Home » , , » Carlos Juan Finlay ; Ilmuwan Peneliti Demam Kuning di Logo Google Hari Ini

Carlos Juan Finlay ; Ilmuwan Peneliti Demam Kuning di Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, Desember 03, 2013 | 12/03/2013


Carlos Juan Finlay adalah Tokoh yang kali ini mendapat giliran diapresiasi oleh Google untuk memperingari hari kelahirannya yang ke-180.

Carlos Juan Finlay  lahir pada tanggal 3 Desember 1833 dengan nama Juan Carlos Finlay y Barres di Puerto Príncipe, Kuba. Beliau berdarah campuran Perancis dan Skotlandia.adalah seorang dokter dan ilmuwan Kuba yang diakui sebagai pelopor dalam penelitian penyakit demam kuning.

Pada tahun 1853, Finlay berkuliah di Jefferson Medical College di Philadelphia, Pennsylvania, dan lulus pada tahun 1855. Beliau lalu melanjutkan pendidikannya di Havana dan Paris, setelah itu ia menetap di Havana dan membuka praktek medis.

Penelitian Carlos Juan Finlay dimulai di tahun 1870-an, kemudian mulai diakui pada tahun 1900. Beliau merupakan orang pertama yang menyatakan bahwa nyamuk adalah pembawa organisme vektor yang menyebabkan demam kuning.

Menurutnya, nyamuk yang menggigit korban terinfeksi bisa menginfeksi orang yang sehat melalui gigitan.

Setahun kemudian, Finlay menemukan bahwa nyamuk dari genus Aedes adalah organisme yang menularkan demam kuning. Teorinya ini diikuti oleh rekomendasi untuk mengontrol populasi nyamuk sebagai cara untuk mengendalikan penyebaran penyakit tersebut.

Hipotesisnya ini kemudian dibuktikan hampir dua puluh tahun kemudian oleh Walter Reed pada tahun 1900. Finlay kemudian menjadi kepala petugas kesehatan di Kuba pada tahun 1902-1909.

Carlos Juan Finlay adalah anggota dari Havana’s Royal Academy of Medical, Physical and Natural Sciences. Beliau fasih berbahasa Perancis, Jerman, Spanyol, dan Inggris, dan bisa membaca aksara Latin. Ia juga menulis berbagai artikel mengenai kusta, kolera, gravitasi, dan penyakit tanaman, namun ketertarikan utamanya adalah mengenai demam kuning.

Atas teorinya mengenai demam kuning ini, Finlay dinobatkan sebanyak tujuh kali sebagai kandidat penerima Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran, namun tidak pernah memenangkannya. Beliau hanya menerima penghargaan Legion of Honour dari Perancis pada tahun 1908.

Carlos Juan Finlay wafat di rumahnya pada tanggal 3 Desember 1915 karena serangan stroke yang disebabkan oleh kejang otak parah. Beliau kemudian dimakamkan di Havana, Kuba.

 


Denaihati
Share this article :

32 comments:

  1. wow,,orang yang hidupnya sangat bermanfaat untuk orang lain jadi bisa diingat terus,,

    BalasHapus
  2. informasinya menarik sekali, Terimakasih Gan....

    BalasHapus
  3. Selamat siang kepada semua pembaca dan penulis khususnya. Saya tidak akan berkomentar banyak karena tidak ada yang perlu di komentari untuk artikel ini. apa yang mau di komentari coba? Artikel ini sangat bagus,bermanfaat dan penulisannya juga rapih,bahasa yang di gunakan juga mudah dimengerti. Ane do'ain deh sukses terus gan buat ente. 1000 jempol biat artikel agan yang satu ini

    BalasHapus
  4. sangat inspiratif,hidup untuk memberikan manfaat

    BalasHapus
  5. deman kuning ini sangat menakutkan di jaman dulu ya bang

    BalasHapus
  6. bagus infonya, maksih gan, sekarang sudah ada obatnya yah demam kuning?

    BalasHapus
  7. selamat siang, semoga aktivitas hari ini berjalan dengan lancar. Dan semoga hari-hari kita menjadi lebih baik dan semakin baik lagi.amiin Ditunggu terus postingan selanjutnya. Salam semangat yang paling semangat !!!

    BalasHapus
  8. Kapan ya ulang tahun saya tertempel di Logo Google hehehe.....

    BalasHapus
  9. Makasih Gan Bemanfaat Bnget Infonya....!!

    BalasHapus
  10. Informasi yang sangat manrik dan teirma kasih atas informasi yang sudah disampaikan salam sukses selalu aja gan !

    BalasHapus
  11. Apa bedanya demam kuning sama penyakit kuning kang ??? Salam kunjungan, ini informasi yang sangat insporatf kang ... betapa ide-ide artikel sampean ternyata selalu update sesuai dengan ikon google yg selalu bergonta-ganti sesuai event yang mereka peringati ... dan sangat menambah wawasan... terima kasih.

    BalasHapus
  12. jarang kita dengar demam kuning sekarang. yang pasti demam kuning dengan sakit kuning bayi amat berbeza sekali...

    BalasHapus
  13. Salut sama google selalu mengenang orang-orang yang berjasa baik dalam kehidupan kita.

    BalasHapus
  14. ini cerita di sebalik doodle kt google rupanya..
    beliau mmg sgt berjasa pd dnia

    BalasHapus
  15. Selamat pagi ! Semoga aktivitas kita dipagi ini lancar sampai beres, dan semoga hari ini lebih baik daripada hari yang lalu. Mudah-mudahan hari-hari kita kedepannya semakin baik lagi semakin baik lagi dan semaaakin baik lagi ... sukses pokoknya ! :D Berikan yang terbaik untuk pembaca yah mas , semoga postingannya menjadi suatu inspirasi juga informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Posting terus, ditunggu postingan selanjutnya. Salam semangat dari yang paling semangaat !! :)

    BalasHapus
  16. Blognya menarik gan dan banyak memberkan informasi dan motipasi untuk saya simak.

    BalasHapus
  17. perlu ada apresiasi untuk seorang penemu dan peneliti seperti beliau..:)

    BalasHapus
  18. Bismillahhirahmanirahhim..
    Terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini,saya sebagai pembaca merasa kagum dengan artikel ini. informasi yang disajikn sangat bagus dan sayang sekali jika di lewatkan begitu saja. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih.
    Selamat siang dan selamat beraktifitas.
    God Job :)

    BalasHapus
  19. thanks infonya , sangat bermanfaat

    BalasHapus
  20. pahlawan yang akan selalu terkenang

    BalasHapus
  21. semoga di tempatkan di tempat yang mulia

    BalasHapus
  22. nice pos gans ,, sangat bermanfaat untuk di jadikan pembelajaran

    BalasHapus
  23. kunjungan malam sobb ,,, di tunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  24. Mantap artikelnya :)
    Jangan lupa kunjungi Olshop saya >> www.distrobajucouple.com

    BalasHapus
  25. ikutan nyimak ini artiikel gan, ditunggu kedatanganya di blog ane

    BalasHapus
  26. Selamat pagi !! semoga aktivitas kita di pagi hari yang cerah ini lancar tanpa ada hambatan, dan semoga hari ini lebih baik dari hari-hari yang lalu, juga kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi dan semakin baik lagii.. Buat mas yang punya blog ini, semoga makin lancar dan makin sukses ya,, Terus lanjutkan perjuangan, agar bisa menjadi orang yang berguna untuk sesama agar bisa saling berbagi. Posting terus, saya tunggu postingan selanjutnya yang pastinya isinya itu harus lebih menarik, bermanfaat itu harus dan pokoknya, apalagi berupa informasi sangat saya tunggu. Terimakasih dan salam semangat dari yang paling semangaaaaaat !! :)

    BalasHapus
  27. terima kasih untuk seseorang yang sangat berpengaruh..:)

    BalasHapus
  28. Selamat siang para pembaca semuanya, semoga anda selalu dalam keadaan sehat walafiat. Selanjutnya saya ucapkan terimakasih atas informasi yang sangat bermjanffat ini. Semoga artikel ini dapat memotivasi para blogger blogger pemula untuk memberikan informasi yang tidak hanya sekedar spam saja tanpa ada maknanya. sukses selalu gan untuk anda.
    Selamat siang dan selamat beraktrivitas, semoga hari ini anda selalu bahagia dan sejahtera. Amin

    BalasHapus
  29. keren, makasih untuk infonya

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger