Home » , , , , » 2014 FIFA World Cup Brazil ™ | 12 Stadion Tempat Pelaksanaan Piala Dunia 2014 Brazil

2014 FIFA World Cup Brazil ™ | 12 Stadion Tempat Pelaksanaan Piala Dunia 2014 Brazil

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Juli 14, 2010 | 7/14/2010


Atmosfer Piala dunia belum hilang dari Afrika Selatan, tapi Brasil sudah tancap gas untuk menggelar persiapan Piala Dunia 2014. Negara berpenduduk 192 juta jiwa ini menegaskan kesiapannya untuk menyelenggarakan Piala Dunia yang cantik, elegan, serta tentunya ramah lingkungan.

Kesiapan awal mereka ditunjukkan dengan dilakukannya pembicaraan bersama kontraktor, pemilik kebijakan, media, serta badan pariwisata. Langkah ini ditempuh agar Brasil bisa menyinergikan semua kalangan dan kepentingan guna menyukseskan ajang akbar Piala Dunia. Dalam sejarahnya, Brasil pernah menggelar Piala Dunia pada 1950.

Kondisi 60 tahun lalu jelas tidak bisa dibandingkan. Pada masa itu lalu lintas pengunjung serta media jelas tidak sebesar sekarang. Dibandingkan puluhan tahun lalu, ajang Piala Dunia saat ini sudah banyak berubah karena event itu bukan lagi semata sebagai ajang olahraga, melainkan juga bisnis dan pencitraan. Mengingat pentingnya event Piala Dunia 2014 itulah, Pemerintah Brasil tidak segan-segan menggelontorkan banyak dana.

Negara yang tengah menjelma menjadi kekuatan baru di bidang ekonomi ini menyiapkan dana hingga USD18,6 miliar atau sekitar Rp153 triliun. Dana sebanyak itu akan digunakan untuk pembangunan stadion, infrastruktur, bandara, hotel, layanan kesehatan, hingga memperlancar komunikasi.

Dana terbesar terserap untuk pembangunan bandara, yakni 6,5%. Masalah bandara memang menjadi persoalan terpelik yang harus diselesaikan Brasil karena hampir semua bandara di negara itu belum memenuhi standar internasional. Untuk menopang pembangunan bandara dan fasilitas lain, pemerintah akan mengucurkan dana sebesar USD310 juta ke 14 kota yang akan dijadikan tuan rumah pertandingan, di antaranya Belo Horizonte, Brasilia, Cuiaba, Fortaleza, Manaus, Natal, Porto Alegre, Recife, Rio de Janeiro, Salvador, dan São Paulo.

Namun, ke 14 kota tidak ingin bergantung pada pemerintah pusat. Rio de Janeiro yang akan menjadi pusat penyelenggaraan sudah menyiapkan kocek sebanyak USD15,7 miliar untuk memoles diri, sedangkan Sao Paulo menginvestasikan USD950 juta, termasuk memperbaiki dua bandara di kota itu, Guarulhos dan Congonhas. ’’Kota-kota yang menjadi tuan rumah akan tumbuh dengan cepat selama turnamen. Kami tidak bermaksud membedakan kota-kota di negara ini, tapi mereka yang menjadi tuan rumah memang akan mendapat keuntungan lebih saat Piala Dunia,” tutur Marcelo Pedroso, salah satu pegawai Institut Wisatawan Brasil (Embratur).

Semua kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah dipastikan dilengkapi jalur bus, kereta, serta lalu lintas yang bakal mempermudah pengunjung. Untuk memperbaiki transportasi, pemerintah akan mengalokasikan dana sebesar USD6,4 miliar. Brasil juga sudah menyiapkan kocek sebesar USD11,6 miliar untuk meningkatkan mutu infrastruktur di negara tersebut. Untuk hotel, Brasil bisa bernapas lega karena jaringan hotel, seperti Accor, Sofitel, Novotel, Mercure, Ibis, Formule 1 bertebaran di negara itu.

Diperkirakan, ada 73 hotel yang kini beroperasi di 14 kota yang ditunjuk menjadi tuan rumah. Namun, Pemerintah Brasil meyakinkan uang yang akan mereka habiskan akan memberi keuntungan balik secara berlipat-lipat.

Brasil bahkan percaya diri kalau mereka sanggup menarik profit sebesar USD30 miliar atau Rp270 triliun dari perhelatan Piala Dunia 2014. Pemasukan terbanyak akan datang dari pengunjung dan wisatawan yang datang ke sana. Diperkirakan, ada 600.000 turis asing yang akan datang dan menghabiskan waktu saat musim panas 2014 di Brasil. Jumlah sebanyak itu akan membawa keuntungan sebesar USD29,9 miliar atau sekitar Rp270 triliun. Tidak hanya mempersiapkan infrastruktur, Brasil juga terus menggalakkan kampanye tentang persiapan mereka.

Kampanye dengan tajuk ’’Brazil is calling you! Celebrate life here’’ disebar melalui berbagai media dari film, situs internet, hingga televisi. Mereka secara khusus bahkan membuat film berjudul Apito Final (Final Whistle) dan Sons do Brasil (Sounds of Brazil) yang disutradarai Fernando Meirelles. (maesaroh).

Source : Harian Seputar Indonesia

Beberapa Stadion yang akan mengalami perbaikan dan perluasan agar layak menjadi tempat perhelatan Piala Dunia.

Langsung saja gan kita lihat profil masing2 stadion :


1. Estádio Mineirão

Stadion ini didirikan pada tahun 1965 atas prakarsa Magalhães Pinto. Stadion ini merupakan stadion kedua terbesar di Brazil. Terletak di Belo Horizonte.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 75783
- dimensi lapangan : 120 x 80 meter
Sejarah Gol :
- gol pertama dicetak oleh Bugle dari Atletico mineiro pada tanggal 5 september 1965




2. Estádio Mané Garrincha
Stadion ini didirikan pada tahun 1974 dan dipergunakan tidak hanya untuk pertandingan sepakbola, tapi juga untuk olahraga atletik lainnya. Terletak di Kota Brasilia. Nama stadion ini diubah menjadi "Estádio Nacional de Brasília" untuk Piala Dunia
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 45.200




3. Estádio Governador José Fragelli
Stadion ini didirikan pada tahun 1976 dan dipergunakan tidak hanya untuk pertandingan sepakbola, tapi juga untuk olahraga atletik lainnya. Terletak di Kota Cuiabá, Brazil. Nama stadion ini juga kadang disebut Verdão.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 47.000 (dan masih akan diperluas)




4. Estádio Joaquim Américo Guimarães
Stadion ini didirikan pada tahun 1914 dan pernah direnovasi pada tahun 1999 dan merupakan markas klub Atlético Paranaense. Terletak di Kota Curitiba, Paraná, Brazil. Nama stadion ini juga kadang disebut Arena da Baixada. Stadion ini juga pernah berganti nama menjadi Kyocera Arena dari tahun 2005 sampai 2008
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 28,327 (dan masih akan diperluas hingga 40.000)
- dimensi : 105 x 68m






5. Estádio Plácido Aderaldo Castelo
Stadion ini didirikan pada 11 November tahun 1973 dan pernah direnovasi pada tahun 2002. Stadion ini mempunyai nama lain Castelão dan terletak di Fortaleza, Brazil.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 60,326
- dimensi lapangan : 110 x 75 m





6. Estádio Vivaldo Lima
Stadion ini didirikan pada tahun 1958 dan dipergunakan tidak hanya untuk pertandingan sepakbola, tapi juga untuk olahraga atletik lainnya. Stadion ini juga pernah direnovasi pada tahun 1995. Terletak di Kota Manaus, Brazil. Nama stadion ini juga kadang disebut Vivaldão.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 31,000 (dan masih akan diperluas)
- dimensi lapangan : 108 x 70 m



7. Arena das Dunas
Stadion ini akan didirikan pada tahun 2010 dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2012 dan menghabiskan dana 300 juta dollar. Terletak di Kota Natal, Brazil.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 45,000






8. Estádio José Pinheiro Borba
Stadion ini didirikan pada tahun 1959. Stadion ini mempunyai nama lain Estádio Beira-Rio dan terletak di Porto Alegre, Rio Grande do Sul, Brazil. Stadion ini milik klub internacional.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 58,306
- dimensi lapangan : 108 x 72 m





9. Arena Cidade da Copa
Pembangunan stadion ini masih direncakan dan akan terletak di Recife, Brazil.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 46,160





10. Estádio do Maracanã
Stadion ini didirikan pada tahun 1950. Terletak di Kota Rio de Janeiro, Brazil. Stadion ini mempunyai nama lengkap "Estádio Jornalista Mário Filho", pernah direnovasi tahun 2007 dan merupakan stadion terbesar di Brazil.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 88,992
- dimensi lapangan : 110 x 75 m







11. Estádio Fonte Nova
Stadion ini didirikan pada tahun 1951. Terletak di Kota Salvador, Brazil. Stadion ini mempunyai nama lain Estádio Octávio Mangabeira, pernah direnovasi tahun 1971. Pada tahun 2007 stadion ini dihancurkan dan diganti dengan stadion yang baru.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 60,000
- dimensi lapangan : 110 x 75m





12. Estádio Cícero Pompeu de Toledo
Stadion ini mulai dibangun pada tahun 1953. Terletak di Kota São Paulo, SP, Brazil. Stadion ini mempunyai nama lain Estádio do Morumbi, atau hanya Morumbi saja, pernah direnovasi tahun 1994-1996, 2000 dan 2009. Stadion ini adalah markas Sau Paulo FC.
Profil Stadion :
- kapasitas stadion : 80,000
- dimensi lapangan : 108,25 x 72,70 m









sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3084896




Share this article :

24 comments:

  1. informasinya sangat detail bang, makasih ya jadi banyak tahu ...

    BalasHapus
  2. Tak sabar menanti PIala Dunia 2014...

    BalasHapus
  3. Mempersiapkan dengan kolektivitas dan dengan didukung dana yang besar dan mensinergikan dengan pariwisata ini akan membuat daya tarik tersendiri . Maaf pak baru kesini lagi. moga sehat pak

    BalasHapus
  4. Pertama kali singgah di sini. Tapi selalu lihat link saudara pada komentar di blog Denaihati. Hmmm ... kurang minat bola tapi stadium-stadium yang dipaparkan di atas sangat mengujakan.
    Teringat stadium kita yang runtuh di Terengganu. Ohhh ...
    Hebat blog saudara, saya baru mula belajar buat blog ...

    BalasHapus
  5. saya kagum dengan stadionnya bang :)

    BalasHapus
  6. wow, kereeeen...sering2 postingan tentang ini yaa?? bisa mengobati kerinduan sama piala dunia. hehehe...
    kapan ya Indonesia punya stadion sebagus ini?? *menghayal mode on*

    BalasHapus
  7. Apapun yang dipaparkan oleh Bang iwan selalu menarik untuk dibaca, sekalipun itu bukan peminat bola... thank's infonya mas .. salut untuk Brazil yang udah memmpersiapkan lebih dini untuk WC 2014, yah itulah orang luar, beda dengan kita, keknya untuk persiapan sesuatu kadang, besok "tanding", hari ini baru latihan xixixixix...

    BalasHapus
  8. Mantapz sekali gan,, waaah jadi nggak sabaran nih untuk WC 2014 ...

    BalasHapus
  9. waw...cepat sekali persiapannya.
    stadionnya juga banyak dan besar2...

    BalasHapus
  10. Brazil hebat..!!!

    Persiapan mantap, arti kesuksesan yg baik pula..!!

    BalasHapus
  11. Saya lihat kok sepertinya kurang greget yaa piala dunia kemarin
    saya malah jarang nonton
    nanti kalau brazil jadi ytuan rumah mungkin lebih rame?
    Lihat fasilitasnya keren juga yaa
    apa ini yang jadi alasan Nurdin Halid kalau PSSI nggak juara karena tidak punya stadion yang megah?

    BalasHapus
  12. Semoga acaranya bisa berjalan lancar deh....

    BalasHapus
  13. wah ternyata memang benar bahwa piala dunia 2014 di brasil betul2 mega proyek...stadionnya bagus begitu...habis biaya berapaan ya?

    BalasHapus
  14. bang iwan, tukeran link dunk, link blog bang iwan dah ditambat di blog saya dengan anchor text "fatamorgana" terimakasih ..
    salam

    BalasHapus
  15. nggak terasa ya udah selesai WC nya mudah-mudahan bisa sampai 2014 lagi umur kita

    BalasHapus
  16. wahhhh... Brazil oke nih...
    udah jago tuan rumah pula,,, hahaha
    Aku dukung Brazil kayaknya :)

    BalasHapus
  17. kayaknya bakal mantep kalo mulai sekarang udah persiapan ya om

    BalasHapus
  18. jiahahahahahaha udah di Indonesiakan disini
    jadi aku pake copas inggris aja
    hehehehe

    BalasHapus
  19. Hebat dan bagus tempat berlaga sepak bolanya, pantas kalau Brasil jadi tuan rumah!

    BalasHapus
  20. Mulai terusik dalam alam pikiranku mampukah brasil jadi juara di kandangnya sendiri!

    BalasHapus
  21. mantab nih abang, walawpun Piala dunia brasil msh empat tahun lagi. tapi berita yang abang muat memang top, sampe detil juga . .
    mksh bang infonya keren . .

    BalasHapus
  22. waw stadionnya keren2 bgt, semoga saja bakalan meriah, lebih meriah dr PD afesel 2010

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger