Home » , , , » KONTROVERSI FILM KIAMAT 2012

KONTROVERSI FILM KIAMAT 2012

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, November 17, 2009 | 11/17/2009

2012
Masalah kiamat sudah menjadi perbincangan sejak lama. Diawali dengan munculnya ramalan kiamat oleh suku Maya. Bahwa, kiamat akan terjadi pada tahun 2012.

Isu ini makin heboh dengan dirilisnya film layar lebar berjudul 2012, yang sudah diputar serentak di beberapa bioskop.

Kecanggihan efek khusus dalam film bertema hari kiamat membuat bulu kuduk berdiri. Atmosfer itulah yang bisa Anda rasakan saat menonton film 2012. Film ini menyuguhkan dahsyatnya kiamat pada 12 Desember 2012. Film berdurasi 158 menit ini mampu meraih keuntungan US$65 juta selama 3 hari penayangannya di seluruh biokop di Amerika Serikat.

Dikisahkan, Warga dunia panik saat ramalan suku Indian Maya Inca Peru tentang kiamat menjadi kenyataan. Patung Kristus Sang Penebus yang berdiri kokoh di Rio de Janeiro, Brasil, hancur berkeping-keping. Hujan meteor berbola api disusul gempa mengguncang hebat. Yang tak kalah menggetarkan, Basilika Gereja Santo Petrus di Vatikan, runtuh.

Kita akan terpana menyaksikan kapal perang USS John F Kennedy tak berdaya diamuk badai dan akhirnya karam. Dalam film beranggaran US$ 200 juta ini, sutradara Roland Emmerich memasang sejumlah nama yang tak asing lagi di dunia sinema. Seperti John Cusack, Amanda Peet, Danny Glover, Oliver Platt, dan Woody Harelson

Hasilnya,... film ini menuai banyak kontroversi :
Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta Amien Abdullah kepada INILAH.COM, Jakarta, Senin kemarin mengatakan bahwa, hal ini lebih bahaya dari Miyabi .Menurutnya, film 2012 yang kini sudah diputar di Indonesia itu merupakan film sensasional yang sudah menyentuh wilayah agama dan kepercayaan. Seharusnya, sebelum film itu diputar LSF (Lembaga Sensor Film) mengadakan debat publik terlebih dahulu soal film itu sebelum memberikan sertifikasi lulus sensor.

Sebab, sambungnya, peradaban bangsa Indonesia masih tergolong rendah yang mudah percaya dengan sesuatu yang sensasional. Karena film itu kini sudah diputar, LSF perlu melakukan sensor terhadap efek yang dihasilkan film itu agar tidak membuat masyarakat semakin resah.

Meski berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat, Guru Besar Filsafat Agama itu berpendapat film 2012 tidak perlu dilarang peredarannya.

Mustafa salah seorang anggota FPI pada kesempatan terpisah menyatakan,"Film 2012 nampaknya bisa menghipnotis semua orang yang menonton bahwa kiamat memang nyata akan terjadi pada saat itu. Percaya dengan film itu sama saja dengan musyrik. Jangan sampai setelah nonton film ini membuat aktivitas dan kinerja pemerintah jadi menurun. Mentang-mentang 2012 mau kiamat, jadi malas-malasan menyelesaikan tugasnya sebagai wakil rakyat. Padahal pemerintahan baru akan berakhir pada 2014,"

KH. ABDUSSOMAD BUCHORI Ketua MUI Jawa Timur, menyatakan bahwa meskipun hanya berupa film fiksi ilmiah, kekuatannya mampu untuk membentuk opini publik. Jika opini ini sudah diyakini tanpa didasari Al Qur’an yang menjadi pegangan bagi umat Muslim,maka ini jelas akan merusak akidah.

Film ini juga telah menimbulkan banyak korban dikalangan siswa saya yang baru nonton, maksudnya korban 'tobat seketika', tapi menurut mereka,..... ada juga yang tobatnya hanya kayak lagu ST12 aja, tobatnya hanya 1 jam saja.

Di Amerika, isu kiamat juga sudah santer. Karena isu itu pula, para ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan halaman di situs resminya yang membantah mitos-mitos seputar peristiwa itu. “Tak ada suatu hal yang buruk terjadi di bumi pada 2012,” demikian keterangan resmi NASA.



Namun di balik semua itu. Kontroversi ini hanya membuat film ini semakin laris...... karena semakin banyak saja yang kepingin nonton.....

~~~ooo000ooo~~~

Dalam agama Islam , dikenal adanya dua kiamat. Yaitu, Kiamat Sughro dan Kiamat Kubro.

Kiamat Sughro, yaitu ketika ada suatu masa dimana terjadi penzaliman besar-besaran terhadap kebenaran.

Kiamat Sughro atau kiamat kecil terjadi ketika orang-orang bodoh dan lalim menjadi penguasa, dimana terjadi penzaliman besar-besaran terhadap kebenaran dan ketika orang-orang pandai dan para ilmuwan sudah menjual kebenaran untuk kenikmatan dunia.

Kiamat Sughro terjadi ketika orang-orang yang lemah dan tertindas, tak ada lagi yang membela. Dan, kiamat kecil terjadi ketika orang-orang yang teraniaya sudah tidak tahu lagi kemana harus mengadu. Di situlah terjadi kiamat kecil, di mana Tuhan akan memberikan adzab. (kalau kita bersama merenungkan situasi sekarang ini,....... apakah hal ini sudah terjadi?)

Sementara, Kiamat Kubro adalah Kiamat Besar dimana Malaikat Isrofil meniup sangkakala.

Jadi, kapan kiamat tiba? Tidak penting kapan tiba.yang penting mari kita mempersiapkan diri untuk itu. Asal, masih ada harapan akan keadilan, kebenaran dan ketakwaan terhadap Tuhan.

Share this article :

56 comments:

  1. Kiamat itu kan hanya Tuhan yang tahu, jadi tak mungkin kalo manusia bisa memprediksikan. Itu adalah rahasia terbesar dariNya, dan manusia tak perlu meresahkannya. Enak aja dong kalo kita udah tahu kapan kiamat, kita bisa berbuat dosa seenaknya, ntar awal tahun 2012 baru bertobat, lalu kita pasti masuk surga. Justru yg namanya kiamat itu datangnya pd saat yg kita tak pernah menduga. Bisa saja detik berikutnya kita menghembuskan napas terakhir, dan itulah yg namanya kiamat bagi kita.

    Film itu sendiri layak ditonton hanya karena penggarapan yg artistik dari Hollywood. 2012 hanya sebuah hiburan, tak lebih tak kurang

    BalasHapus
  2. Bagi kita sebagai umat beriman tidak perlu risau dengan isu kiamat 2012,tidak perlu menunggu 2012 untuk menunggu kiamat bila kita takut dengan kematian kita ingat detik ini apakah esok kita masih ada didunia ini ? jadi persiapkanlah amal ibadah kita dari sekarang...

    BalasHapus
  3. kiamat pasti datang..dan hanya Allah lah Dzat Yang Maha Tahu tepat waktu kedatangannya. 2012 tigataunlagi ya?

    BalasHapus
  4. Kiamat Sughro ? kayak2nya sudah terjadi ya pak. Untuk kiamat Kubro, saya setuju dengan pak Iwan...tak usah dirisaukan kapan datangnya, yang terpenting bagaimana kita mempersiapkan diri dengan bekal yang cukup

    BalasHapus
  5. Postingan mantap bang. Dibalik kontroversi tersebut, kita ambil hikmahnya saja, ya kan bang.

    BalasHapus
  6. Saya termasuk yang tidak percaya kiamat 2012. Mari jaga aqidah kita, semoga tetap salimul aqidah.

    BalasHapus
  7. sebentar...
    udah pada nonton filmnya belum..??

    yang jadi permasalah disini, apa benar 2012 itu menggambarkan kiamat??

    dan jawabannya ada di dalam film itu sendiri. "masih ada orang yang hidup selepas dari bencana besar itu"..

    jadi, apa iya kita sebut itu kiamat..

    lagi pula, beberapa versi punya skenario kiamat sendiri, baik dari segi agama, planet nirbiru, hingga dari bumi itu sendiri.. dan difilm ini, semua hal itu tidak dituang, sehingga, tidak pantaslah jika film 2012 disebut film kiamat (besar)....

    BalasHapus
  8. kalau kiamat, matinya rame rame kok, yg punya utang yg punya duit, hilang smua wkwkwk...


    jadi sensasional, untung pada bioskop sama yg punya filem ya bang

    BalasHapus
  9. itulah pak... US (yang mengaku modern) mengangkat ramalan suku maya... dan kita semua tergila2 :))

    BalasHapus
  10. Dah gregetan pengen nonton kang..
    tapi fully book terus...

    BalasHapus
  11. Ambil yang baik ...tinggalkan yang buruk
    nice post bang

    BalasHapus
  12. jadi lebih penasaran sama tu film :(
    btw kita nggak perlu takut dengan kiamat coz hidup mati ada di tangan allah n semua uda di tulis dalam suratan takdir, cukup jalani hidup seperti biasa sajah n bnyk2 amal tanpa takut 2012.

    BalasHapus
  13. 2012???????
    akankah benar adanya seperti suku maya?
    allahhualam kang
    saya juga gak tahu itu..
    ntar aku liat filmnya dulu yah,, masih ngantreee nih
    hehehe

    BalasHapus
  14. Segala sesuatu ada hikmahnya,
    dengan film ini bisa jadi kita mengingatkan diri sendiri bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini, dunia juga ada ujungnya, begitu juga dengan umur kita.
    Jadi sudah waktunya kita meluruskan diri untuk selalu Taqwa dan ikhlas dalam menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

    BalasHapus
  15. hmm... kiamat itu ga akan ada yang tau kapan terjadinya... hanya Tuhan yang tau... kita sebagai manusia mending jalani aja kehidupan dengan baiklah... tapi kalo film itu bisa buat tobat bagus juga kali yaahh,,, hehe... :D

    BalasHapus
  16. Belum lagi menonton filem ini..kalau dapat membuat seseorang insaf dari melakukan kejahatan..terbukti filem ini cukup bagus sekali.

    BalasHapus
  17. gada yang bisa meramalkan kapan kiamat itu hadir..
    mau orang sepinter apapun. mau dikumpulin dukun2 kek., percuma,,

    tapi bagus jg sh,, jadikan semua nya langsung tobat hehehehehhe..

    BalasHapus
  18. waduh soal 2012 lagi... baca ulasannya jadi kepengen segera nonton film itu nih bang... tapi kok ya penuh terus... betapa dahsyatnya histeria yang diciptakan oleh film itu... tapi apapun yang terjadi itu hanyalah sebuah film yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur... kalau kita terus sadar bahwa kiamat itu memang ada dan mau memperbaiki segala tingkah laku kita menjadi lebih baik, tentu ini sebuah efek yang sangat bagus... asal ya itu tadi jangan 1 jam saja...

    BalasHapus
  19. betuuulll.... ga penting kapan tibanya, yang penting siap nggak nya hehe...

    BalasHapus
  20. Moga aja film ini bisa memperbaiki perilaku manusia yang lalim dan lupa akan Kuasa_nya.

    BalasHapus
  21. aq udah punya bukunya dan udah baca semuanya...... sekarang mau nonton filmnya, tapi sayang kemaren pas mau nonton ternyata tiket dalam sehari langsung ludes..... padahal masih jam 10 pagi ntu..... busyet dah...

    memang siy kiamat itu pasti ada apalagi global warming yang semakin menjadi-jadi, aq udah baca buku tentang 2012 ntu..... :D tapi masih penasaran sama efek filmnya....

    BalasHapus
  22. semoga perbincangan hari kiamat yang sedang hangat, memberi dampak positif bagi kita semua. aku sangat heran ketika banyak orang heboh dengan sebuah ramalan. yang sejatinya itu adalah rahasia Allah..

    BalasHapus
  23. Tidak ada seorang pun yg tahu kapan tibanay hari kiamat.

    hanya Allah yg tahu...

    * aku blm nonton mas,pengen bgt...semalam coba liat di youtube sekilas ternyata efeknay luar biasa y pembuatan film ini.

    kayanya harus nonton deh mas

    BalasHapus
  24. Film mrupakan salah satu wadah menuangan ide, da khayalan. saya malah pengen banget nontonnya

    BalasHapus
  25. Benar bang..film ini selalu jd pembicaraan hangat..namun menurut saya yg punya film 2012 ini pasti senang, krn semakin jd kontroversi, maka makin ramai yg ingin menonton di akibatan rasa penasaran...

    BalasHapus
  26. haiyaahhh....
    plis dehhh... this is just a movie!!!
    klo ada org yg merasa 2012 akan kiamat ya mrk itu org2 bodo aja!!!!
    sori, terlalu emosi, krn diriku ini senang ntn utk menyenangkan hati aja bukannya buat jadi takut yg gk penting kek gini
    gak perlulah diomongin film spt ini buat org2 intelektual disana, mendingan urusin negara aja

    kiamat? hanya Tuhan yang tahu

    BalasHapus
  27. ghaswul fikri yang benar-benar gencar, memang itu berdasarkan penanggalan suku maya yang sudah lama punah, tetapi bukankah kita telah meyakini tanda-tanda hari kiamat itu apa sungguh ilmu Allah amatlah luas tak berbatas tiada sebanding ilmu kita dengan Ilmu Nya

    BalasHapus
  28. ramalana tentang kiamat yang akan datang pada 21 desember 2012 memang sedang hangat2nya dibicarakan dimedia cetak dan elektronik
    bahkan film tentang kiamat 2012 pun sudah ditayangkan diseluruh dunian,bahkan di indonesiapun sudah ditayangkan...

    percaya pada hari kiamat memang telah tertulis dalam rukun iman
    tapi kita yang hanya manusia biasa tidak akan pernah tau apan hari iamat itu akan datang...
    entah itu hari ini, esok atau kapan pun.
    jika Allah telah berkehendak.
    maka terjadilah... "kunfayakun"

    kita sebagai umat yang beragama tentunya jangan mudah percaya dengan hal2 semacam ini
    semoga saja isu ini bisa hilang dengan sendirinya.


    Iklan

    BalasHapus
  29. sayah masih meyakini bahwa kiamat itu sesuatu yg tidak dapat ditebak kapan terjadi. dan sampe skarang saya lom nonton ntu pelem. Mudah2an setelah sy nonton tetap masih percaya sm yg sy bilang diatas.
    Kalopun benar2 terjadi,,, 2012 yak? mudah2an sayah sudah menikah, hahhaha... *ngaco

    BalasHapus
  30. Filmx bisa ngerusak aqidah ummat... hnya Allah yg mengetahui kpn waktunya tiba, dan Rasul tlh mengabarkn waktunya tlh dkt..., yg patut dipertanyakn, persiapan kita, bekal kita sdh ckp/ blm?

    BalasHapus
  31. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    BalasHapus
  32. Semakin heboh semakin banyak yang ingin nonton

    BalasHapus
  33. KIAMAT SEDANG TERJADI MENIMPA DADA ANAK NEGERI

    BalasHapus
  34. sayang seribu sayang manusia tidak menyadarinya..

    BalasHapus
  35. Subhanallah, kita jalani saja hidup ini, ada sebuah hadits yang bisa menuntun kita semua: "Bekerjalah untuk duniamu seolah-olah kamu hidup selama-lamanya dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan kamu akan mati besok." (Al Hadits)

    BalasHapus
  36. yang laen pada pengen banget nonton 2012, saya malah pengen nonton emak ingin naik haji :D

    pa kabar Bang? :D

    BalasHapus
  37. nggak ada yang tahu kapan kiamat bakal dateng. tapi nggak ada salahnya juga nonton fim ini. cuma sekedar memenuhi rasa ingin tahu...

    BalasHapus
  38. Ah.. seharusnya para pejabat lembaga sensor film tidak terlalu kawatir.. Film itu dibuat kan dari kaca mata Holywood, fiksi belaka, walau terlihat nyata.

    Kiamat sudah digosipkan dari tahun 1999..
    Belum ada yang bisa menebak isi hati Tuhan, sebagai manusia yang nyawa cuma "pinjaman" musti bersiap-siap dan pasrah "ditagih" sewaktu-waktu...!

    Betul ga Mas?
    ;)

    BalasHapus
  39. Tidak ada yang bisa tau kpn datangnya hari kiamat selain Allah.SWT sebaiknya kita lbh mendekatkan diri kepadaNYA,Amieen.

    BalasHapus
  40. Kayaknya pada berlebihan deh...
    Ini kan hanya sebuah karya seni semata...
    Soal bener atw tidak kalo kiamat akan terjadi di tahun 2012, itu hanya urusan Tuhan.
    Jadi gak porlu dipermasalahin deh.

    BalasHapus
  41. Sudah beberapa kali isu kiamat jadi perdebatan. Semoga saja bisa mengingatkan kita utk senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut saat itu datang.
    Nice post..

    BalasHapus
  42. menurut saya allah lah yang menentukan kiamat mau besok ke atau kapan pun kita pun tidak mengetahuinya....

    BalasHapus
  43. salam kenal bwt semuanya...

    kita ambil positifnya saja,smoga dg film itu semakin menambah keimanan kita

    BalasHapus
  44. masih ingatkan dlu tanggal 9 9 1999 ada isu kiamat samapai ada negara aq lupa namanya ada bunuh diri masal, nyatanya sampai sekarang g terjadi apa2. kiamat hanya Allah yg tahu

    BalasHapus
  45. kalo menurut diriku kok terlalu damatis walo haus diakui efeknya bagus
    selalu sper heronya itu lho
    terus dikejar gempa naik mobil selamet
    dasar amerikah

    BalasHapus
  46. Rasanya sih...terlalu dibesar2kan kontroversi ini...
    lagi pula, penonton di Indonesia sudah pada pinter2 kok..jd mereka bisa tdk terpengaruhi thd kontroversi yg mengatakan 2012 akan terjadi kiamat. Jd gak perlu ada penarikan film 2012 itu.

    Kalau dilihat filmnya...yaah..spt film2 amerika lainnya yg sejenis..spt Armaggeddon, The Day After Tommorow atau Asteroid... yg mengisahkan kehancuran bumi...
    efek animasinya gak jauh beda...

    dr segi cerita biasa, dr segi efek/animasinya luar biasa...
    biasalah..amerika...

    udah nonton Bang?
    tiketnya ngantri lho... ;)

    BalasHapus
  47. itu semua kan pinternya sales marketing film ini buat apa diributin sama aja kayak film hollywood lainya, yang percaya isi film ini bodoh toh di akhir ceritanya masih ada manusia yang hidup apa ini disebut kiamat rugi deh kalau difatwakan haram mending fatwakan haram film2 yang mengandung unsur porno dan sara

    BalasHapus
  48. aku tak berminat nonton tuh deng...gak bermutu menurutku...gak mendidik..

    mending nonton emak ingin naik haji...jauh lebih bagus...

    BalasHapus
  49. ADA YANG PUNYA FILM 2012 GA? MOHON LINK DOWNLOAD NYA DONG YG GRATIS AJA...MAKASIH...BUAT BANG SETYAWAN....WAH BIKIN SAIA TAMBAH PENASARAN AJA PENGEN NONTON TUH FILM HEHE MET MLM BANG

    BalasHapus
  50. Kalo menurut saya sih mas, gak perlu dibuat kontroversi, masyarakat kita jauh lebih cerdas ketimbang menilai sesuatu dengan pandangan sederhana..
    Ini Film canggih habis
    mungkin lebih baik melihatnya dari sudut pandang art nya..

    BalasHapus
  51. gk ada meteor deh perasaan. TS nya nonton gk seh ?????

    BalasHapus
  52. Aku juga buat postingan tentang Film ini lho mas,
    he..he kok sama ya..

    http://ayulaksmi.blogspot.com/2009/11/film-2012-penuh-kontroversi-namun.html

    BalasHapus
  53. KIamat 2012??? kapan aja bisa, .... Jangankan 2012, saat sekarang belum apa2, beberapa detik yang akan datang kiamat pun sangat mungkin,baca&maknai (QS:36:82).Selain itu cermati juga(QS: 36 : 82), (QS. Adz-dzariyyat: 5-6). (QS : 6 : 158).(QS :21 : 96-97). (QS:22:1, 7), ,. Wallahu a'lam bi shawab....
    Ada kesalahan semata karena kenistaan saya, ada benarnya semata dari ALLah SWT,,

    BalasHapus
  54. Untuk spesial efeknya memang jor joran banget mas. tapi untuk cerita dan adegannya gak beda dengan produksi hollywood lainnya. Selalu memposisikan Amerika is number one

    BalasHapus
  55. ah aq mah emang hobi nonton pilem kayak gini, masalah kiamat itu urusan Allah, sekarang atau besok itu kan sudah ditakdirkan. Nah sebagai manusia yang berakal kewajiban kita untuk bertahan hidup, bagaimana caranya? gunakan akal. aku rasa Allah tidak melarang manusia mempelajari langit dan bumi. Dari situlah sebagai manusia yg berakal harusnya bisa membaca tanda2 bencana dan mengantisipasinya bukan hny sekedar percaya mutlak pada ramalan.

    BalasHapus
  56. Setelah menonton film ini, saya melihat film 2012 itu Tidak berpesan tentang KIAMAT, tapi menekankan sebuah fenomena kejadian luar biasa (bencana besar). Dasarnya adalah The Mayan Calender. The Mayan calender juga tidak menyatakan 21 Des. 2012 akan terjadi kiamat, tapi dikatakan KEMUNGKINAN akan terjadi suatu luar bisa yang menimpa umat manusia: bisa bencana alam besar, dll. Jangan cepat mengklaim 2012 itu sebagai film hari kiamat. Saya tidak menemukan sepatah kata pun yang mengindikasikan ini Flm tentang hari Kiamat. Saya pribadi tidak terpengaruh sama sekali dengan Film. Tidak menganggu pekerjaan saya, amal ibadah saya. semua baik-baik saja. Sebaiknya orang-orang di MUI nonton saja dulu.

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger