Home » , , » Klasemen Akhir Grup D Euro 2012 | Inggris dan Prancis ke Perempat Final

Klasemen Akhir Grup D Euro 2012 | Inggris dan Prancis ke Perempat Final

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Juni 20, 2012 | 6/20/2012

Akhirnya babak penyisihan Grup Euro 2012 berakhir sudah. 2 Laga pamungkas di grup D baru saja usai.

Inggris memastikan diri lolos ke perempat final sebagai juara Grup D setelah pada laga terakhir mengalahkan tuan rumah, Ukraina, 1-0, Kamis (20/6). Inggris pun mengemas tujuh poin, berkat dua kemenangan dan satu hasil imbang. Di posisi runner-up adalah Prancis yang meskipun pada laga terakhir dikalahkan 0-2 dari Swedia.

Hasil Pertandingan Inggris Vs Ukraina

Ukraina dan Inggris bermain dengan skuad berbeda dibanding pertandingan sebelumnya. Ukraina minus kapten Andriy Shevchenko, sedangkan Inggris justru mendapatkan tambahan berarti dengan bisa diturunkannya Wayne Rooney.

Tanpa Sheva, Ukraina menerapkan strategi yang sangat berbeda dibandingkan laga-laga sebelumnya. Pada laga ini, Ukraina menerapkan serangan cepat dengan mengandalkan umpan panjang dan tembakan dari luar kotak penalti.

Salah satu tembakan jarak jauh terbaik di babak pertama dilakukan Oleg Gusev. Tembakan Gusev hanya melayang tipis di atas mistar Joe Hart.

Meski sering melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi Ukraina sempat punya peluang dari dalam kotak penalti. Namun, peluang tersebut gagal dimaksimalkan oleh Andriy Yarmolenko pada menit ke-29.

Inggris sendiri kerap melayangkan serangan balik yang cukup berbahaya. Rooney menjadi target serangan yang dilancarkan Ashley Young dan James Milner dari sayap.

Rooney pun mendapatkan peluang terbaiknya ketika berdiri bebas di kotak penalti Ukraina. Sayangnya, penyerang Manchester United itu tak mampu memaksimalkan umpan Young lewat sundulannya.

Inggris akhirnya mampu memecah kebuntuan ketika babak kedua baru berjalan tiga menit. Rooney membobol gawang Ukraina setelah memanfaatkan kesalahan bek dan kiper Ukraina dalam mengantisipasi umpan Steven Gerrard dari sayap kanan.

Ukraina nyaris menyamakan kedudukan ketika mendapatkan peluang emas pada menit ke-60. Namun, sundulan Artem Milevsky masih tipis di atas mistar Joe Hart.

Dua menit kemudian, Ukraina kembali mendapatkan peluang emas. Bomber Ukraina, Marko Devic, berhasil melepaskan tembakan yang tak mampu dibendung Joe Hart. Ketika bola nyaris melewati garis gawang, John Terry dengan sigap membuangnya.

Meski wasit dan asistennya tak menganggap itu gol, tapi ini tetap menjadi kontroversi. Televisi pun berulang-ulang menayangkan kejadian itu. Dan, memang, bola masih 50-50. Jika terlambat sedetik saja, Terry tak mampu menyelamatkan gawang Inggris.

Inggris nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-67. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Ukraina, Ashley Cole yang maju membantu serangan nyaris mengubah kedudukan. Untungnya, kiper Ukraina sanggup memblok tembakan Cole dari dalam kotak penalti.

Pelatih Ukraina, Oleg Blokhin, kemudian memasukkan Shevchenko pada menit ke-70. Namun, usaha itu sia-sia dan Ukraina pun tersingkir karena tak mampu mengubah skor, 0-1.


Hasil Pertandingan Swedia Vs Prancis

Prancis hanya membutuhkan tambahan satu poin untuk memastikan diri ke perempat final Euro 2012. Sayangnya, Swedia berjanji tak akan membiarkan Prancis lolos dengan mudah meskipun mereka sudah tersingkir akibat kekalahan 2-3 dari Inggris pada laga sebelumnya.

Prancis sendiri menunjukkan keseriusan mereka untuk laga ini sesuai dengan pernyataan pelatih Laurent Blanc. Tim Ayam Jantan menurunkan seluruh pemain terbaiknya, khususnya di barisan serangan.

Samir Nasri dan Franck Ribery tetap dipercaya menggerakkan serangan dengan Karim Benzema di ujung serangan. Ribery pun sempat mendaptkan peluang pada menit ke-8. Sayangnya, tembakan Ribery bisa digagalkan oleh kiper Andreas Isaksson.

Swedia gantian membahayakan gawang Inggris. Gelandang serang PSV Eindhoven, Ola Toivonen, mendapatkan peluang emas memanfaatkan kesalahan bek Prancis, Philippe Mexes. Namun, Toivonen belum bisa mengubah kedudukan.

Terus gagal mencetak gol, Prancis berusaha lewat tembakan spekulasi. Seperti yang dilakukan Karim Benzema pada menit-menit terakhir babak pertama. Sayangnya, tembakan striker Real Madrid itu belum mampu membobol gawang Swedia. Babak pertama berakhir 0-0.

Dalam kondisi belum aman, Prancis justru mengawali babak kedua dengan ketertinggalan, 0-1. Kapten Swedia, Zlatan Ibrahimovic, mampu menggetarkan gawang Hugo Lloris pada menit ke-54 memaksimalkan umpan Sebastian Larsson.

Prancis bisa saja tertinggal 0-2 jika Lloris tak tampil gemilang menyelamatkan dua peluang Swedia yang lahir berkat sundulan Christian Wilhelmson dan Olof Mellberg.

Demi mencetak gol balasan, Prancis memasukkan tiga pemain bernaluri menyerang: Florent Malouda, Jeremy Menez dan Olivier Giroud. Tapi, hal itu tak bisa mengubah pertandingan. Swedia justru memperlebar keunggulan menjadi, 2-0.

Setelah memberi asis pada gol Ibra, Larsson mencatatkan namanya di papan skor pada menit pertama masa injury time. Swedia pun pulang dengan kepala tegak karena berhasil mengakhiri rekor tak terkalahkan Prancis.


Klasemen Akhir Grup D Euro 2012

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Inggris 3 2 1 0 5 3 +2 7
Perancis 3 1 1 1 3 3 0 4
Ukraina 3 1 0 2 2 4 −2 3
Swedia 3 1 0 2 5 5 0 3




Denaihati


Share this article :

3 comments:

  1. Inggris dan Prancis pantas lolos ke Prempat Final.. Ini akan menjadi Euro 2012 lebih berwarna dengan adanya pertandingan seru antar 2 Tim Besar Eropa..

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger