PROFIL KESEBELASAN JEPANG

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Juni 25, 2010 | 6/25/2010


Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia sebagai runner-up Grup E setelah mengalahkan Denmark 3-1, Kamis (Jumat dinihari WIB), sementara Belanda tampil sebagai juara grup setelah mencatat kemenangan 2-1 atas Kamerun.

Daftar Perolehan Nilai akhir Grup E Piala Dunia FIFA 2010

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of the Netherlands.svg Belanda 3 3 0 0 5 1 +4 9
Flag of Japan.svg Jepang 3 2 0 1 4 2 +2 6
Flag of Denmark.svg Denmark 3 1 0 2 3 6 –3 3
Flag of Cameroon.svg Kamerun 3 0 0 3 2 5 –3 0

Belanda akan bertanding melawan Slowakia di Durban pada Senin dan Jepang akan menghadapi Paraguay di Pretoria pada Selasa.

Jepang menjadi wakil kedua Asia yang lolos ke babak kedua bersama Korea Selatan setelah mencapai 16 besar hanya untuk yang keduakalinya dalam sejarah mereka.

SKUAD KESEBELASAN JEPANG



Goalkeepers
Seigo Narazaki (Nagoya Grampus), Eiji Kawashima (Kawasaki Frontale), Yoshikatsu Kawaguchi (Jubilo Iwata).


Defenders
Yuji Nakazawa (Yokohama F Marinos), Marcus Tulio Tanaka (Nagoya Grampus), Yasuyuki Konno (FC Tokyo), Daiki Iwamasa (Kashima Antlers), Yuichi Komano (Jubilo Iwata), Yuto Nagatomo (FC Tokyo), Atsuto Uchida (Kashima Antlers).
Midfielders
Shunsuke Nakamura (Yokohama F Marinos), Yasuhito Endo (Gamba Osaka), Kengo Nakamura (Kawasaki Frontale), Junichi Inamoto (Kawasaki Frontale), Yuki Abe (Urawa Reds), Makoto Hasebe (VfL Wolfsburg), Keisuke Honda (CSKA Moscow), Daisuke Matsui (Grenoble).
Strikers
Shinji Okazaki (Shimizu S-Pulse), Keiji Tamada (Nagoya Grampus), Yoshito Okubo (Vissel Kobe), Takayuki Morimoto (Catania), Kisho Yano (Albirex Niigata).

Berikut Profil Lengkap Tim Kesebelasan Jepang








Japan



Japan Football Association




Konfederasi: AFC
Ranking FIFA (Nov 09) : 43
Rekor Penampilan: 3 (1998, 2002, 2006)




LATAR BELAKANG

Sejak 15 tahun lalu, Jepang menunjukkan perkembangan di dunia sepakbola yang sangat pesat. Di tahun 1997, mereka lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama dan di tahun 2002 mereka bisa menembus 16 besar.

Kesuksesan ini tak lepas dari dibentuknya liga profesional di Jepang di tahun 1993. Tapi insiden yang dinilai sebagai titik balik melejitnya sepakbola Jepang adalah 'Tragedi di Doha' di tahun 1992. Pada laga terakhir kualifikasi Piala Dunia, Jepang membolehkan Irak meraih poin satu, yang membuat tiket ke putaran final terbang begitu saja. Kekecewaan tersebut yang akhirnya memantik semangat Jepang untuk bangkit dan berkembang sampai sekarang ini.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Tak ada yang mengira Jepang bakal menemui kesulitan di fase grup. Padahal lawan tangguh mereka hanyalah Australia. Tiga laga di kandang sendiri diselesaikan dengan hasil seri dan Jepang tak bisa mengalahkan Australia tiap kedua tim bertemu.

Akan tetapi Jepang tetap lolos saat pertandingan memasuki dua laga sisa. Dengan gambaran ini, Jepang tampak masih harus banyak melakukan perbaikan.

KEKUATAN
Di setiap Piala Dunia, Jepang selau memiliki gelandang dengan kualitas bagus seperti Hidetoshi Nakata atau Shinji Ono. Tahun ini, Shunsuke Nakamura pegang kendali.

Semangat samurai juga diusung tinggi oleh pasukan Jepang ini, seperti tidak pantang menyerah, mengandalkan skill dan akurasi, rajin dan cerdas dalam bermain. Permainan yang solid juga menjadi kekuatan tersendiri.


PELATIH


Piala Dunia 2010 akan menjadi turnamen kedua Takeshi Okada. Sebelumnya dia sempat menjadi pengganti di sesi kualifikasi di tahun 1997 dan Piala Dunia 1998, meski timnya gagal menunjukkan prestasi yang bagus.

Untuk tahun ini, Okada memiliki persiapan yang lebih banyak karena dia dipercaya menangani tim sudah cukup lama. Okada sendiri memasang target bisa melaju ke semi-final..

PEMAIN BINTANG

Shunsuke Nakamura (Espanyol)


Dia adalah pemain nomor 10 Jepang, punya kemampuan di atas rata-rata pemain Jepang dan terkenal memiliki visi bermain yang bagus. Nakamura dikenal memiliki akurasi tendangan kaki kiri yang cukup tinggi.

Yuji Nakazawa (Yokohama F. Marinos)


Menjadi andalan di sektor belakang Jepang. Dia dikenal dengan sebutan 'Bomber head', karena kelebihan yang dimiliki dalam duel udara. Dia bisa membaca permainan dengan baik.

Shinji Okazaki (Shimizu S-Pulse)



Dia mencetak 15 gol dari 16 penampilannya tahun ini sebagai striker timnas Jepang. Lini depan Jepang menjadi bergantung padanya. Okazaki memiliki kelebihan dalam kecepatan dan semangat bermainnya. Hanya saja dia tak cukup memiliki pengalaman di level internasional.


MOMEN TERBAIK

Laga playoff menghadapi Iran di Johor Baru Malaysia untuk satu tempat di Piala Dunia 1998 menjadi momen terbaik bagi Jepang. Saat itu, Jepang lolos berkat gol tunggal Masayuki Okano. Media pun menyebut laga ini sebagai 'Suka Cita di Johor Baru', kebalikan dari 'Tragedi di Doha'.

DI LUAR LAPANGAN

Dalam beberapa tahun terakhir, timnas Jepang tak lagi popular di negaranya sendiri. Kursi-kursi di sejumlah sudut stadion tiap timnas Jepang tampil kerap tak terisi penuh. Padahal sebelumnya, fans harus rela menginap di depan loket untuk mendapatkan tiket menyaksikan laga timnas mereka.

TARGET DI PIALA DUNIA
Pelatih Okada memasang target menembus empat besar. Bukan pekerjaan yang mudah, tapi layak dicoba.

~~~~~~~~~~~


Untuk sekedar hiburan,....dan prediksi pertandingan berikutnya, silahkan berkunjung ke VIRTUAL TAROT INDONESIA


Sumber :
http://www.goal.com




Share this article :

19 comments:

  1. Horeeeeeee belanda masuuuuk... *dijitak Om, gara2 OOT*

    Oooom... numpang nangis... Italy kalaaaaaaah huwaaaaaaaaaaaaa >.<
    *disepak*

    BalasHapus
  2. Wooooo pertamaxxxx
    *jejingkrakan keliling kampung*

    BalasHapus
  3. salam kenal....terimakasih infonya

    BalasHapus
  4. Kapan ya Indonesia bisa ikut Piala Dunia?

    BalasHapus
  5. Ga bisa nonton bola, gara2 pake Indovision hiks :(

    BalasHapus
  6. luar biasa jepang semoga jd wakil asia yg menang piala dunia...

    http://www.e-lifestyleandbusiness.com/

    BalasHapus
  7. ayo maju asia
    korut, korsel, jepang
    Indonesia kapan?

    BalasHapus
  8. kemarin itu ya
    waktu liat wajah pelatihnya
    kayaknya sereem banget

    BalasHapus
  9. mau keomentar pak amri, itu pemain bintang, Shunsuke Nakamura sudah tak lagi kepake. Dia masuk timnas hanya modal pengalaman saja, n tuntutan publik. Sekarang, Kiusuke Honda yang menjadi tumpuan jepang, bersama matsui (liga prancis), Endo (lokal), dan Hasebe (capten).. ini modal kekuatan jepang dilini tengah.
    Soal pelatih, jepang dan korea sama2 pake pelatih lokal. menurut saya, itu suatu kemajuan besar, dimana artinya transfer ilmu dari para pemain dan pelatih asing, berjalan baik. Jangan tiru indonesia, sejak Liga indonesia tahun 1996 dimulai, pemain asing malah makin banyak pelatih asing menangani timnas ganti terus, tapi prestasi makin bobrok!!!

    BalasHapus
  10. Masih tentang bola ya...? Soalnya aku gak ngikutin sih, jadi kurang paham... Emangnya Bang Iwan jagoin yang mana ?

    BalasHapus
  11. wah.mantap lah..akhirnya asia masuk juga.....

    BalasHapus
  12. Makasih bang infonya,,gak perlu nengok koran lagi

    BalasHapus
  13. walaupun berat mengalahkan paraguay, tapi kita bharap wakil asia bisa bicara banyak

    BalasHapus
  14. Manthabbbsss
    Dikupas abis...., ikut dukung sebagai sesama orang asia.

    BalasHapus
  15. Selamat dan sukses untuk tim Jepang, semoga dapat lolos dari hadangan Paraguay.

    BalasHapus
  16. keberhasilan Jepang dan Korea lolos dari babak penyisihan telah membuka mata dunia bahwa persepakbolaan di kawasan Asia sudah mulai bangkit dan tidak dapat diremehkan lagi. Semoga saja Indonesia segera menyusul ...?!

    BalasHapus
  17. jadi terhibur juga setelah Jepang masuk ke 16 besar,
    jadi ada wakil asia khan............
    salam

    BalasHapus
  18. selamat pagi mas iwan...^^

    maaf baru sempat BW ke rumah para sahabatku.
    infonya menarik mas...tapi tetap tidak merubah rasa cintaku pada portugal dan argentina....ronaldo dan messi hihihi....

    BalasHapus
  19. jepang mang hebat bisa menjinakkan the dinamite denmark

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger