Home » , , » BUKU ADALAH INVESTASI JITU

BUKU ADALAH INVESTASI JITU

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, April 25, 2010 | 4/25/2010

BUKU INVESTASI JITU
Dalam postingan saya beberapa waktu yang lalu berjudul Makanan Cepat Saji. Saya memberikan sebuah illustarsi tentang buku, yang saya sejajarkan dengan makanan cepat saji, bahkan lebih seru. Karena, Buku tidak habis pakai, Ia selalu bisa dinikmati kapan kita mau, dan Ia merupakan pengantar paling setia kita menuju masa depan yang lebih gemilang. Karena itu, Buku merupakan investasi jitu.

Buku adalah lautan ilmu, lautan tanpa batas yang akan membuat kita selalu ingat dan ingin kembali berlayar di atas ombaknya.

Buku ibarat sebuah kompas, menolong kita keluar dari kebodohan, menuju padang pengetahuan yang indah, harum dan berwarna-warni.

Buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya. Sedangkan membaca adalah berkaca, langkah memahami diri tanpa perlu merasa cacat dan malu.

Beberapa hari yang lalu, kembali saya mendapatkan sebuah Tag dari Nuansa Pena yang bertajuk 'Tag 3 Buku yang sedangKubaca'.

Tag book ini, tak seperti tag-tag lainnya yg terasa membebani, memang membawa banyak manfaat, Lewat daftar yg diberikan teman2, kita sekaligus dapat wawasan tentang buku2 bagus yg mungkin selama ini terlewat dari memori kita.

Berikut adalah Jawaban Tagnya :

Buku I
MENJEMPUT BEKAL KEMATIAN
Oleh : Ali Shalih Al-Hazza

Meskipun buku ini sudah lama saya tamatkan, namun ada beberapa kalimat yang pantas untuk saya sering baca sebagai bahan perenungan. Berikut petikannya :

Pejamkanlah mata anda lima menit. Bayangkanlah detik-detik sakaratul maut yang suatu saat pasti menimpa anda. Bayangkanlah beratnya pencabutan nyawa, kesakitan dan penderitaannya. Bayangkanlah ketika nyawa anda benar-benar telah lepas dari tubuh anda. Dan itulah kematian. Bayangkanlah saat perpisahan anda untuk selama-lamanya itu dengan isteri, orangtua, anak-anak, kerabat, orang-orang tercinta dan segenap sahabat anda. Jasad anda dibawa ke tempat pemandian. Anda dimandikan dan dikafani. Selanjutnya anda dibawa ke masjid untuk dishalatkan. Lalu anda dipanggul di atas pundak orang-orang untuk dikuburkan.

Bayangkanlah bahwa malam ini adalah malam pertama anda di kuburan! Bayangkan kedatangan malaikat Munkar dan Nakir yang akan menguji anda dengan beberapa pertanyaan. Bayangkanlah kengerian anda seandainya tiba-tiba lidah anda kelu tak mampu menjawab. Bayangkanlah amal perbuatan anda yang dijelmakan menjadi manusia untuk menemani anda. Apakah ia seorang manusia yang rupawan atau manusia terjelek yang pernah anda lihat?

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Buku II
MENJADI PENGANTIN SEPANJANG MASA
Oleh : Syaikh Fu'ad Shalih

Pernikahan menyingkap tabir rahasia. Suami mengerti, istri yang dinikahi tidaklah semulia Khadijah,setakwa Aisyah, atau secantik Zulaikha. Dia hanyalah wanita akhir zaman yang bercita-cita menjadi shalihah. Pun demikian bagi istri. Ia memahami sang suami tidak semulia Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,segagah Musa Alaihissalam, atau setampan Yusuf Alaihissalam. Dia hanyalah lelaki akhir zaman yang bercita-cita membangun keturunan yang shalih.

Berbahagialah Anda yang telah memahami bahwa pernikahan adalah bersatunya dua kecenderungan yang berbeda. Dengan menyadarinya, Anda akan menjalani kehidupan rumah tangga dengan mudah. Bila Anda seorang pria, Anda akan berusaha untuk menjadi sosok pribadi shalih yang akan meluruskan kebengkokan istri dengan kesabaran. Memandang istrinya sebagai miliknya yang paling berprice.

Bila Anda seorang wanita, Anda akan berusaha menjadi cahaya mata dan pelipur lara. Pendidik generasi Rabbani yang mulia. Buku ini sengaja ditulis oleh Syaikh Fuad Shalih sebagai bekal bagi pribadi yang sedang menyiapkan dan merawat pernikahan. Sehingga terwujud keluarga yang sakinah mawaddah, dan rahmah. Selamat menjadi pengantin sepanjang masa.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Buku III
BUMI CINTA
Oleh Habiburrahman El Shirazy



Apa jadinya, jika seorang santri salaf, bernama Muhammad Ayyas, hidup di negeri paling menjunjung tinggi seks bebas dan pornografi, yaitu Rusia? Akankah iman dan kehormatan-nya dipertaruhkan demi memenuhi hasrat duniawi nonik-nonik muda Moskwa, yang kecantikannya tiada tara?

Ayyas sudah memejamkan kedua matanya. Ia ingin segera lelap. Tetapi bayangan Yelena dengan segala keindahan tubuhnya, yang baru saja dilihatnya meskipun sekejap, seolah hadir di pelupuk matanya. Bayangan wajah cantik Anastasia Palazzo juga menari-nari di pelupuk matanya. Darah mudanya menghangat. Ayyas berusaha menepis bayangan itu tetapi tidak mudah.

Bayangan itu seperti telah tersimpan dan menempel erat di salah satu sudut hatinya. Seperti virus di komputer yang tidak mudah dihilangkan. Ayyas merasa ujian keimanan ini terasa lebih berat dari musim dingin yang paling menggigit sekalipun.

Rasa dingin yang menggigil itu bisa hilang begitu saja ketika ia masuk di kamarnya yang hangat oleh pemanas. Tetapi virus moleknya Yelena dan cantiknya Anastasia tidak mudah dihilangkan. Meskipun ia telah shalat dan membaca Al-Quran, virus itu tidak juga terdelete sempurna, masih tersisa, hanya bisa dijinakkan. Ayyas membaca istighfar berulang kali. Lebih dari tujuh puluh kali. Dalam istighfar ia teringat pesan Kiai Lukman Hakim, saat ngaji di Pesantren Kajoran Magelang dulu,

“Ingatlah Nak, kecantikan wanita itu yang jadi sebab para santri dan satria agung batal bertapanya!”

Ayyas terus berzikir dan beristighfar sampai tertidur. Dalam tidurnya yang pulas, Ayyas bermimpi ada dua ekor ular masuk ke dalam kamarnya dan memburunya.

~~~~~~~~~~~~~~~

Pada kesempatan ini juga saya mengucapkan terima kasih pada Bang Pendi yang sudah memberikan Award Keren dalam rangka ulang tahun blognya :

award

Ucapan terima kasih yang tak terhingga juga saya sampaikan buat sahabat TRIMATRA, yang telah menganugerahkan Award Persahabatan, meskipun saya jarang mampir diblognya.


Untuk selanjutnya, Tag dan Award ini saya persembahkan buat sahabat :
  1. FOUR DREAMS
  2. Jumialely
  3. BrenciA KerenS
  4. NINDALICIOUS
Moga sahabat berlima sudi menerimanya




Share this article :

58 comments:

  1. selamat ya bang semoga lebih semangat lagi berkarya

    BalasHapus
  2. pertamanyakah????
    bila tak pertama gak papa.....

    buku : gudang ilmu, membaca : pembuka cakrawala dunia,
    baca buku adalah jendela dunia...

    BalasHapus
  3. wah mas...terima kasih atas intisari dari buku yang mas baca, lumayan buat nambah renungan hari ini dan seterusnya

    Tentang link download lagunya ntr mas, sengaja di buat nanti , maksudnya biar kena di seo ghytuuu

    BalasHapus
  4. Buku-buku yang pak Iwan baca memang bagus-bagus tuh pak, apalagi buku Bekal Kematian...jadi merasa kalau bekal saya belum seberapa jika ajal menjemput. Wah...jadi takut nih ! he..he

    Oh ya makasih pak sudah pajang awardnya bang Pendi
    Salam hangat & sukses selalu...
    Met wiken...

    BalasHapus
  5. waaaah ada namakuuuu ^^

    makaci... makaci...
    disimpen dulu ya Om...

    BalasHapus
  6. aq suka baca buku, tp g semua buku aq suka, intinya aq kalau baca buku tergantung mood q

    BalasHapus
  7. Wah,, keren tuh ilustrasinya ..;)
    Selamat juga atas awardnya yah .. **

    BalasHapus
  8. Subhanallah, Buku Pertama dan ulasannya membuat merinding, trims tagnya sudah dikerjakan!
    Tag ini punya keuntungan kita bisa tahu buku yang bagus dan layak dibaca, tinggal pilih dan beli!

    BalasHapus
  9. review 3 buku yang sangat menarik bang Iwan, btw review buku III Bumi Cinta benar2 bikin penasaran, bagaimana akhir dari mimpinya Bang ? Salam

    BalasHapus
  10. Selamat Bang Iwan sudah menyelesaikan Tagnya dan Awardnya, nitip salam kenal tuk bang Pendi, selamat ulang tahun untuk Blog-nya, semoga bertambah sukses.

    BalasHapus
  11. Betapa indahnya menjadi pengantin sepanjang masa, idaman semua orang!

    BalasHapus
  12. wah bukunya bagus2 semua neh bang
    baru ngeliat award api itu ternyata gif yang bergerak
    mantap

    BalasHapus
  13. selamat udah kerja tagnya salah satu yang diatas buku dari kangboed ya bang

    BalasHapus
  14. yang ttg bumi cinta itu, berarti dua cewek itu ularnya...
    kayanya bumi cinta seru deh

    BalasHapus
  15. iya bang, buku merupakan sumber ilmu ..btw selamat atas tag dn awardnya bang....

    BalasHapus
  16. selamaat bang telah membaca banyak buku untuk membangun diri dan menyadarkan diri
    saya juga menjadi sadar bahwa kehidupan tidak akan keka;

    BalasHapus
  17. saya juga memulai membaca bang walau masih belum bisa terbiasa
    untuk lebih banyak menggali ilmu dari membaca
    selamat atas awardnya keren yang berkobar bang

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  18. MENJEMPUT BEKAL KEMATIAN aku telah mencobanya, dan entah, aku tak sanggup untuk berkata, ya allah.. aku ingin menjalani hidup ini lebih lama lagi, agar kelak dalam kubur aku mampu menjawab malaikat munkar-nakir dan di temani oleh pangeran ganteng :|.

    aku pengen baca buku itu, membaca semuanya ..

    BalasHapus
  19. dan lagi, semoga kelak punya suami yang salih ;)), tapi bukan pak salih, ntar insyaallah beli bukunya ah :D

    BalasHapus
  20. Buku III
    BUMI CINTA
    Oleh Habiburrahman El Shirazy


    pengen bacanya ... di toko buku sudah ada apa belum ya .. ?

    BalasHapus
  21. salam sahabat dan salam persahabatan sahabat aku
    saya sepakat dengan bang iwan, dengan membaca kita bisa menggali ide buat bahan postingan dan semoga kelak dapat blog to book

    BalasHapus
  22. salamsobat
    benar buku adalah investasi jitu,karena banyak yang kita tahu dari bacaan buku tersebut.
    sip banget buku menjadi pengantin sepanjang masa.
    selamat atas AWARDnya.

    BalasHapus
  23. maafkan saya juga bang Setiawan
    lama ngga berkunjung kesini.

    BalasHapus
  24. waw,..buku2 yg bagus mas iwan,jd pengen baca buku habiburachman jg nih ^^

    BalasHapus
  25. Hmmm..bukunnya keren Bang,,

    BalasHapus
  26. terimakasih banyak bang sudah memberikan awardnya kepada saya. Pasti akan saya jawab tagnya :)

    BalasHapus
  27. buku - bukunya sangat menyentuh, 3 buku yang bisa di katakan mewakili 3 permasalan hidup. kesalehan, kematian, kehidupan berbahagia. andaikan saya bisa punya salah satu dari ketiga buku tersebut (berandai-andai). semoga.....

    BalasHapus
  28. buku yang ke 3 sepertinya akan cocok sekali jika di jadikan referensi untuk anak - anak muda jaman sekarang hehe...

    BalasHapus
  29. numpang lewat aja nih sob, blogwalking masih trend ga ya

    BalasHapus
  30. dari buku2 yg dibaca akan tersirat bagaimana selera si pembaca
    bunda kagum dgn Bang Iwan dan bacaannya yg menawan,
    memang buku sangat penting bagi kita ya Bang, tanpa buku mungkin kita tak pernah tau apapun.
    selamat utk award2 yg diterima dr para sahabat Bang.
    semoga selalu sehat
    salam hangat utk keluarga
    salam

    BalasHapus
  31. wahahahhaha novel sejati

    BalasHapus
  32. Wah, udah bikin tag ini juga. Sama deh...Selamat ya, dan selamat buat award2nya...

    BalasHapus
  33. baca, baca dan baca agar kita senantiasa meraih lebih banyak ilmu

    BalasHapus
  34. Bukunya Pak Iwan mantab2 semua.

    BalasHapus
  35. Meski gak kutu banget, tapi sejak kecil saya terbiasa membaca buku. Hasilnya hingga sekarang masih terasa

    BalasHapus
  36. Dengan membaca membuat wawasan kita menjadi luas..membaca memang sesuatu perbuatan yang sangat menyenangkan selain dapat menambah ilmu.

    Jujur, saya ingin sekali membaca buku-buku yang telah diulas sekilas diatas..hm...

    BalasHapus
  37. waa.. bang iwan baca buku "bumi cinta" juga? gimana tanggapannya ya? sy juga sudah baca, sudah bikin review juga tapi cuman dipublish di facebook.
    mw tau nih gimana tanggapannya bang iwan, soalnya banyak yg komplain sama buku ini, katanya agak beda dari yg dulu2 *termasuk sayah :D
    ditunggu reviewnya ya pak :D

    BalasHapus
  38. bener mas buku sumber ilmu

    BalasHapus
  39. wow keren buku-bukunya, mas
    jadi pengen baca deh..

    BalasHapus
  40. wah tag buku ya...
    selamat untuk awardnya ^^

    BalasHapus
  41. Buku yang terakhir itu karya terbaru dari Habiburrahman ya Bang..? Buku2 yg sedang dibaca bagus2 tuh Bang.

    Oya, aku punya kabar gembira bahwa link blogku sudah normal lagi stlh sempat bermasalah waktu aku pindah dari dotcom ke blogspot. Sekarang dah bisa dipasang di blogroll lagi. *seneng banget*

    BalasHapus
  42. bang.., selamat ya utk awardnya... dan aku kini datang bawa award juga utk Bang Iwan. Semoga diterima... Thanks..

    BalasHapus
  43. Buku2 yg menarik Bang, mau dunk.... hehehe...
    Siapapun penerima ward.. selamat & sukses untuk semua

    BalasHapus
  44. wah, selesai juga tagnya. bukunya kelas berat semua nih, pak

    BalasHapus
  45. Woow.. benar-benar buku yang mendidik sekaligus menarik.. ada beberapa yang belum saya baca.. mudah-mudahan nanti bisa membaca..
    Salam kenal kang..

    BalasHapus
  46. bang iwan tagnya saya sudah kerjakan coba di cek :)

    BalasHapus
  47. Hebat nih bang iwan.....Inspirasi terbaik dan terhebat memang kebanyakan bersumber dari luar diri kita....Untuk sekedar bagimana mendapatkan nya aku juga sedikit merangkum beberapa dari sumber inspirasi buat ku.....Keep blogwalking n' say no to spam.....Salam blogger-ndeso

    BalasHapus
  48. blog ini tidk pernah sepi pengunjung berkat pemiliknya yang sellu rajin BW dan berkomentar yang sesuai
    salam dari pamekasan madura
    selamat beraktifitas dihari pertama

    BalasHapus
  49. terima kasih bang iwannn


    salam

    BalasHapus
  50. foto plng atas keren tuh, enak ngga ya??haha...

    slmt awardnya pak...

    BalasHapus
  51. Buku juga sebagai jendela dunia.
    Semakin banyak buku yg kita baca semakin banyak juga pengetahuan kita

    BalasHapus
  52. Saya beruntung sejak kecil sudah menyukai membaca buku.
    Buku memang gudangnya ilmu asal dibaca dan dimanfaatkan.
    Selamat atas hadiah2nya bang.
    Hari ini kok enak ya mbuka Fatamorgana, biasanya teler je...
    Salam hangat dari BlogCamp

    BalasHapus
  53. Banayk membaca dan banyak tidak membaca memang menjadikan kita lain ya bang. Wawasan menjadi luas.
    Salam hangat dari Bhirawa

    BalasHapus
  54. Buku2nya bagus-bagus, jangan hanya dijadikan pajangan bang.
    Salam hangat dari J'BLOG

    BalasHapus
  55. kehidupan>>> fatamorgana.......

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger