Home » , , » Festival Film Indonesia | FFI 2010

Festival Film Indonesia | FFI 2010

Written By Muhammad Yuliawan on Minggu, November 21, 2010 | 11/21/2010


Festival Film Indonesia (FFI) merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia. FFI pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955 dan berlanjut di tahun 1960 dan 1967 (dengan nama Pekan Apresiasi Film Nasional), sebelum akhirnya mulai diselenggarakan secara teratur pada tahun 1973.

Mulai penyelenggaraan tahun 1979, sistem Unggulan (Nominasi) mulai dipergunakan. FFI sempat terhenti pada tahun 1992, dan baru diselenggarakan kembali tahun 2004. Pada perkembangannya, diberikan juga penghargaan Piala Vidia untuk film televisi.

Untuk FFI 2010 Acara Pengumuman Nominasi FFI 2010 akan digelar di Batam pada tanggal 28 Nopember 2010, sedangkan Acara Puncak Penganugrahan Piala Citra Akan diadakan di Jakarta pada tanggal 6 Desember 2010.

laptop gratis

Sebanyak 10 film terpilih untuk mengikuti Festival Film Indonesia 2010 yang pemenangnya akan diumumkan pada Desember 2010. "Pada 15 November mulai dilakukan penjurian dan diharapkan pada 25 November penjurian ini selesai," kata Ketua Bidang Festival Komite FFI Labes Widar dalam jumpa pers di Gedung Film, Jakarta, Selasa.

Kesepuluh judul film itu adalah :

  1. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta (sutradara Benny Setiawan, produksi PT Mizan Production),
  2. 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita (Robby E Soediskam, PT Anak Negeri Film),
  3. Alangkah Lucunya Negeri Ini (Deddy Mizwar, PT Demi Gisela Citra Sinema),
  4. Cinta 2 Hati-Dilema (Benni Setiawan, Wanna Be Pictures).
  5. Heartbreak.Com (Affandi Abdul Rahman, PT Nismayati Production),
  6. Hari Untuk Amanda (Angga Dwimas Sasongko, PT MNC Pictures),
  7. I Know What You Did on Facebook (Awi Suryadi, PT Pundimas Mahakarya Sejahtera),
  8. Minggu Pagi di Victoria Park (Lola Amaria, PT Lantip Binathoro Panuluh),
  9. Red Cobex (Upi, PT Kharisma Starvision Plus) dan
  10. Sehidup (Tak) Semati (Iqbal Rais, PT Millenium Visitama Film).

Dalam menetapkan kesepuluh film itu, Labes menegaskan bahwa Komite Seleksi FFI 2010 tetap berpegang teguh pada visi, mekanisme dan dinamika penjurian guna memilih film-film yang secara utuh dinilai baik yakni memiliki tema dan gagasan yang bagus, disampaikan melalui cerita yang fokus, komprehensif, lancar dan menarik serta disajikan dengan standar kualitas sinematografi yang terjaga.

"Kesepuluh film ini tidak memiliki peringkat, semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk dinilai oleh dewan juri di festival nantinya," ujar Labes.

Lebih dari 50 film panjang mengikuti FFI 2010 dan 60 judul film lainnya mengikuti kompetisi film dokumenter dan 67 film mengikuti kompetisi film pendek. Sebelumnya, Komite Seleksi FFI 2010 hanya menetapkan delapan judul film panjang yang berhak mengikuti FFI 2010 namun protes menyebabkan Komite Seleksi akhirnya menambahkan dua judul film sehingga menjadi 10 film.

Protes itu didasarkan atas ketentuan dalam Pedoman Pelaksanaan FFI 2010 pada Bab III Pasal 3 butir 5 yang mengatur bahwa Komite Seleksi menetapkan sekurang-kurangnya 10 judul film dan sebanyak-banyaknya 15 judul film pilihan.

Kita tunggu siapa yang berhasil meraih Piala Citra.


Source : antaranews.com

Share this article :

24 comments:

  1. Saya jagokan film yg urutn 10..!!

    BalasHapus
  2. alangkah lucunya negeri ini, satir dan menggugah :)

    BalasHapus
  3. kalau aq dukung "alangkah lucunya negeri ini" film ini bagus bgt

    BalasHapus
  4. Denger-denger kabarnya FFI 2010 ini banyak kontroversinya ya, bener gak?

    BalasHapus
  5. ooh masih gak kapok juga toh rupanya indonesia memproduksi film, kabarnya kan selalu rugi ?

    BalasHapus
  6. Tak satupun film di atas yg sudah aku tonton Bang... :(

    BalasHapus
  7. sepertinya menurut resensi yang pernah aku baca (salah satunya di blog ini heheh), film Alangkah Lucunya Negeri Ini tuh bagus. Semoga saja menang...

    BalasHapus
  8. Saya vote yang nomor tiga sob. langkah Lucunya Negeri Ini.
    mantab.

    Salam.

    BalasHapus
  9. halo2 bang iwan,aku mampir niy..
    salam hangat dari bandung..

    aku ga dukung film diatas,nunggu produksi film nya pakdhe aja ama om Enha dan bang iwan,aku dukung banget tuh..xixii..

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum Pak,
    sudah lama saya tidak pernah nonton film karena tergantikan hadirnya TV, beda dengan jadul sering nonton walo layar tancap.
    -salam kenal yang pak, ijin follow untuk langkah awal menjalin silaturrahim

    BalasHapus
  11. Keknmya kali ini banyak yang kontroversi. Btw, itulah dinamika.

    BalasHapus
  12. gw suka alangkah lucunya negri ini..

    BalasHapus
  13. Nice posting buddy…I love to read it…I love your blog. Thanks for sharing..
    I would like to share good news also. Here you:

    English Teachers Urgently Required !!!

    A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

    i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
    ii. Proficient in English both spoken & written
    iii. Friendly, Communicative, & Creative
    iv. Available for being placed in one of the following branches:
    a. Bandar Lampung, Jln. Ahmad Yani No 7 A Bandar Lampung, Telp: 0721-261135
    b. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
    c. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
    d. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
    e. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
    f. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510
    g. Medan, Visit http://www.easyspeak.co.id
    h. Banjarmasin, Visit http://www.easyspeak.co.id

    If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

    BalasHapus
  14. Aku nggak ngikutin nih FFI. Tapi katanya sih banyak kontroversi ya???

    BalasHapus
  15. Berkarya tanpa kontroversi, seperti hidup yang monoton ya bang ? Dengan menghasilkan karya yang kontroversi, akan menjadikan pembelajaran untuk kita bertambah cerdas dalam berfikir dari dan makna dari semuanya yang sedang berjalan sesuai topiknya.

    Sukses selalu

    Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

    BalasHapus
  16. Ntar nontong bareng Bang...

    BalasHapus
  17. Salam hangat dan sukses selalu Bang

    BalasHapus
  18. klo yang nama sutradara ny kang dedy mizwar,aku yakin filmnya pasti bagus,menghibur ,dan penuh pesan2 kehidupan.bravo kang truslah berkarya

    BalasHapus
  19. artikel ini mengingatkan saya pada film jaman dahulu berjudul ACI.. dan lagu aku cinta anda cinta buatan indonesiaaaa...

    ihhihihih

    BalasHapus
  20. pagi bang apa kabar.. masih sibuk KUMAT ya??

    BalasHapus
  21. wah sulit juga nih bang untuk memprediksinya ...!

    BalasHapus
  22. terima kasih banyak sudah berbagi,.
    moga sukses selalu.
    jika ingin tau profil saya silahkan kunjungi..di..
    click this
    dan kunjugni juga koleksi kami di..
    click this

    BalasHapus

SAHABAT FATAMORGANA

 
Support : FATAMORGANA
Copyright © 2015. FATAMORGANA - MERANGKUM FAKTA, MEREKAM INFORMASI, DAN BERBAGI KHAZANAH
Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger