Home » » DANAU TEMPE YANG MEMPESONA

DANAU TEMPE YANG MEMPESONA

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Januari 07, 2010 | 1/07/2010

DANAU TEMPE
Danau Tempe adalah salah satu obyek wisata di Sulawesi Selatan yang banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Danau yang luasnya 13.000 hektar ini, jika dilihat dari ketinggian tampak bagaikan sebuah baskom raksasa. Danau ini menjadi sumber penghidupan, mencari ikan, tidak hanya bagi masyarakat Kabupaten Wajo, tapi juga sebagian masyarakat Kabupaten Soppeng (tempat saya bermukim) dan Sidrap. Disepanjang tepi danau, tampak perkampungan nelayan bernuansa Bugis berjejer menghadap ke arah danau.

Danau Tempe merupakan penghasil ikan air tawar terbesar di dunia, karena dasar danau ini menyimpan banyak sumber makanan ikan. Selain itu, danau ini juga memiliki spesies ikan tawar yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Hal ini diperkirakan karena letak danau ini berada tepat di atas lempengan Benua Australia dan Asia.

DANAU TEMPE
Ditengah-tengah Danau Tempe, tampak ratusan rumah terapung milik nelayan yang berjejer dengan dihiasi bendera yang berwarna-warni. Dari atas rumah terapung itu, wisatawan dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari di satu posisi yang sama, serta menyaksikan beragam satwa burung, bunga-bungaan, dan rumput air yang terapung diatas permukaan air. Di malam hari, para pengunjung dapat menyaksikan indahnya rembulan yang menerangi Danau Tempe sambil memancing ikan.

DANAU TEMPE
Disetiap tanggal 23 Agustus diadakan festival disebut Maccera Tappareng (mensucikan danau) yang ditandai dengan pemotongan sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan setempat. Dalam acara ini, para pengunjung dapat menyaksikan berbagai atraksi wisata yang sangat menarik, seperti lomba perahu tradisional, perahu hias,permainan rakyat (misalnya, lomba layangan), pemilihan ana? dara(gadis) dan kallolona (pemuda) Tanah Wajo, padendang (menabuh lesung),pagelaran musik tradisional dan tari bissu yang dimainkan oleh para waria, dan berbagai pagelaran tradisional lainnya.

DANAU TEMPE
Pelaksanaan festival ini dimaksudkan agar nuansa kekeluargaan dan persatuan antar sesama nelayan tetap terjaga dengan prinsip ?3-S?,yaitu Sipakatau, Sipakainge, dan Sipakalebbi (saling menyegani, salingmenasehati, dan saling menghargai). Dengan menyaksikan festival ini,para pengujung dapat mengetahui tentang kebudayaan masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan, khususnya Bugis Wajo.

DANAU TEMPE
Danau ini terletak 7 km dari Kota Sengkang, ibukota Kabupaten Wajo.Untuk mencapai tempat ini, dari Kota Sengkang ke Sungai Walennae dapat ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan mobil pete-pete(mikrolet). Dari Sungai Walennae menuju ke Danau Tempe ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan perahu motor atau katinting, dengan biaya sekitar Rp. 50.000,- hingga Rp. 75.000,- per-orang.

Share this article :

62 comments:

  1. fotonya bagus, tempatnya pasti juga indah. wah..kapan bisa ke sana yak...

    BalasHapus
  2. Nomor 2 nih..
    Danau tempenya benar2 indah ya!
    Kapan-kapan, mau juga berkunjung kesana.

    BalasHapus
  3. Foto-fotonya indah sekali bang ,tapi ibu itu gigit telinga sapi ya bang ? ..

    Oh ya aku udah nyicipin kue epenya lho bang yg dikirim menantuku ,kalo mau nyicipinsilakan datang aja keblog cinta hakiki hehehe....

    BalasHapus
  4. Danau yang sangat indah,
    Sayangnya saya belum sempat ke sana,

    BalasHapus
  5. Wah..benar2 indah pak pemandangannya, apalagi pemandangan saat2 matahari tenggelam...

    BalasHapus
  6. kelihatannya sangat sejuk y sob pemandangannya, mantab sip dah

    BalasHapus
  7. danau tempe itu bersambung dengan yang di teteaji ya, kalau yang itu saya udah pernah pergi tuh nikmati ikannya

    BalasHapus
  8. Wah! kirain danau tempe banyak tempenya.. hehehe

    BalasHapus
  9. Asal muasalnya disebut danau tempe gimana yach ?
    Apa tempe juga salah satu makanan khas sana juga ? Ada yang tau ???

    BalasHapus
  10. Indahnya alam ini...
    Kak, ada award dirumahku, jika berkenan ambil ya...

    BalasHapus
  11. Waktu SD saya sudah baca dautempe, tapi ini lebih menarik
    dau tempe bukan krn banyak produsen tempe ya?

    BalasHapus
  12. banyak juga ya tempat yang indah di Indonesia, saya baru tahu neh ada danau tempe.

    BalasHapus
  13. salam sejahtera
    mohon maaf ya
    kalo sebelumnya
    ada komen saya yang tidak mengenakkan
    tentang danau tempe
    saya belum pernah berkunjung ke sana
    tapi-kta teman-teman danaunya indah

    BalasHapus
  14. semoga saja danau tempe dapat terus terpelihara
    amiin..

    BalasHapus
  15. Indonesiaku memang indah dan kaya akan budaya. salah satunya Danau Tempe ini. Artikel mantap, daeng.

    BalasHapus
  16. TERIMAKASIH TELAH DIBAGI DI SINI. KEREN.

    BalasHapus
  17. idem ma Mbak Fanny, kenapa dikatakan Danau Tempe. Ada sebuah list baru yang saya daftarin dikepala otak saya, thun ini, saya pengen ke Kalimantan, Makassar dan Palembang :)

    Pak, kalau saya ke Makassar, boleh kopdaran khan...??? :)

    BalasHapus
  18. Btw, kemarin, saya ke Sumatra, menyusuri 3 kota pak. Bukittinggi, Padang dan Pekanbaru. :)

    BalasHapus
  19. Pak, singgah kesini sebentar yah... :)

    BalasHapus
  20. :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  21. hehehe.. Bang SETIAWAN belum KIRIM saya EMAIL alamatnya yaaaaaaa..

    BalasHapus
  22. alamat email saya laskar.id13@yahoo.co.id

    saya tunggu bang

    BalasHapus
  23. weiss yang terakhir kepala kebonya...

    udah tak link ya pak.. hihihi aku suka lupa ngelink kalo ga diingetin..maaf ya...

    BalasHapus
  24. ck ck ck...
    sekali lagi Indonesia menjadi satu-satunya di dunia. tapi kenapa tidak seterkenal Bali?
    mari kita refleksikan bersama...

    BalasHapus
  25. Mantab DANAUNYA jadi pengen maen kesana.........

    BalasHapus
  26. Pemandangan di Sulawesi ternyata indah-2 ya Bang... Aku jadi pengen banget suatu saat bisa kesana. Doain ya Bang...

    BalasHapus
  27. danau indah dengan foto langit yg luar biasa mas,..dan...namanya itu...danau tempe,unik ya sama seperti nama makanan favorite saya.

    BalasHapus
  28. wooow.. indah nian bang.. lucu lagi.... :D

    BalasHapus
  29. kayaknya harus memasukkan sulawesi sebagai holiday list nih...keren bener tempatnya
    pengen poto T^T

    BalasHapus
  30. indah pemandangan sunset nya,apalgi klo kesana y bisa2 betah gak balik2....jieeeehhh

    BalasHapus
  31. ga sempet ke Tempe kemaren bang
    lain waktu mau ku ubek-ubek seluruh Sulsel

    BalasHapus
  32. keren2 fotonya...
    tapi yang terakhir ada kepala kerbaunya yah,.. ehuehueheue

    BalasHapus
  33. indah sekali mas...
    luas juga ternyata...
    kapan ya bisa kesana...

    BalasHapus
  34. Si emak kok makan kebo mentah ya bang?hehehe emang enak ya?aq suka bgt dengan wisata air bang......sayangnya lg ngirit karena di PHK.....jd ga bisa maen n jaran bewe......posting juga terjadwal...maap jarang kemari ya bang.....

    BalasHapus
  35. Kalau di Bali, ada namanya "Jalan Danau Tempe" wah.. tempat yg supa dupa negatif tuh.., Mas.

    Tapi ternyata wisata alam danau ini indah sekali ya.. ngeri sama kepala kerbau / sapi nya....

    (T.T) kasihan...

    BalasHapus
  36. kapan bisa kesana ya om.. huhuh sapinya nakutin..

    BalasHapus
  37. kebo'nya sudah tinggal kepala, pake digigit lagi..
    Kacian deh....

    makasih yah...

    BalasHapus
  38. keren banget tempatnya
    pengen kesana

    BalasHapus
  39. Danau Tempe..,

    Saya Belum pernah kesana.., padahal sudah dekat.., sayang kalau tidak menyaksikan Sinrise dan Sunset seindah ini..,

    BalasHapus
  40. kapan bisa kesana ya om.. huhuh sapinya nakutin..

    KEREN banhed oie

    Komen balik di rumah gus ikhwan yang baru ya si WP CMSnya GUS ikhwan

    BalasHapus
  41. Baru tahu kalo Sungai Tempe itu terletak di pertemuan lempeng Australia dan Asia. Thanks infonya mas...

    BalasHapus
  42. wah foto2nya bgs, jadi pengen kesana tapi jauh bgt ya..
    foto yang sama kepala sapi agak menyeramkan.. hahaha..

    BalasHapus
  43. 3 S.. kerenan S3 bang hahaha...

    BalasHapus
  44. tapi dibanding danau, aku masih lebih suka ke laut bang... :P

    walopun demikian, reviewnya kerennnnn abiss....terutama itu kepala kebo :))

    BalasHapus
  45. danau tempe emang eksotis, dari namanya aja sudah terdengar enak, apalagi kalo di sebelahnya ad danau tahu dan sebelahnya lagi ada danau minyak goreng, di tambah cabe rawit...

    hmmm.... gorengannya pasti enak kalo dimakan sore-sore pas ujan kek gini hihi...

    BalasHapus
  46. jD pengen ni jLan2 ke Danau Tempe.

    BalasHapus
  47. met sore. baru sempet kemari lagi nihl.

    BalasHapus
  48. aku belum pernah ke sana om, tapi insyallah akan nabung dulu buat melihat keindahannya

    BalasHapus
  49. sore..baru sempet nih kemari laig.

    BalasHapus
  50. Sempat kaget juga dengan Namanya, Danau Tempe.
    Kalau di Kalbar ada danau penghasil ikan terbesar di Kalbar (Danau Sentarum), cuma sayang beberapa waktu yang lalu sempat rusak karena cara panen yang salah. Tetapi sekarang sudah bagus, mudah-mudahan hal ini tidak terjadi dengan Danau Tempe.

    BalasHapus
  51. wiiiiiiiiiiiiihhhh...suka bangeeet liat fotonyaaa...indah puol!

    BalasHapus
  52. wah. mantap nih, pak. alam sulawesi sepertinya masih jarang dibahas di blog. paling cuma keindahan alam sulawesi utara atau sulawesi tenggara yang banyak ditulis orang..

    saya tunggu artikel2 selanjutnya, Daeng. :D

    BalasHapus
  53. aduh belum pantai losari sudah datang danau tempe...
    ihik ihik

    BalasHapus
  54. kak kok ibu itu photnya gigit telinganya kepala kerbau?

    idih apa gak bau?takut?atau hanya pas photo saja?

    hi hi bagus amat ya...

    BalasHapus
  55. Itu bener asli foto Danau Tempe...Bagus banget...kayak gak percaya kalo itu kepulauan yang ada di Indonesia

    BalasHapus
  56. Tradisi Maccera Tappareng, tradisi yang sangat baik disamping melestarikan norma2 budaya juga bisa memancing para turis domestik ataupun manca negara.
    Postingan yang luar biasa
    Salam

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger