Home » , , » Julius Richard Petri - Penemu Cawan Petri di Logo Google Hari Ini

Julius Richard Petri - Penemu Cawan Petri di Logo Google Hari Ini

Written By Muhammad Yuliawan on Jumat, Mei 31, 2013 | 5/31/2013




Hari ini Google kembali tampil dengan logo unik bertajuk Julius Richard Petri's 161st birthday. Untuk memperingati 161 tahun kelahiran Julius Richard Petri.

Julius Richard Petri (31 Mei 1853 - 20 Desember 1921) adalah seorang bakteriologi Jerman yang dikenal sebagai penemu cawan Petri saat bekerja sebagai asisten Robert Koch. Petri pertama belajar kedokteran di Kaiser-Wilhelm-Akademi Dokter Militer (1871-1875) dan menerima gelar medisnya pada tahun 1876. Dia melanjutkan studinya di Rumah Sakit Charite di Berlin dan aktif bertugas sebagai dokter militer sampai tahun 1882, terus sebagai cadangan asisten.

Dari 1877-1879 ia ditugaskan ke Dinas Kesehatan Imperial (Jerman: Kaiserliches Gesundheitsamt) di Berlin, di mana ia menjadi asisten Robert Koch. Atas saran Angelina Hesse, New York-istri lahir asisten lain, Walther Hesse, laboratorium Koch mulai bakteri budaya pada pelat agar. Petri kemudian menemukan piring budaya standar, atau piring Petri, dan dikembangkan lebih lanjut teknik kultur agar-agar untuk memurnikan atau mengkloning koloni bakteri yang berasal dari sel tunggal. Uang muka ini memungkinkan untuk ketat mengidentifikasi bakteri yang bertanggung jawab untuk penyakit.

Cawan Petri  adalah sebuah wadah yang bentuknya bundar dan terbuat dari plastik atau kaca yang digunakan untuk membiakkan sel. Cawan Petri selalu berpasangan, yang ukurannya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya. Cawan Petri dinamai menurut nama penemunya pada tahun 1877, yaitu Julius Richard Petri (1852–1921). Alat ini digunakan sebagai wadah untuk penyelidikan tropi dan juga untuk mengkultur bakteri, khamir, spora, atau biji-bijian. Cawan Petri plastik dapat dimusnahkan setelah sekali pakai untuk kultur bakteri.

Di dunia kedokteran, Julius Richard Petri termasuk salah satu nama yang paling berpengaruh. Sejak kecil memang sudah bercita-cita menjadi seorang dokter. Pada tahun 1871, Julius Richard Petri untuk pertamakalinya belajar ilmu kedokteran secara formal di Kaiser Wilhelm Academy, yaitu sebuah sekolah pendidikan dokter militer di Jerman. Setelah lulus dari Kaiser Wilhelm Academy pada tahun 1875 dan menerima gelar medisnya setahun kemudian, Julius Richard Petri kemudian meneruskan sekolahnya di Rumah Sakit Charite yang terletak di Berlin. Selain belajar, di rumah sakit itu Julius Richard Petri juga menjalankan tugas sebagai dokter militer.

Di sela-sela masa belajar dan masa tugasnya di Rumah Sakit Charite, Julius Richard Petri juga dipercaya menjadi asisten Robert Koch, salah seorang ilmuwan paling terkemuka pada saat itu. Robert Koch adalah guru bagi Julius Richard Petri dalam mempelajari seluk beluk tentang sel dan bakteri. Sebagai catatan, Robert Koch juga dikenal sebagai Bapak Bakteriologi Modern karena berbagai penemuannya yang sangat bermanfaat bagi kepentingan ilmu kedokteran.

Semasa bekerjasama dengan Robert Koch itulah pada tahun 1877, Julius Richard Petri berhasil menemukan Petridish atau Cawan Petri yang hingga saat ini menjadi salah satu perangkat yang paling diperlukan dalam segala hal yang berhubungan dengan bakteri atau sel. Sepanjang hidup, Julius Richard Petri mengabdikan dirinya untuk memajukan ilmu bakteri dan menularkan kegunaannya kepada orang lain. Julius Richard Petri wafat pada tanggal 20 Desember 1921 dalam usia 69 tahun di Zeitz, Jerman.


Denaihati
Share this article :

24 comments:

  1. owh,,iya pantesan logonya seperti itu,,,,
    google selalu menghargai ya

    BalasHapus
  2. Emang kalau dipake ulang, dan sebelum pemakainan tersebut dicuci dengan air panas juga nggk boleh yah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum pemakaian memang harus dicuci dulu lalu disterilkan. Yang pernah saya tahu sih pake autoclave.

      Hapus
  3. saya turut bangga kepada julius R.P karena penemuan cawan petri, coba bayangkan kalau cawan petri belum ditemukan sampai sekarang mungkin bakteri dibiakkan di kantong kresek atau besek

    BalasHapus
  4. google keren, selalu menghargai orang2 yg berjasa! Bravo!

    BalasHapus
  5. ikut menyimak gan, terimakasih infonya semoga bisa bermanfaat

    BalasHapus
  6. kirain computer ane kena virus... ohhh trnyata sbuah pnghormtn dr google tochhh.... like it!

    BalasHapus
  7. ok,, semoga sejarahnya selalu terkenang,,

    BalasHapus
  8. siiip semoga makin sukses aja dan banyak bibit seperti dia thanks atas infonya.....!

    BalasHapus
  9. selamat hari jadi Julius Richard yang ke 161

    BalasHapus
  10. google doodles hari ini tentang julius richard

    BalasHapus
  11. google merayakan HUT Julius Richard yang ke 161 tahun

    BalasHapus
  12. memang google selalu perhatian dan selalu mengingatkan kita semua

    BalasHapus
  13. google memang selalu perhatian dan menghargai pada orang-orang yang telah berjasa,,terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
  14. Astaga bodohnya aku! sudah 3 tahun lebih saya bekerja di laboratorium tiap harinya membiakkan bakteri dan mensterilkan cawan petri (caper) baru hari ini saya tahu siapa penemunya! T_T makasih banyak gan infonya sangat-sangat bermanfaat tambhan ilmu bagi saya

    BalasHapus
  15. memang cawan petri ini sangat berguna bagi para praktisi laboratorium

    BalasHapus
  16. http://myclotheshop.blogspot.com/
    makasih

    BalasHapus
  17. orang luar negeri selalu menghargai karya orang,, kalau di indonesia gimana ???

    BalasHapus
  18. google benar benr menghargai setip karya,,, salut

    BalasHapus
  19. terima kasih maklumatnya bang iwan. nama cawan ini sempena nama perekanya.

    BalasHapus
  20. jerman memang salah satu gudangya penemu

    BalasHapus
  21. Google memang oke, penghargaannya terhadap orang-orang yang berjasa tidak ada duanya!

    BalasHapus
  22. Penemuannya sangat bermanfaat sekali!

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger