Home » , , » Mark Twain Google Doodles

Mark Twain Google Doodles

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, November 30, 2011 | 11/30/2011

MARK TWAIN'S 176th BIRTHDAY
Mark Twain's 176th Birthday - adalah Tajuk dari Google Doodles kali ini. 176 Tahun kelahiran Mark Twain.

Mark Twain yang terlahir dengan nama Samuel Langhorne Clemens (lahir 30 November 1835 – meninggal 21 April 1910 pada umur 74 tahun), adalah seorang novelis, penulis, dan pengajar berkebangsaan Amerika Serikat. Beberapa karyanya yang paling terkenal adalah The Adventures of Huckleberry Finn, The Adventures of Tom Sawyer, The Prince and the Pauper, A Connecticut Yankee in King Arthur's Court serta satu buku non fiksinya, Life on the Mississippi.

Mark Twain dibesarkan di Hannibal, Missouri, sebuah kota kecil dipinggir sungai Mississippi di Amerika Serikat. ketika remaja dia sangat tertarik kepada kapal-kapal uap yang berlalu-lalang di sungai Amerika Serikat yang besar itu.

Ketika berusia sangat muda, Twain sudah bekerja sebagai seorang juru cetak di sebuah percetakan, dan kadang-kadang sebagai seorang penulis surat kabar. Sebagai pemuda berumur belasan tahun, dia menjadi nakhoda kapal sungai dan selama empat tahun berlayar di sungai Mississippi.

Pada waktu Perang Saudara Amerika pecah pada tahun 1860, Mark pindah ke daerah barat yakni di California. Ketika itulah dia mengubah namanya menjadi "Mark Twain" yang berarti "dua depa dalamnya". Itu adalah istilah yang dipakai oleh awak kapal sungai bilamana mereka mengukur dalamnya air.

Sebelum meninggal, Mark Twain sudah selesai menulis 5000 halaman kisah hidupnya. Tetapi, dia berpesan agar kisah hidupnya itu tidak diterbitkan sebelum melewati 100 tahun dia meninggal, terhitung sejak 1910. Pesan penting itu dipatuhi dan selama kurun waktu tersebut naskah itu disimpan dalam sebuah lemari besi di University of California, Berkeley.

Batas waktu itu tiba Nopember 2010. Pada bulan November University of California, Berkeley, di mana naskah itu disimpan dalam sebuah lemari besi, telah merilis volume pertama otobiografi Mark Twain.

Tanggapan para ilmuwan bermunculan, Mengapa Twain menginnginkan tulisan tangannya tentang hidupnya dirahasiakan begitu lama. Beberapa diantaranya menganggap bahwa Mark Twain ingin berbicara bebas tentang isu-isu seperti agama dan politik. Sisanya berpendapat bahwa jeda waktu itu mencegahnya dari kekhawatiran menyinggung teman-temannya.

Satu hal yang pasti, dengan menunda publikasi itu, penulis, yang menyukai status selebritinya itu, telah memastikan bahwa ia akan bergunjing tentang abad ke-21. Bagian dari memoar akan menjelaskan hubungannya yang sedikit diketahui kecuali hubungan skandalnya dengan Isabel Van Kleek Lyon, yang menjadi sekretarisnya setelah kematian istrinya Olivia pada tahun 1904. Twain begitu dekat dengan Lyon sehingga ia pernah membelikan mainan seks listrik (vibrator). Tapi Lyon tiba-tiba dipecat pada tahun 1909, setelah Mark Twain mengaku Lyon "menghipnotis"nya memberikan kuasa atas tanahnya.

Publikasi November itu disahkan oleh estatenya, karena tidak adanya keturunannya yang masih hidup (putrinya Clara meninggal pada tahun 1962, dan cucunya Nina bunuh diri pada 1966), mendanai museum dan perpustakaan yang melestarikan warisannya.

"Terdapat begitu banyak biografi Twain, dan banyak dari yang sudah ditulis menggunakan potongan-potongan otobiografi," kata Dr Robert Hirst selaku pimpinan Tim peluncuran dokumen tersebut. "Tapi penulis biografi memilih apa yang dikutip. Dengan penerbitan buku Twain secara penuh, kami berharap bahwa orang akan sampai pada kesimpulan mereka sendiri secara lengkap seperti apa pria itu"

Source : Wikipedia.org


Denaihati

Share this article :

17 comments:

  1. kalau diindonesiain namanya jadi aneh

    BalasHapus
  2. wah happy birth day ya mark twain...
    wish u all the best!!

    BalasHapus
  3. saya baru tau pengarang buku Life on the Mississippi,katanya buku itu buku terlaris,,pengen baca tapi gak nemu-nemu

    BalasHapus
  4. wah seorang penulis yang menikmati keartisannya,,
    sepertinya buku"nya bagus-bagus

    BalasHapus
  5. wah tulisan biografinya nyampe di simpen 100 tahun setelah kematiannya,,keren juga

    BalasHapus
  6. Penasaran pengen baca buku yg judulnya "Life on the Mississippi"

    BalasHapus
  7. terimakasih mas atas infonya...
    saya jadi tahu kenapa gambar google ken=marin begitu,,,

    BalasHapus
  8. Salut kami atas postingan yang selalu berkualitas. keep share yakk.

    mampir blik yakk

    BalasHapus
  9. beberapa kali tampilan google berubah ubah, memang seperti itulah cara google dalam menghormati para tokoh 2 yg paling berpengaruh didunia khususnya di bidang informasi teknologi sebut saja samuel morse, alexander graham bell, yuri gagarin bahkan sir arthur conan doyle pun pernah menghiasi wajah si mesin pencari ini...salut untuk google karena semua ini adalah jasa dari orang2 pintar pendahulu kita...

    BalasHapus
  10. Busyeeeetttttttt.....
    Sebelum meninggal, Mark Twain sudah selesai menulis 5000 halaman kisah hidupnya...
    banyaaak bangeeett

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger