Home » , , » Selma Lagerlöf - Penulis Terkenal Swedia di Logo Google Hari Ini

Selma Lagerlöf - Penulis Terkenal Swedia di Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, November 20, 2013 | 11/20/2013

















Selma Lagerlöf - adalah tokoh yang di apresiasi oleh Google hari ini untuk memperingati kelahirannya yang ke-155.

Selma Ottilia Lovisa Lagerlöf - lahir pada 20 November 1858 di Marbacka, Swedia pada 155 tahun lalu. seorang penulis buku anak-anak  kenamaan asal Swedia yang mendapatkan Nobel Sastra pada 1909. 

Ilustrasi logo google hari ini menggambarkan salah satu karya kenamaan Lagerlof, The Wonderful Adventures of Nils.

Dalam buku  The Wonderful Adventures of Nils, di ceritakan bahwa Nils Holgersson memiliki kebiasaan menyakiti binatang. Suatu hari, ia berhasil menjaring tomte, makhluk yang dalam tradisi Skandinavia suka menjaga rumah para petani dan menghalau nasib malang.
Selma Lagerlöf
Tomte tersebut membujuk Nils untuk membebaskannya. Ia berjanji akan menghadiahkan sekeping emas raksasa. Nils menolak, hingga sang tomte mengutuknya menjadi seukuran tomte yang mungil. Karena bentuk tubuh Nils tak lagi besar, ia kemudian menjadi sasaran  balas dendam para binatang yang pernah disakitinya.
Selma Lagerlöf
Kala keadaan genting, ada rombongan angsa liar yang terbang di angkasa atas rumah Nils. Seekor angsa di pertanian, berupaya mengikuti penerbangan mereka. Nils kemudian duduk di atas punggung angsa tadi, seperti yang tercitra dalam ilustrasi Google hari ini.
Selma Lagerlöf 
Karya ini hanyalah salah satu dari sekian buku yang disusun oleh Lagerlof. Kehebatannya kemudian diganjar dengan hadiah Nobel Kesusastraan pada 1909. Ia menjadi penulis Swedia pertama; sekaligus perempuan pertama yang berhasil menyabet penghargaan tersebut. Lagerlof memperoleh nobel tersebut “sebagai penghargaan atas tingginya idealisme, imajinasi dan persepsi spiritual yang menjadi ciri khas tulisan-tulisannya.” Dia adalah penulis Swedia pertama yang mendapatkan kehormatan tersebut.
Selma Lagerlöf 
Karya-karya Lagerlof tidak hanya dinikmati oleh rakyat Swedia semata. Buku-buku perempuan yang juga sempat bekerja sebagai guru sekolah tinggi di Landskrona ini sudah mendunia, diterjemahkan ke berbagai bahasa; termasuk Cina. Novelnya, Jerusalem pernah difilmkan pada 1996 oleh Bille August dengan bintang Ulf Friberg dan Maria Bonnevie.
Selma Lagerlöf  
Selma Lagerlöf meninggal akibat pendarahan otak pada 16 Maret 1940.



Denaihati
Share this article :

11 comments:

  1. Mohon maaf sebelumnya disini saya hanya ikut menyimak apa yang ada didalam informasi diatas, bermanfaat. terimakasih sukses semangat !!

    BalasHapus
  2. pasti menarik buku-buku yang ditulis penulis hebat ini, rasanya belum pernah baca buku kanak-kanak yang diltulis beliau.

    BalasHapus
  3. Selamat siang gan.. masih pada semangat gak niih. semangat terus okey!. nah gan ane cuma mau bilang makasih aja buat artikel ini, informasinya sangat bagus dan bermanfaat.
    Terimakasih ya gan :)

    BalasHapus
  4. JArang perhatikan google doodle akhir-akhir ini bang dalam minggu ini ada dua yang terlewat

    BalasHapus
  5. Selamat pagi. semoga hari anda selalu dipenuhi rasa bahagia,cinta dan kasih sayang.. Oke gan ane cuma mau bilang artikel ini sangat bagus dan bermanfaat sekali. makasih banget ya gan :)

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas informasinya . salam semangat yang paling semangat yah mas :) Selamat ulangtahun..

    BalasHapus
  7. ada game Naruto baru nih, bro di Indonesia, cek aja langsung di http://on.fb.me/17jt0Y5

    BalasHapus
  8. makasih mas info y berguna visit http://nuansa-musik.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Semangat pagi!!
    informasi ini sangat bagus gan , dan akan lebih bagus lagi jika agan terus posting informasi-informasi yang bermanfaat utnuk orang banyak seperti artikel ini.. Top dah gan buat ente.
    ane suka banget sama postingan agan ini

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger