Home » , , » KEINDAHAN ALAM MALINO

KEINDAHAN ALAM MALINO

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, April 17, 2010 | 4/17/2010





Kawasan Puncak pegunungan merupakan salah satu alternatif tujuan wisata yang banyak dipilih masyarakat, khususnya bagi orang-orang kota yang sehari-hari sibuk dengan pekerjaan, hawa panas, dan asap knalpot. Memanjakan diri di kawasan pegunungan yang berhawa dingin, panorama alam yang indah bukan tembok-tembok tinggi yang angkuh yang dijumpai di kota-kota , sungguh menjadi sarana melepas kepenatan.

Tak ada kebisingan yang membuat telinga menjadi tidak lagi “peka” terhadap gejala-gejala alam. Mendengar kata “Puncak”, yang mungkin terbayang adalah sebuah tempat antara Bogor dan Cianjur yang kini telah dipenuhi vila-vila orang kota. Tak banyak yang tahu bahwa daerah di luar Jawa pun memiliki kawasan puncak yang tak kalah indah mempesona.

Kota Malino, yang terletak 90 km arah selatan Kota Makassar, tepatnya di Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, merupakan salah satu kawasan wisata alam yang memiliki daya tarik yang luar biasa, seperti kawasan puncak Bogor ataupun Bandung.

Malino Jalan menanjak dan berkelok-kelok dengan melintasi deretan pegunungan dan lembah yang indah bak lukisan alam, akan mengantarkan Anda ke kota Malino. Kawasan tersebut terkenal sebagai kawasan rekreasi dan wisata sejak zaman penjajahan Belanda.

Banyak pengunjung yang datang baik dari Kota Makassar maupun dari daerah-daerah lain di Sulawesi Selatan untuk mendapatkan tempat rekreasi dan refreshing yang nyaman, terutama pada saat weekend atau liburan.

Yang membuatnya istimewa adalah di Malino bukan hanya terdapat vila dan penginapan di perbukitan tempat menikmati hawa dinginnya dengan pesona alam yang luar biasa, tetapi juga tempat yang berketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut ini memiliki objek-objek wisata yang menarik dan potensial akan flora dan fauna yang beraneka ragam.

Malino Mulai dari Air Terjun Takapala yang terletak di daerah Bulutana, Air Terjun Lembanna yang kira-kira 8 km dari Kota Malino, Hutan Wisata Malino yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus. Sementara di Malino, terdapat Permandian Lembah Biru. Objek-objek wisata itu tidak pernah sepi oleh pengunjung, apalagi di hari-hari libur.

Dalam taman wisata alam Malino ditemui berbagai jenis fauna seperti burung nuri (Trichaglossus flavoridis), kera hitam (Macaca maura), biawak (Varanus salvator), jalak kerbau (Acridatheres sp), raja udang (Halcyon sp), dan burung gelatik (Padda oryzofora).

Flora yang dimiliki mulai dari pohon pinus (Pinus merkusi) yang merupakan flora yang mendominasi Taman Wisata Alam Malino dan umurnya sudah cukup tua. Selain itu, terdapat pula jenis floran lain seperti akasia (Acasia auriculiformis) jabon (Anthocepthalus cadamba), beringin (Ficus benjamina), ekaliptus (Eucalyptus sp), edelweis (Edelwesy sp), rotan (Calamus sp), kenanga (Cananga ordorata) dan beberapa jenis perdu.


Keindahan alam Malino yang dikenal sejak zaman kolonial Belanda juga menyimpan tumbuhan peninggalan Belanda yang sampai sekarang bisa ditemukan, namun terbilang langka, yaitu termasuk edelweis dan pohon turi yang bunganya berwarna oranye. Saat mekar, bunga-bunga ini terlihat indah, apalagi jika dilihat dari udara atau kejauhan. Pemandangan seperti ini jarang ditemukan di tempat lain. Karena itulah, Malino juga dijuluki sebagai Kota Kembangnya Sulawesi Selatan.

Sedikit ke daerah atas terlihat dengan jelas hamparan sayur-mayur yang hijau. Tanaman hortikultura seperti kol, vetsai, bawang prei, kentang dan tomat, digarap oleh para petani desa setempat. Tepatnya terletak di daerah Kanrepia. Sementara itu kalau kita ke daerah Pattapang, terdapat perkebunan teh milik Nittoh asal jepang yang juga menjadi salah satu objek wisata Malino yang digemari karena hamparan hijaunya yang cantik dan memukau.

Di Malino juga terdapat perkebunan Markisa yang terkenal menghasilkan buah markisa yang manis, yang dapat diperoleh di pasar-pasar tradisonal di Malino.

Lengkap sudah kepuasan yang disediakan kawasan wisata alam Malino. Walaupun belum banyak dikenal di luar daerah Sulawesi Selatan, sebagaimana kawasan puncak Bogor dan Bandung, Malino merupakan prospek pariwisata yang sangat potensial. Keindahan Panorama Alam yang memukau, potensi flora dan faunanya, dan kenyamanan yang dijanjikannya, membuatnya berpeluang menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Nusantara.


Sumber :Liburan.info
Share this article :

50 comments:

  1. deskripsi yang menggiurkan bang. dinginnya kawasan malino itu bahkan terasa saat saya membacanya. berharap suatu saat saya bisa sampai di sana *tempat lain yang ingin saya kujungi di sulawesi adalah tomohon *

    BalasHapus
  2. Subhaanallah, masih sangat asri. Semoga alam seperti ini bisa dipertahankan dari kerusakan dan pencemaran.

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  3. Foto bunga edelwiesnya ga ada ya bang

    BalasHapus
  4. He he he bisa jadi guide nih bang klo kami kesana....

    BalasHapus
  5. SAMPURASUNNN... TERNYATA BUKAN HANYA DI PUNCAK BOGOR YANG DINGIN DI TEMPAT LAIN JUGA, SUNGGUH BESAR KUASA ALLAH SWT., SEMOGA KITA DAN ANAK CUCU BISA MENJAGA DAN MEMELIHARA INDAH NYA ALAM, DENGAN DI AWALI PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITARNYA.... SALAM DARI BOGOR

    BalasHapus
  6. info yang menarik bang iwan.. jadi pengen kesana euy.. menikmati keindahan alam malino.. terimakasih infonya bang..

    BalasHapus
  7. ini kunjunga perdana
    anywaw pemandangannya keren bang...
    salam persahabatan bang...
    ditunggu kunjungan balik dengan senyuman:)
    salam kenal bang iwan

    BalasHapus
  8. pegunungan yand indah dengan air terjun dan pemandangan yang hijau sungguh merupakan hadiah diakhir pekan setelah penat kesibukan.....informasi yang perlu dipertimbangkan. thanks!

    BalasHapus
  9. tempat yang indah ya Bang dan kayanya menggoda untuk dikunjungi nih ... semoga saja ada rejeki untuk sempat mampir disana.

    BalasHapus
  10. di Jawa Timur juga ada kang... lumayan banyak sie, tp yg paling deket ma tempat aku ya kawasan wisata Batu... ^^
    kapan yah bs jalan2 ke makasar??

    BalasHapus
  11. memang indah malino aku kesana 17 tahun yang lalu saat masih sma

    BalasHapus
  12. kalo bangsa ini tetep menjaga dan melestarikan alam, pasti akan makin banyak lagi obyek wisata yang asri seperti itu. tapi kalo makin banyak pengrusakan lingkungan bukan tidak mungkin tempat2 seperti itu akan musnah dengan sendirinya

    BalasHapus
  13. Aku suka banget daerah dingin habis hobby tidur sih

    BalasHapus
  14. Wah ternyata mas hobi jalan-jalan dan berpetualang yah, pemandangan juga bagus...

    Salam kenal ya...

    BalasHapus
  15. wah indah sekali bang ... saya lagi membayangkan bagaimana kalau saya ada disana .. wuih... pasti sejuk dan segerrrrrrrrr......

    BalasHapus
  16. Blog ini semakin cepat aksesnya! Malino jadikan tempat pariwisata internasional!

    BalasHapus
  17. cantiikk banget... mauu kesanaa doongg... :))

    BalasHapus
  18. wah..terlihat sejuk dan dingin..
    serasa di puncak pasti kalo disana [eh..emang tempatnya dipuncak juga ya?]

    BalasHapus
  19. siang mas....
    Singgah menyapa ditengah ujian....

    BalasHapus
  20. mampir bang ^ ^

    poto poto diatas ngingetin ak sama bedugul, cuman ga ada pohon tehnya, yg ada stroberinya hiiii

    BalasHapus
  21. Hhmm... Benar-benar suasananya sangat tenang dan menyejukkan. Memang enak kalau kita berada di kawasan pegunungan seperti itu, bisa merasakan segarnya udara yang masih belum terkontaminasi oleh debu dan polusi. Salam persahabatan dari Borneo...

    BalasHapus
  22. puncak bogor udah sesak sekali
    tak begitu indah lagi
    dengan jalan yang mendaki
    sering dibuka-tutup polisi
    (karena maceeeeet)

    BalasHapus
  23. Apa kabar bang iwan,lama saya ndak berkunjung di blog nya, ternyata segalanya dah berubah, saya sampe kaget n gmn gt...tak fikir kliru ngeklik link hehehe

    BalasHapus
  24. waow...sejuk kayaknya...kapan yah ke sana...

    BalasHapus
  25. Salam kenal bang Iwam ... minta tukeran link saya

    BalasHapus
  26. Postingan mantap, gambar-gambarnya juga mantap. Jadi tergiur ingin ke sana.

    BalasHapus
  27. referensi yang sangat lengkap bang. lokasi ini bisa jd prioritas saya jika suatu saat nanti dinasdi wilayah sekitar malino

    BalasHapus
  28. air terjunnya bagus banget, kalau buat mandi kayaknya seger banget

    BalasHapus
  29. wew.. keren pemandangannya.. jadi pengen ke sana he..he..

    BalasHapus
  30. Saya minta tolong, bagaimana cara membuat kotak komentar seperti yg di blog anda ini. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  31. klo punya uang banyak indahnya jika bisa bermain dialam sana,, indah banget

    BalasHapus
  32. pemandangan nya menyejukkan hati kayanya

    BalasHapus
  33. kesana yuk, sekarang kan menjelang libur sekolah

    BalasHapus
  34. Indah sekali pemandangannya ya?
    Kapan diriku sampe kesana?

    BalasHapus
  35. Wowww... its very beautifulll Bang, Inginku pergi kesana, sayang kejauhan :(

    BalasHapus
  36. INdahnya alam yang telah diciptakan Sang Maha PEnguasa. PAgi,,,, ditungu balik di blog saya pak.

    BalasHapus
  37. melihat gambarnya saya ingat di daerah Tasikmalaya ada Taraju. Daerah yang pegunungan sejuk, kebun teh yang masih bebas polusi alias tidak terlalu ramai namun sangat nyaman menikmati keindahannya.
    Trims Bang, inspiratif.
    Salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  38. Wah, waktu itu saya udah pernah ke sini nih. Soalnya kampung saya kan di sulawesi selatan. Keren banget loh tempatny. *Promosi Mode On

    BalasHapus
  39. Foto hutan pinusnya menggiringku pada kenangan lama Bang...
    Jadi pengen menghirup aroma hutan pinus...

    BalasHapus
  40. keindahan alam yang hijau terasa memberikan ketenangan dan kesejukan jiwa

    BalasHapus
  41. alam yan indah terawat akan memberikan ketenangan yang datang ataupun tinggal di daerah tersebut

    BalasHapus
  42. saya belum sempat mengambil gambar alam sekitar sebagai bahan posting
    untuk diperkenalkan meskipun itu bukan tempat wisata umum

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  43. mas rajin-rajin berkunjung ke blog aku jg yah mas...makasih banyak deh...

    Mas, ini emailku : awal.ihwan@gmail.com

    BalasHapus
  44. indahnya....semoga suatu saat saya bisa ke sana.

    BalasHapus
  45. tempat yang indah bang..
    mirip air terjun yang saya kunjungi kemarin...

    BalasHapus
  46. pemandangan alam yang sangat indah, sejuk dan alami

    BalasHapus
  47. bagus banget ya... pengen banget kesana

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger