Home » , , , , » Tuma'ninah dalam Shalat

Tuma'ninah dalam Shalat

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Agustus 26, 2010 | 8/26/2010


Setelah mendalami konsep pikiran lebih mendalam lagi, saya menemukan berbagai hikmah yang luar biasa dari ibadah-ibadah yang harus kita lakukan. Saya semakin sadar dan bersyukur atas kasih sayang Allah yang diberikan kepada kita melalui perintah melaksanakan berbagai ibadah ritual.

Tentu disini saya tidak akan membahas makna spiritual dalam shalat karena sudah banyak yang lebih ahli dari saya. Namun saya ingin membahas bagaimana peran tumaninah dalam shalat akan memberikan dampak yang besar dalam kehidupan kita. Salah satu hikmah lain dari shalat dengan tumaninah ialah kita akan mendapatkan energi hidup yang lebih besar.

Pantaslah jika Rasulullah saw dan para sahabat seolah memiliki energi yang tidak terbatas dalam berdakwah dan berjuang demi Islam. Kita yakin Rasulullah saw dan para sahabat melakukan shalat dengan tumaninah sehingga memberikan energi positif yang luar biasa pada diri beliau dan para sahabat.

Ketenangan dan jeda dalam melakukan sesuatu adalah salah satu bentuk pelatihan dalam mengontrol pikiran kita. Jika kita melalukan sesuatu dengan penuh ketenangan, maka pikiran akan lebih terkonsentrasi, tindakan kita akan diringi dengan kesadaran tinggi, dan kita bisa mengendalikan pikiran kita.

Pikiran yang tenang dan damai adalah pikiran yang penuh dengan energi yang melimpah karena tidak habis oleh pikiran-pikiran lain. Jika kita damai dan tenang, maka pikiran kita akan terpusat pada pikiran yang kita pilih dan akan menghasilkan energi yang luar biasa.

Seharusnya umat Islam yang selalu melakukan shalat dengan tumaninah setiap hari sudah melakukan latihan motivasi yang luar biasa. Seharusnya umat Islam saat ini adalah umat yang memiliki motivasi tinggi dan menghasilkan pencapaian yang luar biasa dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Namun apa yang kita lihat, ternyata justru sebaliknya. Ini artinya hanya sedikit umat Islam yang menjalankan ibadah dengan penuh kekhusyu’an dan tumaninah. Semua ini tergambar dari kondisi umat Islam saat ini. Ini juga menjadi bahan muhasabah bagi kita untuk menambah kualitas dan kuantitas ibadah kita.

Sekali lagi, motivasi tinggi hanyalah salah satu hikmah kecil, dibanding hikmah spiritual yang terdapat dalam shalat. Mungkin pemahaman ini adalah salah satu bentuk rahmat Allah untuk memberitahu bahwa kualitas shalat kita belum baik. Mari kita semua untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah kita, tentu saja termasuk diri saya yang masih banyak kekurangan.

Berikut Video yang saya dapat dari kaskus. Seandainya di daftarin di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atau bahkan Guiness Book of Record, kayaknya bakal jadi juaranya

Layaknya ayam mematuk makanananya. Padahal telah diriwayatkan dengan Shahih ketika ada seorang sahabat yang Shalat dengan cepat maka dikatakan kepadanya bahwa ia harus mengulangi shalatnya karena ia belumlah shalat. Lalu bagaimana dengan yang ini? Tidak kah shalat sahabat tadi lebih cepat dari pada ini?

Bagaimana pendapat sahabat sebagai seorang Muslim dengan adanya fenomena semacam ini? Silahkan berikan komentar!


Share this article :

13 comments:

  1. wah terimakasih infonya :D saya jadi makin menikmati klo shalat :D

    BalasHapus
  2. Postingan yang bagus sekali.
    Betul sekali Bang, Tuma'ninah hendaknya selalu diaplikasikan kedalam segala sendi kehidupan kita, apapun bentuknya.
    Dengan tuma'ninah pekerjaan akan selesai dengan hasil yang menggembirakan.
    Dengan tuma'ninah hidup akan lebih teratur dan kesuksesan menjalani kehidupan akan bersumber dari sana.

    BalasHapus
  3. kerjakanlah sesuatu ( termasuk ibadah ) itu segera, jangan tergesa-gesa. Segera dan tergesa-gesa, dua hal yang berbeda. Segera lebih dekat kepada kebaikan karena melakukan sesuatu setelah tiba pada masanya, sedang tergesa-gesa lebih dekat kepada keburukan karena tergesa-gesa itu pekerjaan syetan.
    Dirikanlah sholat segera setelah tiba waktunya, dan jangan tergesa-gesa, pertahankan tuma'ninah

    BalasHapus
  4. Jaya Suprana mesti nonton nich Bang...

    BalasHapus
  5. menyegerakan sholat agar sholatnya lebih khusuk dan tidak terburu-buru yah Om... bukan ndang sholat ndang mari >.<

    makasi dah mengingatkan Om... ^^

    BalasHapus
  6. Artielnya bermanfat Bg, terima kasih!!!

    BalasHapus
  7. Anehnya, setiap kali sholat hal-hal yang sebelumnya gak teringat malah tiba-tiba terlintas dalam pikiran sehingga terkadang membuat sholat menjadi lebih terburu-buru dan sulit untuk tuma'ninah.
    Astaghfirullah...

    BalasHapus
  8. astaga...solat apaan itu bang? mendingan rakaatnya dikit tapi khusyu', daripada rakaat banyak tapi kayak dikejar2 setan gitu...ckckckck...

    BalasHapus
  9. bismillah, aku mulai dan aku niatkan untuk lebih khusyu

    BalasHapus
  10. Duh.., sayang sekali inetku lemot jadi gak bisa lihat video itu Bang.. :(

    BalasHapus
  11. Seharusnya umat Islam saat ini adalah umat yang memiliki motivasi tinggi dan menghasilkan pencapaian yang luar biasa dalam kehidupan dunia dan akhirat...> like this very much.

    BalasHapus
  12. memang seharusnya ibadah itu kita nikmati ya bang, biar terasa barokahnya,,,,

    thanks for tausiyahnya bang,,

    selamat puasa... :) :)

    BalasHapus
  13. kalau didepan komputer betah berlama-lama tapi shalat malah nggak bisa lama-lama

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger