Home » , , , » PEMBELAJARAN ; AVATAR , The Legend of Aang

PEMBELAJARAN ; AVATAR , The Legend of Aang

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Juni 14, 2009 | 6/14/2009


Hari minggu ini, aku lagi malezz buanget.....kompi yang biasanya saya gunakan untuk ngeblog lagi dibuuking oleh si Kecil buat nonton DVD Kartun pemberian kakaknya yang baru dateng dari Makassar . "Ayah temenin dong nonton" rengek si Kecil,......

Dengan terpaksa aku dampingi dia menonton sambil menjaga jangan sampai laptopnya dilempari seperti biasanya kalau lagi emosi nonton bintang favoritnya terdesak oleh lawan.

dari nonton film kartun inilah saya mendapatkan ide postingan yang saya ramu dengan tulisan dari Bang Irfan dan Aleysius H. Gondosari , maaf yah bang,... aku nyontek nih.

Avatar : The Legend of Aang. Mungkin para blogger sekalian udah tau atau malah sering nonton serialnya .

Meski diproduksi oleh Amerika , konsep cerita animasi kartun ini digali dari berbagai budaya asia.

Dikisahkan bahwa peradaban dibentuk oleh empat bangsa.
Suku air (Water Tribe), Negara Api (Fire Nation), Kerajaan Bumi (Earth Kingdom) dan Pengembara Udara (Air Nomads). Masing-masing bangsa itu memiliki orang-orang yang disebut Bender (pengendali). Mereka adalah orang-orang yang mampu mengendalikan unsur alam sesuai bangsa mereka. Seni mengendalikan dalam hal ini adalah memadukan unsur beladiri dan sihir alam. Mungkin inilah yang dikenal sebagai 4 (empat) elemen alam, yaitu : Air, Api, Bumi, dan Udara.

Bukankah Krishnaji (Avatar Magician) dalam The Master Season 3 yang konon pernah berkelana sampai ke India untuk menguasai 5 (lima) elemen alam ? lalu elemen ke 5 itu apa? sesuai dengan pertanyaan dari Mbak Anazkia dalam postingan saya disini.

Pada awalnya, di Yunani hanya dikenal 4 elemen, yaitu Bumi, Air, Api, dan Udara. Dalam filsafat, ilmu pengetahuan, dan pengobatan kuno di Yunani, keempat elemen ini mewakili realitas yang ada di alam semesta.

Filsuf Empedocles (492-432 SM) menyebutnya sebagai 4 ‘akar‘ atau 4 ‘dasar‘.

Hippocrates (460~377 SM), Bapak Kedokteran, juga menggunakan konsep keempat elemen ini untuk pengobatan, yaitu teori bahwa penyakit timbul akibat ketidakseimbangan 4 cairan dalam tubuh (Humorism).

Plato (427-347 SM) dianggap filsuf Yunani pertama yang menggunakan kata ‘element’ atau ‘elemen’. Kata Yunani kuno untuk ‘element’ (stoicheion) berarti ‘huruf’ (atau alfabet), yaitu unit dasar untuk membentuk kata-kata.

Filsuf Aristoteles (384-322 SM), murid dari Plato, guru dari Alexander yang Agung, menjelaskan tentang 4 elemen klasik ini dalam bukunya “Physics” :

* Elemen Udara : arti pertama adalah basah, arti kedua adalah panas
* Elemen Api : arti pertama adalah panas, arti kedua adalah kering
* Elemen Air : arti pertama adalah dingin, arti kedua adalah basah
* Elemen Bumi : arti pertama adalah kering, arti kedua adalah dingin

Selanjutnya filsuf Archimedes (287-212 SM) menambahkan elemen kelima, yaitu Ether. Kata ‘ether’ berasal dari kata ‘aether‘ yang diartikan sebagai esensi. Ether juga diartikan sebagai ‘kekosongan‘, ‘kehampaan‘ atau ‘ide’.

Dalam setiap generasi, ada seorang yang sanggup menguasai keempat elemen itu. Dia adalah avatar, seorang anak kecil pengendali udara.

Filosofi kehadiran Avatar adalah untuk menjaga keseimbangan dan perdamaian. Untuk itu dia harus menguasai seluruh elemen itu dan menjadi pengendalinya.
dengan kata lain kemampuan untuk mengakomodasi ke empat elemen itu sama halnya dengan menguasai elemen ke 5 (lima), seperti halnya Krishnaji.

Kalau kita tarik pada kehidupan nyata, memang suatu negara perlu mengendalikan keempat elemen itu. Air, Bumi/Tanah, Api dan Udara. Itu hal yang strategis. Kalau kita tak mampu menguasainya maka runtuhlah keseimbangan seperti yang diceritakan dalam serial Avatar itu.

Kita lirik negeri ini. Bumi kita tergolong kaya akan sumber daya alam, namun umumnya proyek vital disetiap sudut bumi indonesia dikelola oleh mayoritas bangsa asing. Mereka mampu mengendalikannya karena mereka punya pengalaman dan teknologi untuk itu. Sedangkan kita hanya jadi penonton di negeri sendiri. Kalaupun ada pengendali tanah pribumi maka mereka adalah kelas teri. Sekali libas langsung tengkurap di bumi sendiri.

Api atau bisa kita selaraskan dengan energi pun sama saja. Eksplorasi dan pengelolaan energi juga dikendalikan oleh bangsa asing. Mereka mampu lagi-lagi karena punya pengalaman dan teknologi.

Udara, seberapa hebat pertahanan udara bisa kita jawab sendiri dalam hati. Teknologi luar angkasa kita pun masih agak tertinggal. Kita hanya mampu merilis satelit palapa yang geostationer itu. Sementara ada beratus satelit lain numpang geostationer diatas bumi Indonesia. Mereka yang mampu mengendalikan luar angkasa berarti mampu mengendalikan dunia. Alat mata-mata, satelit komunikasi, pengintai, bahkan senjata ada disana.

Begitu juga dengan air. Kala musim kemarau, kekeringan. Hujan tiba, kebanjiran. Kita tak mampu mengendalikan aliran air dengan sebaik mungkin. Proyek PLTA pun kebanyakan dipegang asing. Semua perkara mengendalikan air ini agak semerawut.

Indonesia membutuhkan sosok seorang Avatar. Seorang Avatar dalam arti yang sesungguhnya, bukan cuman sebagai Magician. Orang-orang yang mampu mengendalikan keempat unsur strategis tadi. Yang kita butuhkan adalah generasi Indonesia yang mampu mengendalikan elemen-elemen tadi dan mempunyai keluhuran budi pekerti seperti sosok Aang yang menjadi tokoh Avatar .

Dari film ini juga memberikan pembelajaran bahwa dengan memiliki kemampuan mengendalikan saja tidaklah cukup, bila tidak dibentengi dengan keluhuran budi pekerti seperti halnya dalam film ini yang menceritakan bagaimana kezaliman Zuko dari Fire Nation (Sang Pengendali Api). Yang mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam mengendalikan api namun tak mampu mengendalikan diri sendiri.

Avatar : The Legend of Aang, memberikan banyak pembelajaran pada saya hari ini.

Share this article :

51 comments:

  1. kakak suka liat film serinya, aku juga rada sering liat, tapi ga begitu tahu jalan ceritanya..sukses bang...

    BalasHapus
  2. topik kesukaan aku bgt ni, sejarah dan filsafat. nice post :24

    BalasHapus
  3. Wah aku gak tahu nih tokoh satu ini hehehe...
    Jarang banget nonton kartun sih..

    BalasHapus
  4. Ya film ini juga membuat saya merenung. Nice posting.

    BalasHapus
  5. Adek saya yang suka nonton film ini mas..
    keren katanya..

    BalasHapus
  6. waduh saya gak ngerti nih bang iwan, gak nonton soale

    BalasHapus
  7. memang avatar bagus sekali ada pembelajaran ke empat elemet tsb, trmasuk jg dlm dunia lainnya hehe... artikel yg menarik neh, good post! :16

    BalasHapus
  8. hmm.. kira-kira siapa sosok avatar yang bakal muncul buat Indo ya.. ^^'

    BalasHapus
  9. wah nggak aku sngka ternyata di pilem itu trkandung makna yang gede bgt. bagus banget mass...
    btw klo film shincan apa yahh?? :p

    BalasHapus
  10. Wuiiihhh avatar..
    sueneng banget...
    sayang disini gak punya tipi
    awas ntar kalo balik k tanah air
    bakal jadi penonton setia deh ehheheheh

    BalasHapus
  11. Ini salah satu film kartun favorit saya juga... habis filmnya seru sih...

    BalasHapus
  12. henny juga suka avatar.
    ada pesan-pesannya toh,,kalo nonton kartun suka ga mikir-mikir lagi sih

    BalasHapus
  13. wah emang dalam film2 kayak gini banyak pesan yang bisa didapatkan bang

    Alam ? emang sebuah sistem yang sangat keren :)

    saya dulu suka banget nonton avatar, tapi sekarang udah jarang huhuhu ...

    BalasHapus
  14. Buwel pernah suka juga ama film ini bang....
    btw tntang 5 elemennya kalo nggak salah ketika buwel suka mbaca kho ph, unsur ke 5 nya itu kayu bang....

    BalasHapus
  15. Iyyyaaaah baru nyadar neh buwel belum ngefollow yak...
    maaf2 yak, pantesan di dashboard artikel terbaru ngggak ada...maaf yak bang...

    BalasHapus
  16. Gak nyangka bapak masih inegt pertanyaan saya. :10 makasih dah membahasnya. Kirain saya, Avatar itu kartun dari Asia, bener2 baru tahu. Saya sering terkesima di buatnya ketika harus menonton cerita itu. Memukau...

    Pak, kalau sebagai manusia untuk 4 unsurnya itu kita harus bagaimana? (moga2 di bahas lagi) ngarep.com :)

    BalasHapus
  17. hebat suka nonton ya mas ku juga

    BalasHapus
  18. coba juga baca naruto dan download komiknya di sini http://mangashare.com eheheheh ceritanya bagus juga dan mengandung makna yang mendalam juga..

    BalasHapus
  19. wah saya nggak pernah lagi ngikutin cerita2 kartun Mas ..hehehe

    BalasHapus
  20. jadi bingung sob...soalnya lum pernah lihat film avatar...

    BalasHapus
  21. wah dipake sikecil ya mas. ;) film kesukaan kawan saya. seperti krisnaji aja mas. oh iya proposal surawesi udah saya tandatangai mas. biayanya besar dan membengkak tuh, he3...

    BalasHapus
  22. eh ternyata,...banyak juga ya yang suka film kartun....

    BalasHapus
  23. hho.. kirain mo crita avatar, q suka jg tuh.. hhe
    trnyata disambungin ma filosuf.. hhemm,, keren om..

    BalasHapus
  24. aduuuhhh paaakkkk bukannya ga mau mampir, ngeblog ajah sayah ga sempet :(..

    kalo sempet, pasti mampir deh :)
    peace :D

    BalasHapus
  25. siipppp bos....dah benar tuh penempattannya. Tinggal pakai related post biar nambah jalan untuk explore blognya....

    tipsandcara

    BalasHapus
  26. Wah bos iwan masih suka nonton avatar yah......inget masa kecil yah bos.....

    BalasHapus
  27. Waah... berbakat juga jadi resensator film.
    Lengkap dengan analisis lingkungan dan kepribadian manusia.
    Salut pak...
    Bisa dikembangkan profesi barunya...

    BalasHapus
  28. avatar tu kartun ya asal mulanya
    aq kok dudul amat nih
    hehehehee

    BalasHapus
  29. aku juga seneng liat aang,dulu,sekarang dah gg ada waktu,betapa kasiannya diriku ini,,hiks hiks :15

    BalasHapus
  30. Good post, mas Iwan! Bagaimanapun juga, semua hal sebaik apapun, tapi kalo tak ada yg mengendalikan, maka akan berbahaya juga bagi keselarasan hidup.

    BalasHapus
  31. owwww, daku juga suka sama avatar manteb pelemnya

    maap telat ni ngomonginnya, ada ewot buat dikau, kalo udah punya simpen aja kalo belum punya
    paajjjaaaang

    BalasHapus
  32. Wah, kalau saya dulu sering nonton avatar mas.. Cuma ga pernah sampai ending pas negeri api lawan tiga elemen lainnya. Terkait dengan pemimpin bangsa yang kita dambakan bersama, nampaknya sampai 20 tahun dari sekarang tidak akan pernah muncul tokoh seperti avatar. Hanya sebuah analisa dan opini pribadi. Salam kenal Mas Setiawan.

    BalasHapus
  33. bener-bener salut aku bang... sebuah pemikiran penuh pilosopi juga nih..

    sayang avatar telah berakhir nggak ada lanjutannya... hikss...

    BalasHapus
  34. Kang iwan,....ini kritis,puitis dan pilosofis,.............selalu dapat ide,......
    aku salut sama kamu kang iwan,...
    Sayang Avatar udaha Tamat,....
    kang nanti posting tentang Avatar the megician " krisnaji"....
    saya ingin tau asal usulnya dar mana,......
    by www.fajarbukan.blogspot.com

    BalasHapus
  35. Penguasaan teknologi sangat penting agar kita mandiri. Berarti anggaran 20% dari APBN buat pendidikan sangat vital demi masa depan anak cucu kita

    BalasHapus
  36. aku suka air, suka hujan, suka basah, tapi ga suka mandi... *parah yah*

    BalasHapus
  37. wah aku suka avatar
    avatar juga mau ikutan KONTES SEO BERTUAH
    berhadiah 6 juta

    BalasHapus
  38. wah, avatar iaa..
    ga tau kenapa saia ga terlalu suka kartun yang satu ini. mungkin karena saia lebih suka kartun Naruto ia? hehehe
    tapi memang sih, setiap kartun yang kita tonton sebenarnya punya "sesuatu" untuk disampaikan. semangat aja deh! hehehe

    BalasHapus
  39. Negeri kita kaya raya, tapi cukup miskin nasionalisme..

    BalasHapus
  40. Dengan terpaksa aku dampingi dia menonton ....?

    Mendapingi anak kok terpaksa, bagaimana Bapak?.
    Diberi kesempatan mendampingi anak adalah Karunia.

    Jangan lupa pesan eyang Putri ya. ha..Ha ..ha!

    BalasHapus
  41. ehueheuh.. terima kasih pak iwan atas sambutannya ehhehehe..
    http://magnumsystm.com sekalian numpang ngiklan yah..

    BalasHapus
  42. Avatar....???
    Nitip salam tuk Katara, water blender...he...he...

    BalasHapus
  43. wah ada ether... kosong
    kalo gitu diriku elemen ke lima dong... baru tau karena soewoeng = kosong wakakakaka

    BalasHapus
  44. WAH KALAU AVATAR SEH ITU FILM FAVORIT SAYA MAS,DAN SAYA KIRA SEMUA JUGA SUKA DENGAN ALUR CERITA YANG DITAWARKAN,FILMNYA BAGUS,CERITANYA JUGA BAGUS,TAMPILANNYA JUGA SAYA SUKA MAS HEHEHEH,SALAM

    BalasHapus
  45. SATU PEMIKIRAN DALAM BUTA KITA MASYARAKAT INDONESIA KALAU MAU RENUNGI SEJENAK KEADAAN NEGERI DAN BANGSA KITA TERCINTA INI,BEGITU KOMPLEKSNYA MASALAH YANG ADA,YANG MAU TAK MAU HARUS KITA PIKIRKAN BERSAMA,KARNA BAGAIMANAPUN KITA SANGAT CINTA SANGAT DAN MASIH PUNYA HARGA DIRI SEBAGAI BANGSA YANG BERMARTABAT DAN BERDAULAT,HIDUP INDONESIA TERCINTA,SALAM

    BalasHapus
  46. SAYA SETUJU DENGAN PEPAPARAN DI ATAS KARNA BAGAIMANAPUN KITA SEHARUSNYA SUDAH MAMPU MEMEGANG KENDALI ATAS SEGALA YANG KITA MILIKI,TAPI INILAH PERMAINAN KOTOR DARI POLITIK NEGARA LUAR YANG TAK INGIN BANGSA KITA MAJU DENGAN KEMANDIRIAN MUTLAK,SALAM

    BalasHapus
  47. saya gak pernah nonton avatar, lebih suka naruto :)

    BalasHapus
  48. hmmmmm........ keren, bnyk dialog yg bermutu & berbobot

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger