Mata Tertutup

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Maret 15, 2012 | 3/15/2012

Mata Tertutup - Setelah sebelumnya hanya diputar di sejumlah tempat untuk kalangan terbatas, akhirnya film ini akan diputar di bioskop mulai hari ini 15 Maret 2012. Sebuah Film yang diproduksi Maarif Institute dan Yayasan Sains Estetika Teknologi dimaksudkan untuk kampanye pendidikan kewargaan guna membangun karakter anak bangsa.

"Melalui film yang disutradarai Garin Nugroho itu, kami berpamrih besar bagi terwujudnya karakter anak bangsa yang mampu memahami kehadiran dirinya sebagai manusia kritis dan kreatif di tengah warna-warni kebangsaan," kata pendiri Maarif Institute, Ahmad Syafii Maarif, di Yogyakarta, beberapa waktu yang lalu.

Menurut dia, manusia kritis adalah yang terlepas dari kepicikan dan fanatisme buta, sedangkan manusia kreatif adalah yang mampu mengatasi hambatan perbedaan dengan keterbukaan diri.

"Melalui film itu, kami juga ingin menyadarkan kita bahwa ada masalah kebangsaan yang menghantui bangunan keindonesiaan, yakni intoleransi yang tinggi, budaya kekerasan yang dominan, segregasi sosial di institusi pendidikan, dan rendahnya sikap keterbukaan di kalangan pelajar," katanya.

Ia mengatakan, film itu akan menyodorkan gambaran keseharian, menyajikan sebuah narasi besar ancaman terhadap kemajemukan dalam keintiman hidup sehari-hari.

"Sebuah cerita yang barangkali bisa terjadi pada siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Sebuah cerita tentang pencarian, keyakinan, dan kehilangan," kata mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini.

Dalam konteks itu, Maarif Institute memprakarsai kerja sama program advokasi pendidikan kewargaan untuk memperkuat karakter anak bangsa dengan berbagai pihak yang memiliki kompetensi dan kepedulian sejalan, di antaranya Yayasan Sain Estetika Teknologi (Yayasan SET).

"Kami membingkai pendidikan kewargaan tersebut melalui media populer, yakni produksi film cerita berjudul Mata Tertutup," katanya.

Garin Nugroho mengatakan, film itu mengangkat kisah nyata dari lembaran memilukan dalam cerita Indonesia saat ini. Perpaduan ketidakharmonisan keluarga, kesulitan ekonomi, kefrustrasian sosial-politik, dan piciknya pandangan merupakan rumput kering yang siap terbakar kapan saja.

"Film yang berdurasi 90 menit tersebut akan menyajikan tiga karakter utama yang diwakili tiga tokoh, yakni Rima, Nanda, dan Ibu Asimah," katanya.

Menurut dia, film itu mendorong pentingnya ruang dialog yang setara, terbuka, dan kritis dalam setiap pencarian identitas anak bangsa.

"Melalui itu, setiap persoalan kehidupan dapat diupayakan untuk disiasati dan diselesaikan dengan cara terbaik dan menempatkan manusia sesuai kodrat kemanusiaannya," kata Garin.

Dalam pembuatannya, film ini menggunakan kamera foto Canon 5D dan pemain-pemain "amatir" yang baru pertama kali bermain film kecuali Jajang C Noer. Biaya produksinya sangat murah, konon sekitar Rp 600 juta. Waktu pengambilan gambar: sembilan hari. Pembuatan copy film untuk bioskop didapat dari sponsor. Film ini dimaksud sebagai propaganda antikekerasan dan antifundamentalisme. Untuk itu film ini akan ditayangkan di sekolah-sekolah.


Sinopsis Film Mata Tertutup

Cerita pertama
Ada Rima (Eka Nusa Pertiwi), seorang gadis yang sedang gundah dalam pencarian identitas. Dalam kegamangannya, ia terlibat dalam NII. Mulai dari perekrutan sampai pengumpulan dana NII.

Cerita kedua
Jabir (M. Dinu Imansyah), seorang remaja yang menjadi pengebom bunuh diri karena terdorong oleh kondisi keluarga dan kesulitan ekonomi.

Cerita ketiga
Ada juga Asimah (Jajang C. Noer), seorang ibu yang kehilangan anak satu-satunya: Aini. Anaknya menjadi menjadi korban penculikan orang-orang dari kelompok Islam Fundamentalis. Penculikan itu berlangsung ketika Asimah tengah berada pada proses perceraian. Asimah kian frustasi jadinya.

Ketiga cerita tersebut diramu untuk memberikan pesan, khususnya pada anak muda agar tidak terjebak dalam pemikiran-pemikiran sempit, maupun penafsiran ajaran agama yang salah sehingga berujung pada tindakan radikalisme

Trailer Film Mata Tertutup



Denaihati

Share this article :

35 comments:

  1. Semoga film ini akan bisa mengubah keadaan sekarang di Indonesia...jadi ingin nonton...

    BalasHapus
  2. waduh,,saya kok merinding ya bacanya,,,ini realistis,,,,jadi pengen nonton,,

    BalasHapus
  3. oh filmnya baru d putar kmarin yaaa...........?

    BalasHapus
  4. semoga difilm ini banyak memberikan manfaat dari segi pendidikan bagi para penikmat film tanah air !!

    BalasHapus
  5. perlu ditonton semua masyarakat indonesia biar ngerti tentang karakter bangsa yang benar

    BalasHapus
  6. Tidak bisa di pungkiri lagi,karna postingan yang anda buat sangat bagus.
    mungkin kita bisa bertukar informasi melalui http://ict.unsri.ac.id

    BalasHapus
  7. sepertinya film yang ini ada unsur pendidikannya bang,,

    BalasHapus
  8. film yang bagus , liat trailernya jadi pengen nonton deh .
    makasih buat sharenya , sukses trus ya

    BalasHapus
  9. wah film baru lagi nih mas?
    kalau saya baca ada unsur yang sangat mendidik sekali ya mas..

    BalasHapus
  10. penasaran nih mas pengen nonton..
    makasih banyak atas infonya ya

    BalasHapus
  11. hal-hal spt ini memang terjadi di Indonesia dan sptnya terlupakan saat BBM akan naik ini :)

    BalasHapus
  12. luar biasa film dan pembuat skenarionya tapi saya ngeri nih mas jangan sampai rakyat Indonesia sudah buta tuli terhadap kebenaran dan hanya ingat jika terjadi hal seperti Sodom gomorah atau kaum nabi Luth di kepercayaan kita atau kaum-kaum yang di beri bencana oleh Allah, soalnya apalagi yang tidak ada di Indonesia, senang menghilangkan nyawa dengan alasan kecil, senang mengambil hak orang lain (KKN), senang mengabaikan perintah Allah, senang melakukan hubungan di luar nikah, homoseks pun sudah bukan lagi yang tabu diperbincangkan jadi apalagi mungkin doa-doa anak yatim saja atau doa orang tua di majlis dzikir yang masih menjauhkan kita dari Bencana Besar, AstagaFirullah

    BalasHapus
  13. Film yang sangat bagus, sarat akan makna.
    Merupakan film yang berbobot, layak di berikan apresiasi tinggi.
    semoga film ini dapat diterima oleh masyarakat. Maju terus perfilman Indonesia.
    Salam sukses, terima kasih atas infonya.

    BalasHapus
  14. seru nih kayak nya jadi penasaran pengen liyat

    BalasHapus
  15. seperti apa nih film nya kalau liyatr alur ceritanya mah seru kaya nya ..
    jadi penasaran aku mah

    BalasHapus
  16. film ini di tayangkan di televisi ga ? saya ga bisa ke bioskop ga punya uang ha ha ..
    di tunggu deh di layar televisi
    ha ..

    BalasHapus
  17. aduh jadi penasaran pengen liyat tapi film ini di tayangkan di televisi ga ?
    cari yang mudah menonton nya ha ha ..
    maaf .
    salam buat semuanya

    BalasHapus
  18. kayaknya bagus juga nih film....
    diliat dari judulnya aja udah mempunyai kesan tersendiri....

    BalasHapus
  19. pengen nonton filemnya... bagus nih kayaknya. makasih infonya

    BalasHapus
  20. Sinopsisnya kok gitu ,, yang film mendidik gak ada ya ??

    BalasHapus
  21. wah mas garing nugruho yah.....weleh2 matab dah mas ...eh kok garing pisss

    BalasHapus
  22. Tob juga neh sinopsisnya....lanjutkan (kata es bon nyon)

    BalasHapus
  23. sip dah.....ada jajang mulyananya lagi...wah tuh pilem lengkap dah jajang maen bola sama maen pilem juga......

    BalasHapus
  24. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    BalasHapus
  25. postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

    BalasHapus
  26. semoga industri film indonesia lebih bisa mengeluarkan film film yang lebih mendidik !!

    BalasHapus
  27. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    BalasHapus
  28. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    BalasHapus
  29. Waaahh...
    Kayanya seru tuch...Makasih bnyak infonya...!!

    BalasHapus
  30. waahhh, saya ketinggalan ni, belum tahu + belum nonton ceritanya,, :(

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger