Home » » NGABUBURIT DI JALAN KEMATIAN

NGABUBURIT DI JALAN KEMATIAN

Written By Muhammad Yuliawan on Sabtu, Agustus 29, 2009 | 8/29/2009

Kata ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, artinya kurang lebih menunggu saat berbuka puasa. Padahal kata dasarnya sendiri sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan puasa. Burit berarti sore. Ngabuburit berarti menunggu sore, dan tadinya sih tidak harus bulan puasa saja. Karena buka puasa dilakukan di sore hari (maghrib) maka akhirnya ngabuburit pun dipersempit artinya menjadi menunggu saatnya buka puasa.

Sejak kapan aktivitas ngabuburit mulai dilakukan orang? Tidak ada yang tahu secara pasti. Tapi kemungkinan besar sejak orang berpuasa di bulan Ramadhan, karena kegiatan ini memang tujuannya untuk perintang-rintang waktu, biar nggak bosen nunggu waktu buka puasa.

Hari ini saya akan mengajak sahabat Ngabuburit, sembari menguji adrenalin kita menyusuri jalan yang paling mengagumkan [High Way] Di Bolivia, Amerika Selatan. Jalan yang diberi julukan ‘Stremnaya’ atau ’Jalan Kematian’


Anda tidak percaya?..... Silahkan Pasang sabuk Pengaman !!!

Kita akan memasuki jalanan itu,..... indah sekali
Menyusuri bagian dalam jalan terasa sejuk.

Kalau tidak puas memandang dari jendela, silahkan keluar sambil menikmati kesejukan udaranya.

Sebelum kita melanjutkan perjalanan, silahkan dicek sabuk pengman anda sekali lagi.
Sejauh mata memandang, ternyata jalanan di depan masih sangat sepi.

Bebarapa saat kemudian kami mulai berpapasan dengan mobil lainnya.

Melewati tinkungan tajam yang mendebarkan.

Okey,.... kembalikan ke gigi rendah dan tancap gas !
Jalanan cukup lebar untuk mudah di lalui ??

Sebentar...... mungkin sebaiknya kita di jalur bagian dalam !
Rasanya menyetir di Jalanan ini bisa menghilangkan rasa kantuk.

Mungkin sebaiknya kita minggir memberi jalan mobil yang datang dari depan.

Koq nggak ada peringatan hati-hati jalanan longsor yah??

Ntar dulu ,...... diharapkan para penumpang tahan nafas untuk mengurangi beban kendaraan.

Akhirnya kita tiba di ujung jalan,.....


Terima kasih anda telah ikut ngabuburit bersama kami,


Setelah mengikuti perjalanan ini, apakah anda masih menggerutu terhadap kemacetan lalu lintas di kota anda?


Sumber : Materi Energizer ToT DB3 USAID 2007

Share this article :

37 comments:

  1. busyeeeettttt daaahhh.... mengerikan amat yak.... pas belokan ntu tuch yg ngeriiii....

    BalasHapus
  2. Wekk!! gile bener...yang bikin jalanan kebangetan..! memang bikin jantung copot tuh jalanan. Nice posting pak guru...

    BalasHapus
  3. ...ouw ternyata bahasa Sunda to...kirain bahasa jawa tengahan je....
    Kalau ngabuburit gak usah yang bikin jantung copot dech....bisa mengurangi kekusukan he..he..he...
    Oiya, met kenal dan thanks!

    BalasHapus
  4. Beneeeeer nich jalan. Belum nyetir aja dach tahan nafas. Jalan yang menakutkan.
    Btw, berkunjung bang.

    Salam

    BalasHapus
  5. wow!...
    jalanannya..! kalau aku milih jalan kaki aja deh, biar jantung gak empot2an...

    Itu bisa ya..? gunung di 'bor' jadiin jalan...hebaatt!..

    *maaf, bang baru mampir lagi, koneksi lagi ancur banget, nih!*

    BalasHapus
  6. Weleh, panjang juga ya asal mula'x, hihihi...
    Dr kata sore, jd nunggu buka puasa bareng, xixixi...

    Tapi itu beneran mas nama jalan'x?
    Wedew, serem nama'x....

    BalasHapus
  7. Wow...bikin deg-degan aja. Gambar 3 nya keren tuh.

    BalasHapus
  8. Weleh, panjang juga ya asal mula'x, hihihi...
    Dr kata sore, jd nunggu buka puasa bareng, xixixi...

    Tapi itu beneran mas nama jalan'x?
    Wedew, serem nama'x....

    BalasHapus
  9. Ngbuburit ala bang iwan hebat euy..besok ngabuburit lagi yuk bang hehe

    BalasHapus
  10. halo mas...
    ceritanya bagus mas...

    BalasHapus
  11. liat fotonya ikut deg2an..sumprit... (doh)

    BalasHapus
  12. hihihi...seru mas,aku ketawa nih baca tulisan ini y mas.judulnya ngabuburit smbl olah raga jantung hehe...

    BalasHapus
  13. wah... mending ga kesana deh...

    BalasHapus
  14. gilaaaaaaaaaaaaaaaa....neh mau ngabuburit apa mau bunuh diri???? bener2 gag masuk akal.....gitu yah dijalanin mbok yah yang biasa ajjah jangan extrem2 heheheheeee

    BalasHapus
  15. Wah Bang.., aku kira jalan ke Pacitan sudah cukup 'mengerikan' ternyata ada yang lebih dahsyat lagi !!
    Aku gak mau kalau disuruh naik kendaraan di jalan itu.., meski dibayar mahal sekalipun... Ngeri bo'...!!

    BalasHapus
  16. siap pak..! mari kita nagbuburit kesana..

    ato mungkin malah bisa gak buka sama sekali..

    wkwkwkwkw

    BalasHapus
  17. Wuaaa...baru bisa liat gambar'x, tadi pake Hape sih :D
    Serem amat jalannya...
    Huhuhu, likuk2 gitu....
    Gak akan lewat situ dah :D

    BalasHapus
  18. beuhhhhhhh...
    busyet dah... ngapain seh jalan jalan kesitu....?
    ngga ada yang lebih menantang apa..?

    hahahah.....

    salam

    gen

    BalasHapus
  19. wah mengerikan,aku nunggu sorenya mending di rumah aja

    BalasHapus
  20. waduh mengerikan! bisa tahan nafas kalau seperti itu mah

    BalasHapus
  21. wah,, mantep bgt tuh jalannya.. jadi pengen ke sana,, hehe,, :D

    BalasHapus
  22. Wah, yasmara ikutan dong ngabuburit, kayaknya menarik nih..

    BalasHapus
  23. Hehe, ngabuburit yang mengasyikkan dan mendebarkan. Kreatif bang.

    BalasHapus
  24. lho di ujung jalan kok ga ada makanannya??? mo buka ni

    BalasHapus
  25. Saya baru tahu arti kata "ngabuburit"setelah baca artikel pak Iwan neh.Thanks, mantap!

    BalasHapus
  26. hemmm, terjal dan curam banget tuh pak, ya?

    BalasHapus
  27. kok komen saya di sini nggak muncul-muncul ya?

    BalasHapus
  28. heyy.maaf nih baru bisa mampir...
    waaahh..
    di puncak aja udah serem banget kalo kondisi mobil lagi ga oke.
    btw, gue baru tau lhoo arti ngabuburit sekarang.hahaha

    BalasHapus
  29. wiuh, cuapek apa ndak?

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  30. mau tanya nih.... bagaimana cara buat strem 1-14?

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  31. seharusnya di bikin jalan terowongan saja... lebih aman

    BalasHapus
  32. Waduuuh mas, di sana ada orang jualan ga ya?! gimana coba buka puasanya?

    BalasHapus
  33. Nach ..ini dia tantangan baru, khusus untuk jalan yg seperti ini, Anda harus memiliki talenta yg teruji...jadi kalau SIM Anda hanya dapat dari "Hadiah Kepolisian" tanpa uji kompetensi...Anda harus mundur dalam mengikuti "safari Ngabuburit" yg ditawarkan! Bung Setiawan...sajianmu BAGUS banget, dgn didukung photo yg Luar Biasa..saya merasa berada diujung jurang sungguhan...Salam

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah jalan kotaku ndak pernah macet (maklum kota kecil)kecuali hari lebaran , apalagi pada hari H+2 jalan depan sekolahku pasti macet tidak masalah, saya hari-hari macet masih libur.

    Luar biasa kreatif sekali.

    BalasHapus
  35. tadinya saya pikir itu istilah ngabur sambil bawa clurit. he he he...

    BalasHapus
  36. Memang mendebarkan....
    Tapi sayang foto tujuan akhirnya kagak kelihatan...
    Mantabs deh :D

    BalasHapus
  37. jarang ngabur, cuma mata ae yang liat

    BalasHapus

loading...

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger