Home » , , » Refleksi Hari Pahlawan 10 Nopember 1945

Refleksi Hari Pahlawan 10 Nopember 1945

Written By FATAMORGANA on Sabtu, November 10, 2012 | 11/10/2012

HARI PAHLAWANHari ini , tepat 67 tahun yang lalu Pada 10 November pagi, tentara Inggris melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30.000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan sejumlah besar kapal perang.

Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk.

Pihak Inggris menduga bahwa perlawanan rakyat Indonesia di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo 3 hari saja, dengan mengerahkan persenjataan modern yang lengkap, termasuk pesawat terbang, kapal perang, tank, dan kendaraan lapis baja yang cukup banyak.

Namun di luar dugaan, ternyata para tokoh-tokoh masyarakat yang terdiri dari kalangan ulama' serta kyai-kyai pondok Jawa seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah serta kyai-kyai pesantren lainnya mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat umum (pada waktu itu masyarakat tidak begitu patuh kepada pemerintahan tetapi mereka lebih patuh dan taat kepada para kyai) juga ada pelopor muda seperti Bung Tomo dan lainnya. Sehingga perlawanan itu bisa bertahan lama, berlangsung dari hari ke hari, dan dari minggu ke minggu lainnya.

Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran besar-besaran ini memakan waktu sampai sebulan, sebelum seluruh kota jatuh di tangan pihak Inggris.

Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu juga telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Hari pahlawan merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dari diorama perjuangan bangsa yang diawali dengan sumpah pemuda (28 Oktober), Kebangkitan nasional (20 Mei), sampai puncaknya kemerdekaan (17 agustus). Kita harus mampu memahaminya dalam satu tarikan nafas.

Peringatan peristiwa sejarah dimaksudkan untuk memperbarui semangat kebangsaan kita sebagai warga negara. Peristiwa-peristiwa tersebut memiliki makna yang sangat dalam tentang semangat perjuangan yang dilakukan para pejuang tempo dulu dalam menghadapi dan menghalau para penjajah Belanda dari bumi nusantara.

Semangat heroik para pahlawan itu menjadi patokan nilai bagi generasi sekarang dan masa mendatang dalam mengisi kemerdekaan. Perjuangan melepaskan diri dari belenggu penjajahan merupakan perjuangan yang sangat berat, namun perjuangan mengisi kemerdekaan lebih berat lagi.

Tantangan yang dihadapi generasi saat ini lebih kompleks dengan musuh yang tidak lagi kasat mata seperti penjajah pada masa kemerdekaan dulu. Sekarang kita dituntut mampu melepaskan diri dari penjajahan kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.

Hari pahlawan menjadi momen tepat untuk memperkuat kembali jiwa kerelaan berjuang dan berkorban demi kepentingan bangsa. Semangat berkorban ini bagi generasi yang lahir paska kemerdekaan dan tidak merasakan perjuangan fisik telah mulai terkikis. Jiwa berkorban yang dulu begitu besar dimiliki para pejuang sekarang hilang diganti oleh jiwa rakus, aji mumpung, dan mental korup.

Hal inilah yang perlu direnungkan generasi penerus bangsa untuk tidak melupakan Sejarah Perjuangan Bangsa, karena ada peribahasa: Kalau ingin menghancurkan suatu bangsa, hancurkanlah sejarahnya (Milan Kundera, Ilmuwan Chekoslowakia). Kenyataannya dewasa ini para generasi penerus banyak yang melupakan sejarah.

Terkotak-kotak! Tidak bisa membaur. Diskriminatif! Kulit putih mata sipit membuat lingkaran sendiri. Kulit sawo matang membuat lingkaran sendiri. Kulit hitam membuat lingkaran sendiri!. Berjuang demi kejayaan kelompoknya sendiri. Yang kaya menindas yang miskin. Naudzubillahi Mindzaliq...

Mari semua dengan semangat Hari Pahlawan ini kita bersatu padu dalam keragaman.

Mari kita teladani semangat juang arek-arek Suroboyo waktu itu!

Selamat Hari Pahlawan!


Denaihati
Share this article :

34 comments:

  1. Kita harus bersatu dan tidak ada jalan lain untuk lepas dari segala yang menjajah kita selain bersatu..,,
    walau penjajahan tanah air telah berhenti tapi jangan sampai secara ideologi kita terjajah, terutama para pemuda kita, dan kita yang masih muda...
    nice posting sob,,,

    BalasHapus
  2. Semangat Kepahlawanan Untuk Indonesia Sejahtera

    BalasHapus
  3. sekarang hari pahlawan ya...
    semangat melanjutkan kemerdekaan harus kian mantap

    BalasHapus
  4. memang informasi yang disajikan anda begitu luar biasa, saya sangat senang dapat memberi komentar disini dan menjelajah artikel demi artikel di blog ini. luar biasa itulah yang dapat saya katakan untuk web blog ini.. nice POST!!

    BalasHapus
  5. artikel yang menarik
    jangan sia" kan apa yg telah di lakukan para pahlawan negara kita :)

    BalasHapus
  6. semoga jasa dan kebaikan para pahlawan kita tetap kita kenang dan renungkan, semangat perjuangan yang tidak luntur walau nyawa di ujung kuku,,, ayo para pemuda berfikir besar dan lebih kreatif untuk menciptakan bangsa ini lebih maju dan disegani...

    BalasHapus
  7. semoga saja kita bisa lebih mengahrgai jasa semua para pahlawan dengan selalu membuat perubahan yang semakin baik..

    BalasHapus
  8. kita sebagai generasi muda harus berjuang menjadikan indonesia menjadi lebih baik dan menghargai para pahlawan kita.

    BalasHapus
  9. berkat jasa para pahlawan kita bisa merasaka kemerdakaan yang hakiki

    BalasHapus
  10. bangganya kita memiliki pahlawan yg gagah berani

    BalasHapus
  11. Dirgahayu Para Pahlawanku..............

    BalasHapus
  12. bagaimana upaya anda dalam menghargai jasa para phlawan...

    BalasHapus
  13. Andaikata saat ini bumi pertiwi kita dijajah akankan masyarakat dan pemerintah akanmelawan ?? atau malah sibuk kabur keluar negeri ya hehe..

    BalasHapus
  14. Selamat Hari Pahlawan (^,^)9

    Buat Para pemuda Indonesia. Mari belajar dari para Pahlawan Indonesia.

    @Salam Kenal

    [ Unimportant Notebook ]

    BalasHapus
  15. SelamaT Hari PahLawAn Bang..........

    BalasHapus
  16. Selamat hari Pahlawan Bang

    Salam Wisata

    BalasHapus
  17. Menginspirasi sekali. sayangnya banyak yang masih belum sadar akan semua itu bang.

    BalasHapus
  18. luar biasa sekali postingan demi postingan di blog ini, ane yakin blog ini dapat menjadi inspirasi bagi para blogger lainnya. Thank for all, nicepost..

    kehormatan ku indonesiaku
    kebanggaan ku pahlawanku

    justice or freedom

    BalasHapus
  19. MERDEKA< bagaimana jadinya jika saat itu saya sudah lahir.. :'(

    BalasHapus
  20. Terimakasih atas informasi yang disajikannya gan,semoga visitornya makin nambah dan terus bertambah tak lupa saya ucapkan selamat malem & selamat beristirahat.

    BalasHapus
  21. foto jadul zaman dahulu, ,, huphh , klo saya lihat foto yang kayak giniii suxa berpikir bagaimana orang2 itu ,, udahh mati maybe :(

    BalasHapus
  22. artikel menarik, mulai jadi pahlawan untuk diri sendiri.. amiin:)

    BalasHapus
  23. kebetulan saat hari pahlawan kemarin ada dikampus dandi peringati juga,,senangnya..

    BalasHapus
  24. untuk para pemuda teruslah semangat 45 gan.....

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger