Home » , , , » Ulang Tahun ke-160 Robert Louis Stevenson

Ulang Tahun ke-160 Robert Louis Stevenson

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, November 13, 2010 | 11/13/2010


Ulang Tahun ke-160 Robert Louis Stevenson

Robert Louis Stevenson - Hari ini kembali Google memberikan apresiasi dengan merubah Logo sesuai dengan momen yang diperingatinya.

Hari ini 13 November 2010, Google memperingati Ulang Tahun ke-160 Robert Louis Stevenson. Siapa Robert Louis Stevenson itu? berikut adalah Profilnya yang saya petik dari beberapa sumber.

Robert Louis Stevenson
Robert Louis Stevenson (13 November 1850 – 3 Desember 1894) adalah novelis dan penyair Skotlandia. Ketika dia menjadi mahasiswa di perguruan tinggi, dia mulai mengetahui banyak tentang daerah daerah kumuh di perkotaan, dan disitulah dia bertemu dengan orang-orang yang berkecimpung di dunia kriminal yang kemudian muncul dalam karya novelnya.

Karena ia sering sakit-sakitan, ia berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya di Eropa. Ia kemudian jatuh cinta dengan seorang wanita berkebangsaan Amerika Serikat bahkan ikut bersamanya ke California. Dan setelah wanita itu menceraikan suaminya, Stevenson kemudian mengawininya.

Akhirnya untuk memperbaiki kondisi kesehatannya, ia pergi ke pulau di Samoa Samudra Pasifik Selatan. Meskipun ia sakit-sakitan dan keluarganya berkeberatan, Stevenson kemudian menjadi seorang penulis.

Sepanjang hidupnya, Stevenson mengarang dengan giat sekali. Terbitannya yang pertama muncul ketika ia berusia lima belas tahun. Pada tahun 1877 ia beralih dari penulisan esei ke karangan fiksi. Ia menulis Treasure Island (1883), sebuah cerita petualangan, The Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde (1886) dan Kidnapped (1886) di mana kedua cerita mengenai Skotlandia zaman dahulu.

Karyanya, Dr Jekyll dan Mr Hyde yang ditulisnya hanya tiga hari langsung menjadi karya sukses. Jumlah buku yang diterbitkan Stevenson lebih dari tiga puluh buah termasuk kumpulan cerita pendek, novel-novel, esei-esei, buku-buku kisah perjalanan dan sajak-sajak


laptop gratis

Source : http://id.wikipedia.org/

Share this article :

15 comments:

  1. salam sahabat
    ehm ternyata memperingati ultahnya novelis yach,pabtesan pas saya loihat homepage search muncul gamber beliau.good luck

    BalasHapus
  2. Semoga Mbah google membuat terobosan baru, untuk memperingati hari ulang tahun blogger Indonesia ya mas.

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

    BalasHapus
  3. mudah-mudahan bisa di halaman pertama kanda,

    BalasHapus
  4. itulah kelebihan google dibanding search engine lainnya, yaitu google doodle

    BalasHapus
  5. Selamat pagi pak Seyawan Dirgantara.
    Wah, logo Googlenya tumben ya..maksudnnya berasa beda, biasanya alaupun using speciall logo, text googlenya tetap ada...
    Sekarang, berasa BLUR. walaupun sejatinya simbol2 hurufnya dimiripkan kyk gambar, kompas, kapal dll.

    Wah, ini penulis yg hebat namanya, saya baru tahu kalau buku Menceritakan seorang pengacara yang menginvestigasikan kejadian-kejadian aneh antara teman lamanya, yaitu Dr. Henry Jekyll dan Mr. Edward Hydehanya ditulis dalam waktu tiga hari. Dan emang denger-denger ini buku bagus sekali. Bertutur kisah tentang seorang pengacara yang melakukan investigasi terhadap kejadian-kejadian aneh di antara teman lamanya, yaitu Dr. Henry Jekyll dan Mr. Edward Hyde. Jadi semakin berasa wah....

    BalasHapus
  6. Membaca sedikit biografinya di atas saya jd berkesimpulan, berarti dia mendapatkan jutaan inspirasi dari realita yg dilihatnya. Berarti orang-orang yg berotak kriminal di sekitar beliau berjasa ya bagi beliau. maksa..

    Oh ya pak, tapi saya agak bingung dan ambigu dg kalimat di paragraf dua, "sering sakit-sakitan, ia berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya di Eropa". Sering sakit-sakitan kok malah sering berpindah-pindah ya?

    Oh ya, salam persahabatan dari Catatan Bumi.

    BalasHapus
  7. Wagh Pantesan gugel tampilannya berubah ya...
    thanks neh, kunjungi blohg saya juga ya
    Lirik & Video : (http://anak-smkn3tegal.blogspot.com/)

    BalasHapus
  8. Oya nama saya noah neh...

    BalasHapus
  9. Saya kok nggak pernah dengar nama ini sebelumnya ya?.
    Saya yang ketinggalan info, atau terlalu banyak tokoh ya Bang?

    BalasHapus
  10. Terimakasih paparannya Bang

    BalasHapus
  11. salam silaturahim ... terima kasih info profilnya, Pak Iwan. Saya jadi tahu novelis pengarang Dr. Jekyll. Maaf saya baru mampir lagi, selamat berakhir pekan, ya!

    BalasHapus
  12. Eh, iya tadi tahu lewat gugel nih

    BalasHapus
  13. alo bos, salam kenal :)
    btw tukeran link yuk :D
    ditunggu kabar baiknya ya :)

    BalasHapus
  14. Penulis klasik Dr Jekyll ya? Hebat juga ditulis tiga hari best seller pula. Hebatnya lagi itu juga karya Abadi sampai sekarang...

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger