Home » » SIAPA PENEMU BENUA AMERIKA ?

SIAPA PENEMU BENUA AMERIKA ?

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, November 05, 2009 | 11/05/2009

Siapa yang paling pertama menemukan Benua Amerika?
Pertanyaan ini muncul dari salah seorang rekan Guru Sejarah ketika kami semua kumpul saat jam istirahat tadi,… maka terjadilah diskusi kecil-kecilan.. ada yang jawab Americo bla…bla…., ada yang jawan Christoper Columbuz, ada juga yang menjawab Vasco da Gama.Jawaban yang sangat menarik bagi saya untuk turut bergabung, meskipun jawaban yang saya siapkan belum tentu kebenarannya.

Saya kemudian mengemukakan pendapat yang agak berbeda, sesuai dengan apa yang pernah saya baca dari situs http://www.angingmammiri.org

Orang yang paling sangat pertama menemukan Benua Amerika sesungguhnya adalah Orang Indonesia yang bersuku Bugis Makassar. Namanya Karaeng Pa’Runtu’ Dg Passap’pa’ beserta kawan-kawan kelompok pelaut bugis.

Ceritanya seperti ini,……, Pada zaman Dahulu kala, bahkan sampai sekarang. Orang Bugis Makassar dikenal sebagai pelaut ulung. dengan menggunakan perahu bertiang dua yang disebut Pinisi, ( dibuat di Kampung Ivan Kavalera)

Karaeng Pa’Runtu’ Dg Passap’pa’ dan rombongan sementara berlayar, dalam perjalanan kapalnya terserang Badai yang sangat besar yang lebih dikenal dengan nama AQUA LAGUNA dan akibatnya Karaeng Pa’Runtu’ Dg Passap’pa’ beserta rombongan terdampar di sebuah pulau yang sangat asing dan tak berpenduduk. Rombongan lalu memasuki hutan meskipun mereka tahu kemungkinan besar akan menemukan banyak binatang super buas.

Setelah menyusuri hutan beberapa lama, mereka tidak berhasil menemukan manusia di semua bagian pulau, mereka akhirnya kembali ke pantai dan berusaha memperbaiki kapal dengan menggunakan peralatan yang ada dan bermaksud untuk melakukan pelayaran pulang ke Tanjung Bunga Makassar. Sialnya, layar telah berkembang tapi angin tak kunjung bertiup hingga asa tak sampai walaupun rindu akan kampoeng halaman telah menyergap seluruh rombongan , mereka kemudian memutuskan membaca mantra ajaib dari timur lalu beramai-ramai memanggil angin.

Am’mirik’ko…..…
Am’mirik’ko….....
Am’mirik’ko….....

(Bugis:Am’mirik’ko= Berhembuslah), semua crew berteriak…

Angin akhirnya berhembus dan mengembangkan layar perahu mereka yang membawa Karaeng Pa’Runtu’ Dg Passap’pa’ dan crew tiba kembali di kampung halaman.

Sesampainya di Tanjung bunga, Kapal berlabuh dan semua awak turun. Setelah semua awak turun, Karaeng Pa’Runtu’ Dg Passap’pa’ merasa ada yang kurang. Setelah berpikir agak lama, barulah dia menyadari bahwa salah satu awaknya tertinggal di pulau aneh itu. Awak yang tertinggal itu adalah SAMSUDDIN

Sementara itu di sebuah tanjung, Syamsuddin terus menunggu dan berharap teman-temanya akan kembali dan menjemputnya. Tapi, yang datang adalah pelaut-pelaut portugis.

Orang Portugis bertanya dalam bahasa latin “Apa nama pulau ini?“, Syamsuddin bingung karena tidak mengerti bahasa latin. Dia mengira orang portugis itu menanyakan apa yang dia lakukan di pulau ini. Diapun menjawab dalam bahasa Internasional (Bugis Makassar) “aku ditinggalkan temanku, Apa kalian berpapasan dengan orang-orang yang berteriak Am’mirik’ko?.

Orang Portugis mengira Am’mirik’ko adalah nama pulau itu. Para pelaut Portugis itupun kembali ke kampung halamannya lalu melaporkan tentang sebuah pulau yang bernama Tanah Ameriko, yang selanjutnya disebut Amerika.

Selama ini Amerika telah menutup-nutupi bahwa Orang Bugis Makassarlah yang menemukan Benua Amerika. Mereka tidak ingin Dikatakan sebagi anak cucu Syamsuddin (baca:orang Indonesia). Bagaimanapun hal tersebut ditutup-tupi, Amerika tetap berjuluk Negeri Paman SAM (-suddin).

Mereka juga tidak menyadari bahwa nama Amerika adalah padanan kata dari Am’mirik’ko. Dan, Tanjung Tempat syamsuddin menunggu dan mengharapkan teman-teman yang tak akan pernah menjemputnya kemudian dikenal sebagai TANJUNG PENGHARAPAN.

Terlepas dari benar tidaknya kisah ini,…… beberapa teman yang mendengarkan jadi nyerah dan nggak ada komentar lagi….

Bagaimana dengan komentar anda?????


Share this article :

37 comments:

  1. Wah, asyik jadi yang pertama...secara blog ini udah ngetrend banget diantara para blogger, hehe...ceritanya menarik banget pak!! Kalau dibilang cerita ini rekayasa tapi kenapa pas banget ya? Dibilang bukan rekayasa, kok agak bernada intermezzo juga...hmm, yang pasti bagus banget, seumur2 baru sekarang saya denger cerita lain tentang penemuan benua Amerika, met sukses :)

    BalasHapus
  2. Wekekekekkk...pak guru bisa aja..!! kehandalan para pelaut Bugis saja sudah membuat bangga, apalagi bila cerita itu benar adanya...wah !

    BalasHapus
  3. wuiiiikkkkk menarik ceritanya, aq baru tau dan kebenarannya juga aq belum tau secara aq barutau ceritanya dari blog ini.....

    tapi secara kebetulan banget yak, paman SAM, Tanjung Pengharapan dan Am'mirik'ko

    BalasHapus
  4. Ya, wallahualam tapi terlepas dari kebenarannya, kisah ini memang udah turun temurun di Sulawesi. Tapi ada satu poin menarik yaitu: 75% metodologi penelitian sejarah di dunia justru bersumber dari legenda dan cerita rakyat sebab mereka memprsaksikan scara turun temurun dan dikisahkan secara lisan mauoun tulisan.

    BalasHapus
  5. sambil mencari siapa sebenarnya yang pertama menemukan benua amerika, sekalian deh di cari siapa orang yang pertama membuat cerita ini. heheheheh........

    BalasHapus
  6. Ewako....
    nenek moyangku seorang pelaut...

    BalasHapus
  7. lucu juga... tapi kesamaan itu apa benar?

    BalasHapus
  8. Wah mau dicari kebenarannya susah juga ya, setahuku sih selama ini Columbuslah yg nemuin Amerika. bener ato ga? Yah dianggap bener aja deh, soalnya dengan menjawab itu pelajaran IPSnya dapet 100 dulu...

    BalasHapus
  9. Akan lebih mudah diceritakan jika itu kenyataan sebenarnya. Asal usul kata Amerika juga bagus! :-)

    BalasHapus
  10. Cerita di atas lebih seru dari cerita Columbus

    BalasHapus
  11. eh beneran ya ini, kok jd lucu yaa.. Negeri paman Sam (sudin) biisaaa ajaa..

    BalasHapus
  12. ooh..pantesan Barack Obama berasal dari indonesia..hihi...:)

    BalasHapus
  13. baru dengan cerita ini. seru juga kalo emang ceritanay benar

    BalasHapus
  14. *mulut membentuk O*
    begitu toh ceritanya, aku baru tau loh, wkwkwkw...iya, pantesan negri paman sam yak, hahahah...

    BalasHapus
  15. no offense ya pak...

    orang indonesia memang selalu paling bisa klo disuruh menghubung-hubungkan.... :)

    sama kayak tulisan yang mengatakan orang batak ada keterkaitan dengan bangsa yahudi....

    BalasHapus
  16. Wuaaah... baru tau ini saya, tapi terlepas dari benar ndaknya cerita ini, kita sbg warga Indonesia blh berbangga karna nama Amerika itu sebenernya berasal dari bahasa Bugis,

    BalasHapus
  17. wah...setahuku waktu pelajaran di sekolah sih Christhoper Columbus ya?hehehe.

    BalasHapus
  18. lelucon yang cukup masuk akal.
    tapi apab benar ya ?
    kalo menurut saya yang menemukan benua amerika adalah orang indian. karena kolumbus atau yang lain yang kesana aja pasti sudah ada orang indian disana. tapi karena orang inggris yang membuat buku sejarah. maka dibuatlah/disetujui bahwa coumbus orang yang menemukan benua amerika.
    begitu ceritanya ...

    BalasHapus
  19. Jadi paman sam itu ( samsudin ) ya bang...hehe.Bisa aja deh...

    BalasHapus
  20. Mas sie penemu Amrik org Indonesia bersuku bugis....kereeeennnn banget dunk....

    BalasHapus
  21. Sebuah wacana baru, bagi saya. Am'mirik'ko..., berhembuslah, .....amerika. Ya, mungkin saja. Selama ini kita mengenal suku Bugis sebagai suku pelaut, penjelajah dunia yang gagah berani. Postingan mantap bang Iwan.

    BalasHapus
  22. heee...
    ceritanya beneran gak tuh?? orang bugis keren, bisa berlayar sampe amrik...

    BalasHapus
  23. oh gitu toh storynya nyerah deh nggak bisa komentar lagi

    BalasHapus
  24. Wah... Sungguh mengejutkan

    Ternyata yang menemukan nya Orang Indonesia..

    gaK nyangka Negara nomor 1 yang menemukan orang Indonesia tapi kebanyakan buku yang mengatakan Colombus lah yang menemukan...

    Terlepas tidak benarnya itu. Sebuah sejarah harus tetap di tulis dengan sebenar-benarnya....

    Hidup Rakyat Indonesia.....!!!!

    BalasHapus
  25. WKwkwkkw...ada2 aja ni si mas, ixixixx...
    Tapi emang sih, masuk akal juga, hahaha..

    BalasHapus
  26. Wah..wah..wah, kok si mas bisa dapet lelucon ini yah..?? Hehehhe...
    Lucu tapi masuk akal :D

    BalasHapus
  27. saya tidak dapat berkata-kata pak guru...saya baru tahu kalau ceritanya seperti itu...

    bersyukur mempunyai darah bugis...

    BalasHapus
  28. wkwkwkwkwk... aneh tapi masuk akal juga... yang menjadi pemikiran saya malah si kapten kapal... kok tega ninggalin anak buahnya sendirian di pulau asing... apa gak diabsen dulu yah sebelum berangkat,,,, hihihihih

    BalasHapus
  29. udah lm tak berkunjung pa kbr ?

    BalasHapus
  30. masuk akal juga heheehe,, keren logis pemikirannya, seperti melihat kue di dapur, pasti laper (gak nyambung yah)

    BalasHapus
  31. lah emangnya beneran begitu yah, kalo gitu isi pelajaran sejarah musti dibenerin semua dunk hehehe

    BalasHapus
  32. Ceritanya sangat menarik, pak. Sepertinya harus ada kajian fenominologis-antropologis deh. Agar cengkraman hegemoni Barat tidak tersu menerus bercokol di benak kognitif masyarakat Timur.

    Salam akrab Pak..

    BalasHapus
  33. wah... seru ceritanya... ternyata berasal dari bahasa bugis toh?

    BalasHapus
  34. wah seru banget ceritanya..lucu banget..tapi kebenarannya jauh tuch......

    BalasHapus
  35. hahahahaha..........
    gokil neh blog.........

    BalasHapus
  36. bagus banget ceritanya tuh

    BalasHapus


KOMENTAR ANDA SANGAT KAMI HARAPKAN UNTUK PENGEMBANGAN BLOG INI

MOHON MAAF, KOMENTAR YANG MENGANDUNG LINK TERPAKSA SAYA HAPUS.

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : METROLISA
Copyright © 2013. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger