Home » , , » 6 TIPE ISTERI

6 TIPE ISTERI

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, Juli 28, 2009 | 7/28/2009


"Ada uang Abang disayang, tak ada uang Abang ditendang".
Sindiran dari lagu Lucy Rahmawati diatas nampaknya masih relevan. Banyak menghiasi ketika rumah tangga diterpa angin, apalagi puting beliung, bisa-bisa meluluhlantakkan rumah tangga.

Seorang isteri akan menyayangi suami, ketika kantongnya tebal. Sebaliknya, akan menjadi bencana bila tongpes alias kantong kempes apalagi bila kanker alias kantong kering, suami baru boleh pulang kalau kantongnya sudah tebal. Busyet dah.........

Tidak sedikit pula seorang isteri memperlakukan mertua beda dengan orangtuanya sendiri. Ketika seorang suami dituntut untuk berbakti kepada kedua orang tua. Pada saat yang sama, ada saja isteri yang mengusik mertuanya.

Pada kasus lain adalah cemburu yang berlebihan sehingga mengubah kehidupan keluarga tak ubahnya neraka yang mengerikan. Perkara sepele, misal suami menghapus SMS atau menerima telepon dengan suara pelan. Sampai dengan kebiasaan suami bepergian keluar kota pun dicurigai karena ada persinggahan baru. Padahal tak tampak sedikitpun dari suami tanda-tanda adanya wanita idaman lain atau WIL.

Dari survey yang dilakukan oleh Team Majalah Nabila yang menjadi sumber rujukan menulis postingan ini, dari beberapa orang isteri yang tersebar dibeberapa kota besar di Indonesia sebagai sampel, dapat disimpulkan bahwa ada 6 (enam) tipe isteri, yaitu :

Pertama, Isteri yang bertipe dominan. Tipe ini mempunyai kecenderungan mengatur suami, andil yang sangat besar dalam proses pengambilan keputusan rumah tangga, dalam hal pendidikan anak pun isteri dominan, misalnya saja dalam memilih sekolah.

Kedua, Isteri yang bertipe penurut. Tipe ini cenderung istilah orang Sunda kumaha suami wae, tidak banyak menuntut atau istilah jawanya nrimo , dan kendali rumah tangga sepenuhnya berada di pihak suami, hormat pada suami dan menariknya lagi, isteri penurut sangat menghargai jerih payah suami, care dan sayang.

Ketiga, Isteri yang bertipe pembangkang. Tipe ini biasanya walau tidak semuanya dicirikan oleh isteri yang punya penghasilan sendiri, sangat terbuka terhadap gaya hidup baru, mempunyai pengalaman masa lalu yang buruk seperti pendidikan orangtua yang sangat keras dan kasar atau faktor turunan dan maunya menang sendiri.

Keempat, Isteri yang bertipe lapang dada. Isteri yang bertipe ini paling enak. Ia mudah memaafkan bila suami berbuat salah, nrimo baik buruknya perlakuan suami, terlibat aktif bersama suami dalam suka dan duka, tidak banyak protes atas nafkah yang diberikan suami, penyabar dan tidak banyak menuntut.

Kelima, Isteri yang bertipe pencemburu. Tipe ini memang bumbunya percintaan. Hubungan suami isteri tanpa adanya rasa cemburu bagaikan sayur tak bergaram. namun, jadi masalah bila cemburu itu kebablasan atau kata orang cemburu buta. Cemburu buta akan menyalakan buruk sangka dan keraguan sehingga akan mengubah kehidupan suami isteri tak ubahnya neraka yang mengerikan.

Keenam, Isteri yang bertipe penuntut. Tipe ini biasanya cenderung tenggelam dalam khayalan yang berlebihan dalam menuntut kesempurnaan, serba mudah seolah hidup ini tanpa beban dan rintangan, mudah terpengaruh oleh gaya hidup glamour baik yang dipertontonkan melalui media maupun para tetangga atau teman, dan payahnya lagi, isteri penuntut ternyata kurang menghargai dan menghormati suami.

Dari keenam tipe ini, ternyata sangat susah bila isteri mempunyai tipe yang sama dengan suaminya. Sebut saja isteri dominan yang ternyata suaminya juga bertipe dominan. Kita tidak bisa membayangkan bila isteri bertipe pembangkang bertemu dengan suami yang juga bertipe sama. Demikian juga bila suami isteri sama-sama bertipe pencemburu. Kecuali bila keduanya bertipe penurut atau lapang dada, tentu saja rumah tangga terasa adem ayem.

Kendati demikian, segala suatunya dengan saling pengertian semua tipe di atas bukanlah sebuah harga mati yang tidak dapat diubah.

"Sesuatu yang paling agung adalah wanita yang membesarkan sifat kemanusiaan seseorang dan bukan membesarkan sifat kebinatangannya. Sekalipun ini dipandang oleh banyak orang sebagai keindahan, tapi hakikatnya adalah keburukan. Karena itu, terangnya lagi, orang yang memiliki keimanan yang benar hendaklah hidup pada apa yang baik bagi manusia dan bukanlah yang disepakati oleh manusia" (ar-Rafi'i dalam Wahyu al-Qalam 2/251)



Share this article :

43 comments:

  1. welehh...nice artikel mas ...
    sik...tak mbaca dulu

    BalasHapus
  2. isteriku type no berapakah dikau?

    kirain tadi pertamax...

    BalasHapus
  3. ella kelak kalo jadi istri...mau jadi istri sholehah aja heheheh

    aamiin... ^_^

    templatenya kyk gimana bang???

    BalasHapus
  4. koment barusan gagal ga yaa..

    ulang lagi aja deh heheh

    ntar ella kalo jadi istri...mau jadi istri yang sholehah aja eheheh

    aamiin ^_^

    btw..templatenya kayak gimana bang?

    BalasHapus
  5. yg patut disembah setelah Allah bagi seorang wanita adalah suami .yg ketiga adalah orang tua dan yg keempat para rosul dan mursyid atau guru rohaniah kita.Semoga sy menjadi wanita yg bertype wanita penurut ..amin. nice post pak makasih dah sharing.

    BalasHapus
  6. Wah ini ada pengalaman pribadi dan hasil survey....
    Hati-hati yaa kalau ada SMS bunyi kok langsung dihapus.....
    Saldo awal dan saldo akhir SMS selalu dimonitor....

    BalasHapus
  7. ini tentang isteri dan aq kelak besok2 akan jadi isteri pula..... hmmmmm mau jadi isteri yg bagaimana yach.... maui baca dulu ach.... hehehehe

    BalasHapus
  8. mau jadi isteri yg baek ajah dech..... menurut sama suami tapi menurut yg baek, kalau pemceburu kayaknya gak penting dech.... hmmmm mau jadi isteri yg sholehah bener juga tuch apa kata mbak susy ella.

    BalasHapus
  9. eh2 ngomongin isteri, kapan jadi isteri.... ach masih jauh.... xixixixi sekarang jadi suka nyepamm niy.... hohohohoho

    lupa sambil ngevote juga tentunya..... hehehehe

    BalasHapus
  10. Pada dasarnya suami adalah pemimpin rumah tangga namun suami bertindak atas dasar dukungan istri, jika hidup saling mendukung semua akan baik-baik saja, terlepas dari sifat dasar masing-masing, karena semua akan bisa dikendalikan.

    BalasHapus
  11. tipe yang paling menyennagkan ntu tipe penurut, lapang dada, tidak banyak cemburu, tidak suka membangkang, tidak menuntut banyak dari suami dan tidak suka membangkak kalau dibaikin, tpi klo dikasari harus melawan. hiii.... jadi sebuah tipe jadi satu. hii

    BalasHapus
  12. Hmmm... enam tipe isteri...

    Memang bener, dari enam ini kayaknya isteri yang bertipe lapang dada paling oke, meskipun tidak terlalu ideal juga ya...hehehe...

    Makasih sudah berbagi artikel yang sangat menarik ini... Tetaplah berbagi Bang :)

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  13. hmm..belum tahu nih tipe apa ya? blm jadi isteri soalnya.

    maunya sih tipe menghormati dan menghargai suami sbg kep keluarga tapi kalo suami macam2 yah...mesti dilawan juga lho. he hehe....

    BalasHapus
  14. hmm..belum tahu nih tipe apa ya? blm jadi isteri soalnya.

    maunya sih tipe menghormati dan menghargai suami sbg kep keluarga tapi kalo suami macam2 yah...mesti dilawan juga lho. he hehe....

    BalasHapus
  15. hmm..belum tahu nih tipe apa ya? blm jadi isteri soalnya.

    maunya sih tipe menghormati dan menghargai suami sbg kep keluarga tapi kalo suami macam2 yah...mesti dilawan juga lho. he hehe....

    BalasHapus
  16. wah wah wah
    lg ngomongin istri niih...
    krn aku tinggal di bandung brati ikut yg no.2 dong heheheh...

    sbnrnya sih istri yg baik itu adl istri yg takut akan Tuhan, jadi dia akan memberikan yg terbaik utk keluarganya, so pastinya akan menyayangi suami dan menjadi istri yg taat pd suami.

    BalasHapus
  17. Kalo aku dah merid ntar, masuk tipe yang mana ya?! Hmm...

    Eniwei, aku mau berbagi senyum lewat award. Semoga berkenan :)

    BalasHapus
  18. karena org sunda ,maunya jd istri penurut aj lah...kumaha suami wae hihihihi.....

    BalasHapus
  19. ummm...aq istri yang keberapa ya? gag bisa diukur sih. soalnya aq ntu imoet, manies, suka menolong, rajin mengaji, sopan, suka memasak, suka banget dgn duit...tapi cinta ma suami gag bisa dibli dengn duit lho...

    jadi aq ntu, istri yg keren dh wkwkwkwk *mas iwan dilarang muntah*

    BalasHapus
  20. mulai serius nih mas...klo menurut aq yg penting pasutri saling mengerti dan mencintai pasti ego masing2 ilang dan saling membagi dh

    BalasHapus
  21. semoga kita bisa mengambil hikmah dan belajar dari postingan ini...
    namun istri tetaplah seorang manusia yang tak sempurna...
    dan janji kita untuk menerima segala kelemahannya..
    nice share bang
    thank's

    BalasHapus
  22. siip, tulisan yang mantap bang Iwan. Jelas ini bermanfaat. Suami-istri adalah mitra, pasangan dalam RT. Saya percaya ke-6 tipe istri tadi muncul, sedikit banyak juga dipengaruhi bagaimana tipe pasangan/suaminya. Istri-istri rasululullah SAW adalah wanita-wanita shalehah, itu terjadi karena Rasulullah sendiri mengayomi mereka, melindungi, dan memberi contoh teladan yang baik bagi mereka.

    BalasHapus
  23. artikel bagus nih... aku nomer berapa yah? sek tak tanya ma suamiku duyu....

    BalasHapus
  24. Tapi sayang sekali yang bertipe berlapang dada atau nerimo banyak di injak-injak dan di sepelekan.

    BalasHapus
  25. Wah foto calon istriku dipajang..................jadi malu aku

    hahahahahahahahahaahhaha GR banget


    ngimpi gak ya bisa dapat yang kaya gitu :D

    BalasHapus
  26. Wah foto calon istriku dipajang..................jadi malu aku

    hahahahahahahahahaahhaha GR banget


    ngimpi gak ya bisa dapat yang kaya gitu :D

    BalasHapus
  27. Nice posting nih bang, jadi nambah ilmu deh tentang bagaimana menjadi istri yg baik, walaupun sih aku merasa sudah baik, tapi tetep pengen lebih lebih baik lagi, biar sholehah dan masuk surga, Amin... :)

    BalasHapus
  28. Ha-ha-ha ...bingung daku plarak plirik ... habis istriku yang masuk dalam salah satu tipe yang disana.
    Nyari dimana ya ?.

    BalasHapus
  29. hmm... kalo tipe suami kapan bang???

    BalasHapus
  30. hahh... teh linda tipe ke dua???

    BalasHapus
  31. saiia agak kurang mengerti sama ayat yang tertera di bawah kang :( apa emang terjemahannya seperti itu atau... hhh... maklum dangkal saiia buat yg berbau agama...

    BalasHapus
  32. ada ga bang tipe yg sholehah, beriman, cantik, penurut, tdk pembangkang, tidak dominan, ga grasa-grusu?

    BalasHapus
  33. besok diriku jadi tipe yang kaak apa ya?

    BalasHapus
  34. mboke rangga masuk yang mana nih?

    BalasHapus
  35. Mau jadi istri yg baik dan disayang suami aja deh... ^_^

    BalasHapus
  36. Istriku kelak masuk tipe yang mana ya...?????

    BalasHapus
  37. Wadoooooh isteri saya type nyang mana yaaaaaa.. hahaha..

    Salam Sayang

    BalasHapus
  38. Wadoooooh isteri saya type nyang mana yaaaaaa.. hahaha..

    Salam Sayang

    BalasHapus
  39. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang sahabatku

    BalasHapus
  40. moga istri buwel ntar yang sholikhah ya...hehehehe

    BalasHapus
  41. ada pepatah bilang, keberhasilan seorang suami, adalah karena seorang istri dibelakangnya.
    Kalau kata ibuku, suami kita itu presiden nya, dan kita jendralnya.
    Tapi tugas jendral itu gak hanya mencakup medan perang saja, tapi juga wakil presiden, dan menteri keuangan, ya MPR ... pokoke kabeh ^.^

    Makanya kalau lelaki bisa libur saptu minggu, kalau istri, gak ada liburnya ^.^ *topiknya belok gak ya?* qi qi qi

    Jadi istri memang bukan hal yang mudah *permisi, ada istri mau curhat* ..
    Istri musti bisa mengisi kekurangan suami. *sama, begitu juga dengan suami, bisa mengisi kekurangan istri*

    Istri bisa saling mendukung *suami juga-sama sama*

    Istri bisa jeli melihat kebutuhan suami, dalam segi apapun. pokoknya istri ibarat EO nya rumah tangga, syukur2 suami juga bisa diajak barbagi tugas. Wah .. istri bisa menjadi segalanya buat suami .. ^.^

    Semoga para suami bisa menjadi teamwork yang kompak, like mine.

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger