Home » , , » BSNP Mulai Sosialisasikan Pelaksanaan Ujian Nasional 2011

BSNP Mulai Sosialisasikan Pelaksanaan Ujian Nasional 2011

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Januari 05, 2011 | 1/05/2011

Meskipun Siswa lagi libur namun saya tetap melakukan aktifitas di sekolah untuk mempersiapkan administrasi ujian nasional, apalagi sampai saat ini POS Ujian Nasional 2011 belum keluar. Tapi teka-teki kepastian pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2010-2011 sudah terjawab setelah Kepala Sekolah menyampaikan beberapa penjelasan yang diperoleh dari BSNP beberapa waktu yang lalu.

Menurut informasi yang saya terima dari Kepala sekolah bahwa Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mulai menyosialisasikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 45 Tahun 2010 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46 tentang Pelaksanaan UN SMP dan SMA Tahun Pelajaran 2010/2011. Permendiknas itu telah ditandatangani Mendiknas Mohammad Nuh beberapa waktu lalu.

Dengan adanya Permendiknas maka UN tinggal dilaksanakan dengan mengacu pada aturan yang ada. Dalam Permendiknas disebutkan bahwa pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2010/2011 jenjang sekolah menengah atas/ madrasah aliyah/sekolah menengah kejuruan (SMA/MA/SMK) akan digelar pada 18-21 April 2011. Adapun pelaksanaan UN sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTs) akan digelar pada 25-28 April 2011.

Sementara, UN Susulan SMA/MA/SMK dilaksanakan pada 25-28 April 2011 dan pengumuman kelulusan oleh satuan pendidikan paling lambat 16 Mei 2011. Adapun UN Susulan SMP/MTs pada 3-6 Mei 2011. Pengumuman UN SMP/MTs oleh satuan pendidikan pada 4 Juni 2011. Sementara, UN kompetensi keahlian kejuruan SMK dilaksanakan oleh sekolah paling lambat sebulan sebelum UN dimulai.

Sebelumnya dalam siaran pers Mendiknas Mendiknas menyampaikan bahwa sebelum kelulusan diumumkan, sekolah mengirimkan hasil nilai sekolah untuk digabungkan dengan hasil nilai UN ke Kemdiknas. Selanjutnya, setelah digabungkan dengan formula 60 persen UN ditambah dengan 40 persen nilai sekolah, nilai tersebut dikembalikan lagi ke sekolah.

Selengkapnya Rumus yang ditawarkan pemerintah untuk nilai gabungan = (0,6 x nilai UN) + (0,4 x nilai sekolah). Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 untuk tiap mata pelajaran UN.

Mendiknas mengatakan bobot UN mesti lebih besar dari nilai sekolah untuk mengontrol hasil kelulusan. Pasalnya, dari data-data yang ada masih banyak sekolah yang me-mark up nilai siswa.

Dengan formula baru ini, rencananya akan dipatok nilai tiap mata pelajaran minimal 4,00. Integrasi nilai UN dan nilai sekolah ini diharapkan jadi pendorong untuk menganggap penting semua proses belajar sejak kelas 1 hingga kelas 3.

Adapun kriteria kelulusan ujian sekolah diserahkan kepada sekolah. Nilai sekolah merupakan nilai rata-rata dari ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 setiap mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN.

Kita tetap berharap semoga saja Formula baru Kriteria kelulusan Ujian Nasional 2011 ini akan lebih mempermudah siswa dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional 2011 sebab penilaian kelulusan siswa tidak lagi hasil potret evaluasi sesaat, namun penilaian dilakukan selama proses belajar siswa di sekolah.



Share this article :

10 comments:

  1. Semoga pelaksanaan dan hasil UAN 2011,diberkahi Allah SWT.

    Tetap semangat Pak, dalam menjalankn tugas!!!

    BalasHapus
  2. Sistem yg baru semoga mmberi kemudahan dalm plaksanaan UAN 2011.!!

    SMAN 1 Liliriaja BISA.!!!

    BalasHapus
  3. iya nih tapi katanya nilai semua digabung ya bang

    BalasHapus
  4. Smoga sistem yg direncanakan brjalan dengan lancar tanpa ada halangan dan rintangan apapun. Rawe rawe rantas, malang-malang putung

    BalasHapus
  5. Semoga formula baru ini semakin memantapkan dunia pendidikan kita ke depan. Amin.

    BalasHapus
  6. semoga ja anak SMK lulus semua

    BalasHapus
  7. Semoga UN kali ini berjalan dengan lancar dan dapat menempuh kelulusan yang lebih tinggi serta tampil utama di mata dunia....

    BalasHapus
  8. do`akan kami lulus smuanya . amin !!!

    BalasHapus
  9. Untuk POS UN Tahun 2012 kapan keluar ya?

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger