Home » , » HILANGNYA RASA CEMBURU

HILANGNYA RASA CEMBURU

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Juli 29, 2009 | 7/29/2009


Cemburu itu indah, bahkan ia ‘penyedap’.
Apalagi dalam menjaga kehormatan dan harga diri,
Malah sangat dianjurkan.
Hilangnya rasa cemburu terhadap satu hal ini,
Justru awal malapetaka.
Benarkah?


Orang yang mulia harga dirinya tentu selalu berusaha memberikan segala sesuatu yang terbaik untuk membela kehormatannya. Orang yang memiliki harga diri akan berusaha membungkam mulut-mulut yang mengeluarkan komentar-komentar negatif terhadap dirinya. Orang yang bijaksana ialah orang yang menjaga kehormatannya dengan harta yang dimiliki.

Tak sebatas itu saja, seseorang yang memiliki kecemburuan mempertaruhkan hidupnya, mengerahkan segala yang ia miliki dan berjuang hidup mati bilamana kehormatan dirinya dikotori. Bagi orang mulia lebih baik mati berkalang tanah dan bersimbah darah demi menyelamatkan akal waras dan menjaga kehormatan diri.

Sayang seribu kali sayang, kehidupan yang serba modern sekarang ini justru banyak menghilangkan kehormatan kita, membunuh rasa cemburu kita, bahkan sarana-sarana maksiat dan perbuatan keji bertebaran disana-sini disebarkan melalui berbagai media. Seakan sudah lumrah terlihat seorang pemuda dan pemudi tanpa malu dan sungkam melalukan perbuatan keji, perbuatan yang mendorong dan membangkitkan syahwat. Tanpa rasa malu mereka melakukan perbuatan nista yang disaksikan oleh ribuan pasang mata.....!

Demikianlah semuanya serba terbalik, sehingga sebagian masyarakat bahkan individu dan keluarga menjadikan orang-orang hina dan gila sebagai teladan dan ikutan mereka. Pikiran, perilaku dan tindak tanduk orang-orang hina seperti itu mereka jadikan sebagai kebanggaan dan standar kejantanan,..... la haula wa laa quwwata illa billahi.......

Semoga Allah SWT senantiasa menjaga kehormatan diri dan mensucikan pendengaran kita.

Apakah api kecemburuan sudah padam?
Apakah air kecemburuan sudah surut ?
Apakah cahaya kecemburuan sudah memudar ?
Sudah hilangkah rasa cemburu dalam diri mereka ?
Tegakah mereka membiarkan isteri dan keluarga dalam lembah kenistaan ?
Tidak tahu lagi kepada siapakah kita mengadu.....

Jika perhatikan tulisan-tulisan yang sesat serta film-film vulgar saling bahu membahu dalam usahanya merobek hijab kesucian diri. Lalu saling berlomba-lomba dan berpacu dalam melukiskan perbuatan maksiat dan aurat terlarang. Sehingga tabirpun tersingkap membelalakkan mata anak-anak kecil sebelum mereka beranjak dewasa.

Malapetaka apakah ini?
Mungkinkah orang-orang yang bijaksana dan wanita-wanita yang menjaga kesucian diri membiarkan diri mereka, anak-anak mereka tenggelam dalam buih kebinasaan hasil produksi teknologi canggih dan hasil kreasi peradaban modern?

Kemanakah sirnanya rasa malu itu?
Kemanakah menghilangnya kehormatan diri?
Kemanakah perginya rasa cemburu dari rumah-rumah yang menyediakan fasilitas-fasilitas pengundang kehancuran bagi generasinya? Menjerumuskan mereka ke dalam kubangan kebinasaan! Memasukkan ke dalamnya berbagai katalisator kemungkaran yang menyeret mereka kepada perbuatan dosa dan keji?

Berapa banyak nilai-nilai keutamaan memproteksi pemuda-pemudi sehingga mereka tumbuh menjadi generasi muda yang shalih. Berapa banyak pula nilai-nilai kejahatan meminta korban, menyeret mereka ke dalam jurang kebinasaan, sehingga jadilah mereka orang-orang yang rugi.

Dalam naungan nilai-nilai keutamaan itu terdapat kesucian diri dan ketentraman. Dan dalam lubang kejahatan itu terdapat kehinaan dan kerendahan. Seorang laki-laki adalah pemimpin dalam keluarganya. Jika pemimpin lemah, maka rusaklah seluruh rakyatnya. Jika rakyat sudah rusak, mereka akan kehilangan nilai keutamaan dan kesucian diri. Mereka rela menjual kehormatan, mereka ibarat air dalam comberan, anjing mana saja dapat minum disitu dan sampah apa saja yang dibuang di situ akan mengotorinya.

Marilah semua kita pupuk rasa cemburu kita, karena jika rasa cemburu telah hilang, maka tidak ada satupun yang lebih cemburu kecuali Allah SWT, dan oleh sebab itulah Allah mengharamkan perbuatan keji dan maksiat.

Semoga Allah SWT senantiasa menganugrahkan taufiq dan inayah-Nya kepada kita semua kepada apa-apa yang diridhoi dan dicintai-Nya, memperbaiki keadaan kita semua, dan menyatukan barisan kita di atas landasan kebenaran, Amin.

Dirangkum dari : al-Giratu ’Alal A’raadh,Syaikh Shalih bin Abdullah bin Humaid.

Share this article :

48 comments:

  1. Sepagi ini sudah mendapat pencerahan yg bermakna.makasih banyak pak Iwan...

    BalasHapus
  2. iya nih..
    anak2 jaman sekarang udh terbawa arus kebarat2an..

    BalasHapus
  3. Pagi ini saya tercerahkan dengan tulisan ini. Jika "urat" malu perlahan-lahan sudah hilang... maka rusaklah semuanya. Cara melihatpun jadi rusak, yang benar dikatakan fanatik dan nggak umum, yang slah dianggap sesuatu yang wajar.

    saya numpang titip do'a:
    Ya Alloh lindungilah kami dari fitnah-fitnah yang mengelilingi kita. Amiin

    BalasHapus
  4. Siip tulisan yang mantap. Cemburu disini lebih bearti ghirah ya bang....!?

    Btw, uneg-uneg bu Daun itu adalah uneg-uneg ttg kekisruhan dunia fana ini bang, begitulah katanya.

    BalasHapus
  5. Aku rasa ada yg kurang dalam pendidikan anak masa kini, yaitu moral. Memang dunia sedang mengalami degradasi moral, tak heran tayangan film2 isinya hampir sama. Tapi sebagai ortu yg peduli pada masa depan anak, mungkin harus lebih memperhatikan pendidikan moral yg notabene semakin sedikit diberikan di sekolah formal.

    BalasHapus
  6. Terima kasih Bro .....
    Telah kudapatkan sebuah tausiah yang bijak di pagi hari nan cerah ini.
    wise posting .

    BalasHapus
  7. Pak, selamat atas rumah barunya. Saya koment borongan di sini aja yah...??? tadi baca juga postingan sebelumnya tapi, giliran mau koment.. aduh, naik darah saya pak. Susah dan lambat banget padahal, koneksi inet bagus. :((

    Turut berduka cita dengan koment2 yang tidak menyenangkan. Semoga ia semakin menguatkan bapak untuk menulis. Saya jadi tertanya, apa ia dia punya dendam pribadi sma bapak?

    Tulisannya semoga membawa pencerahan kepada yang membacanya. Insya Allah...

    BalasHapus
  8. hiks hiks hiks...ella parno nih ma kata2 cemburu....

    gara2 rasa cemburu yang berlebihan dari cewek nakama ella....ella musti melepaskan satu nakama.....melepaskan diri biar tak ada konflik diantara mereka akibat persahabatan kami....ahhhhh sediiiihhhh......

    cemburu buta....ahhh i hate that word...

    (kok ella jadi curhat hehehhe)

    gimana bang templatenya??? kayak gimana tuh?? pengen liat ^_^

    BalasHapus
  9. kata scorpions
    jealous oh so high oh so high
    hehhehehe
    cemburu kadang2 yang membuat api semakin berkobar dalam sebuahh hubungan
    mendingan kita saling percaya aja dech
    hehehehehe

    BalasHapus
  10. wuiiihhh panjang, bentar mau ninggalin koment dulu baru baca.... hehehe

    BalasHapus
  11. sungguh aq udah baca dan serasa diri ini tertampar bang.... kata2nya bikin aq harus mikir lebih. tak tau lagi mau bilang apa.....

    Seakan sudah lumrah terlihat seorang pemuda dan pemudi tanpa malu dan sungkam melalukan perbuatan keji, perbuatan yang mendorong dan membangkitkan syahwat. Tanpa rasa malu mereka melakukan perbuatan nista yang disaksikan oleh ribuan pasang mata.....!

    sungguh kata2 yang membuatku sadar, karena selama ini aq hanya membiarkan saja dan menganggapnya itu hal yg wajar karena perubahan jaman yg modern ini.... Astaghfirullah..... Ya Allah....

    BalasHapus
  12. sambil sekalian ngevote bang.... :D

    BalasHapus
  13. salam sobat,,selamat gd template barunya,,,cemburu tanda cinta ,,kalau saya bilang,,,

    BalasHapus
  14. whoaa...panjang euy! aq perlu baca dua kali lagi nih

    BalasHapus
  15. ikut mengaminkan do'a bang iwan...
    [amiiiin]

    BalasHapus
  16. ummm..klo cemburu sih tiap manusia ada. cuman klo masalah harga diri tergantung dari cara pandang seseorang dgn harga dirinya. ada jg lho orng yg tau klo dia dh mempermalukan dirinya tp pasrah aja ma keadaan

    BalasHapus
  17. ikut mengaminkan do'a bang iwan...
    [amiiiin]

    BalasHapus
  18. oya, mas aq punya pertanyaan nih, klo mo nyadarin orng klo dia dh bikin malu dirinya sendiri gimana? tmn2 aq pernah blng semakin berilmu orng semakin dia sadar untuk menjaga dirinya. tapi, banyak juga yg pinter tp destruktif...whoa...bingung juga yaks...

    waduh aq ngomen kepenjengen hehehehehe...

    BalasHapus
  19. Bro , Gud lak ya, jangan lupa kalo mau nikah, mampir dulu ke Rias Pengantin Ibu Dodi Melayani Jabodetabek
    Esia 021 96969007 website aku www.ibudodi.com , paket nya lengkap murah dan gak perlu Repot Repot lagi,

    salam,
    Mas Dhimas - Ibu Dodi
    www.ibudodi.com
    esia 021 96969007
    flexy 021 32129007

    BalasHapus
  20. wew..! komentar di atas saya ini promosi yah heehuehehue..

    Seakan sudah lumrah terlihat seorang pemuda dan pemudi tanpa malu dan sungkam melalukan perbuatan keji, perbuatan yang mendorong dan membangkitkan syahwat. Tanpa rasa malu mereka melakukan perbuatan nista yang disaksikan oleh ribuan pasang mata.....! <-- ga pernah lihat sayaahhhh, kecuali di tempat ajeb ajeb.. hehehehehe

    BalasHapus
  21. bener banget cemburu tuh kayak seperti penyedap, kurang banget rasanya kalo cinta ga ada cemburunya, tapi ga perlu cemburu buta kali yah...

    BalasHapus
  22. cinta+cemburu=lengkap! heheheheh...

    BalasHapus
  23. kata si gundul trkadang cemburu itu tanda sayang lo :p

    BalasHapus
  24. hmmm... ternyata cemburu memiliki makna yang luas. thx infonya sob

    BalasHapus
  25. wah, asal jgn cemburu buta aja. pak...ada award buatan aku lho. diambil ya?

    BalasHapus
  26. klu urat malu sama muka jd setebal kulit badag siihh Sir, gag akan ada yg mampu menghalangi perbuatannya :) apalagi sekarang di era internet masuk kampung... sapa pun bisa mengakses redtube dsb.. wedddewww...

    BalasHapus
  27. wah bang iwan lagi prihatin nih dengan pemuda-pemuda sekarang, benar bang... mari kita berantas kemaksiatan..

    BalasHapus
  28. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk sahabatku..

    BalasHapus
  29. postingan yg menarik, bang..
    sesungguhnya peliharalah cemburu kita hanya kepada Sang Kekasih Abadi,
    Kekasih yang mampu membolak balikan hati kita, Cemburulah kita di saat kita merasa jauh dariNya serta ketika melihat orang lain jauh lebih 'dekat' dari Sang Pemilik Cinta.

    ^_^

    BalasHapus
  30. Mantap, Bro! Emang keknya kita lagi krisis ghirah diniyah; semoga kita masih dihidayahi-Nya, dunia akhirat...

    BalasHapus
  31. pak iwan sy selalu hadir keblognya,tapi mertamunya susah.shoutmixnya tidak muncul..maaf kan daku pak..

    BalasHapus
  32. kok ga ada yang spam yak/boleh nyepam ga ya disini?

    BalasHapus
  33. kirain PENYEPAM tadi.
    rupanya penyedap..
    huhuhuhuh :((

    BalasHapus
  34. Artikel yang sangat menarik dan sarat makna...

    Terimakasih atas pencerahannya Bang Iwan... Tetaplah berbagi :)

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  35. Tetaplah berbagi artikel-artikel yang berisi pencerahan-pencerahan yang sangat berguna bagi setiap pembaca...

    Bang aku izin vote ya :)

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  36. pencerahan yang luar biasa bang .

    BalasHapus
  37. jadi malu.....
    sangat mencerahkan bos tulisanya

    BalasHapus
  38. Hi…

    Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com

    Di tunggu yaaa….. God Bless…

    BalasHapus
  39. asal jangan cemburu buta ajah :D

    BalasHapus
  40. cemburu boleh saja asal masih masuk logika, bukan cemburu buta trus saling nyakitin, malah menderita.

    BalasHapus
  41. cemburu hak segala bangsa..halaaaa

    BalasHapus
  42. cemburu hak segala bangsa..halaaaa

    BalasHapus
  43. Rasa cemburu ternyata memiliki cakupan luas dan makna yang penting.

    Thanks sudah berbagi pengetahuan bang... salam sukses

    BalasHapus
  44. Wahh kok gk muncul yahh..??

    Tanpa maksud nye pamm cma nge-check nihh bang... punten...

    BalasHapus
  45. waaaahhh cenburu yang ruuuuuarrrr biasa bang....siiiipp artikel nya......ehhhnnnggghhh haiz dan nilna itu putra dan putri nya sahabat sayah bang...heheheheh

    BalasHapus
  46. kalau gak salah, cemburu itu ada 2, cemburu positif dan negatif. kalau dalam bhs inggris, cemburu negatif=jealous, cemburu positif=envy.
    Kenapa dibagi 2? karena cemburu positif itu "cukup dibenarkan". contoh, saya cemburu/iri dengan prestasimu, semoga saya bisa sepertimu.

    Tapi karena dalam bhs indo, gak ada cemburu pos dan neg, jadi bingung juga ya membedakannya. he he he
    cemburu yang positif, cenderung bisa mengukur kemampuan orang lain, untuk memacu diri agar bisa sebaik orang lain dengan cara positif.
    semoga cemburu positif yang bisa menjadikan kita memiliki tauladan positif dari idola idola kita, dan menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  47. Rias Pengantin Ibu Dodi Esia 021-96969007 Flexi. 021-32129007 Melayani JABODETABEK Ibu Dodi Wedding Planner / Wedding Management ;
    Flexi. 021-68209886 / Flexi. 021-32129007 / Esia 021-96969007 ; Kantor/Fax.021-8509007
    Menerima Rias Pengantin Ibu Dodi Paket Nikah Murah Mulai 4,6 - 6,6 juta
    Melayani : Jakarta , Depok , Bogor , Tanggerang , Bekasi , Dan Sekitarnya .
    Menyewakan Alat Pesta , perlengkapan katering , Tenda , Panggung Musik ,
    Video Shooting , Foto Digital Murah , Rias Pengantin , Paket Nikah Murah Lengkap ,
    Dekorasi , Katering , Upacara Adat Dan Lain Lain.
    Alamat : Jalan Otista Raya 3,Kebon nanas Selatan 2,Dekat Psr Sawo
    No: 9 Rt: 10 Rw: 08 Jakarta
    CALL/SMS Flexi.021-68209886
    CALL/SMS Flexi.021-32129007
    CALL/SMS Esia.021-96969007
    Kantor/Fax.021–8509007
    HP GSM Ibu Dodi 08978899007
    Website .:http://www.ibudodi.com
    Gallery/Foto .: http://www.ibudodi.com/gallery
    e-mail : ibudodi [at] ibudodi [dot] com atau DODI_VENUS [at] yahoo [dot] com

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger