Home » , , , » HILANGNYA PESAWAT MERPATI DI PAPUA

HILANGNYA PESAWAT MERPATI DI PAPUA

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, Agustus 03, 2009 | 8/03/2009


Pesawat twin otter milik Maskapai Penerbangan Merpati hilang kontak di Papua sekitar pukul 10.15 WIT. Berikut adalah kronologi hilangnya pesawat yang mengangkut 12 penumang dan 3 awak tersebut.

"Schedule kami take off pukul 10.15 WIT," kata Humas Merpari Airlines, Sukandi, kepada detikcom, Minggu (2/8/2009).

Pesawat yang bertolak dari Bandara Sentani, Jayapura menuju Oksibil itu diperkirakan tiba di lokasi sekitar pukul 11.10 WIT. Saat lepas landas, pesawat tersebut dalam kondisi prima.

"Setiap kali akan melakukan penerbangan kita melakukan line maintenance (perawatan penerbangan)," lanjutnya.

Kondisi di sekitar lokasi pun saat itu sangat mendukung. 10 Menit setelah pesawat itu lepas landas, penerbangan dari maskapai lain menangkap komunikasi antara pesawat tersebut dengan tower Bandara Sentani.

"Sempat kontak dengan Bandara Sentani. 30 Menit setelah airborne, awak pesawat sempat kontak," kata Humas Merpati Airlines, Sukandi, kepada detikcom, Minggu (2/8/2009).

Menurut Sukandi, saat itu lokasi pesawat berada para jarak 90 nautical mile, sekitar 30 menit dari Bandara Sentani. Kondisi geografis di sekitar wilayah tersebut, kata Sukandi, terdiri dari pegunungan dan dataran rendah. Kondisi cuaca sendiri saat itu bagus.

Pesawat bernomor penerbangan MZ 9760D, tujuan Jayapura-Oksibil mengangkut 12 penumpang dan 3 awak pesawat. Dua di antara penumpang adalah bayi.

Sinyal komunikasi tersebut tertangkap di koordinat 90 nautical mile, atau 30 menit dari Bandara Sentani. "Belum dipastikan komunikasinya apa. Komunikasi standar penerbangan yang menyampaikan titik koordinat pasti ada," jelasnya.

Sekitar pukul 10.30 WIT, komunikasi pun terputus. Dan pesawat dengan nomor penerbangan MZ 9760D itu hingga kini belum diketahui keberadaannya. (Sumber : detiknews.com)

Sebagai tambahan coba simak beberapa kecelakaan pesawat di tahun 2009 (yang baru masuk bulan ke -8 ini), sumber http://ekojuli.wordpress.com
  1. 16 Januari , Pesawat Merpati Nusantara Airlines pecah ban di bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.
  2. 29 Januari, Helikopter Super Puma terguling di lapangan Terbang Pondok Cabe, Kabupaten Tangerang , Banten
  3. 23 Februari, Pesawat Lion Air MD 90 mendarat darurat tanpa roda depan di Bandara Hang Nadim, Batam
  4. 7 Maret, Helikopter latih jenis Hughes C300 HL 4098 Pusdik Penerbang Angkatan Darat, jatuh di tengah tambak kelurahan Tugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah
  5. 9 Maret, Pesawat Lion Air MD 90 tergelincir dan terjerembab keluar dari landasan pacu selatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat mendarat
  6. 23 Maret, Pesawat Sriwijaya Air Boeing 737-200, mengalami gangguan mesin sebelah kiri dan mendarat darurat di Bandara Hang Nadim, Batam
  7. 6 April, Pesawat Fokker-227 TS, hilang kendali dan jatuh menimpa hangar D Aircraft Services PT Dirgantara Indonesia
  8. 9 April, Pesawat PT Aviastar Mandiri , jatuh di pegunungan tengah Wamena, Kabupaten Jayawijaya,
  9. 17 April, Pesawat Mimika Air jenis Pilatus PK-LTJ, jatuh di Gunung Gergaji , Kabupaten Puncak Jaya,Papua.dan terakhir
  10. 20 Mei, Hercules C-130 A-1325 milik TNI AU jatuh di Magetan Jawa Timur. korban lebih dari 100 al. seorang perwira tinggi TNI AU. termasuk korban penduduk yang rumahnya ketimpa pesawat.
  11. 8 Juni ,helikopter TNI AD jenis Bolkow BO105 bernomor HS7112 yang jatuh di Kampung Cibuni, Rawa Beber, Pagelaran, Cianjur, Dua penumpang yang tewas adalah Kolonel Ricky Samuel dan Kapten Agung. Sementara korban selamat dan menderita luka-luka adalah Lettu Hadi (pilot), Lettu Sasongko (co pilot) dan Letda Agus.
  12. 12 Juni Helikopter Puma 3306 jatuh di Lapangan Udara Atang Sendjaja, Bogor.
  13. 2 Agustus, Pesawat twin otter bernomor penerbangan MZ 9760D milik maskapai penerbangan Merpati hilang kontak di Papua

Maut tidak dapat di undur atau dimajukan, namun dibalik semua itu kita tetap harus menerapkan prinsip kehati-hatian dan kewaspadaan.

Semoga bangsa ini dan kita semua dapat belajar dari semua kesalahan yang pernah terjadi.

Share this article :

44 comments:

  1. trut berduka.......... T_T

    moga keluarga korban bisa tabah.....dan moga cepet ketemu tuh pesawatnya........berharap sih pada selamat....aamiin

    BalasHapus
  2. Semoga tidak terjadi apa dengan pesawat twin otter danbisa ditemukan kembali dengan selamat amiin.

    BalasHapus
  3. hiks..hiks..
    aku turut berduka untuk langit indonesia yang beberapa bulan terakhir mendung dengan berbagai kecelakaan udara
    semoga, pemerintah segera memperbaiki pelayanan
    serta kita sebagai rakyat harus benar2 membantu merawatnya..

    BalasHapus
  4. turut berduka cita :(( betapa maut itu mengintai begitu dekat. Innalillahi...

    Juga, betapa kecilnya kita di hadapan-Nya tatkala berada di atas awan menaiki pesawat. Sungguh, ketka peswat selamat lepas landas adalah sebuah keajaiban. Subhanallah... Wallahu'alam

    BalasHapus
  5. Duh sedih dengar ceritanya ..semoga semuanya baik-baik saja.
    nampaknya negeri ini tak putus dirundung malang dan duka.
    Duh Gusti .....

    BalasHapus
  6. Ah, musibah ini belum usai juga. Semogalah semua selamat; dunia akhirat..
    Nice-share, Bro...

    BalasHapus
  7. Mungkin medannya memang berat yaa...

    Mudah2an ini akan menjadikan kita introspeksi

    BalasHapus
  8. Musibah;
    layak membuat resah,
    namun ridlo tetaplah terdesah...

    BalasHapus
  9. turut berduka...!!!

    ya Allah cobaan apa lagi ini,, kami percaya ya Allah, Engkau tak akan memberi cobaan yang sekiranya kami tak mampu memikulnya!!!!

    buat yang terkena musibah, semoga diberi ketabahan, amin,...

    awardnya udah aq jemput kog maz, cmn lom sempet dikerjain (dipsoting mksdnya), hehe...!!!

    BalasHapus
  10. salam sobat,,trims infonya,,,saya ikut prihatin dengan jatuhnya pesawat merpati...kok ada lagi musibah ini ya ALLAH...

    BalasHapus
  11. iye nih bang, lama gak mampir euy...maklum selain kompi sering ancur2an, inet juga lambreta tralalaaaaaa

    eh, makasih buat infonya :D

    BalasHapus
  12. panjang juga yah daftar kecelakaan pesawat dinegeri ini.... semoga semua ada hikmahnya...

    BalasHapus
  13. wah,,, semoga tidak ada bncana lagi ya sob,, hehe,, mungkin g ya ?? :D

    BalasHapus
  14. Semoga itu adalah bencana terakhir di negeri ini. Makasih infonya.

    BalasHapus
  15. makin banyak ajja denger kecelakaan di atas pesawat :( turut berduka... gmn sii para pengusaha pesawat ini sebenernya ngurusin tambang duit mereka sendiri?!?!??! hhhh...

    BalasHapus
  16. tapi bukan karena pandangan fatamorgana kan? kayak liat air digurun pasir?

    BalasHapus
  17. Semoga keluarga korban tabah menghadapi cobaan ini. amiinnn
    maaf mas, baru sempat mampir. Lagi dikampung beberapa hari ini

    BalasHapus
  18. masya allohu kana wa ma lam yasya' lam yakun...

    BalasHapus
  19. waa iklannya bang iwan.....!!!

    BalasHapus
  20. eh skg pake moderator bang?
    selamet ya rumah baruu euy...

    BalasHapus
  21. tadi aku nonton tipi, tim sar belum dapet pesawatnya...

    hiks... padahal ntar ramadhan, kita harus berduka lagi.. :(

    BalasHapus
  22. mampir sore sahabat bloger, habis ngurus surat buat tutup teori akhirnya selesai juga teori aku tgl konsen ma TA/skripsi. ;)

    BalasHapus
  23. Semoga segera diketemukan dalam keadaan selamat.....Jangan sampai dunia transportasi kita menangis lagi....
    Amin......

    BalasHapus
  24. wah lupa coment dan nyepam kang. berduka lagi pesawat mulai berjatuhan seperti pahlawan aja. kpn ada perbaikan sarana udara tar pd ilang semua

    BalasHapus
  25. test kok komenya kg muncul. hilang kemana kang???????/ test 1 2 3 4

    BalasHapus
  26. itulah tanda2 akhir jaman. byk kecelakaan pesawat.

    BalasHapus
  27. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang

    BalasHapus
  28. Pertanda apakah yang sedang terjadi disini di negeri ini.. mudah mudahan bagi yang mau berfikir akan mengerti dan bebenah diri

    Salam Sayang

    BalasHapus
  29. Waaaah sore sore mampir sambil cari kopi dan gorengan and teman ngobrol neee baaang
    Salam Sayang

    BalasHapus
  30. Wah.., kok berita tentang musibah pesawat terbang lagi.. ?
    Sedih lagi...

    BalasHapus
  31. kopilotnya adalah teman saudara saya.. istrinya bahkan teman baik saudara saya.. dan hanya doa yg bisa diucapkan..

    BalasHapus
  32. sob,,,
    tuk komen skrang pyah ya...
    bgs yg dlu...lbih praktis n luas...

    BalasHapus
  33. waduh kok jatuh terus sih pesawat, :(( dulu adam air, sekarang merpati

    BTW, kok selalu ada warning kalau masuk ke sini bang, ada peringatan malware gituh ... saya menggunakan Chrome

    BalasHapus
  34. sering aku coba komen selalgu gagal kali ini bisa ngga ya

    BalasHapus
  35. ampiran menjelang 'kukuruyuk ayam' tetangga (lagi)... sambil mulai mbaca runutan tanggal2 di atas... hhmmm... hhmm... hhhhh...

    BalasHapus
  36. Ya Allah...musibah lagi...semoga bisa cepat ketemu pesawatnya bro.

    BalasHapus
  37. Halo mas, blognya up todate ya, salam kenal..
    saya baru saja udah jadi followers anda tolong follow jg yahhh di blog saya
    http://bandungthegreat.blogspot.com

    BalasHapus
  38. Kita ikut berduka cita atas hilangnya pesawat ini. Namun berharap yang Kuasa memberikan perlindungan kepada awak pesawat dan penumpangnya. Klau kita coba teliti, apa sih sebenarnya misteri dibalik kecelakaan pesawat yang sering terjadi di negeri kita??

    BalasHapus
  39. iya yah utk kesekian kalinyah ada pesawat jatoh di papua hiks lom ketemu pula', kasian keluarga yg dtinggal:(

    BalasHapus
  40. Pesawat jatuh lagi dan lagi. Menyesakkan dada. Semoga pihak yang terkait langsung dengan kejadian sperti ini bisa segera menemukan solusinya sehingga kejadian seperti ini tidak sering terjadi.

    BalasHapus
  41. saya melihat beritanya kemaren bang, dan berharap semoga diketemukan ya pesawat ini....

    BalasHapus
  42. Semoga segera ditemukan, dan seluruh penumpangnya selamat. Amin.

    Bapak tambah hebat saja. Selamat berjuang.

    BalasHapus
  43. Semoga pesawatnya segera ditemukan dan seluruh penumpangnya selamat. Amin.

    Saya ketinggalan berita, karena harus menunggu anak sakit di RS. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  44. akhir2 ini koq banyak pesawat yang jatuh. apakah ada gelombang baru di udara yang mengakibatkan kerusakan mesin pesawat ???

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger