Home » , , » Pasukan Kapiten | Berani Karena Benar

Pasukan Kapiten | Berani Karena Benar

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, November 13, 2012 | 11/13/2012

Para Kritikus film menganggap bahwa Mati surinya perfilman di Tanah Air selain kurang didukung Pemerintah juga karena banyak film Indonesia kurang bobot. Ekspektasi penonton terhadap film nasional sudah tinggi alias bukan sekadar tontonan hiburan semata. Pesan-pesan edukatif dibutuhkan untuk memberi bobot mutu film Indonesia.

Setelah peluncuran film Langki ke-7, Lewat film Pasukan Kapiten, Cinema Delapan dan sutradara muda Rudi Sujarwo berniat memberikan tontonan sarat pesan moral. Dari sisi bisnis, diakui investasi di industri Film Indonesia masih tergolong high risk. 

Minimnya distribusi dan kecilnya jumlah bioskop tak sebanding jumlah penduduk kita. Apalagi Pemerintah kurang memperhatikan dan mendukung industri ini. “Kami rasakan pajak untuk industri ini terlalu besar, ijin lokasi sulit, infrastruktur kurang memadai, dan mendapat perlakuan berbeda dibanding film luar,” ungkap Alfani Wiryawan, produser Cinema Delapan, rumah produksi produsen Pasukan Kapiten. Namun demikian film Indonesia harus tetap ada. 

Untuk itulah Pasukan Kapiten dibuat, agar target market anak-anak usia 8-10 tahun yang haus tontonan bermutu bisa terpenuhi. Dengan menggandeng sineas berbakat Rudi Sujarwo kemungkinan pertengahan Agustus 2012 ini film bakal dirilis. Investasi produksi film ini mencapai Rp 4-5 miliar. 

Film diangkat tak jauh dari kisah kehidupan sehari-hari bercerita bagaimana bullying atau penindasan selalu dialami di usia-usia kanak-kanak. “Banyak anak mengalami dilema. Ia sering jadi korban bullying oleh anak-anak usia di atasnya atau malah dari orang tuanya sendiri,” ujar Rudi Sujarwo. 

Film memadukan karakter anak usia 8-10 tahun dengan usia 70-an tahun sebagai tokoh utama dan sarat pesan-pesan moral. Sasaran jadi bukan hanya anak-anak saja tetapi juga segmen Opa-Oma yang umurnya 60 hingga 70-an tahun. “Berani karena benar,:” merupakan tagline sekaligus pesan kunci edukatif pada film ini untuk menghadang bentuk penindasan bullying yang tercela tadi. 

Selain mengangkat ciri atau karakter anak yang dimuliakan juga terkandung ajakan agar anak bersikap hormat ke yang lebih tua; termasuk menghargai orang tua. 

Tema yang sederhana tapi berpotensi jika digarap apik oleh sang sineas. Terlebih, sungguh menarik melihat akting para pendatang baru seperti Cahya R Saputra, Adrina Puteri Syarira, Bintang Panglima dan Omara N Esteghlal. Film ini sekaligus merupakan debut karir mereka berakting di perfilman layar lebar nasional.


Sinopsis Film Pasukan Kapiten

'Pasukan Kapiten' adalah sebuah Film hiburan bagi keluarga yang penuh dengan pesan moral tentang persahabatan, keberanian, kekeluargaan, serta mengajarkan anak-anak untuk 'Berani karena benar' melawan kekerasan

Film ini berbicara tentang kisah Yuma (9 thn) dan teman-temannya yang sering mendapat gangguan ataupun ancaman(bulying) dari Omar (10 thn), pemimpin 'geng' anak di lingkungan perumahan mereka.

Suatu hari, layangan Omar dan Yuma yang putus jatuh ke dalam sebuah rumah angker, kejadian inilah yang merubah segala sesuatunya. Apa yang selama ini dikira rumah angker oleh anak-anak di perumahan tersebut ternyata dihuni oleh seorang pria, Kakek Sudirman. Maka Yuma berkenalan dengan kakek tersebut, dan barulah diketahui bahwa kakek adalah seorang veteran perang yang mempunyai pengalaman bertempur membela kemerdekaan Indonesia.

Yuma menjelaskan kenapa Ia diam-diam masuk kerumah kakek, karena ia diancam oleh Omar dan gengnya untuk mengambil layangan mereka yang jatuh dihalaman rumah kakek. Iapun menjelaskan sikap Omar yang sering mengancam anak-anak di lingkungan tersebut.

Kakek Sudirman lantas mengajarkan arti keberanian serta ketangguhan kepada Yuma. Kakekpun mendidik Yuma agar menjadi seorang anak yang pemberani, tangguh, dan pintar menyusun strategi untuk melawan Omar dan gengnya. 

Merasa sudah cukup menjadi korban Omar, Yuma bersama sahabatnya Saleh dan Asti bertekad melawan Omar dan Gengnya, dengan pelajaran strategi dari Kakek Sudirman. Yuma dan sahabat-sahabatnya ingin memberikan pelajaran bagi Omar dan gengnya sehingga mereka jera atas ulah mereka selama ini.

Sisi lain Kakek Sudirman yang tidak diketahui para tetangga adalah ia seorang veteran yang tinggal sebatang kara, tidak pernah bersosialisasi dengan tetangganya. Ia mempunyai seorang anak laki-laki, Widodo, yang telah memutuskan hubungan dengannya.

Persahabatannya dengan Yuma dan kawan-kawannya memberikan kakek semangat hidup kembali. Bukan hanya anak-anak yang mendapatkan pelajaran mengenai keberanian  


Trailer Film Pasukan Kapiten

Trailer Film Pasukan Kapiten
Denaihati
Share this article :

32 comments:

  1. Film-film seperti ini asli buatan Indonesia yang seharusnya banyak diproduksi karena banyak pelajaran yang tersirat dari sinopsis film tersebut bang Iwan

    BalasHapus
  2. film yang tidak sekedar hanya hiburan saja. banyak pelajaran dan pesan moral, semoga lebih banyak film2 seperti ini.

    BalasHapus
  3. sipph.. seharusnya film kayak gini.. bukan film esek-esek..

    BalasHapus
  4. Sbaiknya film Indonesia Lebih sering di produksi Lagi tetapi yang memiliki pesan moral agar orang Indonesia sadar akan kejayaan bangsa Indonesia di bidang perfilman dan tidak tersihir oleh film hollywood. Salam pak. Andi Himawan XII.IA.2 2011/2012

    BalasHapus
  5. informasi yang disajikan agan emang TOP BGT lah.. kena banget ama makna nya. Ane yakin blog ini pasti bakalan jadi media yang memberi inspirasi buat para blogger lainnya. nice dan exellent 4 ur postings

    BalasHapus
  6. Maju terus perfilman Indonesia jadilah tuan rumah di negeri SEndiri

    BalasHapus
  7. film seperti ini seharusnya mendapatkan perhatian khusus , sehingga anak2 Indonesia bisa memiliki karakter yg kuat :":)

    BalasHapus
  8. baca sinopsinya aja kaynya dah seru nih

    BalasHapus
  9. film indonesia seperti ini harus banyak di kembangkn

    BalasHapus
  10. Film Indonesia harus seperti ini. . .

    Kayanya seru nich filmnya..

    BalasHapus
  11. pendidikan moral harus dibangun sejak dini, agar tercipta jiwa kejujuran dan tanggungjawab dalam diri sang pembangun negara, agar negara ini lebih baik kedepannya,,

    BalasHapus
  12. nah, ini baru film yg bermutu...

    BalasHapus
  13. banyak film baru yaa sekarang"...

    BalasHapus
  14. sukses selalu Film Indonesia..................

    BalasHapus
  15. Semoga pesan moral yang terdapat didalamnya bisa dimengerti oleh penontonnya............

    BalasHapus
  16. film yg mendidik ni..
    makasih info nya gan:)

    BalasHapus
  17. ini film yang keren banget gan , thank infonya.......

    BalasHapus
  18. widih .. filmnya sungguh menarik ...

    BalasHapus
  19. Film yang seperti ini yang ditunggu dan dibutuhkan anak-anak Indonesia

    BalasHapus
  20. Saya tunggu yah artikel yang menarik lainnya..
    _oiya bila bias jarak antara artikel yang satu dan lainnya jangan terlalu jauh agar kami tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati artikel selanjutnya.
    :D

    BalasHapus
  21. thanks sudah sharing sinopsisnya kawan..

    BalasHapus
  22. keren nih kalo film indonesia mendidik begini. jangan horor terus yang di produksi ..

    BalasHapus
  23. biar anak anak indonesia melihatnya dan mencontohnya gan thanks atas infonya sangat bermanfaat sekali thanks .......!

    BalasHapus
  24. Perlu banyak di produksi film kaya begini, banyak hikmah yang bisa di pertik di dalamnya...

    BalasHapus
  25. serius dari pada film2 cinta yang sudah bosan di tonton,,lebih baik film anak=anak karena ini yang d tunggu

    BalasHapus
  26. kira kira sudah ada enggak mengenai film pasukan kapiten di internet?

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAATNYA REKENING ANDA BERTAMBAH SECARA OTOMATIS

  1. Terpercaya, baru beberapa hari launching http://goo.gl/q9UZSR sudah mampu membayar membernya hingga jutaan rupiah
  2. Stop frustasi, saatnya jalanin http://goo.gl/q9UZSR kerja online dengan hasil pasti dan bisa dipantau perkembangan komisi setiap detiknya
  3. Bisnis online paling aman dan paling asyikkkk, iya disini http://goo.gl/q9UZSR
  4. Hanya di http://goo.gl/q9UZSR kita akan dibayar hanya dengan mendatangkan pengunjung meski tidak upgrade
  5. Ambil langkah tepat sekarang untuk mewujudkan kebebasan finansial Anda di http://goo.gl/q9UZSR
  6. Jika saat ini Anda masih belum menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu rupiah dari internet, saatnya bergabung bersama kami secara gratis di http://goo.gl/q9UZSR
  7. Anda memiliki potensi untuk meraih puluhan juta rupiah dari internet, klik http://goo.gl/q9UZSR untuk bergabung bersama ribuan member kami

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROTIK | METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger