begitu dan akhirnya jadi juara. Tapi ngga tau sekarang, bisa ngga tuh menang lawan Slovakia? :D

    Kalau saya jagokan Korsel saja ah. Hidup Asia! hehe

    BalasHapus
  8. saat ini kedudukan 1 - 0 untuk slovakia... lanjut nonton lagi

    BalasHapus
  9. ah ... sungguh tragis Italia kalah 2 - 3 dari Slovakia

    BalasHapus
  10. sayang sekali Italia kalah dari Slovakia dan dipastikan tersingkir dari piala dunia 2010 :)
    sama dengan nasib Prancis yang tidak lolos dari babak penyisihan waktu piala dunia 2002 padahal dia adalah juara bertahan :)
    salut buat Slovakia :)

    Regards,

    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    Khusus Dewasa Klik Disini dan Disini

    BalasHapus
  11. Italy menyusul Perancis sebagai tim unggulan yang pulang terlebih dahulu.

    BalasHapus
  12. Itali pulang kampung bang, hehehe....
    Oya, mengenai pertanyaan itu saya belum menemukan jawabannya bang. Tapi coba dari Elemen Halaman klik Edit pada Posting Blog, coba aturnya dari sana, mudah-mudahan bisa.
    Maaf nih baru sempet mampir, masih sibuk, hehehe...

    BalasHapus
  13. dan, akhirnya Italy harus angkat koper ya Bang :(
    salam

    BalasHapus
  14. nice info,.kunjungi balik http://cinta-umat.blogspot.com/

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger