Home » » KETIKA PERASAAN BERBICARA

KETIKA PERASAAN BERBICARA

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Juli 30, 2009 | 7/30/2009

Ribut, mungkin sesuatu yang tak asing bagi kita. Bisa di rumah, tetangga atau dalam lingkup yang lebih besar, kompleks perumahan. Lucunya biang kerok ribut itu –perasaan- atau meraba-raba sikap orang lain terhadap kita. Bisa pula menilai orang lain menurut standar yang bersangkutan.

Terkadang kita memang terlalu perfeksionis, orang lain harus memahami kita tanpa mau memahami orang lain. Ini biasanya menjadi sumber masalah dalam pergaulan baik dengan tetangga, teman satu kantor, keluarga atau mungkin dalam rumah tangga kita sendiri. Susahnya lagi bila perasaan dijadikan parameter dalam penarikan kesimpulan atas respon orang-orang di sekeliling kita.

Memang akan lebih baik bila kita berpikir dalam kerangka pikiran orang lain. Kenapa yah dia tidak sependapat denganku? Apa alasannya? Atau memang aku belum siap dengan argumentasi bila ia bertanya begini dan begitu. Dalam kasus lain mungkin kita bertanya ; Ada apa yah dengannya? Kenapa dia seperti itu? Dan carilah seribu alasan alias positive thinking, oohh ternyata dia itu maksudnya.....

Karena kita terlahir berbeda, karakter yang beraneka ragam. Jarang sekali terjadi keseragaman dalam berbagai sisi karena perbedaan tempat, lingkungan dan masyarakat. Juga karena pemahaman agama, latar belakang, budaya, bakat, kemampuan, keterampilan bahkan kecenderungan dan kesenangan. Sewajarnya bila saling memahami perbedaan itu agar luwes dalam bersikap.

Seperti nasihat orang bijak, ”Jika kita membutuhkan persahabatan dengan beberapa orang maka bersahabatlah dengan orang yang jika kita membantunya dia akan menjaga hak-hak kita. Jika kita bersahabat dengannya dia bersikap imbang terhadap kita. Jika kita duduk dia menjamu kita. Bersahabatlah dengan orang yang jika kita mengulurkan tangan dengan kebaikan dia juga mengulurkan tangannya. Jika dia melihat kebaikan pada kita dia menyukainya. Jika dia melihat kira kan melakukan kesalahan maka dia akan mencegahnya. Bersahabatlah dengan orang yang jika kita memintanya dia memberi. Jika kita dalam keadaan acuh dia memulai pembicaraan. Jika kita mendapat musibah dia menolong. Bersahabatlah dengan orang yang jika kita berkata dia membenarkan kata-kata kita. Jika kalian mengupayakan suatu hal dia menjadikan kita pemimpin. Jika kalian berselisih dia lebih banyak mengalah”.

Nasihat orang bijak diatas, nampaknya bersemayam dalam diri para sahabat dunia maya saya yang telah menganugerahkan Award tanda persahabatan yang mereka rancang sendiri, masing-masing :

Award dari Mbak Reni

Photobucket

Award dari Mbak Elly Suryani





Award dari Mbak Fanda



Award dari Mbak Fanny Sang Cerpenis




Saya merasa terhormat bisa kenal dengan beliau berempat, kepiawaian mereka dalam menyusun kata-kata membentuk suatu postingan menarik menjadi suatu karakteristik yang tidak dapat diragukan lagi, membuat kita selalu kangen untuk berkunjung ke blog beliau.

Saya yakin sahabat blogger sekalian pasti sudah mengenalnya, kalaupun belum………. Silahkan mampir…….. mumpung belum terlambat.

Semua Award pemberian para jawara di atas, saya akan dedikasikan kepada sahabat, rekan seprofesi “Patriot Pahlawan Bangsa, Pembangun Insan Cendekia”, masing-masing :

1. Puspita Wulandari
2. Sri Suryani
3. Mulyati
4. Lis Indra
5. Agustin Wilujeng
5. Ibnu Kus


Semoga Award ini dapat lebih mempererat tali persahabatan kita, yang nantinya akan menambah motivasi kita semua dalam mencerdaskan anak bangsa. Amin.

Dan untuk Mbak Reni, Mbak Fanda, Mbak Elly dan Mbak Fanny. Sudilah menerima Award dibawah ini, meskipun tidak sebagus buatan Mbak semua, .......



Semoga payung kesuksesan senantiasa bersama kita semua, Amin

Share this article :

57 comments:

  1. test pertamaxx duyuu...
    ??!!@@##$$%%

    BalasHapus
  2. hyaa... jangan2.... ??
    Gpp dech... :D

    Bukan sekedar award... berisi nasihat2 bijak... matur nuhun kang... sukses...

    BalasHapus
  3. Wow..surprise mas! Kata2 tentang persahabatan yg menyentuh banget, awardku dipasang, eh...malah dapet award buatan sendiri lagi. makasih banyak ya mas Iwan, buat awardnya, dan terutama buat persahabatannya!
    Btw, aku datang dgn alamat rumah ketigaku. kalo ada waktu, silakan mampir...

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ... pagi juga .. berubah tampilan yah ... makin keren dan berisi ... trima kasih ...

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum...
    Bahagia sekali mendapat hadiah dari sahabat yang memiliki blog paling spektakuler di antara blog para guru.
    Terus berkarya Pak, walau tidak selalu meninggalkan jejak, namun saya selalu berkunjung.
    Senang sekali bisa bersahabat dengan Anda.
    Semoga semakin sukses.
    Wassalam...

    BalasHapus
  6. satu lagi bang, seorang sahabat yang baik bukan hanya bisa membenarkan kata-kata kita, mereka juga membentuk dan menasehati kita. Salam Damai.

    BalasHapus
  7. duh... pada panen award rupanya yah?
    btw, postingannya manstaff

    BalasHapus
  8. Sahabatmu adalah kebutuhan jiwamu yg terpenuhi....
    Dialah ladang hatimu...
    Yang dengan kasih kau taburi dan kau pungut buahnya penuh rasa trimakasih
    Kau menghampirinya di kala gersang kelaparan ...
    Dan mencarinya dikala jiwa membutuhkan kedamaian ...
    Janganlah ada tujuan lain dari persahabatan ...
    Kecuali saling memperkaya jiwa...

    Selamat atas awardnya ya pak Iwan...

    BalasHapus
  9. kata orang yang katanya bijak "mencari sahabat tuh susahh2 gampang" n bukan sahabat jika menusuk dr belakang :D
    eh eh eh selamat yahhh awardnyaaaa, moga jadi semuangaatttt..:D

    BalasHapus
  10. sahabat....atau dalam istilah ella..nakama.....

    sebuah kata yang sangat ella suka....

    bagi ella yang anak tunggal...kehadiran sahabat..sungguh berarti...menepis segala kesepian yg ada heheehhh.....

    buat bang iwan....makasih dah mau bersahabat dgn ella hehehheh... ^_^

    BalasHapus
  11. sahabat itu adalah cermin...semakin banyak cerimin samakin bagus..heheh..
    panen raya nih..selamat ya mas

    BalasHapus
  12. huhuhu... awardna keren tuh bang... tapi sayank hanya buat mbak mbak ya hihi...

    BalasHapus
  13. Tulisannya keren yaaa
    Pagi ini say ada bahan introspeksi
    makasih ya....

    BalasHapus
  14. Nasihatnya amatlah bijak
    Awardsnya sungguhlah rancak

    Very nice sharing bro.

    BalasHapus
  15. Tulisan yang mantap, seperti biasanya. Wah bang, terimakasih awardnya ya.

    BalasHapus
  16. selamat bang iwan buat ewotnya dr mbak2 penulis, mrk emang inspiratif banget.

    BalasHapus
  17. klo gag beda gag asik bang, beda lebih seru lebih bewarna lebih keren ahahaha...

    BalasHapus
  18. ada lagi bro...kadang kita suka memaksakan pikiran kita ke orang lain, ada juga yg berfikir berdasarkan prasangka sendiri, emang susah ngilangin negative thingking tp klo gitu terus kita gag bakalan liat keindahan dunia

    BalasHapus
  19. sahabat yang baik, adalah sahabat yang selalu mengerti satu sama lain, dan tidak pernah menyakiti,....


    keep your friendship!!!!

    BalasHapus
  20. waduhh...pada panen award nich... selamat yack

    BalasHapus
  21. yuuhuuu...mo nanya lagi nih bang, nama panggilannya iwan ato amri? aq jg bingung? tuing tuing

    BalasHapus
  22. ada lagi, bang orang soppeng wah..kebetulan aq punya teman disana dua orang anak sastra inggris Unhas 03.

    baji baji ji...

    BalasHapus
  23. mantab sob makasih ya info na

    BalasHapus
  24. wah,,saya suka sekali awardnya bang kumis. soalnya karya sendiri. langsung diambil deh. pasti dipajang. tapi sabar ya....and makasih banget.

    btw, sahabat yg baik adalah sahabat yg tidak pernah meninggalkanmu saat kamu sedang ada masalah. dia takkan membiarkanmu sendirian.

    BalasHapus
  25. keren awardnya :) kaga tanggung tanggung dahh banyaknya :)

    kebetulan saiia lg gag bisa berbijak-bijak siang ini, terlalu terik soalnya.. :p

    selamet iia Sir award2nya...

    BalasHapus
  26. wietzz.. nasehat sahabat-nya bagus, di postingan lama saya ada tentang sahabat... award-na mantapzz... bejibun... ^_^ selamat dan semoga tambah semangat ngeblog yup bro..
    tx dah kunjungi ilmu inspirasi air
    btw.. saya perempuan bro... don't call me bro... ok... sis.. :)

    BalasHapus
  27. wietz.. nasehat sahabatnya bagus... di postingan lama saya ada tentang sahabat ...
    awardna mantapz... berjibun... selamat dan semoga tambah semangat ngeblog... dan tx for signup perfectmoney-na bro... ups... comen saya yang pertama da kesalahan bro...

    BalasHapus
  28. Duh, masih musim ewot neh... Selamat, Bos! ;-)

    BalasHapus
  29. salam lestari!
    salam kenal dari kami BeeMoNTaiN
    semoga sukses selalu menyertai bapak..

    BalasHapus
  30. Bijaklah sungguh, kau Kawan;
    menangkap hikmah selintas awan,
    yg terkadang sumbernya tak terpikirkan...

    BalasHapus
  31. keren awardnyaahh....
    kok bisaan sih bikinnya hhmmm jd pgn jg heheh...

    BalasHapus
  32. Waduuuuuuh.. lagi bagi bagi EWOT yaaaaaaaa.. selamat daaaah

    Salam Sayang

    BalasHapus
  33. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang 'tuk sahabatku yang terchayaaaank

    BalasHapus
  34. ulasan mantap
    awardnya pun mantap
    orangnya juga mantap
    tapi ga suka manjat atap
    hiahahahahaha

    selamat bang

    BalasHapus
  35. Bang.., awardnya diposting dengan sangat indah... Nasihat orang bijak-nya juga membuatku tertegun.
    Persahabatan memang indah.. berbahagialah kita masih bisa memiliki sahabat-2 yg peduli pada kita.
    BTW.., awardnya keren sekali.. Terima kasih Bang.. Aku dengan senang hati menerimanya...

    BalasHapus
  36. Nasihat Bijak yang terbungkus dalam award...
    sahabat orang terdekat yang menggapai tangan kita tatkala kita membutuhkan...

    BalasHapus
  37. Thanks God! saya bisa akses blog ini lagi.wow ...awardnya lumayan banyak.Selamat bro...sukses selalu.

    BalasHapus
  38. hmm, akhirnya saya bisa akses blog ini lagi.Selamat atas Awardnya bro...wow lumayan banyak.sukses ya..

    BalasHapus
  39. wwaaaaaaaaaaahhh, postingan arti sahabat yang muantab sebagai award bang....saluuutttt..
    Oiya selamat yaaa award nya...

    BalasHapus
  40. Semoga kian sukses dalam segala hal, bapak Setiawan. Postingan ini sangat terasa sisi humanisnya. Siiipppp banget!

    BalasHapus
  41. kita membutuhkan persahabatan dengan beberapa orang maka bersahabatlah dengan orang yang jika kita membantunya dia akan menjaga hak-hak kita. saya sangat suka dengan kalimat ini yang banyak artinya

    BalasHapus
  42. mampir dimalam hari bang...

    BalasHapus
  43. Lapor.. !! Award sudah terpajang rapi lho..

    http://another-reni.blogspot.com/2009/07/belajar-dan-berkreasi.html

    BalasHapus
  44. Maaf mengganggu yaa.. lagi bobo

    BalasHapus
  45. mampir nongkrong numpang makan sambil liatin burung kecil di bawah kotak postingannya... lucu Sir burung birunya... twitwiiittt twiiittt.. hehehehe...

    BalasHapus
  46. lagi bagi-bagi award ya mas..namaku belum ada.hehehe.Salam kenal mas

    BalasHapus
  47. setuju sama temen2 yg lain, tulisan ttg persahabatan nya mantap bang..
    awardnya jg mantap2..
    selamat ya, bang Iwan
    ^_^

    BalasHapus
  48. selamat ya untuk ewotnya
    semoga mas setiawan makin oke dech
    hehehehe

    BalasHapus
  49. mas, mau laporan. awardnya sdh terpajang...

    BalasHapus
  50. Mampir lagi> Menyapa selamat pagi dan mengajak ayo ngupi, soalnya shoutmixnya belum juga dipasang bang (sebenarnya nanya, kapan dipasang lagi bang ?)

    BalasHapus
  51. Terimakasih sudah sempat mampir ketempat saya, salam kenal dari kelompok Pesaji...

    BalasHapus
  52. tulisannya haru ^.^ ...
    Semoga persahabatan itu langgeng adanya

    BalasHapus
  53. wew.. goodluck mas buat awardnya he..he..

    BalasHapus
  54. Selamat ya Bang atas award-awardnya... Bang Iwan memang pantas mendapatkan award-award itu :)

    Selamat juga bagi sahabat semua yang menerima award dari Bang Iwan :)

    BalasHapus
  55. Saya setuju sekali dengan pemikiran bijak Bang Iwan ini:
    "...akan lebih baik bila kita berpikir dalam kerangka pikiran orang lain."

    Makasih atas pencerahannya Bang... Tetaplah berbagi :)

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  56. Terimakasih nih pak dapat kehormatan... nerima award
    Aduuh... jadi malu nih pak saya... habis blog saya jarang update, karena kesibukan (sok sibuk.. he..he.. ) of line. Apalagi bw, sampai gak tahu rumahnya Pak Iwan dah baru nih... Wah saya pingin benah rumah aja nggak sempat-2...
    Saya boyong dulu ya awardnya...Sukses terus ya...

    BalasHapus
  57. Pak maaf, baru bisa mampir sekarang untuk mengantongi awardnya. Makasih buanyak ya, karena masih ingat saya. Padahal saya lumayan jarang BW..

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger