Home » , , » London 2012 Pole Vault | Logo Google Hari Ini

London 2012 Pole Vault | Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Agustus 04, 2012 | 8/04/2012


London 2012 Pole Vault atau lompat galah Olimpiade London 2012 menjadi tema logo google hari ini. Lompat galah merupakan salah satu cabang pada kelas atletik. Dalam event Olimpiade London 2012, Lompat Galah akan dimulai digelar tanggal 8 Agustus sampai dengan 10 Agustus 2012.

Sejarah Lompat Galah
Belanda adalah negeri pesisir pantai yang sebagian besar wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Hal ini menyebabkan di negara ini terdapat banyak sungai dan danau. Karena itu sebagian warga Belanda jika akan bepergian ke tempat lain harus menyeberangi sungai atau danau.

Untuk menyiasati sungai dan danau yang menjadi hambatan perjalanan, warga Belanda menggunakan Fierljeppen atau lompat galah danau. Pada abad ke-13, cara ini kerap digunakan petani di Norwegia.

Seiring perkembangan zaman, Fierljeppen mulai dipertandingkan. Dan siapa sangka bila Fierljeppen menjadi cikal bakal lompat galah saat ini. Bedanya dengan lompat galah, peserta Fierljeppen harus memanjat galah setinggi mungkin supaya bisa jatuh dengan posisi terjauh.

Belum lama ini di negeri Kincir Angin digelar kompetisi Fierljeppen. Peminatnya cukup banyak. Mereka diharuskan menyeberangi danau dengan menggunakan galah aluminum sepanjang 11 meter. Tentunya peserta yang mencapai jarak terjauh akan keluar sebagai pemenang.

Selain menjadi cikal bakal olahraga, Fierljeppen juga melahirkan pribahasa jangan melompat lebih jauh dari panjang galah yang dimiliki. Pribahasa itu berarti jangan bertindak lebih jauh dari kemampuan yang dimiliki.

Dalam Lompat galah, atlet berlari saat membawa galah dan menggunakannya untuk mendorong tubuhnya ke atas mistar. Panjang dan diamater tiang galah bisa beragam, namun harus halus dan tidak boleh kasar. Ujung galah ditancapkan ke dasar kotak pada saat melakukan lompatan.

Kecepatan, momentum dan gaya lentur galah digunakan untuk bisa melompat setinggi mungkin. Lompatan yang sempurna tidak boleh mengenai bar atau pembatas mistar. Bar harus tetap pada posisinya.

Lompatan bisa dilakukan kapanpun. Atlet juga bisa memutuskan tidak melakukan lompatan atas kebijakannya sendiri. Namun jika mereka gagal melompat tiga kali berturut-turut maka akan dieliminasi. Setelah ketinggian tertentu diselesaikan, pembatas dinaikkan menjadi lebih tinggi lagi.


Rekor untuk Cabang ini adalah :

WR6.14 m-
Sergey Bubka
(1994)
OR5.96 m-
Steven Hooker
(2008)



Denaihati

Share this article :

7 comments:

  1. logo google kali ini memang sangat unik,, semoga jenis olahrga lompat galah bisa lebih di eksis kan kembali...

    BalasHapus
  2. makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,

    BalasHapus
  3. para atlit lompat galah saya sangat takjub...bisa melompat dengan indahnya...

    BalasHapus
  4. iya nih tiap hari psti beda" logonya

    BalasHapus
  5. pokonya tiap hari psti logonya yg ada di olimpiade

    BalasHapus
  6. iya gan logo nya ganti-ganti setiap hari tp topik tetap seputar olimpiade. bahkan youtube nyiarkan langsung olimpiade

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger