Home » , , » Steve Jobs Tutup Usia

Steve Jobs Tutup Usia

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Oktober 06, 2011 | 10/06/2011

Apple CEO Steve Jobs

Steve Jobs dikabarkan meninggal. Ia berpulang di usia 56 tahun setelah berjuang lama melawan penyakit kankernya. Kematian Jobs diumumkan oleh Apple dalam sebuah pernyataan Rabu malam.

Ikon Silicon Valley yang 'menghadiahi' dunia dengan iPod dan iPhone mengundurkan diri sebagai CEO perusahaan teknologi terbesar di dunia pada bulan Agustus, menyerahkan kendali kepada kepala eksekutif, Tim Cook. Jobs, yang berjuang melawan bentuk yang jarang dari kanker pankreas, juga mengisap penyakit jantung. Jobs telah didiagnosa dengan kanker pankreas langka pada 2004 silam. Pada Januari tahun ini, Jobs mengundurkan diri dari semua pekerjaannya untuk 'fokus' pada kesehatannya. Namun ia selalu menolak memaparkan kondisinya.

Di bawah Jobs, Apple mengantarkan inovasi beragam, mulai magic mouse yang dioperasikan oleh antarmuka pengguna hingga pemutar media saku iPod, yang menciptakan revolusi musik digital. Perusahaan ini pulalah yang meluncurkan komputer tablet yang popular, iPad, yang memicu bisnis media kembali berproses dalam penemuan dan investasi.

Jobs juga sebagai CEO dalam Pixar Studio, yang menjadikannya kampiun teknologi setara Walt Disney, menghadirkan seni bertutur lewat animasi komputer yang dimulai dengan Toy Story. Kini, Apple terus melebarkan teritorinya ke industri mobile dengan pirantinya yang fenomenal dan sukses di pasaran, iPhone.

Steven Paul "Steve" Jobs (lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955) adalah seorang tokoh bisnis dan penemu Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995.

Pada akhir 1970-an, Jobs, bersama pendiri pendamping Apple Steve Wozniak, Mike Markkula, dan lainnya, merancang, mengembangkan, dan memasarkan salah satu jajaran komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial, yaitu seri Apple II. Pada awal 1980-an, Jobs termasuk orang-orang yang pertama kali melihat potensi komersial dari antarmuka pengguna grafis yang digerakkan tetikus PARC Xerox yang kemudian mendorong pembuatan Macintosh.

Setelah kalah melawan keputusan dewan direktur tahun 1984, Jobs mengundurkan diri dari Apple dan mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis. Pembelian NeXT oleh Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan bersama, dan ia menjabat sebagai CEO-nya sejak 1997 hingga 2011.

Tahun 1986, ia mengambil alih divisi grafis komputer Lucasfilm Ltd yang kemudian menjadi Pixar Animation Studios.Ia menjadi CEO dan pemegang saham terbesarnya sebanyak 50,1% sampai diambil alih oleh The Walt Disney Company tahun 2006. Karena itu pula Jobs menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Disney sebanyak 7% dan anggota Dewan Direktur Disney.

Sejarah Jobs dalam bisnis telah berkontribusi banyak terhadap imej pengusaha Silicon Valley yang idiosinkratis dan individualistis, serta menekankan pentingnya desain dan memahami peran penting yang dimainkan estetika dalam masyarakat. Karyanya dalam memajukan pengembangan produk yang begitu berguna dan elegan telah memunculkan banyak pengikut setianya.

Pada tanggal 24 Agustus 2011, Jobs mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya sebagai CEO Apple. Dalam surat pengunduran dirinya, Jobs sangat menyarankan agar rencana suksesi eksekutif Apple dipatuhi dan Tim Cook ditunjuk sebagai penerusnya. Sesuai permintaannya, Jobs ditunjuk sebagai ketua dewan direktur Apple.

Steve Jobs memegang 5,426 juta saham Apple, serta 138 juta saham di Disney (yang ia terima sebagai imbalan akuisisi Pixar oleh Disney). Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai $5,1 miliar pada tahun 2009, menjadikannya orang terkaya ke-43 di Amerika Serikat.

Steve Jobs pernah mendapatkan beberapa penghargaan, antara lain : National Medal of Technology dari Presiden Ronald Reagan pada tahun 1984 bersama Steve Wozniak (termasuk orang-orang yang pertama menerimanya), dan Jefferson Award for Public Service dalam kategori "Pelayanan Publik Terbaik oleh Individu Berusia 35 Tahun atau Lebih Muda" (a.k.a. Samuel S. Beard Award) pada tahun 1987.Tanggal 27 November 2007, Jobs digelari tokoh bisnis terkuat oleh Fortune Magazine. Tanggal 5 Desember 2007, Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan Ibu Negara Bagian Maria Shriver memasukkan Jobs ke California Hall of Fame yang terletak di The California Museum for History, Women and the Arts.

Bulan Agustus 2009, Jobs terpilih sebagai pengusaha paling dikagumi di antara para remaja berdasarkan survei oleh Junior Achievement.

Tanggal 5 November 2009, Jobs diberi gelar CEO dasawarsa ini oleh Fortune Magazine. Bulan November 2009, Jobs menempati peringkat ke-57 dalam Forbes: The World's Most Powerful People. Bulan Desember 2010, Financial Times memberi Jobs gelar sebagai tokoh tahun ini, mengakhiri artikelnya dengan menyatakan, "Dalam otobiografinya, John Sculley, mantan eksekutif PepsiCo yang pernah memimpin Apple, mengatakan sesuatu tentang ambisi pria yang ia pecat: 'Apple harusnya menjadi perusahaan produk konsumen yang luar biasa. Ini rencana gila. Teknologi tinggi tidak dapat dirancang dan dijual sebagai produk konsumen.' Sungguh salah pernyataan ini"


Denaihati
Share this article :

14 comments:

  1. saya turut berduka cita :(
    salam kenal
    www.hajarabis.com

    BalasHapus
  2. Satu orang yg brilian di bidangnya telah berpulang.. semoga sumbangsihnya di bidang teknologi dapat dimanfaatkan demi kesejahteraan dan kebaikan manusia.

    BalasHapus
  3. salah satu orang pintar yg menginspirasi byk org dalam hal teknologi. semoga tenang disana....

    BalasHapus
  4. saya turut berduka cita ..
    semoga keluarga yang di tinggalkannya di tabahkan hatinya..amiin

    BalasHapus
  5. Berarti dunia kehilangan lagi seorang yang sukses

    BalasHapus
  6. Ternyata orang kayapun juga mati
    pemilik App;e yang konon memiliki kekayaan melebihi aset USA ternyata juga mati
    hartanya tidak dapat menunda kematiannya, apalagi membeli kehidupannya

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  7. meski belum pake satupun produk apple tapi memang jasanya di dunia teknologi rasanya membuat sedih atas kepergiannya

    BalasHapus
  8. Selamat jalan Steve Jobs

    Sukses selalu Bang Iwan.
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  9. Sharing yang bagus. Terima kasih

    BalasHapus
  10. memang miris rasanya, orang terkenal di dunia tutup usia

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger