Home » , , » Jakarta Hati | Meraba Hati Kota Ini, Hati Bangsa Ini Dengan Hati Kita Sendiri

Jakarta Hati | Meraba Hati Kota Ini, Hati Bangsa Ini Dengan Hati Kita Sendiri

Written By Muhammad Yuliawan on Rabu, Oktober 17, 2012 | 10/17/2012

Jakarta, kota yang tidak pernah tidur dan juga merupakan jantung dari Indonesia. Kehidupan kota metropolitan Jakarta memiliki ribuan sisi menarik yang bisa diangkat menjadi sebuah cerita, salah satunya adalah yang diangkat dalam film layar lebar yang berjudul "Jakarta Hati." 

Mengikuti jejak trands sineas yang menjamur dengan konsep Omnibus seperti film "Dilema", "Hi5teria", "Sanubari Jakarta" penulis naskah yang sudah banyak mengantongi piala citra ini kembali menyajikan karyanya yang terbaru "Jakarta Hati".

Uniknya film "Jakarta Hati" ini dimana sang penulis naskah Salman Aristo juga duduk di kursi Sutradara.
Sebelumnya Salman Aristo juga  telah menghasilkan film-film sukses seperti Ayat-ayat Cinta, Laskar Pelangi, Garuda di Dadaku dan Sang Penari

Film jenis omnibus ini memang belum familiar bagi pecinta film negeri ini, namun film yang merangkai enam cerita yang mengisahkan kehidupan warga Jakarta dengan berbagai permasalahannya ini diramu dengan cantik oleh Salman Aristo. 

Selain kuatnya cerita, Jakarta Hati juga di dukung oleh artis-artis kawakan seperti Slemet Rahardjo, Didi Petet, Jajang C Noer, Surya Saputra, Dwi Sasono dan juga Asmirandah, untuk itu bisa diperkirakan bahwa film yang akan melakukan penayangan perdana pada 8 November 2012 nanti pasti menarik. Bahkan film ini mendapatkan kehormatan menjadi film pembuka Balinale International Film Festival, satu-satunya ajang film internasional yang digelar di Indonesia. 

"Jakarta Hati" menjadi salah satu dari 34 film yang ditayangkan di festival film bertaraf internasional di Indonesia yang tahun ini diselenggarakan di Cinema XXI Beachwalk Kuta, Bali. Film yang akan diputar berasal dari 14 negara dengan kategori mainstream, independen, dokumenter maupun film pendek. Saat ini, acara ini merupakan satu-satunya festival film bertaraf internasional di Indonesia.

Pendiri BALINALE, Deborah Gabinetti, memuji kualitas film yang lolos seleksi dari 350 film yang diterima komite seleksi.
"It is a very good film, the production quality is there, the acting is there, the story is there, I think it would be an interesting film as I said, not only Indonesian but for the foreigners and the expats," (Itu adalah film yang sangat bagus, produksinya berkualitas, aktingnya bagus, ceritanya bagus. Saya kira itu akan jadi film yang menarik, seperti saya bilang, bukan cuma untuk orang Indonesia tapi juga untuk orang asing dan para ekspaktriat). 

Sinopsis Film Jakarta Hati 
1. Masih Ada 
Berkisah perjalanan seorang anggota dewan di tepatnya Jakarta. Di antara keluh kesah warga tentang kotanya. Sampai dia nanti ada di satu titik, masih adakah hatinya. Ketika di tangannya ada tas olahraga berisi uang kontan satu milyar hasil bagi-bagi korupsi dan fakta seorang anak kecil yang dipukuli karena menyolong sepotong tempe akibat lapar 

2. Kabar Baik 
Di sebuah kantor polisi, seorang polisi muda sedang berhadapan dengan laki-laki paruh baya yang masih nampak gagah. Mereka sedang mengisi berkas BAP. Kasus penipuan laki-laki itu melibatkan banyak perempuan. Soal arisan berantai. Laki-laki itu adalah ayah dari si polisi. Sudah lima tahun lenyap. Ibunya masih terus berharap dan menunggu karena cinta. Sementara laki-laki ini mengatakan kalau si polisi sekarang sudah memiliki adik berumur 5 tahun yang hari ini berulang tahun. Si polisi ragu. Ayahnya ini tukang kibul kelas kakap. Si polisi terbentur dilema. Apakah dia akan memenjarakan ayahnya dengan meneruskan berkas itu atau tidak. Siapa yang akan dia beri kabar baik? Ibunya atau adik tiri yang masih belum tentu ada itu? 

3. Hadiah 
Seorang penulis sedang sibuk ditelepon temannya untuk mengambil sebuah proyek. Menulis film komedi seks kacangan. Si penulis memang sedang kronis kondisi keuangannya. Rp. 50 ribu baru saja dipakai untuk memberi pulsa elektronik yang belum juga masuk. Sementara sisa setengahnya untuk hidup hari ini. Sang teman yang berniat membantu itu terus mendesak agar si penulis menelepon langsung produsernya. Anak laki-lakinya 8 tahun merengek ingin datang ke ulang tahun teman sebangkunya di dekat rumah. Akhirnya mereka pergi ke mal terdekat, membeli kado versi palsu sandal karet mahal dan pulang jalan kaki karena menghemat ongkos. Kertas kado pun juga tak dibeli. Sampai di tempat, si penulis baru tahu kalau ini pesta anak orang kaya. Dia harus menerima tatapan sinis para orang tua yang datang dengan kondisi wangi dan kinclong. Apakah yang akan diputuskan oleh sang penulis, ketika pulsa elektroniknya masuk, setelah melihat anaknya sangat senang kadonya diterima dengan baik oleh sahabatnya? 

4. Dalam Gelap 
Lepas maghrib, mendadak satu area di kawasan Jakarta mati lampu. Sepertinya terkena giliran pemadaman. Pasangan suami istri muda pun terkena imbasnya. Mereka jadi harus saling bicara satu sama lain. Sebab biasanya, kalau lampu menyala, mereka sibuk sendiri-sendiri. Satunya baca novel, satunya nonton TV. Atau kegiatannya lainnya. Masing-masing. Sekarang dalam gelap, hubungan mereka yang sudah kering itu mendadak dipertaruhkan. Ekspektasi, perselingkuhan yang tadinya dalam keadaan terang saling didiamkan, dan lainnya. Apa yang mereka temukan dalam gelapnya Jakarta? Jalan keluar? Jalan buntu? Titik penghabisan? Adakah cahaya di dalam gelap itu untuk mereka sekali lagi? 

5. Orang Lain 
Seorang laki-laki, pertengahan 30-an, sedang menggoyangkan gelas alkoholnya di meja bar sebuah pub kecil. Lalu dia tersenyum tipis mencelupkan cincin kawinnya ke dalam gelas. Dari gelas itu dia melihat ada perempuan cantik awal 20-an mendekat. Perempuan itu membuka percakapan, Istri anda selingkuh dengan pacar saya. Lantas, selanjutnya mereka berdua menyisiri malam Jakarta. Mempertanyakan siapa yang telah menjadi orang lain dalam hubungan yang cedera itu. Mereka atau pasangan mereka yang berselingkuh? Menjelang subuh mereka pun mencoba memutuskan itu semua 

6. Darling Fatimah 
Di Pasar Senen, seorang perempuan janda keturunan Pakistan bermulut bawel sedang melayani para pembelinya. Cantik di usia 40-an-nya. Lantas datang pemuda keturunan Tionghoa 20-an, seorang broker pemesanan kue. Keduanya lalu bertengkar. Dengan lontaran kosa kata yang akan terasa kasar bagi telinga Jakarta yang lebih sopan. Tapi yang mereka bicarakan kehangatan cinta. Sebab keduanya sedang membahas hubungan mereka. Mulai dari cemburu, keinginan kuat menikah, bagaimana menangani calon ipar dan lainnya. Sampai pada satu titik, keputusan akan diambil. 

Benarkah memang ada hati penuh bunga cinta di kasarnya Jakarta? Enam cerita ini akan mencoba mengeksplorasi pertanyaan ini. Semoga dengan film ini kita akan lebih bisa meraba hati kota ini. Dan akhirnya, hati bangsa ini. Dengan hati kita sendiri. 


Trailer Film Jakarta Hati 

video


Denaihati
Share this article :

20 comments:

  1. wah,,,hebat sekali,,,perfileman indonesia semakin maju,,,

    BalasHapus
  2. baca sinopsisnya aja,udh seru apalagi kalau nonton,

    BalasHapus
  3. membuat hati pengen nonton ..

    BalasHapus
  4. baca sinopsisnya aja udh seru,,jadi gak sbar pengen nonton...

    BalasHapus
  5. 8 november yaa,, lmyan msti nnggu nih..

    BalasHapus
  6. jakarta oh jakarta ..
    sangat fenomenal sekali ...

    BalasHapus
  7. jadi gak sbar pengen nonton filmnya,,kayanya seru,,

    BalasHapus
  8. jalan ceritanya sungguh menarik ..

    BalasHapus
  9. semua tentang jakarta dan orang"nya...

    BalasHapus
  10. yaaa sayngg nih gak bisa lihat trailernya..

    BalasHapus
  11. hebat yah,,,akan di tayangkan di festifal film bertaraf internasional,,,maju terus perfileman indonesia

    BalasHapus
  12. semoga kota jakarta semakin bisa lbih bail lagi:)

    BalasHapus
  13. semoga pemimpin baru lebih baik lagi...

    BalasHapus
  14. jakarta yang lebih baik, semoga bukan cuma harapan.

    BalasHapus
  15. Sinopsisnya aja udah seruh bang apalagi filmnya
    semoga aja ibukota negara kita menjadi lebih baik lagi......

    BalasHapus
  16. wah,,film2 sebelumnya itu bagus-bagus,,pasti film jakarta hati juga keren,,,

    BalasHapus
  17. semoga film film indonesia bisa lebih maju dan dapat memberikan pelajaran yang baik bagi para penikmatnya .

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger