Home » , , , , » Upin & Ipin yang Fenomenal

Upin & Ipin yang Fenomenal

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Oktober 02, 2010 | 10/02/2010

Siapa yang tak kenal serial animasi asal Malaysia 'Upin & Ipin'? Ceritanya yang sederhana, mendidik dan menjunjung etika sopan santun, menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak, bahkan orang dewasa di Indonesia. Tapi apakah anda mengetahui kalau kisah dua bocah gundul itu ternyata diproduseri oleh seseorang yang pernah kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB)

Namanya Burhanudin Radzi pria yang kini usianya di atas 50 tahun tersebut pernah menimba ilmu jurusan Teknik Perminyakan di ITB sekitar tahun 1980-an. Namun ia hanya kuliah selama 1,5 tahun hingga akhirnya memutuskan pindah karena alasan pribadi.

tuan_haji_burhanuddin


Burhan, demikian ia biasa dipanggil, memiliki Les' Copaque, perusahaan yang bergerak di bidang animasi, kreatif dan film. Bersama istrinya Ainon Bte Ariff dan sejumlah stafnya, mereka menciptakan kisah dan karakter untuk seial 'Upin & Ipin' sekitar empat tahun lalu.

Kesuksesan 'Upin & Ipin' dimulai ketika mengikuti Festival Film Cannes di Perancis empat tahun lalu. Burhan dan Isterinya Ainon mengirimkan cuplikan gambar 'Upin & Ipin' ke ajang bergengsi tersebut.Indonesia diakui Ainon memiliki tempat yang spesial untuk dirinya juga sang suami. Mereka bahkan berencana membuat cerita 'Upin & Ipin' dengan mengikutsertakan karakter khas Indonesia, 'Unyil'

Melihat 'Upin & Ipin' eksis di Festival Cannes, sejumlah televisi Malaysia pun tertarik untuk membeli hak siarnya. "Yang beli akhirnya TV 9 Malaysia," tutur Ainon.

Kesuksesan serial tersebut merembet ke sektor bisnis lainnya. Kini 'Upin & Ipin' tak hanya mondar mandir di televisi. Sejumlah kafe dengan menggunakan 'Upin & Ipin' pun didirikan sekitar setahun lalu.

Mendapat sambutan dan pujian yang luar biasa dari publik Malaysia, 'Upin & Ipin' pun diekspor. Tercatat Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) menjadi stasiun televisi yang menyiarkan 'Upin & Ipin' di tanah air.

Kesuksesan 'Upin & Ipin' tidak hanya di dua negara serumpun, sejumlah perusahaan internasional juga mulai melirik, seperti Disney Channel.

Seperti apa nantinya. Ainon yang duduk sebagai Creative Content Director di Les' Copaque masih merahasiakannya. Ainon hanya berharap jika nanti 'Upin & Ipin' bermain bersama Unyil dalam satu layar, pihaknya tak ingin dituduh membajak karakter 'Unyil'.

'Upin & Ipin' diproduksi sebanyak 42 episode setiap tahunnya. Serial itu hanya diputar di Malaysia setiap libur sekolah, berbeda dengan di Indonesia. "Di kami hanya ketika anak-anak cuti sekolah, selama tiga bulan saja," jelas nenek 52 tahun itu.

Photobucket

Setelah meraih prestasi di Malaysia dan Indonesia lalu masuk ke Disney Channel, Les 'Copaque bersama sejumlah konsorsium akan membuat Taman Impian Upin & Ipin (TIMPA). Tak hanya itu film 'Laksmana Upin Ipin' direncanakan tayang tahun 2012.

Kini ada sekitar sembilan orang yang menjadi pengisi suara karakter inti 'Upin & Ipin', termasuk Ainon. Untuk karakter Upin dan Ipin, suaranya diisi satu orang, seorang gadis berusia sembilan tahun. "Namanya Putri Asyila," tandas Ainon.

Beberapa orang pengisi suara Upin dan Ipin



Upin dan Ipin yang fenomenal ini juga membuat Group Band Padi meluncurkan sebuah lagu. Lagu ini bisa dinikmati hanya lewat episode-episode film seri animasi Upin & Ipin yang ditayangkan di Indonesia. "Kami punya anak-anak kecil. Otomatis kami menonton Upin & Ipin. Pada dasarnya, kami ingin membuktikan kepada anak-anak kami kalau bapak mereka bukan hanya bisa mencipta lagu orang dewasa," ungkap Fadli dalam jumpa pers peluncuran "Sahabat Selamanya" di Kafe Pisa Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/9/2010).

Selain sebagai sebuah pembuktian, "Sahabat Selamanya" dikeluarkan oleh PADI sebagai wujud keprihatinan mereka terhadap lagu anak yang mulai dilupakan di negeri ini. Dengan beredarnya lagu tersebut, PADI berharap anak-anak Indonesia bisa mendengarkan lagu yang memang untuk anak. "Saya dan Rindra sudah dua tahun yang lalu konsen ke anak-anak karena anak-anak terkontaminasi lagu orang dewasa. Itu yang membuat kami prihatin," kata Fadli

Berikut ini kutipan sedikit Lirik Lagu Padi Sahabat Selamanya :

Sahabat untuk selamanya
Bersama untuk selamanya
Kau dan aku sahabat
Untuk selamanya setia

Sahabat untuk selamanya
Atasi semua perbedaan
Kau dan aku sahabat
Untuk selamanya… Selamanya setia

Sahabat untuk selamanya
Berbagi dan saling menjaga
Kau dan aku sahabat
Untuk selamanya… Selama-lamanya… setia…


Source :
http://id.omg.yahoo.com

Share this article :

28 comments:

  1. Saya juga suka nonton Ipin dan Upin Bang...
    Ceritanya sangat natural...
    Banyak anak Indonesia yang mirip Dia...

    BalasHapus
  2. suka sih suka..
    tapi tetap saja buatan luar indonesia :( ....

    BalasHapus
  3. tontonan buat anak-anak yang aku ngga kuatir anakku nonton ya Upin Ipin ceritanya sangat anak-anak, mendidik, ada mora value dan muatan agamanya walau tidak berkesan menggurui. Aku merasa prihatin dan sedih waktu negara kita bersiteru dengan negara Upin-Ipin, tayangan animasi ini diminta dihentikan tayang, Upin-ipin salah apa coba?

    BalasHapus
  4. Upin ipin memang fenomenal..
    acaranya mendidik memang..
    ohya pekerja animasinya juga banyak dr indonesia loo

    BalasHapus
  5. ya, memang fenomenal. dari sisi cerita yg menarik dan mendidik serta kekuatan karakter dari setiap tokohnya, khususnya sudah pasti karakter upin dan ipin itu sendiri yg lucu dan imut.

    BalasHapus
  6. saya juga senang nonton upin ipin bang

    BalasHapus
  7. Saye suka... saye suka... *kata Mail* :)

    Bapak, apa khabar? lama banget nggak ke sini :)
    Anaz masang gerakan damai Upin dan Unyil heheheh

    Btw, kalau nanti Unyil ikutan, kalau ribut2 lagi dikranya nyontek lagi *halah, susah ini* apalagi kelompok bendera itu lho huffttt

    BalasHapus
  8. uehe.. aku aja yg segede gini, nonton upin ipin ndak bosen bosen. ;D

    BalasHapus
  9. tak reti reti pagi tengok, malam tengok ipin upin macam tak ada kerjalah marvelous, marvelous

    BalasHapus
  10. Banyak banget yang suka upin ipin :)
    Tontonan yang jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan power ranger :D

    BalasHapus
  11. Betul sekali bang iwan.. upin & Ipin ini sangat akrab sekali dikalangan anak2 Indonesia.. dan memang ceritanya juga bagus sarat dengan nilai2 edukasi

    BalasHapus
  12. wah gk bakaln dh dikira ngebajak UNYIL.
    kalau bisa mh unyil axis sendiri hihih

    BalasHapus
  13. daripada nonton sinetron si
    emang mendingan nonton upin ipin
    hehee
    kapan ya org indonesia buat yang keren kayak gitu

    BalasHapus
  14. anak saya termasuk penggemarnya bang Iwan, sayang ya bukan produksi anak Bangsa.

    BalasHapus
  15. Upin dan Ipin emang tontonan yang bagus :)

    BalasHapus
  16. Banyak temen saya yang nonton upin ipin..
    lagi hot nieh gan..

    BalasHapus
  17. Kapan ya bang ada film anak-anak negeri sendiri yang dapat mengangkat budaya dan tradisi negeri ini, yang dapat menjadi icon di negeri ini bahwan dunia ?

    BalasHapus
  18. tp sayang kan beliau ga tamat dari ITB tentunya ga bisa disebut alumni ITB, hehe

    BalasHapus
  19. Good to know. Perusahaan animasi untuk film anak2 di Indonesia sudah ada? Semoga bisa lebih terkenal dibandingkan dengan ipin dan upin.

    Salam,
    Parfum

    BalasHapus
  20. Anak saya suka banget Upin & Ipin, ... namun hati2 bahwa Upin & Ipin ... jangan sampai diakui sebagai kekayaan Budaya Indonesia.. :) Khawatir dikomplain nantinya.. Peace

    BalasHapus
  21. fenomena upin ipin sangat luar biasa, samapi si unyil aja kalah

    BalasHapus
  22. kesukaan adik saya ni upin ipin...

    BalasHapus
  23. Apapun yg terjadi, nikmati hidup ini. Hapus air mata, berikan senyummu. Kadang, senyum terindah datang setelah air mata penuh luka.
    maaf niyh ane numpangin kata-kata motivasi buat semuanya disini

    BalasHapus
  24. “Saya memiliki tiga harta. Jaga dan peliharalah: cinta yang dalam, kesederhanaan, ketidakberanian memenangkan dunia. Dengan cinta yang dalam, seseorang akan jadi pemberani. Dengan kesederhanaan, seseorang akan menjadi dermawan. Dengan ketidakberanian memenangkan dunia, seseorang akan menjadi pemimpin dunia” (Lao-tzu, Filsuf China)

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger