Home » , , » 23 FILM INDONESIA DI FESTIVAL FILM CANNES

23 FILM INDONESIA DI FESTIVAL FILM CANNES

Written By Muhammad Yuliawan on Kamis, Mei 13, 2010 | 5/13/2010

Festival film Cannes sudah dimulai Rabu kemarin yang di tandai dengan penayangan "Robin Hood", yang dibintangi oleh Russel Crowe dan Cate Blanchett serta disutradarai oleh Ridle Scott.

Festival Film Cannes adalah festival film paling bergengsi di dunia. Dia diadakan pertama kali dari 20 September hingga 5 Oktober 1946 di kota peristirahatan Cannes di Perancis bagian selatan. Sejak itu, festival ini diadakan setiap tahunnya pada bulan Mei kecuali pada beberapa saat.

Gedung Tempat Pelaksanaan Festival


Oleh karena luasnya pemberitaan media massa, festival nonpublik ini dihadiri oleh banyak bintang film dan menjadi sebuah ajang populer bagi pengusaha film untuk meluncurkan film-film terbarunya dan mencoba menjual karyanya ke para distributor yang datang dari seluruh dunia.

Penghargaan paling bergengsi yang diberikan di Cannes adalah Palem Emas (Palme d'Or) untuk film terbaik; terkadang penghargaan ini dibagi bersama beberapa film pada satu tahun. Namun, juri festival, yang dibentuk dari pilihan internasional dalam jumlah kecil yang terdiri dari para ahli film, memberikan penghargaan lain, termasuk "grand prize" (penghargaan tergengsi kedua).

Pada ajang Festival kali ini, Indonesia mengikutkan 23 Judul Film. Rekor tertinggi sejak keikut sertaan insan sineas Indonesia di Festival itu.

Kejayaan perfilman Indonesia semakin mendunia. Sebanyak 23 film Tanah Air bakal bersaing di ajang Festival Film Cannes yang akan berlangsung pada 12 hingga 23 Mei mendatang di Prancis. Berita ini dikatakan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik di Kantornya, Senin (10/5).

Wacik mengaku begitu antusias ketika berbicara soal perfilman. Menurutnya, semakin banyak film yang dibuat, maka semakin mendorong peningkatan kualitas film yang dihasilkan.

"Saya selalu agresif dan energik setiap membicarakan film Indonesia. Sekarang bisa 80 film dalam setahun. Jadi yang harus jadi target kita adalah tahun 2014 mencapai 200 film setahun. Bisa dibayangkan berapa kru film yang akan kerja dan ini membuka lapangan kerja juga," ujarnya.

Untuk ikut di ajang festival film Perancis sendiri, Wacik mengatakan jika tak semua film bisa ikut serta. Menurutnya, hanya film yang sesuai dengan kreteria saja yang bisa ikut festival.

"Kita memang belum pasang kriteria apa saja film yang bisa ikut, karena film kita masih terbatas. Kalau ada 50 film kita ajak semua. Makanya kalau film yang ada subtitled bahasa Inggrisnya bisa ikut ke festival ini," ujarnya.

23 film yang akan bersaing di festival film Cannes ke-63 di Prancis yang akan berlangsung 12 Mei sampai 23 Mei 2010, meliputi TARING, KETIKA CINTA BERTASBIH, GET MARRIED 1, GET MARRIED 2, RUMA MAIDA, EMAK INGIN NAIK HAJI, PENCARIAN TERAKHIR, PINTU TERLARANG, AIR TERJUN PENGANTIN, HEARTBREAK.COM, AYAT-AYAT CINTA, PREMAN IN LOVE, KUNTILANAK BERANAK, POCONG KAMAR SEBELAH, MEREKA BILANG SAYA MONYET, 18 (+), KAIN KAFAN PERAWAN, KUNTILANAK KAMAR MAYAT, GARUDA DI DADAKU, GENERASI BIRU, JAMILA DAN SANG PRESIDEN, PUNK IN LOVE dan SEPULUH.


Sumber : KapanLagi.com



Share this article :

47 comments:

  1. Mudah mudahan ada yang menang yach mas....,
    Jadi ajang untk memotifasi FIlm Indonesia kearah yang lebih baik lagi....

    BalasHapus
  2. Hidup Film Indonesia...., Semoga bisa menang... Mengharumkan Perfilman Indonesia...
    Kapan ya Indonesia Bikoin Film yang Fully Effek kayak Transformers... hehehehehehe

    BalasHapus
  3. Linknya udah saya pasang lho mas.. hehehehehehe

    BalasHapus
  4. mudah-mudahan bisa mengalahkan film dari hongkong dan korea

    BalasHapus
  5. Mudah2an sukses & dapat menjadi motivator utk menghasilkan film2 Indonesia yg lebih berkualitas & diperhitungkan bukan hanya di Indonesia

    BalasHapus
  6. SUkses terus pkonyah...
    I Luv U FIlm Indonesia.....
    Piss

    BalasHapus
  7. wah baru aja barusan saya baca twitter paris hilton yang mau berangkat ke perancis wkwkwk....tapi seru juga ya Indonesia bisa mengikutkan banyak filmnya. Tapi emangnya masuk nominasi semua ya? Yah pokoknya Sukses Indonesia!!!!

    BalasHapus
  8. Harapan saya "ketika Cinta Bertasbih" dan "Ayat-ayat Cinta" sebagai pemenang!

    BalasHapus
  9. Lebih baik sedikit (paling berbobot)yang diikutkan daripada banyak tapi dipaksakan!

    BalasHapus
  10. moga ada yang bisa dapat penghargaan..kang......maju terus film Indonesia....

    BalasHapus
  11. hhmmm...kira2 bisa menang ngga ya???
    semoga ada yang dapet juara salah satunya...

    BalasHapus
  12. moga salah satunya menang :D

    BalasHapus
  13. Nggak tau knapa, saya nggak suka nonton film, apalagi film Indonesia...

    BalasHapus
  14. semoga salah satu film indonesia kita ada yg menang y mas.....

    BalasHapus
  15. semoga Indonesia berjaya.....
    majulah perfilman Indonesia
    agar lebih berkualitas

    BalasHapus
  16. Garuda di Dadaku bagus..
    heran kenapa film yang aneh2 diikut sertakan ya :(

    semoga ada yang masuk nominasi dan menang... :)

    Maju terus perfilman Indonesia

    BalasHapus
  17. salam sahabat,
    wah makin hari makin top saja postingannya

    BalasHapus
  18. saya jagokan garuda didadaku bang... he

    BalasHapus
  19. wah moga menang ya film indonesia di sana...

    BalasHapus
  20. lha di indonesia sendiri belum dilakukan sortir dulu ya bang buat yang mau dikutkan ke cannes ? jangan2 menculik miyabi bisa ikutan juga nanti

    BalasHapus
  21. Mudahan2 FIlm2 indonesia salah satunya bisa jadi juara..

    BalasHapus
  22. kok laskar pelangi tak ikutan ya? atau paling tidak sang pemimpi...T^T

    BalasHapus
  23. salam sobat
    semakin maju perfilman di Indonesia.
    semoga sukses di festival ini.

    BalasHapus
  24. wah satu kemajuan berarti untuk film Indonesia :)
    Hebat ya, 23 film! ckckckc

    BalasHapus
  25. Semoga film-film Indonesia bisa berjaya di ajang itu. Sukses buat cineas Indonesia. Infonya mantap, pak Iwan.

    BalasHapus
  26. hebat...
    semoga memberikan kebanggaan tersendiri yah
    semoga menang ^^

    maap baru bisa mampir sekarang ^^

    BalasHapus
  27. Wah..kayaknya kriterianya ribet yah.
    Film kita yang ikutan cuma dikit aja.
    Tapi gak apalah, yang penting semuanya berbobot :)

    BalasHapus
  28. Ikut bangga deh.
    Moga aja film nasional kita bisa meraih sukses disana :)

    BalasHapus
  29. Kok film Sang Pemimpi gak ikutan ya..?

    BalasHapus
  30. Kok film2 Indonesia yg diikutkan banyakan film2 mistik dan horror sih.. ?

    BalasHapus
  31. ayo maju perfilm an indonesia!!

    BalasHapus
  32. moga moga aja menang deh

    BalasHapus
  33. Kuntilanak Beranak? Pocong kamar sebelah? Oh My Gooooooood... apa yang Jero Wacik pikirkan?

    BalasHapus
  34. Saya sebagai pencinta film. Ingin Meluruskan apa yg anda tulis, 23 film yang anda sebut diatas tidak masuk dalam festival cannes. Film film tsb hanya untuk dijual atau ditayangkan di luar festival cannes sendiri.

    BalasHapus
  35. ini salah bentuk pengakuan dunia tentang kualitas pilm kita..;)

    BalasHapus
  36. dari 23 film yg diikutkan festival , semoga ada juga yg menang ya Bang :)
    salam

    BalasHapus
  37. 200 film setahun....??? beu... kalo bagus sih gpp, Pak. Masalahnya film kita itu nggak lepas dari 3 tema, cinta-tapi jorok, komedi-tapi jorok, dan horor-tapi jorok.

    Semoga kelak masih ada sineas2 yang menghasilkan film bagus

    BalasHapus
  38. Selamat berfestival semoga memperoleh hasil yang optimal.

    BalasHapus
  39. Semoga Festival ini dapat meleceut para sineas kita untuk menghasilkan film yang bermutu ...

    BalasHapus
  40. semga saja film2 indonesia yang di ikut sertakan bisa meraih penghargaan yh minumal salah satunya

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Wah, bagus ya film-film Indonesia masuk ke festival Cannes. Tapi, ya Tuhan, saya sih malu dengan film-film KUNTILANAK BERANAK, POCONG KAMAR SEBELAH, KUNTILANAK KAMAR MAYAT, kenapa bisa dimasukkan dalam festival ya? Untung tidak yang SUSTER KERAMAS atau DIPERKOSA SETAN. Ckckck.

    BalasHapus
  43. semoga film indonesia tambah baik lagi

    BalasHapus
  44. maju indonesia...buktikan kalo film kita lebih baik dari film hollywood

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger