Home » , , » Sanubari Jakarta | Omnibus Dengan Tema LGBT

Sanubari Jakarta | Omnibus Dengan Tema LGBT

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, April 06, 2012 | 4/06/2012


Pada 19 April 2012, Lola Amaria sineas Minggu Pagi di Victoria Park ini akan merilis film teranyarnya bertajuk Sanubari Jakarta. Kali ini, Lola mengangkat genre drama percintaan dengan kemasan film omnibus , yakni menggabungkan beberapa cerita pendek ke dalam satu film. Trend film yang lagi mewabah seperti layaknya HI5TERIA dan DILEMA.

Cinta yang akan diumbar Lola dalam film ini adalah seputar hubungan percintaan kaum urban kota metropolitan. Di tangan Lola, cinta dikemas menjadi hal yang paling sederhana. "Kalau ada cinta, kita bisa melakukan apa saja," dia mengungkapkan.

Dalam masyarakat Indonesia yang majemuk, pandangan terhadap perbedaan orientasi seksual danatau identitas gender masih sangat tabu dan kerap menjadi kontroversial berkepanjangan. Hal itu disebabkan karena secara umum hubungan yang dianggap normal hanyalah hubungan antara laki-laki dan perempuan.

Walaupun ada yang pro-kontra dalam masyarakat, namun kaum LGBT tetap ada dan berhak hidup di tengah-tengah masyarakat. Mereka tumbuh layaknya seperti manusia yang lain, mereka dilahirkan dan dibesarkan di dalam keluarga sama seperti orang lain. Karenanya mereka layak untuk hidup, memperoleh pendidikan, dijauhkan dari rasa takut, memperoleh perlakuan hukum yang adil dan setara, mendapatkan pekerjaan tanpa diskriminasi.

Melihat dan menyikapi masalah yang belakangan ini timbul di Indonesia seperti terjadinya pembunuhan waria di Taman Lawang, pernikahan transgender dan transeksual (contoh kasus Jane-Alter dan Umar-Ika), semakin banyaknya permasalahan seperti pelecehan, dan bentuk diskriminasi yang lain yang menimpa para kaum LGBT di Indonesia. Termasuk upaya mereka untuk memperjuangkan legalisasi pernikahan sesama jenis.


Sanubari Jakarta merupakan kompilasi 10 (sepuluh) film pendek, 10 (sepuluh) cerita bertemakan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) karya 10 (sepuluh) sutradara. Masing-masing film tersebut berdurasi 10 menit. Seluruh naskah ditulis dengan apik oleh Laila 'Lele' Nurazizah. Dengan para pemain : Gesata Stella, Agastya Kandou, Reva Marchellin, Timothy Hendry Munthe, Pevita Pearce, Reuben Elishama Hadju, Irfan Guchi, Miea Kusuma, Hernaz Patria, Filippo, Arswendy Nasution, Jefan, Tata Trianti, Herfiza Novianty, Intan, Deddy Cobuzier, Permatasari Harahap, Albert Halim, Illfie, Rangga Djoned, Raditya, Gia Partawinata, Alviano, Haffez Ali, Dinda Kanya Dewi, Dimas Hary CSP, Ruth Pakpahan, Bemby Putuanda, Belvany, Ajeng Sardi, Kiki Machina, Raina, Ence Bagus


Sinopsis Film Sanubari Jakarta

Pembalut

  • Sutradara: Billy Christian

Bercerita tentang pasangan lesbian yang berada dalam sebuah kamar motel, Theresia dan Bianca. Yang kemudain memperdebatkan masalah-masalah antara mereka, mulai dari bra yang saling tertukar, serta masalah utama bahwa Theresia memutuskan untuk menikah dengan seorang pria serta masalah Bianca yang sedang datang bulan di hari terakhir mereka bertemu. Hingga datang pula seorang perempuan desa yang mengaku pacarnya Bianca. Uniknya, semua karakter perempuan di film ini akan dimainkan oleh satu orang.

Kentang

  • Sutradara: Aline Jusrina

Sebuah cerita drama komedi tentang pasangan gay, Drajat dan Acel. Mereka sedang berada dalam kamar kos milik Drajat. Ingin saling melepaskan rindu, tetapi selalu berujung pada perdebatan dan kejadian-kejadian yang mengganggu mereka. Telepon dari mamanya Drajat, kamar kos yang tiba-tiba bocor saat berciuman, hingga ketukan dari tetangga saat sedang bermesraan. Hingga kemudian Acel memutuskan untuk pergi dari kamar Drajat.

1/2

  • Sutradara: Tika Pramesti

Sebuah situasi berwarna merah untuk perempuan bernama Anna, dan situasi berwarna biru untuk laki-laki bernama Abi. Apa yang dilakukan oleh Anna berkaitan dengan Abi. Dan keduanya sama-sama melakukan hubungan dengan sorang pria bernama Biyan. Semua yang dilakukan oleh Anna pada Biyan, selalu apa yang tidak bisa dilakukan oleh Abi pada Biyan. Karena Anna sebenarnya hanya bayangan yang Abi ciptakan, untuk bisa membayangkan dekat dengan Biyan.

Lumba-Lumba

  • Sutradara: Lola Amaria

Bercerita tentang seorang guru di sebuah TK Lumba-lumba, bernama Adinda. Yang selalu mengajarkan anak-anaknya tentang Lumba-lumba. Hingga Adinda bertemu dengan sorang perempuan bernama Anggya, yang merupakan orang tua dari muridnya. Adinda dan Anggya saling menyukai dan kemudian makin dekat. Anggya sudah memiliki serang suami bernama Aga, yang tanpa diketahui olehnya Aga memiliki hubungan dengan seorang laki-laki. Tapi keduanya sama-sama tak mengetahui masing-masing, bahwa keduanya memilki hubungan masing-masing dengan sesama jenis.

Topeng Srikandi

  • Sutradara: Kirana Larasati

Cerita tentang seorang perempuan bernama Srikandi yang kemudian berubah pakaian dan peran menjadi laki-laki, untuk membalas perbuatan boss dan para laki-laki dikantornya yang sering melecehkan perempuan termasuk dirinya. Srikandi perempuan yang direndahkan, berubah menjadi srikandi laki-laki yang dikagumi. Hingga dirinya membuka semua atribut laki-lakinya dan kembali menjadi perempuan didepan Boss dan rekan-rekan kerjanya.

Terhubung

  • Sutradara: Alfrits John Robert

Dua orang perempuan bernama Kartika dan Agatha, yang sangat berbeda dan tidak saling kenal ataupun berhubungan. Kartika perempuan yang hidupnya selalu diatur, dan dipilihkan termasuk untuk masalah pasangan. Dan Agatha, perempuan yang baru putus dengan pasangan perempuannya. Mereka berdua tanpa tersadari saling terhubung, dengan hal-hal kecil. Sampai keduanya sama-sama memutuskan tanpa sengaja untuk ke toko bra. Seaakan sudah takdir, Kartika dan Agatha pun akhirnya berada disebuah toko Bra yang sama.

Menunggu Warna

  • Sutradara: Adriyanto Dewo

Tentang pasangan gay yang menjalin hubungan asmara, Satrio dan Adam. Dimulai dengan Satrio yang terjebak macet dilampu merah, kemudian melihat Adam diujung jalan. Satrio sangat menunggu lampu merah berubah hijau. Saat berubah hijau, Satrio langsung mendatangi Adam. Hubungan asmara pun terjalin mulus. Mereka layaknya pasanagn pada umumnya. Sampai pada akhirnya semua yang berjalan lancar itu terhenti. Satrio kembali pada situasi pertama saat lampu merah, dan bedanya ternyata lampu merah itu tak pernah berubah jadi hijau.

Malam Ini Aku Cantik

  • Sutradara: Dinda Kanyadewi

Cerita yang diangkat dari sebuah cerpen berjudul Malam Ini Aku Cantik, bercerita tentang kehidupan Agus seorang waria. Agus menceritakan kehidupannya sebagai waria, bagaimana perasaannya harus mangkal dan digodain, bagaimana dia kemudian digunakan oleh om-om demi uang. Serta Agus harus menerima dirinya sebagai waria, kemudian dicemoohkan. Semua Agsu lakukan untuk menghidupi anak-istrinya di kampung. Karena Agus memang seorang ayah yang terpaksa bekerja di Jakarta sebagai waria.

Untuk A

  • Sutradara: Fira Sofiana

Sebuah cerita tentang seorang laki-laki bernama Ari. Ari mengetik sebuah surat kepada A, disurat itu dijelaskan tentang perjuangan seorang laki-laki yang dilahirkan dengan wujud perempuan dan hingga akhirnya memutuskan untuk operasi kelamin, menjadi perempuan karena dirinya adalah perempuan. Ketikan surat itu juga bersamaan dengan munculnya kejadian-kejadian di masa lalu yang sesuai dengan yang uraikan pada surat. Dan pada akhirnya surat itu untuk dirinya sendiri. Karena A, adalah Ari, seorang laki-laki yang dilahirkan dengan wujud perempaun dan merubah wujudnya jadi laki-laki seperti saat ini.

Kotak Coklat

  • Sutradara: Sim F

Bercerita tentang sepasang kekasih, Reuben dan Mia. Mia baru saja mengakhiri ceritanya di sebuah taman, dan berujung pada cerita dari masa kecil keduanya hingga sekarang. Dari masa kecil dan masa-masa lainnya, kemudian terlihat bahwa Mia, sang perempuan adalah seorang transgender, yang dulunya berwujud laki-laki. Dan Mia serta Reuben dari masa kecil selalu dalam sebuah situasi yang sama, keduanya tumbuh, Hingga Mia kini berhubungan dengan Reuben sebagai perempuan.



Trailer Film Sanubari Jakarta




Sumber :
  1. wikipedia.org
  2. dejulogy.wordpress.com


Denaihati


Share this article :

17 comments:

  1. Lola tambah prodktif aja ya bang aduh nggak pernah muncul lagi di TV

    BalasHapus
  2. film wajib di tonton ini mas.... maksih taas infonya masss,,

    BalasHapus
  3. pasti nilainya 10 juga ya bang...hehehe....trims infonya bang !

    BalasHapus
  4. film lagi nih,,sekarng lagi banyak film kompilasi,,,semoga makin sukses,,,

    BalasHapus
  5. kayanya seru nih film nya , sayang ga bisa liat trailer nya nih

    BalasHapus
  6. wajib di tonton nih...rame kayak nya

    BalasHapus
  7. mengangkat tema potret kehidupan di kota Jakarta

    BalasHapus
  8. Mantaapp nich..kayanya seru nich. . .

    BalasHapus
  9. Salut buat Lola Amaria...

    BalasHapus
  10. Kereenn ...makasih bnyak infonya,,..

    BalasHapus
  11. Sukses buat infonya.. . .

    BalasHapus
  12. Wah film ini beda dari film lain, Sutradara nya aja sampe 10 gitu. Seru kayanya..

    BalasHapus
  13. Bakalan seru nih,thanks bgt infonya

    BalasHapus
  14. Terimakasih bnyak infonya gan..

    BalasHapus
  15. semoga yang ini seru pak, soalnya yang hi5teria kalo menurut aku gak seru

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger