Home » , » Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2012

Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2012

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Desember 29, 2011 | 12/29/2011

Menjelang pergantian tahun 2011 ke 2012, maka perlu saya informasikan Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2012 sebagai bahan untuk merancang program dan kemungkinan rencana liburan bersama keluarga.

Pemerintah beberapa waktu yang lalu mengumumkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2012 melalui surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri.

SKB tersebut bernomor 7 Tahun 2011, No 04/MEN/VII/2011 dan No SKB/03/M.PAn-rb/07/2011 ditandatangani oleh Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, dan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan.

Penandatangan di Kemenko Kesra tersebut disaksikan oleh Menko Kesra Agung Laksono.

Dalam SKB disebutkan untuk libur nasional sebanyak 14 hari, lima diantaranya hari Minggu. Sementara cuti bersama sebanyak lima hari.

Ke-14 hari libur tersebut meliputi 1 Januari (Minggu, Tahun Baru Masehi), 23 Januari (Senin, Tahun Baru Imlek 2563), 5 Februari (Minggu, Maulid Nabi Muhammad SAW), 23 Maret (Jumat, Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1934).

Selanjutnya 6 April (Jumat, Wafat Yesus Kristus), 6 Mei (Minggu, Hari Raya Waisak 2556), 17 Mei (Kamis, Kenaikan Yesus Kristus), 17 Juni (Minggu, Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW), 17 Agustus (Jumat, Hari Kemerdekaan RI).

Kemudian 19-20 Agustus (Minggu-Senin, Idul Fitri 1433 H), 26 Oktober (Jumat, Idul Adha 1433 H), 15 November (Kamis, Tahun Baru 1434 H), dan 25 Desember (Selasa, Hari Natal).

Sementara itu Cuti bersama meliputi 18 Mei (Jumat, dikaitkan dengan Kenaikan Yesus Kristus), 21-22 Agustus (Selasa-Rabu, Indul Fitri), 16 November (Jumat, Tahun Baru H), dan 24 Desember (Senin, Natalan).

Menko Kesra dalam kesempatan ini mengemukakan keputusan liburan tersebut karena adanya masukan dari lembaga keagamaan tentang perlunya penambahan jumlah cuti bersama. Cuti bersama juga berkontribusi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan.

Dikemukakan memang perlu adanya peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam pemanfataan hari kerja, hari libur, dan cuti bersama, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Menurut data cuti bersama pada 2008 sebanyak lima hari, pada 2009 berkurang menjadi empat hari, pada 2010 berkurang lagi menjadi tiga hari, pada 2011 bertambah menjadi empat hari dan tahun ini sebanyak lima hari.

Denaihati
Share this article :

50 comments:

  1. wah semoga nggak banyak hari minggu lagi liburnya eh iya bang nggak Ke makassar ketemu Denaihati

    BalasHapus
  2. asikk cutiiiiiiiiiiiiiiiiii

    kunjungi web kesehtan di
    http://herball.net/
    http://obatherball.com/
    http://gold-g.obatherball.com/
    http://kanker.obatherball.com/

    BalasHapus
  3. wah liburnya kebanyakan.
    harusnya cuti bersama itu ditiadakan. dan hanya libur sesuai HTM saja. apalagi khusus PNS, perbankan, atau RS, karena harus melayani kepentingan publik.

    BalasHapus
  4. bagi saya gak ada hari liburan nasional,soalnya hari libur apa saja tetep saja saya kerja

    BalasHapus
  5. hemp..senengnya baca postingan tentang hari libur... :p

    BalasHapus
  6. wiiih enak nih libur terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  7. woooaa~~~ pengennya libur.. :D
    tapi sayang, susah libur.. heheheee

    BalasHapus
  8. wiiih enak nih libur terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  9. wah..asik nih bisa buat menyiapkan jadwal libur yah pak...

    BalasHapus
  10. wah asyinya jadi pegawai negeri. banyak liburnya... mantap gan. slm knl.

    BalasHapus
  11. nice artikel gan. memang akhir tahun 2011 banyak hari liburnya.

    BalasHapus
  12. wah, lumayan libur nya
    ,,,

    mudah2an liburnya imbas keperusahaan juga yo
    amin. :)

    mampir di
    ardiansyah-nomore.blogspot.com

    saya juga sedang mencari refrensi
    lubrikasi mesin kendaraan roda dua

    mohon bantuannya ya
    rekan2 semua
    terimakasih banyak dan salam kenal. :)

    BalasHapus
  13. waw libur memang jadi dambaan semua orang yg bekerja ataupun yg punya aktifitas. keren.

    BalasHapus
  14. libur lagi libur lagi. pasti seru bisa ajak liburan bersama keluarga. smoga tahun baru ini bisa lebih baik.

    BalasHapus
  15. Semoga di tahun yg baru ini kita bisa lebih baik, lebih sukse, dimurahkan rezeki dan lain2x. tahun baru ada harapan baru. tks. slm knl.

    BalasHapus
  16. tahun baru sudah di depan mata, tapi belum ada planing mau kemana, kerjaan numpuk ump ....

    BalasHapus
  17. saat nya liburan bersama keluarga,, hyong ka pantai ump...

    BalasHapus
  18. hari libur emang momen yang pas buat kumpul bareng keluarga...

    BalasHapus
  19. Kan tahun baru jatuh hari Minggu bang, jai Senin tanggal 2 liburnya ya.

    Saya libur tiap hari.
    Aa kabar si Putri bang? salam ya

    salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  20. asyikk nih liburaann,,
    lam kenal yahh..

    BalasHapus
  21. selamat tahun baru, selamat berlibur panjang. . .

    BalasHapus
  22. yahhh enak yaa jadi pegawai negri bisa cuti bersama
    kalo saya magh kga ada cuti cutian tuu cuti bersamanay cuma hari minggu sajah :(

    BalasHapus
  23. horee cuti bersama ku di habiskan sama keluarga ajah dehhh

    BalasHapus
  24. libur telah tiba dan gg terasa udah mulai berakhir....
    :(

    BalasHapus
  25. ini saatnya buat kita melepaskan penat dalam keseharian aktifitas yang melelahkan...

    BalasHapus
  26. saya juga nggak libura nih,,hiks,,,
    selamat buat yg bisa libur ya,,hehe

    BalasHapus
  27. liburan telah usai...
    saatnya memulai aktifitas kembali...

    BalasHapus
  28. seneng banget bisa liburan bersama,apalagi bareng sama teman deket asik rasanya... met liburan aja ya semua moga happy!!!

    BalasHapus
  29. bagi saya gaan tiada liburnya teruss kerjaa.

    BalasHapus
  30. Met libur aja yach kesemuanya semoga happyy,

    BalasHapus
  31. saya gabisa liburnih,selamat bagi orang orang yang sedang libur,

    BalasHapus
  32. selamat tahun baru yach dan selamat hari libur aja deeh.

    BalasHapus
  33. sebentar lagi hari libur telah usay,met belajar lagi deeh

    BalasHapus
  34. kalau bagi saya tida ada hari libur dan cuti bersama teruuus kerja.

    BalasHapus
  35. sebentar lagi hari libur telah usai,selamat bekerja aja lagi deeh

    BalasHapus
  36. selamat tahun baru dan selamat cuti bersama.semoga dengan adanya tahun baru ini bisa mengarah kejalan yang lebih baik.

    BalasHapus
  37. cutibersama memang yang sangt di dambakan

    BalasHapus
  38. orlin cuti saya mah ngga
    ught
    menyebalkan lahh :(

    BalasHapus
  39. hhhmmm. . .,orng lain ada cuti brsma. . .
    aku tdk. . .
    >,<
    selamat lburan aja dech. . .

    BalasHapus
  40. sayang untuk cuti 2013 masih jauh yah gan..hehheee

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger