Piala Dunia FIFA 2010: Final

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, Juli 11, 2010 | 7/11/2010


Upacara penutupan Piala Dunia 2010 menyisakan waktu beberapa menit lagi. Stadion Soccer City di Johannesburg, lokasi upacara penutupan, semakin cantik memperhias diri. Bahkan, stadion yang berbentuk Kalabash atau tempat minum khas Afrika itu menjadi obyek wisata, dua hari menjelang pertandingan final antara Spanyol melawan Belanda.

Google langsung merubah logonya sore ini untuk upacara penutupan itu.


Berbeda dengan pada upacara pembukaan, acara penutupan Piala Dunia 2010 di Stadion Soccer City, Johannesburg, Senin (12/7) dini hari WIB, bakal menyuguhkan atraksi khas anak muda Afrika yang penuh warna, membuat pesta yang untuk pertama kali di benua Afrika itu akan selalu dikenang.

Derek Carstens, Ketua Bidang Pemasaran Panitia menjanjikan, upacara penutupan akan berlangsung dengan menampilkan selera khas anak muda Afrika, seni kontemporer yang dipadu dengan teknologi tingkat dunia."Piala Dunia yang pertama di Afrika telah memperlihatkan keunikan, semangat dan kehangatan benua ini serta masyarakatnya. Upacara penutupan akan dipersembahkan untuk menghargai semangat tersebut," kata Carstens.

Meski pertandingan final Belanda vs Spanyol baru akan berlangsung pukul 20.30 (01.30 dini hari WIB), acara hiburan sudah akan dimulai sejak pukul 18.30 waktu setempat.Upacara penutupan akan berlangsung selama 30 menit dan disiarkan secara langsung ke 215 negara, termasuk Indonesia. FIFA memprediksikan setidaknya 500 juta pasang mata akan menyaksikan akhir pesta yang berlangsung sebulan penuh itu.

Bebarapa hal penting yang patut dikenang sehubungan dengan Perhelatan Akbar ini adalah :

Maskot


Maskot resmi dari turnamen edisi ini adalah Zakumi. Zakumi adalah seekor macan tutul berwarna kuning, dengan rambut "nyentrik" berwarna hijau, mengenakan kaus bertuliskan "South Africa 2010", dan celana pendek berwarna hijau, dan tengah memegang sebuah bola. Zakumi lahir pada 16 Juni 1994, bertepatan dengan Hari Pemuda di Afrika Selatan sehingga akan dirayakan secara global dengan tajuk Piala Dunia FIFA 2010.

Nama Zakumi berasal dari kata "Za", yang merupakan kode dua huruf untuk Afrika Selatan, dan "kumi", sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika.

Lagu resmi

You're a good soldier
Choosing your battles
Pick yourself up
And dust yourself off
And back in the saddle

You're on the frontline
Everyone's watching
You know it's serious
We're getting closer
This isnt over

The pressure is on
You feel it
But you've got it all
Believe it

When you fall get up
Oh oh...
And if you fall get up
Oh oh...

Tsamina mina
Zangalewa
Cuz this is Africa

Tsamina mina eh eh
Waka Waka eh eh

Tsamina mina zangalewa
Anawa aa
This time for Africa

Lagu resmi piala dunia 2010 berjudul Waka Waka (This Time for Africa) yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Kolombia, Shakira dan band Freshlyground dan lagu ini dinyanyikan dalam bahasa Inggris dan bahasa Spanyol. Lagu ini didasarkan pada lagu prajurit tradisonal Afrika yang bernama Zangalewa.

Coca-Cola, yang merupakan salah satu sponsor resmi turnamen, melakukan aransemen atas lagu Wavin' Flag yang awalnya dinyanyikan oleh K'naan. Aransemen tersebut dilakukan dalam bahasa Inggris dan bahasa Spanyol, juga bahasa Indonesia dengan judul lagu "Wavin Flag: Celebration Remix". Untuk versi bahasa Indonesia, K'naan menyanyikannya bersama vokalis Indonesia, Ipang, dengan judul lagu "Semangat Berkibar".

Bola pertandingan

JABULANI
Bola resmi yang dipergunakan pada pertandingan Piala Dunia FIFA 2010 adalah Jabulani. Bola ini dibuat oleh Adidas, dan diperkenalkan tepat sebelum pengundian grup Piala Dunia FIFA 2010 pada tanggal 4 Desember 2009. Jabulani menurut bahasa Zulu berarti "merayakan".

Untuk partai finalnya bola akan diganti dengan JO BULANI (sesuai gambar di atas), dengan berlandaskan pada nama lokasi penyelenggaraaan piala dunia kali ini, di johannes burg...tapi modelnya sama persis, cuma warna emasnya lebih menyala, melambangkan kota johannes burg yg menjadi sentra penghasil emas dunia. (Terima kasih buat herman Tan yang telah menambahkan lewat komentar)

Vuvuzela

Pertandingan Piala Dunia FIFA 2010 telah dikenal dengan suara vuvuzela, sebuah alat musik panjang yang ditiup oleh para pendukung di seluruh pertandingan. Banyak penyaing Piala Dunia yang mengkritik dan mengkomplain tentang suara yang ditimbulkan oleh vuvuzela, termasuk Patrice Evra, yang menuduh vuvuzela menyebabkan performa Perancis bermain buruk.

Lionel Messi juga mengkomplain bahwa suara yang dihasilkan vuvuzela mengganggu komunikasi antarpemain dalam pertandingan.


Dalam upacara penutupan nanti, panitia akan menggelar pesta kembang api. Kilatan cahaya muncul dari dalam stadion. Ini membuat ratusan turis dan masyarakat setempat antusias melihat acara gladi resik. Mereka tak akan bisa menyaksikan pesta serupa jika piala dunia berakhir.

Acara penutupan akan disemarakkan penampilan penyanyi seksi Shakira. Selain aksi penyanyi asal Kolombia tersebut, penonton juga akan diberikan suguhan menarik, yakni rombongan boneka gajah raksasa yang berjalan mengelilingi Stadion Soccer City.

"Tak diragukan lagi, bulan ini sangat sukses," ucap editorial Saturday Star. Bahkan headlinenya berjudul "Ya, Afrika Selatan bisa".

Kurang dari beberapa menit lagi, negara dengan mayoritas penduduk berkulit gelap tersebut dengan bangga membuktikan bahwa tingkat keamanan Afsel sangat baik. Selain itu, masalah transportasi umum ternyata tak memengaruhi jalannya turnamen dunia ini.

Seperti yang dilansir situs Soccerway, Sabtu 10 Juli, Shakira akan menyemarakkan penutupan Piala Dunia 2010 berkolaborasi dengan pemenang South African Grammy, Ladysmith Black Mambazo, diiringi oleh kawanan boneka gajah mengelilingi stadion

Shakira akan mengenakan kostum yang didesain secara khusus oleh perancang fashion Italia Roberto Cavalli dalam upacara penutupan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, 11 Juli waktu setempat.


Cavalli, yang sebelum ini telah mendesain kostum tur dunia 2007 dan 2008 Spice Girls, akan mendandani penyanyi lagu "She Wolf" ini untuk ketiga kalinya dalam pertunjukan-pertunjukan dalam rangka Piala Dunia 2010. Dua kostum terdahulu dikenakan oleh Shakira dalam upacara pembukaan laga sepakbola dunia tersebut.

Kostum untuk upacara penutupan itu terdiri dari rok rumbai-rumbai dari sutera dengan motif bunga pink dan etnik serta "atasan" yang disulam dengan mutiara warna-warni. Shakira akan pula mengenakan sejumlah aksesori berupa, antara lain, gelang-gelang kulit berhias sutera bermotif bunga.

Seperti pada upacara pembukaan Piala Dunia 2010, Shakira akan membawakan lagu "Waka Waka" pada upacara penutupan. Vokalis kelahiran Kolumbia ini baru-baru ini berbicara mengenai kegembiraannya tampil pada upcara pembukaan Piala Dunia 2010.

"Saya merasa terhormat bahwa 'Waka Waka'dipilih untuk menjadi bagian dalam kegembiraan dan tradisi Piala Dunia 2010," tuturnya. "Piala Dunia merupakan keajaiban dari kegembiraan global, menghubungkan setiap negeri, ras, agama, dan kondisi sekitar dalam satu gairah," tuturnya lagi.

Artis lain yang akan tampil sebagai pendukung diantaranya adalah peraih Grammy Awards, Ladysmith Black Mambazo, Jozi, Stoan Seate, Slikour, Zuluboy, Abigail Kubeka, dan Theo Kgosinkwe.

Hingga kini, panitia belum mengeluarkan pernyataan apakah upacara penutupan tersebut akan dihadiri Nelson Mandela, tokoh yang sangat dicintai oleh rakyat Afrika Selatan.

Kehadiran Mandela sangat diharapkan, sekaligus menyerahkan trofi kepada tim juara.

Pada upacara pembukaan 11 Juni 2010, Mandela yang dijadwalkan hadir, ternyata batal datang karena cucunya meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

Mari kita tunggu moment penting ini tentunya tidak kalah pentingnya pertandingan Final Belanda Vs Spanyol


PS : sekedar hiburan dan sekaligus mendukung saya dalam Spread Ask Ralarash Contest

Funny Myspace Comments



Terima Kasih atas dukungannya. Salam hangat selalu.


Share this article :

16 comments:

  1. saya lebih tertarik ma yg baju kuning megang bola ketimbang bolanya *blushing*

    BalasHapus
  2. info pak, untuk partai finalnya bola akan diganti dengan JO BULANI, dengan berlandaskan pada nama lokasi penyelenggaraaan piala dunia kali ini, di johannes burg...tapi modelnya sama persis, cuma warna emasnya lebih menyala, melambangkan kota johannes burg yg menjadi sentra penghasil emas dunia.

    oke pak amri!

    BalasHapus
  3. wah, sedih juga piala dunia harus berkakhir. tp memang moment ini selalu menyisakan kenangan yang manis. and mudah2an tim kesayangan ku menang kayk jagoan ku 4 tahun lalu (ITALI). hehe...spanyol harus juara. wkwk...
    sediiiiiihhh...pengen muter ke awal lagi deh pertandingannya... :p

    BalasHapus
  4. bagaimana hasil grand final kali ini?? spanyol kah? atau belanda? tapi apakah benar prediksi "paul" si gurita, itu?? kita tunggu nanti malam..

    BalasHapus
  5. Jadi..
    Bung Iwan pasti akan melek malam nih...

    Saya bukan penggila bola, jadi biasanya hanya menunggu hasilnya di Kompas. Dan televisi tak bisa dimanfaatkan karena saya pakai kabel, mau beli antene nggak ada teman nonton (anak-anak sudah keluar rumah, dan suami kerjanya diluar kota)....hehehe....

    Kayaknya banyak yang jagokan Spanyol ya

    BalasHapus
  6. udah mo selesai saja ya piala dunia.. waktu berjalan sangat cepat :( nunggu 4 tahun lagi deh, nonton di Brazil ntar, eh di TV maksudnya, hehe, insyaAllah. apa kabar bang iwan? maaf ya lama ngga berkunjung, sedang buanyak kegiatan di sini

    BalasHapus
  7. hihi, aku suka sekali sama lagu waka waka
    sering denger

    BalasHapus
  8. shakira emang cakep n sexy abiz......

    BalasHapus
  9. saya menjagokan spanyol jadi juara, tidak ada hubungannya sama sekali dengan Paul gurita maupun prediksi Master mentalis.... terimakasih

    BalasHapus
  10. Saya suka lagu resmi piala dunia, saya juga sama penyanyinya.
    Dan satu lagi saya suka jika belanda yang memenangkan piala dunia kali ini.
    Salam..

    BalasHapus
  11. blognya semakin rema aja kang
    lama tidak berkunjung ni

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  12. Yoi, Blog ini muncul di peringkat ke tiga kalau logo penutupan Piala Dunia di google di klik, selamat :D

    Akhirnya sepanyol yang menang.

    BalasHapus
  13. Acara pembukaan finalnya keren... pake efek 3D, mantabs....

    My Blog

    BalasHapus
  14. aku nggak nonton acara penutupan sedih rasanya

    BalasHapus
  15. Yaahh, PD 2010 udah berakhir..
    gak ada lagi nih begadang-begadangan... haha

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger