Home » » GEMPITA KEMERDEKAAN

GEMPITA KEMERDEKAAN

Written By Muhammad Yuliawan on Selasa, Agustus 11, 2009 | 8/11/2009


Wahai Sang Persada,....
64 tahun usiamu kini, suasana tak lagi segegap gempita dulu.

Ulang tahunmu kali ini serasa ala kadarnya.
Mungkin karena situasi yang terbelit krisis, atau karena tenggelam oleh hiruk-pikuk perhelatan politik di kancah pasca pilpres,
atau kalah popularitas oleh pasukan anti teror Densus 88 yang senantiasa dihadapkan pada kasus-kasus yang mencederai makna kemerdekaan itu sendiri

Usia 64 tahun.....
Jika diibaratkan seorang manusia, maka ia sudah memasuki fase renta dan merambat jompo.

Di usia seperti ini, seseorang hidup dalam suasana introspeksi, bertindak serba hati-hati dan yang pasti semakin bijak dalam mengambil keputusan.

Namun yang perlu dipersiapkan dan harus diwaspadai dalam usia seperti ini, menurut kodratnya seseorang akan mulai sakit-sakitan dan kondisi tubuh semakin lemah.

Bisa jadi, sakit-sakitan dan kondisi tubuh yang semakin lemah akan menggerogoti sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kita seakan tak pernah lepas dari kekhawatiran, bencana alam, penyakit dan teror.

Adalah kearifan yang semestinya menjelma diusia seperti ini, bukan sikap saling tuding dan saling hujat, ataukah memang hanya kerapuhan dan sakit-sakitan yang bisa kita nikmati di saat usia merambat renta ini ?

Memang teramat sulit memaknai arti kemerdekaan yang sesungguhnya, manakala kita masih diliputi nurani yang dekil, manakala jiwa yang semakin jalang masih meronta membara tiada tara.

Mari bersama kita rapatkan jamaah, mengetuk pintu nurani agar perahu bangsa ini tak retak dihempas gelombang, agar tubuh renta ini masih kuat menahan berbagai benturan.

Dirgahayu negeriku, Sejahtera Bangsaku.

Share this article :

57 comments:

  1. Siip, ayo merdekankan jiwa kita. Ayo isi kemerdekaan bangsa ini dengan hal-hal yang bermakna, makna positif. Mertdeka !

    BalasHapus
  2. Mari kita isi usia yang sudah merambat renta ini dengan sesuatu yang akan berguna bagi generasi yang akan datang, MERDEKA......

    BalasHapus
  3. Merdeka...benar bang..mari sama-sama kita bangun bangsa ini

    BalasHapus
  4. seumur papaku tuh. 64 tahun....Merdeka!!!

    BalasHapus
  5. pagi...pagi...seneng jokes ato renungan? waktu itu bilang paling suka sama renungan. yg mana yg bener nih? he he he..

    BalasHapus
  6. ayo bang iwan, kita isi makna kemerdekaan ini dengan yang lebih berharga untuk nusa dan bangsa merdeka!!!

    BalasHapus
  7. selamat hari kemerdekaan .. semoga jiwa kita benar2 merdeka

    BalasHapus
  8. Kita kalahkan usia dengan semangat ya bang ..
    Merdeka !!

    BalasHapus
  9. mari sama2 kita bangkitkan semangat juang bangsa agar negeri ini bangkit dari segala persoalan yg melanda, majulah negeriku.

    BalasHapus
  10. salam sobat semangat merdeka ya,,menyambut HUT kemerdekaan RI.

    BalasHapus
  11. mari mengisi dg hal2 yg bermanfaat buat kemajuan negara kita... jiah... *seriusss*

    BalasHapus
  12. mari mengisi dg hal2 yg bermanfaat buat kemajuan negara kita... jiah... *seriusss*

    BalasHapus
  13. Wah iya, sekarang ini di ulang tahun kemerdekaan RI tidak seperti dulu, jauh lebih buruk, mungkin benar karena kalah popularitas. dan untuk mengisi kemerdekaan pun para pemuda sekarang juga masih kurang kalo dibandingkan dengan pemuda dahulu.
    meprihatinkan ya?
    Iklan Gratis

    BalasHapus
  14. kalo inget densus koq malah kayak merek oli atu apa gitu... keren siy tapi lebih keren kalo jadi nama produk huhu... tolong jangan di laporin ke polisi ya bang aku...

    BalasHapus
  15. buat ducky di atas, bisa nggak ngomeng nggak dua kali gitu??? mu tak panggang kamu??? bang iwan... siapin arang kita BBQ bebek di atas....

    BalasHapus
  16. Indonesia telah renta. Padahal sebahagian besar anak2nya masih butuh bimbingan terutama bimbingan kemandirian sebagai anak bangsa. Merdeka!

    BalasHapus
  17. Untuk sebuah negara maka ukurannya adalah bukan ukuran umur salah satu rakyatnya... negara ini adalah juga milik anak cucukita yang mungkin belum lahir. Makanya diperlukan pemimpin yang negarawan, tidak hanya memeikirkan sekarang tapi juga memikirkan masa yang akan datang.

    Untuk POLRI saya salut atas kerja kerasnya, tetapi prinsip dasar praduga tidak bersalah harus tetap dikedepankan

    BalasHapus
  18. happy independence day ajah buat smua org indonesia
    merdeka,,merdeka,,

    BalasHapus
  19. iya bang, tujuhbelasan dah deket, tpi dagang bendera di denpasar masi sepi,ga serame kemarin,kenapa ya?apa kr uda 64 tahun jadi ga dirayain serame dulu??? ntahlahhhh

    BalasHapus
  20. I am Indonesian and i am lovin it *kek iklan makanan*

    BalasHapus
  21. yoa bang iwan, ayooo kita bangun negara ini jgn ada orang yg mencerai beraikan lagi, yuu kita setop

    BalasHapus
  22. whoa..iyah, aq suka pisang epe juga tapi nda suka pake kelapa, gula meragnya nda suka klo banyak2 tp klo makan lebih asik di losari bisa nae bebek, pentung2 orang, dikejar ma orang se losari sembunyi di imperial pura2 jd patung *sebenarnya komen apa...ahh dudud*

    BalasHapus
  23. Mari kembali renungi makna kemerdekaan ini! salam kenal

    BalasHapus
  24. Semoga makin tua makin menjadi bijaksana!
    Mas, aku kok beberapa hari terakhir ga bisa langsung ngeliat blogku yg baru di update ya? Misalnya pas aku baru posting yg di Curhat Fanda, ketika aku klik 'Lihat Blog', yg muncul adalah posting sebelumnya. Sampe sekrg aku blm bisa liat posting terbaruku itu, mas malah udah komen...
    Kira2 kenapa ya??

    BalasHapus
  25. Kemerdekaan ini telah ditebus dengan ribuan jiwa pahlawan. Maka ia terlalu murah untuk hanya diperingati dengan panggung gembira dan dangdutan. Merdeka!

    BalasHapus
  26. Duh ...renungannya serasa menjewer kuping kita semua.
    Semoga situa renta ini ngak semakin lara nasibnya.
    Meski tidak ada pesta pora merayakan hari jadinya
    namun tentu takkanlah kita lupa ntuk sekedar mengucap doa.
    Merdeka
    merdeka

    BalasHapus
  27. subhanalloh...Merdeka!!!

    BalasHapus
  28. terimakasih sobat pencerahannya...semoga kita selalu merdeka...^_^

    BalasHapus
  29. semoga dengan bertambahnya umur bangsa kita,semakin majulah bangsa kita, mari bahu membahu membangun bangsa sesuai kapasitas kita masing-masing..MERDEKA...

    BalasHapus
  30. sekali merdeka tetap merdeka
    selama hayat masih di kunjung badan..
    untuk indonesiaku,semoga 64 tahun ini
    perwujudan kemerdekaan semakin berada
    amiennnn
    merdeka..merdeka..merdeka..

    BalasHapus
  31. masih tetap samakah Indonesia di usianya yang lebih tua? ow ow ow mari kita doakan sama-sama.

    BalasHapus
  32. Semoga kita semua dapat memaknai kemerdekaan ini tidak hanya dengan pesta pora dan gegap gempita belaka..

    BalasHapus
  33. mampir ommm,,, udah lama ga ngeblog ni, kangen...

    BalasHapus
  34. buat zujoe... suka-suka aku dong.. mana kutau keteken enter 2 kali tuh.. lagian signalnya ilang2...

    jgn ajak2 bang iwan dong.. curaangg beraninya kroyokan!

    BalasHapus
  35. mari kita teruskan perjuangan para pemuda dan pahlawan kita terdahulu..karena kita belumlah merdeka dengan sebenar benarnya..semangat

    BalasHapus
  36. HIDUP INDONESIA-KU!!!!

    MERDEKAA!!!

    INDONESIA....I LOVE U FULL ^_^

    BalasHapus
  37. semoga di usia yang semakin tua ini kita bisa bebas dari korupsi dan teroris.

    BalasHapus
  38. semangat bro..Merdeka Indonesia!

    BalasHapus
  39. Merdeka negeriku... terima kasih para pahlawanku.. pengorbananmu membuatku bisa menikmati hidup damai di negeri yang indah ini...

    BalasHapus
  40. MERDEKA!!!HEHEHE

    Semangat 45 di tengah malam nih.. Huahhh

    BalasHapus
  41. MERDEKA!!!
    Jadi udah menang lomba apa aja nih oom di kampungnya hehehe

    BalasHapus
  42. dengan semangat 45 gak patah semangat wat mencoba komeng dsini, melawan barikade si dudud, brjuanglah wen! MERDEKA!

    BalasHapus
  43. udahan masuk lom yah komengku, lupa tadi udah nyeklik pos apa belom?!? lupaaa, beneran wen lupaaa

    BalasHapus
  44. Merdekaa...
    64 tahun, angka yang lumayan tua. Semoga dengan bertambahnya usia ini, akan membawa perbaikan di segala bidang bangsa ini. WakiL2 rakyat di atas sana, jalankan amanat dengan baik. Pak SBY, semangat pak!!!

    nb:jadi lucu nih baca komentar zujoe. zujoe suruh agar duck nggak comment 2 kali, padahal dianya juga komentar 2 kali... he.. he..
    Ayo bang zujoe, bang duck, mumpung masih suasana 17an, saling berlomba memberi komentar yang puualing buagus. OK!!
    Peace 4 all...

    BalasHapus
  45. semoga diusianya yang ke 64 negara kita menjadi negara yang dapat menyejahterakan rakyatnya......bravo indonesia

    BalasHapus
  46. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat Bang Iwan :)

    BalasHapus
  47. Arti kemerdekaan...
    Ketika keadilan dan kebenaran tercipta di nusantara tercinta...

    Keadilan dan kebenaran yang bukan berdasar pada kamus 'penguasa'... Tetapi keadilan dan kebenaran yang disepakati bersama, yaitu keadilan dan kebenaran yang sesungguhnya, yang tidak bisa ditawar dengan apapun juga...

    Dirgahayu negeriku, Sejahtera Bangsaku.

    MERDEKA!!!

    BalasHapus
  48. Makasih ya Bang sudah berbagi artikel yang sangat menarik ini...

    Aku ijin vote Bang :)

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  49. salam merdeka!!

    siang pak...maaf baru kemari nih.

    BalasHapus
  50. Wah rakyat indonesia memang sekarang ini banyak yang kurang mendukung ya, partisipasinya menurun jika dibandingkan dengan yang dulu..

    BalasHapus
  51. Merdeka!!!!

    Artikel yang sangat menarik Bang Iwan :)

    BalasHapus
  52. Saya suka sekali dengan kalima berikut:

    "Adalah kearifan yang semestinya menjelma diusia seperti ini, bukan sikap saling tuding dan saling hujat..."

    Top banget Bang :)

    Sukses Selalu...

    BalasHapus
  53. Ya, tanpa terasa negara kita ini sudah hampir 64 tahun berada dalam alam yang merdeka. setiap tahun pula kita selalu memperingatinya. Namun, bangsa ini tidak sekedar butuh rutinitas semata. negeri ini mendambakan kemerdekaan yang seutuhnya. merdeka bukan sekedar dalam arti lahiriah, tetapi jauh lebih dalam daripada itu. Ingat, negeri ini sedang dilanda krisis multi dimensi. kita semua bertanggung jawab untuk mewujudkan apa yang telah diperjuangkan para pahlawan. sebab di tangan kita lah masa depan bangsa ini dipertaruhkan!
    Iklan Baris Gratis

    BalasHapus
  54. merdeka negaraku tercinta., jadilah engkau besar.

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger