FILM TARING

Written By Muhammad Yuliawan on Senin, April 26, 2010 | 4/26/2010


JAELANGKUNG jadi tiket Rizal Mantovani memasuki belantara Hollywood. Bersama Jose Purnomo, sepanjang Februari-Maret 2002, ia menawarkan konsep ''modernisasi horor tradisional'' ke beberapa produser Hollywood. Di dalam negeri, Jaelangkung mengeruk sukses komersial ''luar biasa'' untuk ukuran industri film Indonesia yang tengah semaput.

Jualan Rizal berhasil. Michael Bay, sutradara dan produser film Armegeddon dan Pearl Harbour, menawarkan dua proyek. Pertama menggarap ulang Jaelangkung menjadi The Uninvited (Yang Tak Diundang) untuk konsumsi penonton negeri Paman Sam. Satu lagi, pembuatan film The Well (Sumur), yang syuting tahun 2004.

Jaelangkung merupakan jejak kedua Rizal, setelah Kuldesak, yang digarap keroyokan bersama Mira Lesmana, Nan T. Achnas, dan Riri Reza. Sebelum di layar lebar, Rizal sudah mencatat sukses dalam jalur video musik. Dalam perjalanan kariernya dari 1992 hingga saat ini, anak kedua dari pasangan Muhammad Saleh (almarhum) dan Widjiandari ini telah menghasilkan lebih dari 200 video musik, visual iklan dan beberapa buah sinetron seri diantaranya ''Satu Atap'' (1996) dan ''Gen-X'' (1997).

Film yang pernah Disutradarai Rizal adalah :
  • Kuldesak (1999)
  • Jelangkung (2001)
  • Jatuh Cinta Lagi (2006)
  • Kuntilanak (2006)
  • Kuntilanak 2 (2007)
  • Kuntilanak 3 (2008)
  • Ada Kamu, Aku Ada (2008)
  • Kesurupan (2008)
  • Air Terjun Pengantin (2009)

Kali ini Rizal kembali menunjukkan kepiawaiannya dengan mengarahkan film horor TARING. Seperti halnya AIR TERJUN PENGANTIN, Rizal mengklaim film horor buatannya beda dengan yang selama ini ada di pasaran.

Soal karya terbarunya, TARING, Rizal berketetapan membuat sesuatu yang berbeda. "Genrenya horor, tapi saya punya kebiasaan bikin film horor yang beda, bisa dilihat kan dari pertama saya bikin film horor sampai yang terakhir, Air Terjun Pengantin, kan beda dengan film horor kebanyakan," ungkap sutradara ini saat ditemui di syukuran pra produksi film Taring, di kantor Rapi Films, Cikini, Jakpus, Jumat (05/02).

"Ceritanya tentang seorang model senior yang ibunya punya penyakit parkinson, dan mengharuskan dia untuk bekerja ekstra keras untuk sembuhkan ibunya. Kebetulan dia dapet kerjaan lain, yaitu kerja yang mengharuskan dia bersama timnya di hutan. Nah dari situ cerita berkembang, adanya kesalahan yang dilakukan salah satu tim yang ikut menjadi penyebabnya. Di situ harusnya ada tradisi atau adat yang harus dihormati, tapi ternyata ada yang ga, makanya mereka kena konsekuensinya, penunggu hutan itu marah," tambah Rizal soal alur cerita di filmnya.

Ide cerita yang diambil dari kisah yang kerap dituturkan di masyarakat ini, sengaja dibuat beda, dan ini mendapat dukungan dari Rapi Films. "Di sini sosok setan itu akan seperti nyata, dia bisa nyerang secara fisik, yang pasti untuk kali ini ide cerita dari cerita masyarakat yang sering menemukan mayat di hutan, yang menurut mereka disebabkan oleh semacam siluman harimau atau semacamnya. Apalagi di sini adalah kerja sama pertama kali saya dengan Rapi Films, mereka meminta saya untuk bikin sesuatu yang beda dari biasanya. Dari bentuk setannya dan jalan ceritanya. Ini jadi PR tersendiri buat saya," katanya.

Untuk menghidupkan kisah ini, Rizal juga melakukan observasi. "Udah banyak yang dilakukan, juga saya gabungin dengan imajinasi saya. Syuting di hutan lindung juanda, Jawa Barat, hutannya lebat banget, beda dengan hutan lindung biasa, lebih mengerikan pokoknya," terang Rizal yang juga menyebut film ini akan diluncurkan pada 29 April mendatang.



Sumber :
1. http://id.wikipedia.org
2. http://www.kapanlagi.com
3. http://www.gatra.com/
4. http://www.youtube.com

Share this article :

60 comments:

  1. Assalamu alaikum, gimana kabarnya Bang Iwan...
    saya sekarang jarang main, ada kendala teknis di inet saya

    Meskipun dia bilang beda, tetapi tetap saja ada hal2 yang sama yaitu mengekpose sesuatu berbalut horror, males kayaknya nonton spt itu...

    BalasHapus
  2. satu lagi film horor indonesia ^^
    thanks infonya

    BalasHapus
  3. tetap saja , gak jauh2 dari pameran dada dan paha
    salam

    BalasHapus
  4. woww... seremm.... bang..... hashshahahhaayayy...

    BalasHapus
  5. thx 4 share Om
    tp unk film horor males nntn na *bilang ajah takut Nge! hehe..*

    BalasHapus
  6. Film yang bagus..

    Oia Sobat, Saya mau mengucpakn Terimakasih atas Dukungannya dalam Kontes SEO Bukan Sekedar Blogger Bertuah. Alhamdulillah saya masuk 3 Besar dalam Kontes Ini..

    Terimakasih Wahai Sobatku atas semua Supportnya..

    BalasHapus
  7. Film HOROR Indonesia judulnya lucu-lucu hihihihi...
    tpi serem jg.... makasih infonya bang


    Mohon dukungannya dengan koment & likes DISINI. Login dulu di Facebook

    Terimakasih dan mohon doanya yah!!! hehehe

    BalasHapus
  8. Hmmmm .... pasti menegangkan!

    BalasHapus
  9. Kok belum ada film sekelas Ayat-ayat Cinta!

    BalasHapus
  10. Rupanya masih condong buat film yang disukai masyarakat, dan ternyata masyarakat kita masih seperti ini, kutunggu karya Rizal yang agamis!

    BalasHapus
  11. ah, modalnya paha sama dada doang. sebelah mananya yang kreatif, sebelah mananya yang beda.

    BalasHapus
  12. hmmmmm horor lagi ya
    tapi salut juga kalo dah go internasional

    ada ga film drama kehidupan yang mengetengahkan pariwisata Indonesia?

    BalasHapus
  13. muncul lagi koleksi film Indonesia ..
    terima kasih review nya ....

    BalasHapus
  14. waahh bisa2 bukin bulu kuduk q merinding lagi. tapi aq suka fillmnya mas Rizal, bagus bgt

    BalasHapus
  15. Satu lagi nih koleksi pilem horor...
    Kayanya seru pilemnya...

    BalasHapus
  16. kita tunggu jadwal tayangnya semoga saja film TARING benar memberikan nuansa yang berbeda dari film horor lainnya. Terima-kasih bang Iwan atas infonya. Salam

    BalasHapus
  17. wah salut ya kalau bisa bekerja sama dengan Michael Bay, sutradara dan produser film Armegeddon .... selamat

    BalasHapus
  18. wah kelihatannya filmnya seru pak.,, BTW linkq koq gk ad y disini.,,

    BalasHapus
  19. menarik bang filmnya9padahal belum lihat trailernya) cuma harus ke warnet lagi nih untuk mutar

    BalasHapus
  20. rasanya resensi film bang wan sudah bisa dibukukan nih , pasti menarik judulnya resensi film indonesia terbaru

    BalasHapus
  21. kalo aku dasarnya ga berani ya, dari dulu ga pernah mau nonton film horor yg bikinan lokal maupun interlokal...

    atuuutt......

    BalasHapus
  22. mungkin kalo di garap sama bang rizal makin enjoy nih :)

    BalasHapus
  23. Wah,pasti keren bgt . .
    Moga Film Indonesia bisa maju dan makin berkualitas,
    Especially film horor!

    Oya,i follow u master! ^^

    BalasHapus
  24. jangan salahkan jika ada orang yang tidak suka menonton film-film Indonesia, selagi tema dan ceritanya masih berkutat di hal-hal yang sama

    BalasHapus
  25. udah mulai males nonton horor indonesia

    BalasHapus
  26. sexiiiiiiiiii posternya bang ane suka

    BalasHapus
  27. seperti filem rizal sebelumnya ya bang nga tapi saya sedang nunggu filem perang ya kaya surabaya45 atau kereta api terakhir

    BalasHapus
  28. Satu lagi film horor nasional.
    Semoga ngga semata mengumbar ketakutan, tapi juga menanamkan pesan moral yang jelas bagi bangsa ini.
    *peace*

    BalasHapus
  29. ohh jadi filem2nya si rizal semua tohh itu bang??
    gak ada yang suka aku bang hihihi

    BalasHapus
  30. apa kabar bang iwan
    mohon maaf link anda tertukar dengan link iwan sulistyo
    sekarang sudah saya tempatkan di sidebar
    makaci bang

    BalasHapus
  31. wah makin keren aja blognya bang, iya nih. sibuk banget jadi lama tak bersua,xixixi.

    BalasHapus
  32. wah sayang nih komputerku lemot ga bisa liat trailernya TARING... salam sehat selalu bang.....

    BalasHapus
  33. biasanya kalo film disutradarai oleh mas rizal selalu laku dipasaran tapi sayang horor terus filmnya, terima kasih informasinya bung!!

    BalasHapus
  34. Oooooooom...
    tag na udah dikerjakan...
    maap kalo lamaaaaa ^^

    BalasHapus
  35. "mereka meminta saya untuk bikin sesuatu yang beda dari biasanya. Dari bentuk setannya dan jalan ceritanya". hehehe...saya kok jadi tertawa membacanya. Maklumlah, lha wong saya belum mengenal banyak setan, jadi kurang paham kalo mereka bermacam-macam.

    Apa kbr bang Iwan? Masih ber'taring'? hehe *kidding bang!

    BalasHapus
  36. Bang, boleh bagi-bagi tips untuk membuat halaman komentar biar ga panjang. Yg seperti punya bang iwan ini dan sahabat blogger lain. Soalnya sempat sy nemu, cm kok agak njelimet. Terima kasih bang.

    BalasHapus
  37. tarung masynuya apa ya

    film yg g ngerto

    BalasHapus
  38. kayanya kurang bagus filmnya.. sotoy mode on he..he..

    BalasHapus
  39. semoga perfileman indonesia kembali bangkit dengan para sutradara yang kreatif

    BalasHapus
  40. diberi judul taring karena ada siluman harimau jadi-jadian bukan jadi benaran
    bagaimanapun saya suka film indonesia
    tapi horornya kurang menegangkan kayak dapat ditebak ending dan alur ceritanya, kenapa ya???

    BalasHapus
  41. salam dari pamekasan madura, semoga bang iwan sekeluarga senantiasa dalam perlindungan dan pertolongan-Nya

    BalasHapus
  42. bang iwan saya lulus hehe
    http://empatmimpi.blogspot.com/2010/04/lulus-un-2010.html

    BalasHapus
  43. Spesialis film horor Indonesia, screenplaynya keren, gak kayak film Indonesia kebanyakan, tapi jalan cerita rasanya masih seperti kebanyakan deh.... tapi Rizal memang ok untuk yang horor-horor, tapi msh belum bisa sebanding dengan Ju-on atau the ring....
    btw... demi kejayaan perfilman Indonesia.... sukses selalu...

    BalasHapus
  44. Rizal Mantovani memang handal Bang, thanks neh reviewnya...

    BalasHapus
  45. moga saya bisa nonton ini bang.. he

    BalasHapus
  46. bagusnya filem ini ga kek filem horor kebanyakan, ga menimbulkan SARA dan hal hal nyeleneg, tp ak ga suka horor bang

    BalasHapus
  47. hutan raya H. juanda memang sangat lebat tapi sangat indah.film adalah gambaran kehidupan masyarakat . Dan memang masyarakat kita masih sangat tertarik dengan film2 sejenis ini. Salam sehat selalu

    BalasHapus
  48. wah horor lagi.. setan2 indo udah pada pinter cari duit ya...hehehe

    BalasHapus
  49. sekedar jawaban...utk nampakin komentar yang lebih banyak lagi... mungkin nilai 5000 itu bisa diganti dengan 10000...dan seterusnya...

    BalasHapus
  50. berarti memang permasalahannya di scriptnya pak... memang gt..suka berubah2...script g menjamin bisa akurat..apa lagi yang berkaitan dengan feed blogger itu sendiri... soalnya server pusat blogger juga sering error...jadi mesti ada yang hilang..

    BalasHapus
  51. terima kasih infonya bang iwan, tapi saya kurang suka menonton film berbau tidak nyata. apalagi ada berbau setan-setannyaa


    hihihhihi , bukan takut, tapi tidak bermanfaat untuk pemikiran dan logika saya.

    bang iwan keren membuat resensi film ini

    semangat terus bang

    BalasHapus
  52. tadi malam biz nonton juga
    alangkah lucuna negriku
    hmmm buleh nuyyy besuk di tonton hahahha
    :D

    BalasHapus
  53. wah makasih yaw
    saya ijin tonton dulu ajah
    trial nya

    BalasHapus
  54. seram g ya mas filmnya,.kebetulan saya sangat suka film horor,.....
    jadi kepingin nonton

    BalasHapus
  55. horor lagi horor lagi, mang g bisa yah bikin film yang bernuansa pndidikan

    BalasHapus
  56. datang lagi bang tapi tidak bertaring

    BalasHapus
  57. semoga proyek pilm di paman sam itu berjalan. itung2 mengharumkan nama bangsa juga..:)

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger