Home » , , » FENOMENA TIDUR

FENOMENA TIDUR

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Juli 31, 2009 | 7/31/2009


Dalam Macbeth karya Shakespeare, terdapat suatu pujian indah terhadap tidur.

Tidur adalah merajut kembali pikiran yang kusut.
Tidur adalah kematian dari kehidupan setiap hari.

Tidur adalah guyuran pada kerja pembuat nyeri.

Tidur adalah penyembuh dari pikiran yang luka.

Tidur adalah dunia agung masa kedua.

Tidur adalah gizi utama dalam pesta kehidupan.


Baris-baris yang penuh ilham ini memberikan analisis tajam terhadap tidur. Banyak peneliti modern telah melakukan penelitian dalam bidang ini dan kesimpulan mereka seringkali sangat berbeda. Namun, mereka semua sepakat atas satu hal, yaitu bahwa tidur memang merupakan alat pemugar fisik dan mental alami yang hebat. Dibalik itu semua banyak pula mitos-mitos lain tentang tidur.

Nah, berikut adalah jenis-jenis tidur yang musti diketahui, yang saya peroleh dari e-mail seorang teman :

Tidur ayam, suatu usaha untuk meniru sikap ayam yang sedang tidur.

Tidur-tiduran, bukan tidur beneran tetapi sesuatu yang mirip tidur.

Tidur telentang, tidur dengan bagian depan tubuh menghadap keatas, biasanya dengan mulut setengah terbuka dibarengi dengan suara mengorok yang kadangkala keras, kadangkala lirih. Sebaiknya tidak dilakukan karena sangat berbahaya menelan alat pertukangan "tang"

Tidur tengkurap, tidur dengan bagian belakang tubuh menghadap ke atas, biasanya dengan air liur berleleran , atau yang disebut juga ngiler.

Tidur sambil memeluk bantal guling, biasanya dilakukan oleh orang-orang jomblo sambil memimpikan sang kekasih yang tak kunjung diperolehnya. Jika dilakukan oleh orang yang sudah menikah, besar kemungkinannya orang itu ingin memiliki istri atau suami muda.

Tidur pulas adalah jenis tidur yang pelakunya sangat sulit untuk dibangunkan . Tentang tidur seperti ini ada suatu peribahasa yang berbunyi: "tidur bagai kerbau ".

Tidur REM adalah tidur sambil bermimpi sedang mengemudikan kendaraan dan dalam mimpi itu , ia sedang menekan atau menginjak rem kuat-kuat.

Pingsan ini bukan jenis tidur yang dilakukan dengan sukarela, tetapi terpaksa karena suatu hal, misalnya tak tahan dengan terik sinar matahari atau karena terpukul.

Terhipnotis juga merupakan jenis tidur terpaksa, yang biasanya dilakukan di panggung sulap atau di tempat praktek psikolog.

Ketiduran adalah jenis tidur yang dilakukan tanpa sadar, walaupun semua orang yang sedang tidur itu berada dalam keadaan tidak sadar.

Watak seseorang juga dapat dikenali dari cara seseorang memperlakukan bantal ketika tidur, yaitu:

Memeluk Bantal
Mereka yang suka memeluk bantal biasanya berjiwa seni. Mereka mempunyai penghargaan yang tinggi terhadap lukisan, musik dan sastra. Perasaan mereka halus dan jiwa mereka romantik. Kadangkala ada yang bisa membaca peristiwa yang akan berlaku melalui mimpi. Mereka juga sangat prihatin terhadap kesusilaan.

Menggunakan Banyak Bantal
Mereka biasanya kurang keyakinan.Dalam kehidupan seharian mereka memerlukan banyak pendamping. Mereka jarang membuat keputusan sendiri, sebaliknya mendapatkan pandangan orang lain.

Tidur Dengan Satu Bantal
Mereka bukan jenis mengada-ngada dan boleh menerima keadaan seadanya. Mereka juga membuat keputusan berdasarkan fikiran dan bukan nafsu semata-mata.

Meletakkan Bantal Di Bawah Kaki
Mrk mempunyai sifat kurang baik. Mereka jarang bergaul dengan org ramai, malah kaku dalam pergaulan. Ini menyebabkan mereka cenderung bersifat egois. Mereka juga gemar menempuh jalan pintas untuk mencapai cita-cita. Mereka tdk suka berusaha.

Tidur tanpa Bantal
Mereka memiliki sifat percaya diri yang sangat tinggi. Kadangkala sifat percaya diri ini akhirnya akan membawa kepada sifat ego.

Tidak punya bantal
Kasian deh lo..

Nemu bantal
Beruntung deh lo?

Tidur gigit bantal.
Kelaparan deh lo?

Tidur sambil lempar bantal.
Kesurupan setan..karena sering nonton film horror.

Tidur di bawah bantal.
Mati konyol?.aja.

Bagaimana jenis dan gaya tidur anda????

Share this article :

48 comments:

  1. yg pasti kalo kurng tidur bisa sakit deh. aku gak bisa kalo kurang tidur. bisa lemas dan gak kreatif.


    wah, ini pertama ya? horeee...aku pertamazz....joget2

    BalasHapus
  2. Sebuah ulasan yang sangat lengkap tentang tidur....
    Tidur yuukkkkkkkkkkkkkkk.
    wakakakakakakaka

    BalasHapus
  3. bang... aku (pura-pura) baca dulu ya...

    BalasHapus
  4. 1. aku mau prutest bang... napa tidur ayam ada koq tidur kucing nggak di masukin???

    BalasHapus
  5. tidurku model apa ya? yg jelas ga dibawah bantal :)

    BalasHapus
  6. waah..wah.. Bang iwan lagi riset tentang tidur nih.... BTW risetnya sambil tidur gak yah... wa..ka..ka...

    BalasHapus
  7. Kalo aku sih suka tanpa bantal. Kalo pake bantal, leherku selalu sakit. Tapi kurasa itu hanya kebiasaan aja sih...

    BalasHapus
  8. Tidur Dengan Satu Bantal
    Mereka bukan jenis mengada-ngada dan boleh menerima keadaan seadanya. Mereka juga membuat keputusan berdasarkan fikiran dan bukan nafsu semata-mata.
    aku pilih yg itu aja deh pak..yg bagus aja lah...hehe .

    BalasHapus
  9. satu hari 2 posting ???
    wah kreatifitas yang luar biasa bang
    salut

    *komentnya ngga nyambung ya bang? :p*

    BalasHapus
  10. huhuhhuhuu....
    bang iwan ada2 ajah..
    trus itu potona sapa? mengerikaan...hahahahaha....tampak spt jonk wakakakakakak....

    BalasHapus
  11. ha ha ha .. kalau tidurnya sambil ileran, artinya tidurnya ngapain??

    BalasHapus
  12. keduaxx...horeee...senang sekali...pengen nangis!...penghargaan ini ingin sy persembahkan kpd Alloh SWT, keluarga sy, suami tercinta, ade2ku, kucingku,kutu kucing, telpon, laptop, blogger...

    BalasHapus
  13. wah..ternyata aq bukan yg kedua...whoaa...*nagis guling2*

    klo aq bro tidur yg penting dpt posisi enak aja, sekalian nyetel mimpi, misalnya mimpi dapet duit se kopor wkwkwk...

    BalasHapus
  14. Aduh.... baca tulisan ini jadi kepengin tidur deh...

    BalasHapus
  15. Selamat siang bang... mampir lagi siang hari, ada award di rumahku untuk abang, menunggu tuk dijemput.

    BalasHapus
  16. Iya bang kurang tidur kucing.....xixixiixxi

    BalasHapus
  17. wkwkwkwkwkwk,,aja aja ada Om kumis ini,,hahahahaha ech aku jomblo gg perenah meluk guling :D, thu tandanya aku lom pengen ditemenin yak,,wkwkwkwk,,ternyata banyak macam nya yak,,aneh banget........ hhhahahah,,
    (Om maaf yah aku baru bisa mampir :D )

    BalasHapus
  18. Wah saya lupa tuh bang tidurnya gaya apa, abis banyak gaya seh, hehehe. Nice posting.

    BalasHapus
  19. kalo saya tidur meluk bantal, bang. romantis dong. he hehe...

    btw, masa sih awardnya kodian? bagus gitu kok. saya malah gak bisa buat seperti award buatan bang kumis.

    BalasHapus
  20. Wadoooooh tidurnya pules bangeeeeetttttt.. hahaha.. waaaakaakakakak

    Salam Sayang

    BalasHapus
  21. satu lagi bang.
    TIDUR MABOK
    --tidur ini sering dilakukan oleh sebangsa jet-li atao jeki cen yang tertidur akibat pake jurus mabuk

    BalasHapus
  22. kebetulan mungkin ini adalah koment menuju KEDUA PULUH KELIMAKS!!

    BalasHapus
  23. tadi kan udah koment bang yang pertama
    sekarang tinggal nyepam nya aja nih!
    :D

    BalasHapus
  24. ni yang 24.
    kalo bener ngitungnyaaa.
    :P

    BalasHapus
  25. HORE
    ***************
    KEDUAPULUH KELIMAKS!
    ***************

    langsung bingkai supaya ga dicurii bang!!
    :p weeeekk :D

    BalasHapus
  26. ternyata tidur ada macem2 nya juga he..he..

    BalasHapus
  27. heheh..gokil..

    kalau tidur pules gitu bangunya juga psti seger..

    BalasHapus
  28. Tidur yg wajar,
    tentu bercara benar;
    tidur yang melar,
    tentu tak ternalar;
    melahap saat2 pulihkan sadar...

    BalasHapus
  29. Artikel yang sangat menarik Bang :)

    BalasHapus
  30. Ternyata tidur ada jenis-jenisnya juga ya Bang...hehehe...

    BalasHapus
  31. ada yg kelupaan bang, ntu poto siapa? asik bener tidurnya pasti lagi mimpi kejatohan uang sekopor hihihi..*aq bgt*

    BalasHapus
  32. eh
    ternyata salah satu hitungan bang!
    hehehe

    BalasHapus
  33. sekalian bang.
    abang dapat award di tempatkuuu
    :D

    BalasHapus
  34. bolak-balik coba komen kok gagal terus,ini masuk ngga ya

    BalasHapus
  35. yang pasti habis tidur badan jadi segar kembali

    BalasHapus
  36. Kayaknya kalau tidur aku pake bantal yang kubeli sendiri, dan tak pernah gigit bantal apalagi sampai lempar-2 bantal... ^_^

    BalasHapus
  37. saya bang ???

    tidur sambil makan bantal heheheheheh

    wah ternyata macam2 nih, jadi baru nyadar bahwa ternyata saya sekarang makin jarang tidurrr *sigh*

    BalasHapus
  38. infonya komplit banget bang... makasih ya...

    BalasHapus
  39. tidurnya meluk karpeeeeeeeeeeettttttt
    huehehehhehe

    BalasHapus
  40. selamat mlm mas....

    aku baik2 saja mas,sedikit kurang fit aj.

    mas apa kbr ? smg baik2 juga yah...
    hemm ada macam2 juga ya jenis tdr...hihihi,aku sedang berpkr nh mas aku masukny kategori mana y ? hehe...

    BalasHapus
  41. itu foto sapa sob??? tidurnya pulas bgt kwkwkkwkkw....
    sukses selalu sobat...

    BalasHapus
  42. wah kalu aku tidur malah telentang...tapi ahir ahir ini malah telen apel.....mantap sob postingannya

    BalasHapus
  43. Artikel yang menarik...

    Aku numpang menjalankan kewajiban vote ya Bang...hehehe...

    Tetap semangat...

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  44. kalo tidur di angkot, yang manah?
    moderasinya sampe kapan? hiks.

    btw, kenapa ya kalo ngeklik link dikau, langsung ada windows lain yang terbuka yang isinya widget blablabla seperti SELAMAT ANDA ADALAH ORANG YANG KE bblablabla.. yang ada jam pasirnya itu loch...

    BalasHapus
  45. hahahahaha tidur dengan melempar bantal, ya iyalah kesurupan tuch orang kaliiii....

    tidurku gimana yach, hmmm kayaknya gak neko2 dech aq tidur dengan satu bantal ajah.... xixixixi

    BalasHapus
  46. blm ada yg baru ya? ato inetku lemot nih? met pagi aja deh.

    BalasHapus
  47. Sipp bang,
    Kapan2 pesting tentang fenomena ngelindur itu bagaimana???

    Thanks:)

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger